Flone si Drone dengan Smartphone



         Membuat drone sendiri sepertinya tidak sesusah yang dipikirkan, asalkan anda memiliki kemampuan dan kemauan untuk membuatnya secara sungguh – sungguh. Terlebih diluar sana terdapat berbagai komponen yang bisa anda beli secara bebas, sehingga bila anda bisa merancang sendiri drone anda dengan baik dan benar, anda bisa langsung merealisasikan secara nyata dengan membuatnya secara langsung. Mulai dari komponen propeller, frame, motor, esc dan lain – lain sudah mudah ditemui dipasaran khususnya di Indonesia. Dengan begini sebenarnya anda bukan hanya bisa memanfaatkan komponen yang sudah dijual saja, namun anda juga bisa memanfaatkan smartphone anda untuk istilahnya menyumbangkan fiturnya untuk drone. Iya tentu saja itu semua harus didasari oleh kemampuan anda membuat program juga. Dan kali ini, kita akan membahas sebuah drone yang dibuat oleh orang spanyol yang cukup unik.


Flone si Drone ber Smartphone - OmahDrones
Flone si Smartphone Drone


         Mengapa bisa dibilang unik, karena drone ini memiliki kemampuan untuk membawa sebuah smartphone. Bukan hanya itu, smartphone yang ia bawa juga bisa ia manfaatkan fiturnya misalkan fitur kompas yang terdapat pada smartphone. Atau mungkin fitur GPS juga. Sehingga dengan membawa smartphone, drone yang diberi nama Flone ini bisa sekalian meminjam fitur yang ada dalam smartphone dan si drone yang tergolong kecil ini bisa memiliki fitur yang lebih kompleks lagi. Seberapa banyak fitur smartphone yang bisa digunakan oleh Flone itu juga tergantung dari program yang dibuat. Bila program pada mainboard flone hanya diprogram untuk meminjam fitur kompas dari smartphone, maka flone hanya dapat meminjam kompasnya smartphone. Yang lain seperti kamera, GPS, dll tetap tidak bisa dipinjam.



         Dari tadi hanya berkata tergantung program. Karena ya memang Flone ini dirancang menggunakan program yang sifatnya opensource. Itu berarti program yang digunakan flone untuk terbang bisa di customisasi, dikembangkan, atau di program ulang oleh sang programmer untuk mendapatkan drone yang mereka harapkan. Dan disini flone sifatnya masih prototype, walaupun sudah di produksi cukup banyak untuk preview. Karena bila dilihat dari bahannya, frame atau kerangka drone ini hanya dari potongan kayu. Om Bruno berkata dalam videonya, frame dari Flone drone ini terbuat dari kayu yang dipotong dengan pola yang sudah dibuat sebelumnya dengan menggunakan teknologi lasercut, sehingga ukuran yang dihasilkan bisa sama simetris dan tentunya rapi.

Flone si Drone ber Smartphone - OmahDrones
Flone Drone Menggunakan Arduino

         Dengan memiliki propeller sebanyak 4 buah dan termasuk kedalam jenis Quad-Copter, Flone menggunakan Arduino board yang sudah tidak asing lagi di kalangan para pecinta robot terutama. Dengan satu mainboard yang sudah bisa diprogram dan disatupadukan dengan hardware lainnya tentu akan membuat anda lebih mudah memprogram drone anda supaya bisa menjadi seperti yang anda inginkan. Dan apalagi dengan banyaknya varian arduino yang bisa anda beli, sehingga anda bisa memilih menggunakan jenis arduino board mana yang anda sukai.


Flone si Drone ber Smartphone - OmahDrones
Pemasangan Smartphone pada Flone

         Karena Flone didesain untuk kuat mengangkat sebuah smartphone juga, maka flone menggunakan motor jenis Brushless yang jelas memiliki kekuatan atau daya angkat yang lebih besar. Dengan menggunakan motor Brushless, membuat Flone tidak hanya kuat membawa sebuah smartphone, namun juga membawa baterai yang kapasitasnya besar. Namun untuk seberapa besar kapasitas baterainya, masih belum jelas berapa kapasitas yang mereka gunakan untuk menerbangkan Flone, namun bila dilihat dari videonya, Flone menggunakan sebuah Li-Po battery 7.4 Volt dengan kapasitas sekitar 5000mAh, namun bisa ditebak sebenarnya, karena Flone menggunakan brushless motor, sehingga dia butuh tenaga yang besar juga, sehingga anda bisa memakai baterai Li-Po yang banyak dijual dipasaran.



         Untuk kendalinya, Flone menggunakan koneksi Bluetooth sejauh ini. Yang artinya hanya memiliki jangkauan tidak lebih dari 20 meter. Itupun jika Bluetooth smartphonennya bagus. Nah bila anda membeli drone ini, anda bisa langsung download aplikasi remote controlnya di playstore. Sejauh ini hanya masih dalam versi android, bisa di cek di situsnya yakni flone.cc . Nah, mengingat Flone ini bersifat open source, sebenarnya anda bisa mengembangkannya supaya Flone bisa dikendalikan melalui Wifi yang jangkauannya jelas lebih jauh daripada Bluetooth. Bila anda penasaran dengan bagaimana aplikasi remote Flonennya, anda bisa melihat screenshot dibawah ini:

Flone si Drone ber Smartphone - OmahDrones


         Ketika anda pre-order drone ini hingga dikirim dan sampai dirumah, anda tidak usah bingung bila semua bagian Drone Flone masih belum dirangkai. Bila anda bingung, anda bisa langsung ke situsnya dan melihat bagaimana cara memasangnya. Sebenarnya cara memasangnya juga cukup mudah, mengingat bagian frame dari drone ini adalah dari kayu. Maka bagian frame bisa kita pasang menggunakan lem kayu. Setelah berbentuk dan kering, kita bisa langsung memasang komponen lainnya seperti arduino board, motor, propeller, dan komponen lainnya.

Flone si Drone ber Smartphone - OmahDrones
Salah Satu bentuk Frame Flone Drone


         Dengan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi, Flone drone dengan konsep drone sederhana yang bisa meminjam kemampuan pada smartphone yang diletakkan persis diatasnya. Ini bisa menjadi trobosan drone kecil namun hebat kedepannya, karena kita tahu sendiri bahwa smartphone pada zaman kini sudah dilengkapi dengan hardware – hardware canggih seperti gyroscope, compass, grafity sensor, dan masih banyak lagi. Bila 50% dari seluruh hardware canggih itu bisa digunakan oleh drone, bukan tidak mugkin drone yang kecil dan terbuat dari arduino dan kayu ini bisa menandingi drone – drone lainnya yang hanya memiliki sensor gyro saja.



         Untuk harganya, bila anda hendak membeli drone ini, di situs resminya pun mereka tidak mencantumkan harga resminya. Itu berarti sebelum anda membeli, anda harus bertanya langsung kepada para pengembangnya supaya bisa tau harga dari drone ini. Setelah itu baru anda bisa bertanya lebih jauh lagi mengenai drone flone dan harganya. Nah, dengan ide kreatif dan kemampuan yang sudah anda pelajari sebenarnya bisa menghasilkan benda yang sangat hebat sebagai contoh kecil adalah si Drone Flone ini. Bentuknya yang kecil namun bisa meminjam fitur yang dimiliki oleh smartphone. Semoga info ini bisa berguna dan memberi wawasan baru dan siapa tau menimbulkan ide baru yang lebih hebat.


Source: flone.cc