Cara Menghubungkan Kamera Drone Ke Smartphone - Cara FPV Drone

Dalam Dunia Drone, sudah sangat populer sekali istilah FPV. FPV adalah sebuah fungsi atau kemampuan sebuah drone yang memungkinkan sang pilot jadi bisa melihat apa yang ditangkap oleh kamera drone secara realtime. Sehingga bila sudah memiliki FPV anda bisa menentukan apa objek yang hendak di tangkap oleh si kamera drone. FPV ini sangat banyak digunakan terutama bagi pilot yang menggunakan drone untuk keperluan foto atau videografi juga, karena dengan menggunakan FPV, pilot bisa menentukan angle yang pas sebelum mereka melakukan pengambilan gambar. Untuk fitur FPV ini, sebenarnya sudah banyak drone yang memilikinya, namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara melakukan FPV pada drone? Alias bagaimana cara menghubungkan Kamera drone ke smartphone? Nah, di kesempatan kali ini, kita akan membahas untuk menjawab pertanyaan tersebut.


Cara FPV Drone Syma - OmahDrones


Umumnya untuk drone yang berada dipasaran saat ini memiliki dua jenis metode FPV, metode satu adalah dengan menggunakan smartphone kita sendiri untuk dijadikan monitor FPV, dan metode kedua adalah dari pabrik sudah disediakan monitor FPV, sehingga pilot tidak perlu repot – repot menggunakan smartphone mereka untuk dijadikan monitor FPV. Nah, karena banyak juga yang bertanya bagaimana cara untuk melakukan FPV pada drone buatan Syma, kali ini OmahDrones akan memberikan sedikit tutorial cara untuk menghubungkan antara kamera drone ke smartphone agar bisa melakukan fungsi FPV. Walau dalam contoh kali ini kita menggunakan drone buatan Syma, tapi pada dasarnya cara ini bisa diterapkan untuk semua drone, yang menjadi perbedaannya hanya pada aplikasi yang digunakan.



Oke, langsung praktek saja,Hal pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan drone anda bisa digunakan untuk FPV, hal itu bisa dilihat pada list fitur drone yang tertera di kardus, drone yang bisa FPV menggunakan Wifi, tentu akan memiliki Tulisan “FPV Real-Time” atau “Wifi” atau hanya “FPV” saja. Nah, bila drone sudah benar bisa FPV, sekarang anda harus install aplikasi FPV di smartphone anda. Karena ini merk Syma, maka cari saja di playstore aplikasi dengan keyword “Syma FPV”. Nanti muncul seperti gambar di bawah ini, nah langsung instal saja.

Cara FPV Drone Syma - OmahDrones


Selain itu, anda juga bisa install manual dengan mendownload dulu file .apk nya melalui QR Code yang ada di kardus atau ada juga di manual book.


Cara FPV Drone Syma - OmahDrones


Setelah terinstal aplikasinya, sekarang waktunya penghubungan. Sekarang hidupkan drone, untuk menghubungkan kamera dengan smartphone, drone hanya perlu sekedar dihidupkan, walau nantinya juga akan di pair dengan transmitternya. Intinya hidupkan drone dulu.


Cara FPV Drone Syma - OmahDrones


Setelah drone sudah menyala, aktifkan Wifi di smartphone, lalu cari Wifi kamera drone syma dalam Wifi List, umumnya nama Wifi dari kamera drone syma ini memiliki nama atau SSID “FPV WIFI x.x.x” langsung konekkan saja smartphone anda ke SSID tersebut.

Cara FPV Drone Syma - OmahDrones


Ketika sudah konek, langsung buka saja aplikasi Syma FPV nya, dan langsung tekan Start di layar, dan bila semua normal, anda akan langsung mendapatkan View Realtime dari Kamera drone anda.


Cara FPV Drone Syma - OmahDrones


Sedikit penjelasan untuk Tampilan UI dari Syma FPV sesuai yang sudah dilingkari pada gambar dibawah yakni:
1.       Capture Button: untuk mengambil Gambar dalam bentuk Foto
2.       Record Button: Untuk merekam atau merecord video
3.       Gallery: tempat untuk melihat hasil gambar dan video yang sudah tersimpan


Sebenarnya hanya seperti itulah cara menghubungkan drone dengan smartphone. Yang menjadi perbedaan adalah beda merk maka aplikasi yang digunakan juga berbeda. Namun dalam beberapa kasus ada juga pilot yang bisa FPV menggunakan aplikasi non official yang juga sudah banyak di Playstore untuk android. Namun untuk cari amannya saja, akan tetap lebih baik bila anda menggunakan aplikasi official sesuai dengan merk drone yang anda gunakan.


Dalam beberapa kasus mungkin anda akan mendapatkan gambar FPV yang terputus – putus atau bahkan hilang. Itu terjadi karena anda terlalu jauh menerbangkan drone, sehingga sinyal Wifi yang dipancarkan tidak sampai ke smartphone anda, jadi jangan beranggapan bahwa kamera drone nya rusak atau error, karena dari bawaan memang seperti itu spesifikasinya, bila mau lebih kuat, anda bisa membuat sendiri booster untuk kamera Wifi drone supaya jangkauannya bisa jauh juga.



Nah, bagaimana? Ternyata mudah kan cara menghubungkan kamera drone ke smartphone? Dengan begini anda sudah bisa menerbangkan drone dengan juga melihat secara langsung apa yang dilihat oleh kamera drone anda. FPV ini bisa dimanfaatkan dalam banyak hal, baik dalam drone jenis camera drone atau racing drone, FPV memiliki perannya masing – masing. Seperti misalkan bila pada camera drone bisa menggunakan FPV untuk menentukan angle terbaik, sementara untuk racing drone bisa digunakan untuk melihat lintasan atau kondisi di depan drone karena racing drone didesain untuk melesat cepat diudara. Baiklah, semoga ulasan kita hari ini tentang bagaimana cara melakukan FPV di drone menggunakan smartphone ini bisa membantu.