Spesifikasi DJI Mavic 2 Zoom - Capture More Than Ever


Kabar gembira bagi para pecinta Drone dari DJI, terutama DJI Mavic, setelah dirasa waktu dan momen yang tepat, DJI mengeluarkan Drone professional baru yang merupakan generasi lanjutan dari Keluarga DJI Mavic. Dengan nama DJI Mavic 2, yang menjadi pembeda dari produk sebelumnya yakni Mavic Air dan Mavic Pro. Dan kerennya lagi, DJI tidak hanya mengeluarkan satu buah Drone saja, namun langsung 2 sekaligus. Dengan di keluarga sama namun memiliki spesifikasi serta karakter yang berbeda tentunya. Kali ini bahkan DJI juga menambahkan beberapa fitur baru serta hardware baru di drone DJI Mavic 2, sehingga kedua drone ini akan menjadi drone generasi baru yang lebih mudah diterbangkan, lebih banyak fitur pendukung, dan lebih aman diterbangkan.
Spesifikasi DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones



Kedua drone ini, memiliki nama DJI Mavic 2 Pro, dan juga DJI Mavic 2 Zoom. Nah, yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah DJI Mavic 2 Zoom. Sebelum itu, admin mau kasih tau nih, beberapa fitur yang ada di DJI Mavic 2 Zoom. Beberapa fitur baru yang diantaranya:
  • Omni obstacle avoidance sensor

Obstacle avoidance sensor, atau sensor anti tabrak yang sebelumnya juga ada di DJI Mavic Pro, nah, di generasi kedua ini, DJI Menamainya dengan “omni”. Itu dikarenakan sensornya tidak hanya dibagian depan belakang kiri dan kanan saja, namun dia juga memiliki sensor dibagian atas dan bawah drone, sehingga sekarang DJI Mavic 2 dapat lebih pintar lagi, dan harapannya yakni tidak bisa menabrak dan akhinya crash. 

  • 2x Optical Zoom Camera

Ini adalah key feature dari DJI Mavic 2 Zoom, lensa kamera pada DJI Mavic 2 Zoom dapat anda atur zoomnya hingga 2x dari 24mm ke 48mm. sehingga apabila anda membutuhkan footage yang menggunakan kombinasi Zoom, anda bisa menggunakan DJI Mavic 2 Zoom. Zoom yang dihasilkan adalah Optical Zoom dan bukan Digital Zoom, sehingga gambar yang dihasilkan akan tetap maksimal sesuai kemampuan kamera. Beberapa benefit yang akan anda dapatkan dengan adanya fitur zoom ini salahsatunya adalah anda bisa melakukan mode “doly zoom” yang hanya bisa dilakukan di DJI Mavic 2 Zoom.

Spesifikasi DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones

Beberapa kemampuan yang lebih hebat di unit aircraft juga menjadi daya jual dari Mavic 2 series, seperti akurasi GPS yang lebih di tingkatkan, juga sekarang motor yang digunakan oleh DJI Mavic 2 series lebih tidak berisik apabila dibandingkan dengan versi Mavic sebelumnya. Dengan max speed hingga 72Kph di sport mode, anda juga bisa menggunakannya merekam sesuatu yang bergerak sekalipun untuk kebutuhan footage anda.



Di awal tadi, admin sudah memberitahu bahwa Mavic 2 series memiliki Omni Directional Sensing System, ini adalah awal dari Drone DJI yang diklaim paling aman saat ini, karena memiliki sensor di tiap sisi, atau lebih tepatnya 6 sisi yakni di atas bawah kiri kanan depan dan belakang. Dengan AI yang juga makin ditingkatkan, Mavic 2 series dapat mengetahui kalau sewaktu terbang ada halangan seperti pohon atau tiang, bahkan dinding, sensor – sensor ini akan bekerja standby untuk memberitahu anda, atau memutuskan untuk melakukan penghindaran secara otomatis.



Baterai untuk Mavic 2 series, memiliki spesifikasi yang professional juga, dengan baterai pintar atau DJI Disebut “Intelligent Flight Battery”, untuk Mavic 2 series dia memiliki tegangan sebesar 15.4 Volt, dan kapasitas sebesar 3850 mAh. dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan Mavic 2 Pro antara 23 – 28 menit maksimalnya, meski dari DJI sendiri mengeklaim kalau Mavic 2 series dapat terbang hingga 31 menit, namun namanya lama terbang juga dipengaruhi oleh situasi dan kondisi dimana anda terbang, dan juga tentu saja cara terbang anda. Dan untuk melakukan pengisian ulang, baik secara individu atau secara masal, DJI juga menyediakan Charging Hub yang akan sangat berguna untuk anda yang menggunakan DJI Mavic 2 Zoom untuk pekerjaan yang lama dalam sehari, karena anda bisa merecharge banyak baterai dalam satu waktu, sehingga tentu itu akan menghemat waktu daripada mengisi ulang baterai satu persatu.

Spesifikasi DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones

Untuk bagian remotenya, Mavic 2 series masih menggunakan desain remote Mavic Pro yang di modifikasi sehingga cocok untuk Mavic 2 series. Keluar dengan warna yang sama dengan warna drone, serta bentuk yang lebih kecil, namun Remote control ini memiliki kemampuan yang sangat hebat, karena dengan remote ini, anda bisa menerbangkan Mavic 2 series hingga radius 8Km. meski sepertinya itu jarak yang “kejauhan” untuk drone professional kelas mavic, namun DJI tetap memberikan yang terbaik. Dengan begini, mungkin akan sangat berguna untuk Mavic 2 series melakukan perjalanan jauh, seperti mengambil footage di padang pasir mungkin. Ketika anda terbang dan mendapatkan interferensi sinyal, anda juga bisa mengubah protocol sinyal yang tadinya 2.4GHz, menjadi 5.8GHz, atau sebaliknya.



Tata letak tiap tombol dan slide button masih diletakkan senyaman mungkin ketika dipakai oleh pilot. Dan untuk versi Mavic 2 Zoom, anda akan mendapatkan satu slide button lagi untuk mengatur Zoom kameranya, semakin kompleks dalam satu remote yang kecil ini. untuk sumber tenaganya, Remote ini menggunakan baterai Li-Ion 1S yang kapasitasnya juga termasuk besar, yakni 3950mAh. seperti Remote Mavic Pro, disini anda juga bisa meletakkan smartphone dengan maksimal panjangnya 16cm, serta tersedia juga port USB yang dapat anda hubungkan ke smartphone.

Spesifikasi DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones


Sebagai drone professional, Mavic 2 series juga dilengkapi dengan 3 axis Gimbal, namun pergerakan gimbalnya tetap dibatasi untuk tilt saja karena desain gimbal di badan Mavic 2 series dibuat se efisien mungkin sehingga gerakan gimbal tidak bisa di pan ke kiri atau kekanan. Tapi sebenarnya itu bukan masalah, karena kalau mau pan, anda tinggal pan saja drone nya ke kiri atau ke kanan.


Spesifikasi DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones


Untuk kameranya, DJI Mavic 2 Zoom memiliki kelebihan di bagian kemampuan “Zoom” dengan lensa bawaannya. Dengan sensor yang bagus, DJI Mavic 2 Zoom memiliki kemampuan Optical Zoom hingga 2x. tentu hasil gambar akan tetap sama, karena dia menggunakan optical Zoom, sehingga bagian kameranya yang bergerak. Berbeda dengan Digital Zoom, dimana gambar akan pecah karena dari gambar asli lalu di zoom secara digital. Kualitas video juga masih bagus sebagai professional drone, terlebih untuk mengambil gambar, dimana pengaturan manual masih tetap disediakan sehingga anda sendiri bisa mengatur kombinasi ketika ingin mengambil foto.



Sedangkan untuk mengambil video, DJI Mavic 2 Zoom juga sudah bisa mengambil video dengan resolusi maksimal di 4K dalam framerate maksimal di 30fps. Bitrate maksimal video yang anda ambil bisa anda setting di maksimal 100Mbps. Nah, untuk menampung semua gambar dan video yang anda ambil, memang anda dapat memasang MicroSD seperti biasa, namun di DJI Mavic 2 series, anda juga akan mendapatkan internal memory sebesar 8GB. Jadi mungkin ketika anda lupa backup atau membawa MicroSD ketika anda pergi, anda masih bisa menggunakan internal memory dari DJI Mavic 2 Zoom. Jadi tiap habis dipakai, pastikan memory internalnya kosong supaya kalaupun lupa bawa MicroSD, anda masih memiliki internal 8GB tersebut.

Untuk spesifikasi DJI Mavic 2 Zoom secara lengkap, anda bisa simak di tabel bawah ini:

AIRCRAFT

Takeoff Weight Mavic 2 Pro: 907 g
Mavic 2 Zoom: 905g
Dimensions Folded:
214×91×84 mm (length×width×height)
Unfolded:
322×242×84 mm (length×width×height)
Diagonal Distance 354 mm
Max Ascent Speed 5 m/s (S-mode)
4 m/s (P-mode)
Max Descent Speed 3 m/s (S-mode)
3 m/s (P-mode)
Max Speed (near sea level, no wind) 72 kph (S-mode)
Max Service Ceiling Above Sea Level 6000 m
Max Flight Time (no wind) 31 minutes (at a consistent 25 kph)
Max Hovering Time (no wind) 29 minutes
Max Flight Distance (no wind) 18 km (at a consistent 50 kph)
Max Wind Speed Resistance 29–38 kph
Max Tilt Angle 35° (S-mode, with remote controller) 25° (P-mode)
Max Angular Velocity 200°/s
Operating Temperature Range -10°C - 40°C
Operating Frequency 2.400 - 2.483 GHz
5.725 - 5.850 GHz
Transmission Power (EIRP) 2.400 - 2.483 GHz
FCC:≤26 dBm
CE:≤20 dBm
SRRC:≤20 dBm
MIC:≤20 dBm
5.725-5.850 GHz
FCC:≤26 dBm
CE:≤14 dBm
SRRC:≤26 dBm
GNSS GPS+GLONASS
Hovering Accuracy Range Vertical:
± 0.1 m (when vision positioning is active)
± 0.5 m (with GPS positioning)
Horizontal:
± 0.3 m (when vision positioning is active)
± 1.5 m (with GPS positioning)
Internal Storage 8 GB

SENSING SYSTEM

Sensing System Omnidirectional Obstacle Sensing1
Forward Precision Measurement Range: 0.5 - 20 m
Detectable Range: 20 - 40 m
Effective Sensing Speed: ≤ 14m/s
FOV: Horizontal: 40°, Vertical: 70°
Backward Precision Measurement Range: 0.5 - 16 m
Detectable Range: 16 - 32 m
Effective Sensing Speed: ≤ 12m/s
FOV: Horizontal: 60°, Vertical: 77°
Upward Precision Measurement Range: 0.1 - 8 m
Downward Precision Measurement Range: 0.5 - 11 m
Detectable Range: 11 - 22 m
Sides Precision Measurement Range: 0.5 - 10 m
Effective Sensing Speed: ≤ 8m/s
FOV: Horizontal: 80°, Vertical: 65°
Operating Environment Forward, Backward and Sides:
Surface with clear pattern and adequate lighting (lux > 15)
Upward:
Detects diffuse reflective surfaces (>20%) (walls, trees, people, etc.)
Downward:
Surface with clear pattern and adequate lighting (lux > 15)
Detects diffuse reflective surfaces (>20%) (walls, trees, people, etc.)

CHARGER

Input 100-240 V, 50/60 Hz, 1.8A
Output Main: 17.6 V ⎓ 3.41 A
or 17.0 V ⎓ 3.53 A USB: 5 V⎓2 A
Voltage 17.6 ± 0.1 V
Rated Power 60 W

APP

Video Transmission System OcuSync 2.0
Name DJI GO 4
Live View Quality Remote Controller:
720p@30fps / 1080p@30fps
DJI Goggles:
720p@30fps / 1080p@30fps DJI Goggles RE:
720p@30fps / 1080p@30fps
Latency (depending on environmental conditions and mobile device) 120 - 130 ms
Max Live View Bitrate 40Mbps
Required Operating System iOS 9.0 or later Android 5.0 or later

MAVIC 2 ZOOM CAMERA

Sensor 1/2.3" CMOS
Effective Pixels: 12 million
Lens FOV: about 83° (24 mm); about 48° (48 mm)
35 mm Format Equivalent: 24-48 mm
Aperture: f/2.8 (24 mm)–f/3.8 (48 mm)
Shooting Range: 0.5 m to ∞
ISO Range Video:
100-3200
Photo:
100-1600 (auto)
100-3200 (manual)
Shutter Speed Electronic Shutter: 8–1/8000s
Still Image Size 4000×3000
Still Photography Modes Single shot
Burst shooting: 3/5/7 frames
Auto Exposure Bracketing (AEB): 3/5 bracketed frames at 0.7 EV Bias
Interval (JPEG: 2/3/5/7/10/15/20/30/60s RAW:5/7/10/15/20/30/60s)
Video Resolution 4K: 3840×2160 24/25/30p
2.7K: 2688×1512 24/25/30/48/50/60p
FHD: 1920×1080 24/25/30/48/50/60/120p
Max Video Bitrate 100Mbps
Color Mode D-Cinelike
Supported File System FAT32 (≤ 32 GB)
exFAT (> 32 GB)
Photo Format JPEG / DNG (RAW)
Video Format MP4 / MOV (MPEG-4 AVC/H.264, HEVC/H.265)

GIMBAL

Mechanical Range Tilt: -135–45° Pan: -100–100°
Controllable Range Tilt: -90–30° Pan: -75–75°
Stabilization 3-axis (tilt, roll, pan)
Max Control Speed (tilt) 120° /s
Angular Vibration Range ±0.01° (Mavic 2 Pro)
±0.005° (Mavic 2 Zoom)

REMOTE CONTROLLER

Operating Frequency 2.400 - 2.483 GHz; 5.725 - 5.850 GHz
Max Transmission Distance (unobstructed, free of interference) 2.400 - 2.483 GHz; 5.725 - 5.850 GHz
FCC: 8000 m
CE: 5000 m
SRRC: 5000 m
MIC: 5000 m
Operating Temperature Range 0℃ - 40℃
Transmission Power (EIRP) 2.400 - 2.483 GHz
FCC: ≤26 dBm
CE: ≤20 dBm
SRRC: ≤20 dBm
MIC: ≤20 dBm
5.725-5.850 GHz
FCC: ≤26 dBm
CE: ≤14 dBm
SRRC: ≤26 dBm
Battery 3950 mAh
Operating Current/Voltage 1800 mA ⎓ 3.83 V
Supported Mobile Device Size Max length: 160 mm; max thickness: 6.5–8.5 mm
Supported USB Port Types Lightning, Micro USB (Type-B), USB-C

INTELLIGENT FLIGHT BATTERY

Capacity 3850 mAh
Voltage 15.4 V
Max Charging Voltage 17.6 V
Battery Type LiPo 4S
Energy 59.29 Wh
Net Weight 297 g
Charging Temperature Range 5℃ - 40℃
Max Charging Power 80 W

SUPPORTED SD CARDS

Supported SD Cards Micro SD™
Supporting Micro SD with capacity up to 128 GB and R/W speed up to UHS-I Speed Grade 3
Recommended microSD Cards 32G
Sandisk V30
Sandisk Extreme V30 Pro
64G
Sandisk Extreme Pro V30
128G
Sandisk Extreme V30
Sandisk Extreme Pro V30
Kingston


Spesifikasi DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones


Untuk tiap pembelian DJI Mavic 2 Zoom, anda akan mendapatkan item list berupa:

1x Aircraft
1x Remote Controller
1x Intelligent Flight Battery
1x Charger
1x Power Cable
3x Propellers (pair)
1x RC Cable (Lightning Connector)
1x RC Cable (Standard Micro USB Connector)
1x RC Cable (USB Type-C Connector)
1x Gimbal Protector
1x Communication Cable (USB 3.0 Type-C)
1x USB Adapter
1x RC Cable Slider (Large)
1x RC Cable Slider (Small)
1x Spare Control Sticks (Pair)


Sedangkan untuk versi Combo anda akan mendapatkan tambahan berupa:
1x DJI Goggles
1x Charger
1x Wire Clip
2x Pagoda Antenna (SMA Interface)
1x Reversed SMA Connector
1x Micro USB Cable
1x HDMI Cable
1x Cleaning Cloth



Anda juga dapat membeli aksesori untuk DJI Mavic 2 Zoom dari DJI juga seperti DJI Mavic 2 Charging Hub misalnya.



Kesimpulan admin untuk DJI Mavic 2 Zoom, disini DJI Mavic 2 Zoom menawarkan kelebihan Zoom di lensa kameranya, kalau anda ingin mendapatkan fitur yang lebih dari drone biasa, yang dapat melakukan Zoom pada kamera tanpa mengurangi kualitas videonya, maka DJI Mavic 2 Zoom adalah drone yang cocok untuk anda.

Spesifikasi DJI Mavic 2 Zoom - OmahDrones


Sedangkan untuk harganya, ketika admin cek di situs resmi DJI Store, harga untuk DJI Mavic 2 Zoom adalah sebesar 1379 USD, atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini ditulis, setara dengan 19.8 juta. Dengan adanya harga yang sepadan dengan apa yang akan anda dapatkan, tentunya dengan keluarnya DJI Mavic 2 Series, membuat DJI tetap menjadi produk andalan baik di kalangan personal ataupun peruasahaan yang menggunakan aerial footage sebagai salah satu komposisi dalam produk mereka.