Kamera + Gimbal Bagus Untuk Drone XK X380-028



          Memiliki kamera yang bagus untuk drone adalah keinginan beberapa pilot, terutama bagi pilot yang mengunakan drone sebagai alat untuk proses pengambilan gambar, atau tujuan lain yang  membutuhkan kamera bagus untuk mendapatkan hasil yang juga bagus. Nah, kebanyakan pilot menggunakan gimbal dan action cam sebagai kamera drone mereka, namun sebenarnya anda juga bsia memasang unit kamera yang berbeda dengan action cam namun juga bisa menghasilkan gambar yang tidak kalah bagusnya. Nah, bagi anda yang suka merakit drone, atau suka memodifikasi drone, kita kali ini akan mencoba membahas sebuah kamera yang dijual sepaket dengan gimbalnya yang menggunakan motor servo sebagai penggeraknya. Bagaimanakah spesifikasi dan kualitas kamera yang akan kita bahas kali ini, mari kita bahas lebih lanjut.



          Kamera ini buatan sebuah perusahaan bernama XK, sebenarnya mereka juga mengeluarkan beberapa jenis drone, dan kamera ini pula juga bisa dipasang pada salah satu drone buatan mereka. Namun kembali ke topik, kali ini kita akan membahas tentang satu paket kamera dan gimbal yang mereka jual ini. Disini sebagai pilot anda mendapat keuntungan yaitu bisa membeli kamera yang memang untuk drone dengan kualitas bagus. Nah, kamera yang akan kita bahas kali ini adalah XK X380-028. Memang namanya susah di ingat, namun kita lupakan soal nama, sekarang bisa dilihat pada gambar, sepintas, Kamera XK X380-028 ini tidak berbeda jauh dengan kamera bawaan drone untuk beberapa merk seperti buatan Syma, Cheerson, dll.

Kamera + Gimbal Bagus Untuk Drone XK X380-028 - OmahDrones


          Cuma bedanya, di kamera XK X380-028 ini dia dipegangi oleh satu unit gimbal yang bisa anda gerakkan untuk mendapatkan angel yang pas ketika mengambil gambar dari atas udara. Nah, gimbal ini menggunakan motor servo sebagai penggeraknya yang bisa dibilang akurat. Perusahaan ini juga berkata bahwa unit kamera XK X380-028 ini sangat mudah untuk dipasang dan diaplikasikan ke semua jenis drone, tentunya dengan pilot yang sudah tau caranya.  Gimbal ini bukan Cuma memiliki motor servo yang membuatnya bisa bergerak, namun juga memiliki rubber balls yang akan meredam setiap getaran yang ditimbulkan oleh motor drone, sehingga hasil gambar yang anda tangkap dari kamera ini bisa halus tanpa vibrasi, dan tentunya dengan kualitas yang bagus.



          Kamera XK X380-028 ini walaupun bentuknya biasa – biasa saja, namun dia memiliki resolusi HD yang jika untuk melakukan recording video akan sanggup menghasilkan video 1080p. Sedangkan Untuk mengambil gambar, anda juga bisa mendapatkan gambar yang besarnya sama dengan resolusi video maksimalnya yaitu 1080p. Walau begitu, anda tetap masih bisa memilih resolusi yang akan digunakan sebelum melakukan pengambilan gambar seperti kualitas 360p, 480p, 720p, serta 1080p. Sehingga dengan begini, anda bisa memilih kualitas video sesuai kebutuhan dan daya tampung memory.



Ada beberapa fitur dari kamera XK X380-028 ini seperti:
Very good quality.
Simple structure and super light weight.
The camera and digital servos gimbal are easy to install.
With anti-vibration rubber balls, the gimbal will protect camera well even in a crash accident.
Compatible with XK X380 quadcopter.



Spesifikasi Singkat:
Item NO.: X380-028
Item type: HD Camera and Gimbal
Material: ABS
Color: White and Black optional
Item dimensions: 100 x 80 x 78mm
Item weight: 108g


Kamera + Gimbal Bagus Untuk Drone XK X380-028 - OmahDrones


Tiap pembelian akan mendapat:
1 x X380-028 V-1080P HD Camera
1 x Metal Digital Servos Gimbal
1 x USB Charging Cable
1 x Card Reader
1 x 4GB SD Card
4 x Screw



          Untuk pemasangannya juga sama seperti memasang kamera pada drone secara umumnya, namun semua juga tergantung kepada kreasi masing – masing pilot akan bagaimana anda memasangnya, yang jelas jangan sampai mengganggu fungsi utama drone seperti motor atau propeller, itu yang mendasari bagian yang paling cocok dipasangi kamera pada drone adalah bagian bawah cockpit drone, selain itu pastikan juga drone memiliki kaki yang cukup panjang untuk bisa melindungi bagian kamera ini dari kontak langsung dengan tanah, sehingga walau cara landingnya kasar, kamera XK X380-028 ini masih tetap aman berkat adanya kaki drone yang panjang melindungi unit kamera ini.



Contoh pemasangannya kira – kira seperti gambar dibawah ini:

Kamera + Gimbal Bagus Untuk Drone XK X380-028 - OmahDrones


          Nah bagaimana, tertarik untuk membeli kamera XK X380-028 yang sudah bisa mengambil gambar berkualitas 1080p ini? Jika anda tertarik untuk membeli kamera ini, harga dipasaran berada di angka Rp. 1.600.000,- dengan kamera professional ini anda sudah tidak membutuhkan kamera lainnya untuk melakukan proses pengambilan gambar. Apalagi kamera ini juga sudah satu paket sama gimbalnya sehingga anda tidak perlu membeli kamera dan gimbal secara terpisah yang mungkin juga akan malah membuat biaya menjadi tambah mahal.




          Oke, kira – kira seperti itulah ulasan kita kali ini mengenai aksesoris kamera XK X380-028 dengan  resolusi 1080 HD yang bisa anda gunakan untuk unit drone anda. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk menambah refrensi seputar kamera untuk drone yang bagus.