Spesifikasi Drone Wltoys Q212G Support FPV



         FPV atau First Person View pada drone adalah sebuah fungsi yang sangat diminati oleh semua pilot, dengan adanya fitur FPV ini, kita bisa melihat gambar yang ditangkap oleh kamera pada drone secara real time atau secara langsung, sehingga ketika berada diudara kita juga bisa mengatur posisi drone supaya angle pengambilan gambarnya bisa sesuai dengan keinginan kita, apalagi jika kamera di drone juga dilengkapi dengan Gimbal, sehingga selain kita bisa memposisikan unit drone, kita juga bisa menggerakkan kamera ke arah yang kita inginkan sehingga kita benar – benar akan dapat gambar sesuai dengan keinginan kita. Nah, dari sekian banyak drone yang sudah support FPV, kali ini kita akan membahas salah satu drone FPV ready buatan Wltoys yang juga memiliki desain keren.

Spesifikasi Drone Wltoys Q212G - OmahDrones
Spesifikasi Drone Wltoys Q212G


         Nama drone yang akan kita bahas kali ini adalah Drone Wltoys Q212G. Drone yang memiliki empat buah motor untuk bisa terbang ini memiliki body X dengan cockpit yang bentuknya bbeda dari yang lainnya karena bentuk kockpitnya mirip dengan body pada speedboat, disini anda mendapat sedikit keuntungan dari desain yang bisa dibilang aerodinamis. Drone Wltoys Q212G ini juga memiliki empat buah kaki, kaki kaki ini terletak di setiap ujung dari lengan drone. Kakinya yang bisa dibilang lumayan panjang ini sanggup untuk menopang drone ketika berdiri diatas permukaan tanah sehingga bisa melindungi unit kamera Drone Wltoys Q212G ini. Karena bila tidak ada kaki, ketika drone mendarat maka kamera bisa langsung menghantam ke tanah dan bisa berpotensi rusak.



         Drone Wltoys Q212G ini suda bisa terbang dengan stabil, karena didalamnya Drone Wltoys Q212G sudah terpasang 6 axis gyro yang bisa menunjang dan mempermudah penerbangan karena bisa membuat drone terbang dengan stabil. Selain itu ada beberapa fitur lain yang bisa anda gunakan seperti headless mode, dan juga 3D Rotation. Dan yang paling penting adalah fitur FPV dengan frekuensi tinggi 5.8GHz untuk transmisi videonya. Dengan drone yang ukurannya 32 x 32 cm ini, siapa sangka anda sudah bisa menikmati fitur FPV dengan monitor yang ekstra lebar?  Dan belum lagi beberapa fitur yang bisa anda dapatkan seperti:

- Using air pressure set high, Hovering steadily, Easy to control and shoot videos.
- 5.8G FPV system, 720P camera can take 1280*720P picture
- Automatic take-off, a key landing.
- With Headless Mode/ no need to adjust the position of aircraft before flying.
- 6 - axis gyro quad, strong stability, easily implement various flight movements, stronger wind resistance, easier to control.
- Large and lightweight airframe with nice durability.
- Adopted 2.4G technology for anti-interference, more copters fly at the same time can not interfere with each other.
- Large and lightweight airframe with nice durability.
- 4 x N50 3025 motor.
- With LED light, possible for night fly.



         Drone Wltoys Q212G memiliki baterai bawaan bertegangan 7.4 Volt dan berkapasitas sebesar 1200 mAh. Kapasitas yang segitu besarnya sudah mampu untuk memberi daya untuk unit quad-copter dan unit kameranya.  Dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, Drone Wltoys Q212G ini bisa terbang dengan waktu 7 – 10 menit. Dan di waktu itu pula anda bisa menikmati fitur FPV di monitor external yang anda pasang di bagian remote. Jika baterai drone mulai habis, anda bisa melakukan proses pengisian ulang tentunya , dan untuk Drone Wltoys Q212G ini anda harus merecharge baterainya selama 90 menit untuk mendapatkan status full pada baterai bawaan yang memiliki jenis Li-Po baterai.

 
Spesifikasi Drone Wltoys Q212G - OmahDrones
Remote Drone Wltoys Q212G

         Sedangkan untuk unit kendalinya, Drone Wltoys Q212G memiliki remote yang tombolnya bisa dibilang cukup kompleks. Dengan 4CH remote, yang untuk unit remotenya sudah memakai frekuensi tinggi 2.4 GHz, anda dapat menerbangkan Drone Wltoys Q212G hingga dalam radius 100 – 150 meter. Dan untuk jangkauan FPV nya kira – kira hanya sampai 80 meter saja. Selain dapat terbang, menggunakan remote ini pula anda bisa mengaktifkan beberapa fitur bawaan lain seperti 3D Rotation, atau juga headless mode. Lalu dibagian bawah dari remote Drone Wltoys Q212G ini juga terdapat LCD monochrome yang akan menampilkan status dasar seperti kekuatan sinyal, mode, fungsi, baterai, dll. Sehingga melalui LCD kecil ini anda bisa mengetahui status asli dari drone secara langsung. Untuk sumber dayanya, remote ini menggunakan baterai tipe AA sebanyak 6 buah.


Spesifikasi Drone Wltoys Q212G - OmahDrones


         Untuk kameranya, Drone Wltoys Q212G ini sudah dilengkapi dengan kamera HD yang jika untuk merekam video sudah bisa mendapatkan resolusi sebesar 720p. Tentu resolusi yang sudah sebesar itu sangat pas bagi anda yang akan menggunakan drone untuk melakukan pengambilan gambar. Dengan kamera ini tentu anda bisa memanfaatkanya untuk mengambil gambar, atau juga video.

Spesifikasi Drone Wltoys Q212G - OmahDrones
Drone Wltoys Q212G Monitor


         Ditambah dengan Layar yang besarnya 4.3 inci, membuat anda yang sedang menggunakan fitur FPV bisa melihat apa yang ditangkap oleh kamera drone secara real time, dengan adanya layar FPV ini anda sudah tidak perlu menggunakan smartphone anda sebagai layar FPV.


Deskripsi Pelengkap
Brand: WLtoys
Model:Q212G
Material: PA+Electronic Components
Channel: 4CH
Remote Frequency: 2.4GHz
FPV frequency: 5.8Ghz
Remote Distance: about 100-150Meters
Flying Time: About 7 - 10 mins
Charging: 90 min
Battery: 7.4V 1200MAH(Included)
Power for RC: 6 x 1.5AA Battery (NOT Included)
Product size: 32cm*32cm*10cm(12.58in*12.58in*3.93in)
Package Size: 46cm*44cm*14cm(18.08in*17.29in*5.5in)
Fuselage Weight:0.9KG
Package Weight:1.1KG

Spesifikasi Drone Wltoys Q212G - OmahDrones
Drone Wltoys Q212G Kit


Dalam pembelian akan mendapat:
1x RC Quadcopter
1x Controller
1x 7.4V 1200mAh Lithium battery
1x Charger
4x Blade
1x English User Manual
1x 5.8G FPV Monitor
1x 2G Memory Card
1x Card Reader
1x Monitor Stand
2x Monitor Stand Belt
2x Monitor Stand Nut
1x 5.8G Camera
1x 5.8GAntenna
1x English 5.8G Camera User Manual



         Kesimpulan yang bisa didapat adalah Drone Wltoys Q212G ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan fitur FPV dan juga mengambil gambar dari udara dalam bentuk gambar atau video sekalipun karena selain kameranya sudah terdapat anti vibration nya, Drone Wltoys Q212G ini juga sudah memiliki kamera yang kualitasnya sudah HD 720p.

Spesifikasi Drone Wltoys Q212G - OmahDrones
Sparepart Drone Wltoys Q212G



         Nah, seperti itulah kira – kira kemampuan dan jeroan dari Drone Wltoys Q212G bila dilihat dari spesifikasinya. Bagi anda yang berminat membeli drone ini, harga dipasaran berkisar pada angka Rp. 2.000.000,- Namun yang pasti harga ini juga masih kisaran saja, semoga ulasan kita hari ini mengenai Drone Wltoys Q212Gyang sudah support FPV dan memiliki kamera HD 720p ini bisa menjadi refrensi yang bermanfaat untuk semuanya. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya.