Spesifikasi Cheerson CX-10C – Drone Kamera Terkecil Didunia



         Sebuah kamera bukan hanya bisa dimiliki oleh drone yang ukurannya diatas 15 x 15 cm saja, namun kini sebuah nano drone buatan Cheerson pun sudah bisa membawa sebuah kamera built in yang tentunya sudah bisa melakukan proses pengambilan gambar baik dalam bentuk foto ataupun video. Tentu bagi para penggemar mini drone atau nano drone, drone buatan Cheerson ini bisa menjadi drone untuk anda koleksi lagi. Terlebih dengan harganya yang bisa dibilang murah, pasti bisa dijangkau oleh pilot drone di Indonesia khususnya. Selain itu, bagi anda yang masih tergolong pemula sebagai pilot drone, drone yang akan kita bahas kali ini pun juga cocok untuk dijadikan sebagai drone latihan bagi anda. Sehingga selain anda bisa berlatih menerbangkan drone, anda pun juga bisa berlatih bagaimana caranya mengambil gambar menggunakan drone.



         Drone yang hanya memiliki besar sekitar 10 x 10 cm ini, sekilas terlihat memiliki body yang sama dengan drone kebanyakan, bedanya, drone ini memiliki tubuh yang terlihat lebih gemuk, lebih tepatnya juga memiliki bentuk yang persis sama saudaranya yang belum memiliki kamera. Nama drone ini adalah Cheerson CX-10C. Jika anda sudah mengetahui drone Cheerson CX-10, nah ini adalah saudaranya. Perbedaannya hanya terletak pada kamera, bila Cheerson CX-10 belum dilengkapi dengan unit kamera, nah di Cheerson CX-10C ini dia sudah dilengkapi dengan unit kamera. Hal ini membuat Cheerson CX-10C disebut – sebut sebagai drone kamera terkecil didunia dari berbagai sumber.

Spesifikasi Cheerson CX-10C - OmahDrones
Spesifikasi Cheerson CX-10C


         Bentuknya yang kecil dengan empat buah propeller mungil untuk bisa terbang, membuat drone Cheerson CX-10C ini juga termasuk kedalam jenis Quad-Copter. Drone Cheerson CX-10C ini pun sudah dilengkapi dengan 6 axis gyro yang bisa membuatnya terbang dengan stabil dan mudah. Maka dari itu, drone ini juga disarankan untuk anda yang akan belajar untuk menerbangkan drone. Selain itu bentuknya yang kecil ini juga memberi sebuah kelebihan lain, yaitu portable, bisa dibawa dimana – mana, bisa dimainkan dimanapun juga karena ukurannya yang kecil membuatnya untuk bisa diterbangkan walaupun dalam ruangan yang kecil. Sehingga untuk yang malu latihan menerbangkan drone diluar rumah, bisa latihan didalam rumah.



         Untuk sumber tenaganya, Cheerson CX-10C ini menggunakan baterai Li-po yang bertegangan 3.7 Volt dan memiliki kapasitas sebesar 120 mAh. Walaupun kapasitasnya terlihat kecil, namun ini sebenarnya sudah pas untuk sebuah drone berukuran 10 x 10 cm. Karena bayangkan saja bila kapasitas barterainya lebih besar yang otomatis ukuran baterainya juga besar. Nanti yang ada, selain baterai tidak bisa masuk ke tempat baterai, drone juga akan keberatan untuk bisa mengangkat baterai yang besar. Dengan baterai bawaan ini, Cheerson CX-10C bisa terbang dengan waktu kira – kira selama 3 – 5 menitan. Dan ketika baterainya sudah mulai habis, anda bisa melakukan pengisian ulang ke baterai menggunakan kabel USB bawaan dari cheerson. Anda bisa menggunakan USB Charger seperti untuk recharge smartphone, selain itu anda juga bisa me rechargenya dengan menghubungkan kabel USB ke USB port pada Komputer atau Laptop, bahkan jika anda sedang bepergian, anda juga bisa me recharge drone Cheerson CX-10C ini menggunakan powerbank, sehingga tentunya lebih praktis lagi. Lalu untuk lama pengisian ulangnya kira – kira selama 25 menitan.


Spesifikasi Cheerson CX-10C - OmahDrones
Remote Cheerson CX-10C


         Sedangkan untuk bagian remotenya, Cheerson CX-10C ini memiliki unit remote yang bentuknya cukup simpel seperti milik saudaranya yakni Cheerson CX-10. Dengan remote 4 CH yang sudah menggunakan frekuensi tinggi 2.4 GHz untuk jalur transmisi datanya, anda akan dapat mengendalikan drone Cheerson CX-10C secara keseluruhan. Tombol pada remote ini juga sedikit sehingga tidak membuat bingung para pilot yang sedang training. Dengan remote ini, anda bisa mengendalikan Cheerson CX-10C dalam radius sejauh 15 – 20 meter. Itu bisa berarti bahwa drone Cheerson CX-10C ini memang lebih baik jika dimainkan didalam ruangan atau indoor. Sehingga bisa meminimalisir drone kehilangan sinyal lalu jatuh dan hilang mengingat ukurannya yang kecil jadi bisa nyelip ke tempat sempit bila jatuh. Untuk sumber daya remote ini, menggunakan dua buah baterai tipe AAA yang mudah ditemui di toko – toko terdekat.



         Ini dia yang membuat beda Cheerson CX-10C dengan saudaranya. Yaitu Cheerson CX-10C memiliki sebuah kamera built in alias tertanam didalam bersama mainboardnya. Lensanya yang terlihat kecil memiliki resolusi sebesar 0.3 MP. Untuk sebuah nano drone, memiliki kamera seperti ini mungkin hanya baru Cheerson CX-10C ini. Dengan kamera yang tertanam di dalam body ini, anda sudah bisa menggunakan fungsi kamera seperti mengambil gambar dalam bentuk foto, ataupun merekam gambar dalam bentuk video. Sehingga sebenarnya cukup sudah Cheerson CX-10C ini bila digunakan untuk anda yang sedang dalam training untuk menerbangkan drone, selain bisa belajar menerbangkan drone, anda juga bisa belajar cara mengambil gambar menggunakan drone atau hanya sekedar mengabadikan momen ketika terbang diudara saja.

Spesifikasi Cheerson CX-10C - OmahDrones
LED + Camera Cheerson CX-10C


         Untuk hiasannya, Cheerson CX-10C juga memiliki LED yang ada didalam tiap ujung dari lengan mungilnya. LED ini sebenarnya bertujuan sebagai indikator bahwa drone dalam keadaan on, dan juga sebagai penanda ketika anda menghubungkan drone dengan controller. Namun diluar itu, LED ini juga menjadi sebuah hiasan yang sangat keren, terlebih ketika anda memainkannya dimalam hari ketika keadaan minim cahaya, sehingga drone mungil ini akan memancarkan cahaya kerennya sehingga bukan tidak mungkin drone Cheerson CX-10C akan mampu menarik perhatian.


Features:
Up/down, left/right, side flight, hovering.
4 channel mini quadcopter.
Built-in six-axis gyro feature ensures a stable flight.
It can realize 4-ways 360 degree flip.
With 0.3MP camera, it enables to take pictures and videos.
With LED light for night flight.



Spesifikasi tambahan:
Brand name: Cheerson
Model NO.: CX-10C
Item type: RC Quadcopter
Colour: black/orange optional
Material: ABS
Controller mode: Mode 2
Channels: 4 Channels
Gyroscope: Six axis
Function: up, down, left, right, forward, backward, 360 degree flips
Remote control frequency: 2.4GHz
Remote distance: about 15m
Suitable ages: Above 14 Years old
Remote Controller Battery: 2 * AAA Battery (not included)
Battery power: 3.7V 120mAh li-po
Charging time: About 25 minutes
Flying time: about 3-5 minutes
Quadcopter weight: 14.7g


Spesifikasi Cheerson CX-10C - OmahDrones
Cheerson CX-10C Kit


Tiap pembelian akan mendapat:
1 x Cheerson CX-10C Quadcopter
1 x Transmitter (mode 2)
1 x 3.7V 120mAh Li-po Battery (built in the quadcopter)
1 x USB Charging Cable
2 x Pair of Spare Propellers
1 x English Manual



         Bisa disimpulkan juga untuk drone Cheerson CX-10C ini adalah drone yang bisa dimainkan oleh siapa saja, karena yang masih newbie pun bisa belajar dengan cepat, dan bisa dimainkan kapan saja, karena terdapat LED yang bisa membuat drone tetap terlihat walau dalam keadaan minim cahaya. Serta drone ini juga bisa dimainkan dimana saja karena ukurannya yang kecil sehingga bisa dimainkan di tempat yang sempit sekalipun.


Spesifikasi Cheerson CX-10C - OmahDrones
Ukuran Cheerson CX-10C


         Nah itu dia ulasan kita kali ini mengenai drone Cheerson CX-10C si nano drone yang sudah memiliki unit kamera. Bila anda berminat untuk membeli drone Cheerson CX-10C ini, harga dipasaran juga tidak terlalu mahal yakni sekitar Rp. 340.000,- saja, namun harga tetap bisa berubah sewaktu – waktu. Drone dibawah satu juta ini mungkin bisa menjadi drone pertama anda juga. Setelah anda lancar mengendalian drone yang sangat susah anteng ini anda pasti akan lebih mudah mengendalikan drone yang lebih besar lagi.