Perbedaan Motor Brushed dengan Brushless



        Dalam dunia RC, baik yang mobil, pesawat, atau drone, dalam spesifikasi tiap unitnya pasti menggunakan Motor sebagai penggerak roda, atau propeller pada drone. Dan sejauh ini ada dua jenis motor yang digunakan pada unit RC yaitu jenis motor brushed, dan brushless. Dan mungkin bagi anda yang masih bingung tentang perbedaan antara kedua motor tersebut menjadi kepo dan mencari apa sih perbedaannya sehingga sampai di postingan OmahDrones yang satu ini. Nah, bagi anda yang beranggapan bahwa motor pada drone itu semuanya berjenis sama, itu salah. Karena umumnya motor yang dipasang pada drone itu juga memiliki dua jenis yaitu jenis brushed dan juga brushless. Dan bagaimana perbedaannya serta bagaimana pula perbandingannya kita akan coba bahas di postingan kali ini dan semoga bisa bermanfaat.




Untuk mengawalinya, coba lihat pada struktur atau rangkaian motor dibawah ini:

Perbedaan motor brushed dan brushless - OmahDrones
Sruktur Motor Brushed dan Brushless


        Bisa dilihat, bahwa dari strukturnya saja sudah beda, brushed motor memiliki magnet yang berada di sisi luar dari kumparan atau biasa juga di sebut spull, atau juga sering disebut Coil. Pada motor brushed, coil terdapat di bagian tengah sehingga yang berputar adalah bagian coilnya. Umumnya brushed Cuma memiliki sebuah coil saja. Brushed motor hanya memakai dua buah kabel yakni + dan – , biasanya langsung dihubungkan ke papan mainboard.

        Sedangkan di motor brushless, memiliki coil yang lebih dari satu. Umumnya di motor brushless memiliki tiga buah coil yang masing – masing memiliki satu kabel untuk masuk ke ESC atau baterai, sehingga jika nampak dari luar, brushless motor selalu memiliki tiga buah kabel. Di brushless motor ini, yag berputar bukanlah bagian coilnya, karena coil brushless menempel di wadah motornya, nah, bisa dilihat di gambar diatas, letak magnet di brushless motor berada di tengah, bagian magnet inilah yang akan berputar, dari sini pasti sudah terlihat perbedaannya,.




Jika masih kurang jelas, anda bisa melihat gambar dibawah ini untuk mengetahui contoh dari masing – masing motor.



Contoh Brushed Motor

Perbedaan motor brushed dan brushless - OmahDrones
Contoh Motor Brushed

Iya, dinamo yang biasanya dipakai untuk tamiya dan sejenisnya termasuk kedalam jenis motor brushed. Selain itu dinamo pada printer yang memiliki dua kabel, itu juga termasuk brushed, dan yang terakhir yang jelas adalah motor drone yang bentuknya seperti gambar diatas, yang hanya memiliki dua buah kabel.





Contoh brushless Motor


Perbedaan motor brushed dan brushless - OmahDrones
Contoh Brushless Motor

        Brushless motor sebenarnya tidak hanya digunakan pada RC saja, di beberapa kesempatan motor jenis ini juga digunaan untuk robot. Motor jenis ini memang dinilai lebih bagus daripada brushed namun harganya lebih mahal.




Untuk yang ingin tau perbandingannya, anda bisa melihat perbandingan singkat dibawah ini:

Brushed Motor
·         Biaya / Harga relatif lebih murah
·         Tidak Membutuhkan ESC /Electric Controller
·         Cenderung membutuhkan maintance secara berkala
·         Biasanya kecepatan lebih lendah di banding motor brushless
·         Pada Pesawat / Quadcopter RC membutuhkan gear tambahan, dan sangat boros energy
·         Kecepatan motor kurang efisien
·         Suara putaran lebih bising
·         Bagian Coil yang berputar

Brushless Motor
·         Biaya / Harga relatif lebih mahal
·         Membutuhkan ESC /Electric Controller
·         Lebih awet, hanya sesekali membutuhkan maintance
·         Biasanya kecepatan lebih tinggi di banding motor brushed
·         Relatif tidak membutuhkan gear tambahan
·         Kecepatan motorlebih efisien
·         Suara putaran lebih tidak terlalu bising
·         Bagian Magnet yang berputar




        Jadi sudah jelas kan? Bagaimana perbedaan dan perbandingan antara motor brushed atau motor brushless? Jika di dunia drone, gampangannya adalah bila motornya berbentuk kecil dan panjang, itu adalah motor brushed. Namun bila motornya besar dan cenderung pipih serta memili tiga buah kabel, itu termasuk motor jenis Brushless.




        Sebagai seorang pilot drone sudah sepantasnya kita mengetahui perbedaan antara motor brushed dan motor brushless, selain sebagai pengetahuan, juga berguna bila anda akan beli motor baru untuk drone namun tidak tau jenisnya. Nah, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat, sampai jumpa di kesempatan berikutnya.