Spesifikasi Drone Syma X3



        Jika anda berniat untuk menjadi seorang pilot drone. Maka anda perlu sebuah drone yang digunakan untuk latihan terbang terlebih dahulu. Karena sebagai dasarnya anda harus dituntut untuk bisa menerbangkan drone dengan baik dan benar terlebih dahulu, sebelum anda bisa menerbangkan drone yang spesifikasinya lebih tinggi. Bukan hanya demi kenyamanan bersama, namun hal ini juga demi sang pilot tersendiri utamanya untuk mencegah dari kecelakaan drone yang tidak di inginkan. Untuk latihannya, ada berbagai cara. Begitupula jenis drone nya. Untuk aman dan murahnya anda bisa memakai drone yang berukuran kecil. Selain murah, biasanya drone yang kecil pun sudah dilengkapi dengan protector yang bisa setidaknya melindungi drone dari benturan benda padat. Namun jika ingin drone yang lebih besar sedikit, anda bisa menggunakan drone buatan Syma yang satu ini.

Spesifikasi Drone Syma X3 - OmahDrones
Spesifikasi Drone Syma X3


        Syma X3, itulah nama drone yang dimaksud. Drone ini memiliku ukuran sebesar 22 x 24 cm yang artinya memiliki ukuran sedang. Tidak terlalu kecil dan tidak pula terlalu besar. Drone ini memiliki empat propeller yang digunakannya untuk bisa terbang, sehingga Drone Syma X3 ini juga termasuk kedalam Quad-Copter. Nah Drone Syma X3 ini memiliki tipe Ufo, yang memiliki blade protector melingkari semua sisi dari blade atau propeller. Protector ini sekilas memang terlihat sangat tipis, namun bukan berarti protector ini lemah. Protector ini terbuat dari plastic yang lentur, sehingga ketika terjadi tabrakan, drone justru akan terpental berlawanan arah dengan propeller yang terus berputar dengan normal. Sehingga meskipun menabrak dinding drone ini masih bisa terbang dan anda jadi langsung bisa menjauhkannya dari dinding yang berbahaya tersebut.

Spesifikasi Drone Syma X3 - OmahDrones
Ukuran Drone Syma X3


        Dengan desain drone yang ramping ini, Drone Syma X3 bukan hanya bisa digunakan untuk latihan terbang, namun bisa juga digunakan untuk akrobatik. Bahkan ada pilot yang menambahkan kamera di drone Drone Syma X3. Kameranya jenis spy cam dan memiliki ukuran yang kecil, sehingga Drone Syma X3 ini bisa mengangkat kamera tersebut. Mungkin dikarenakan Drone Syma X3 ini memiliki desain yang ramping sehingga menjadi ringan bobotnya, dan dengan 3 blade propeller yang bisa menambah daya angkat ketika terbang, sehingga Drone Syma X3 ini bisa mengangkat kamera yang beratnya hanya berapa gram itu. Di unit cockpitnya, Drone Syma X3 ini juga memiliki desain yang keren, sehingga anda mendapatkan drone yang bentuknya keren. Selain itu, Drone Syma X3 ini juga memiliki beberapa fitur tambahan seperti:


-          360°Eversion : A key 360°roll,continuous roll for perfect action and wonderful performance
-          Equipped with the latest 6-axis flight control systems, 3D lock, More scheduled flight, operating more to the force



        Dengan adanya fitur – fitur tersebut, sudah pantas Drone Syma X3 ini untuk dijadikan sebagai drone untuk latihan terbang. Sedangkan pada bagian baterainya, Drone Syma X3 diberi baterai bertegangan 3.7 Volt yang kapasitasnya sebesar 350 mAh. Dan dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan Drone Syma X3 dalam waktu sekitar 6 – 8 menit. Dan ketika baterainya sudah mulai habis, sedikit tips anda lebih baik mendiamkan baterai kira – kira selama 15 menit terlebih dahulu supaya kondisi baterai menjadi normal, baru anda bisa melakukan proses pengisian ulang. Untuk proses pengisian ulangnya, anda bisa memakai USB Charger, selain itu, anda juga bisa menggunakan kabel USB bawaan syma yang anda hubungkan ke USB port pada komputer ataupun Laptop. Jika mau yang lebih praktis lagi, anda juga bisa memakai powerbank untuk proses chargingnya, itu bisa berguna bila anda sedang bepergian. Dan untuk waktu pengisian ulang baterainya kira – kira selama 50 – 60 menit atau satu jam an.


Spesifikasi Drone Syma X3 - OmahDrones
Remote Drone Syma X3

        Dan untuk kendalinya, anda bisa menggunakan remote bawaan dari Syma tentunya. Di remote ini, Drone Syma X3 sudah memakai remote 4CH yang memanfaatkan frekuensi tinggi 2.4 GHz untuk transmisi datanya. Dari desainnya saja bisa dilihat, remote Drone Syma X3 ini dibuat se simpel mungkin sehingga anda yang masih dalam tahap belajar pun bisa memahami remote ini dengan cepat. Di remtoe ini juga anda bisa mengaktifkan fitur bawaan seperti mengganti kecepatan, mengganti mode, Eversion, dan lain – lain. Untuk jangkauan dari remote Drone Syma X3 ini, bisa sampai dalam radius sejauh 30 meter. Dan remote ini menggunakan empat buah baterai jenis AA untuk bisa digunakan, baterai jenis AA adalah baterai yang mudah ditemui di toko terdekat, sehingga anda tidak perlu khawatir bila kehabisa baterai.



        Untuk aksesorinya, memang drone ini tidak memiliki kamera bawaan. Namun, jangan khawatir, Drone Syma X3 masih memiliki aksesori yang membuatnya semakin keren, yakni LED yang bisa menyala. Dengan LED yang pada dasarnya digunakan sebagai indikator dan pemberi sinyal ini, diluar itu semua LED yang menyala bisa menjadi penghias drone yang akan terlihat sangat keren, terlebih ketika anda menerbangkannya dimalam hari dalam keadaan yang minim cahaya. Selain itu berkat adanya LED ini, anda juga bisa tau letak posisi dari drone yang anda terbangkan meski dalam kondisi tidak banyak cahaya. Sebenarnya, bila anda bisa memodifikasinya, drone ini bisa membawa kamera tipe Spy Cam atau kamera yang digunakan untuk memata – matai. Di Indonesia juga banyak yang jual sehingga anda bisa berkreasi sesuai kreatifitas masing – masing untuk memasang kamera di drone ini.



Spesifikasi Ringkas:
Brand: Syma
Seri: X3
Transmitter: 2.4G
Channel: 4 CH
Remote distance (M): 30M
Battery: 3.7V 350Mah Li-poly
Charging time: About 50-60 minutes (USB Charging)
Flying time: About 6-8 minutes
Remote Controller Battery: 4x AA Battery
Flight time (Minutes): 6-8mins

 
Spesifikasi Drone Syma X3 - OmahDrones
Drone Syma X3 Kit

Tiap pembelian akan mendapat:
1x Syma X3
1x Remote Control
1x USB Charging Cable
1x User Manual



        Sebenarnya Drone Syma X3 ini bukan hanya dikhususkan untuk pilot pemula saja, jadi bila disebut Drone Syma X3 sebagai drone yang cocok untuk pemula itu kurang pas. Sebagai kolektor drone, professional pilot drone, dan siapapun juga sebenarnya bisa membeli drone ini. Asalkan untuk umurnya disarankan diatas 14 tahun supaya sudah bisa memahami dasar – dasar menerbangkan drone, aturan menerbangkan drone, dan pengetahuan drone lainnya.

Spesifikasi Drone Syma X3 - OmahDrones
Spesifikasi Drone Syma X3



        Bila anda berminat untuk membeli drone ini, di atas tadi sudah dikatakan bahwa drone ini memiliki harga yang tergolong murah hingga masuk ke daftar drone dibawah satu juta. Untuk bisa membawanya pulang, anda bisa membeli Drone Syma X3 ini dengan harga Rp. 570.000,- dengan catatan harga tertera hanya harga kisaran saja, yang artinya harga bisa berubah sewaktu – waktu. Nah, kurang lebih begitulah ulasan kita hari ini mengenai Drone Syma X3 yang cocok digunakan sebagai training drone atau drone untuk latihan terbang. Semoga ulasan kita hari ini bisa bermanfaat.