Cara Menambah Jangkauan Remote Drone Tarantula X6



        Memiliki drone dengan jangkauan terbang yang jauh adalah impian setiap para pilot. Terutama bagi pilot yang menggunakan drone sebagai alat untuk membantu proses pengambilan gambar. Dengan memiliki jarak jangkauan terbang yang lebih jauh, maka pilot bisa lebih leluasa mengendalikan drone nya. Namun untuk drone yang masih belum tergolong kedalam drone professional umumnya hanya memiliki jarak jangkauan terbang yang terbatas. Untuk kelas mini drone yang hanya mayoritas memiliki jangkauan terbang 20 – 30 meter, sedangkan drone kamera yang berukuran sedang umumnya memiliki jangkauan terbang 90 – 100 meter saja, walau ada beberapa produsen yang berkata bahwa beberapa seri drone buatan mereka bisa tembus sampai 300 meter jangkauannya untuk kelas drone menengah.


Cara Menambah Jangkauan Remote Drone Tarantula X6 - OmahDrones


        Sebagai pilot yang tidak kurang akal, sebenarnya kita juga bisa mengakali perihal masalah jangkauan terbang drone ini. Tentu dari setiap pilot pasti menginginkan drone nya bisa terbang dengan jangkauan yang lebih jauh daripada jarak yang tertulis dalam tabel spesifikasi. Namun bagaimana cara menambah jangkauan terbang drone ini? Dengan trik yang sebenarnya sudah banyak digunakan sekarang kita coba trik ini pada drone Tarantula X6. Sehingga anda yang memiliki drone Tarantula X6 bisa mencoba trik ini di rumah untuk mendapatkan sebuah remote yang memiliki jangkauan lebih jauh dari biasanya.



        Tapi sebelum anda mencoba satu trik ini, Lakukan dengan mengetahui semua resiko dan anda harus siap menanggung semua resiko yang mungkin akan ada hadapi. Jadi jika tidak mau mengambil resiko, anda bisa menyerahkan hal ini kepada orang yang lebih berpengalaman.



        Mengapa cukup beresiko? Karena di trik ini, kita akan mengganti bagian antena dari controller drone Tarantula X6, dengan antena yang baru dengan spesifikasi lebih kuat, sehingga jika di logika dengan antena baru ini, jangkauan terbang dari drone Tarantula X6 bisa bertambah walau belum diketahui jelas berapa jarak tambahan yang bisa dihasilkan oleh antena baru ini.



Jika tertarik dan sudah siap menerima semua resikonya, lanjut kita harus menyiapkan alat dan bahannya.

Alat:
-          Solder
-          Tenol
-          Obeng
-          Lem tembak (opsional)

Bahan:
-          Remote Drone Tarantula X6
-          Antena Omni indoor + Pigtail
-          Lempengan plastik



        Nah yang jadi pertanyaan mungkin adalah apakah antena omni itu? Dan apakah pigtail? Bagaimana bentuknya? Nah untuk bentuk antena omni dan pigtail itu seperti gambar dibawah ini:

Contoh Antena Omni Untuk Antena Drone
        Ini adalah contoh dari antena omni indoor, yang bisa anda dapatkan juga dari wifi router bekas, atau bisa juga dibeli baru.

Contoh Pigtail untuk Antena Drone
        Pigtail ini yang ujung besar itu nanti terhubung ke antena, jadi ujung satunya yang tidak memiliki kepala nanti harus anda kupas untuk mendapatkan kabel dalamnya dan untuk memunculkan bagian tembaga dari kabelnya supaya bisa di solder ke remote nanti.


        Nah anda bisa mendapatkan antena seperti itu di router bekas, atau beberapa device wireless bekas, serta ambil juga bagian pigtail atau penghubung antara antena ke device nya. Atau, bila anda mau beli yang serba baru, baik antena omni atau pigtailnya juga banyak yang menjualnya.



        Jika semua alat dan bahan sudah didapatkan maka itu artinya anda siap memodifikasinya. Caranya bisa anda ikuti berikut ini,



        Pertama ambil bagian remote Drone Tarantula X6, lalu buka remotenya, jangan lupa untuk melepas bagian kabel yang bisa di lepas pasang, seperti kabel pada LCD misalnya, dan disini anda harus mengingat – ingat dan tau cara mengembalikan kabel – kabel tersebut pada tempatnya.

Cara Menambah Jangkauan Remote Drone Tarantula X6 - OmahDrones


        Lalu lihat di bagian atas pcb, dimana tombol – tombol berada, disana ada lagi satu PCB kecil dengan antena pendek bawaan dari pabrik. Lalu lepaskan antena itu pada bagian kabel yang tersolder di PCB. Nah disini anda perlu mengingat posisi kabel antena berada tadi, dan juga sewaktu soldering jangan sampai lebih dari 5 detik supaya IC yang ada di PCB antena ini tidak terbakar dan rusak.

Cara Menambah Jangkauan Remote Drone Tarantula X6 - OmahDrones


        Selanjutnya ambil pigtail, lalu kikis kabelnya di bagian ujung yang tidak bisa dihubungkan ke antena omni sampai tembaga didalam kabel terlihat dan jangan potong bagian tembaga itu.



        Setelah terkikis dan terlihat bagian tembaga dari kabel pigtail ini kira – kira sepanjang 1 CM, sekarang panaskan solder. Dan ketika sudah panas, sekarang solder bagian kabel tadi ke PCB antena. Letaknya harus sama dengan posisi antena yang asli tadi. Solder kedua buah kabelnya.

Cara Menambah Jangkauan Remote Drone Tarantula X6 - OmahDrones


        Jika sudah tersolder, sekarang ambil potongan plastik dan bentuk sedemikian rupa sehingga bisa masuk ke slot antena seperti antena yang lama, setelah ukurannya pas, lubangi bagian tengahnya dan masukkan bagian pigtail yang digunakan untuk mengubungkan antena, kira – kira bentuknya akan menjadi seperti ini:


Cara Menambah Jangkauan Remote Drone Tarantula X6 - OmahDrones


        Lalu pasang kembali PCB remote ke body remote bagian atas, jangan lupa hubungkan kabel LCD nya. Selanjutnya pasang plastik yang sudah ada pigtailnya ke slot antena di remote, bila terlihat masih longgar anda bisa mengencangkannya menggunakan lem tembak.

Cara Menambah Jangkauan Remote Drone Tarantula X6 - OmahDrones


Sehingga kira – kira hasilnya akan seperti ini nanti

Cara Menambah Jangkauan Remote Drone Tarantula X6 - OmahDrones


        Selangkah lagi yaitu pasang kembali body remote menggunakan baut. Dan jadilah remote Drone Tarantula X6dengan antena baru yang memiliki jarak jangkauan terbang yang lebih jauh dari sebelumnya.

Cara Menambah Jangkauan Remote Drone Tarantula X6 - OmahDrones



        Nah kurang lebih seperti itulah cara memodifikasi remote Drone Tarantula X6 sehingga memiliki jangkauan terbang  yang lebih jauh daripada remote dengan antena bawaannya. Semoga trik ini bisa bermanfaat.