Spesifikasi Drone JJRC H16-5D X6 aka Tarantula X6


        Mungkin ada diantara anda yang sering dengar drone Tarantula x6 baik di sosmed, di komunitas atau dimanapun. Sehingga anda penasaran sebenarnya bagaimana sih sebenarnya drone yang disebut drone Tarantula X6 itu? Lalu bagaimana spesifikasinya? Apakah memang bagus sehingga drone ini begitu populer baik di dalam ataupun diluar negeri. Nah, sebagai bocoran saja nih sebelum kita mengulas tentang kemampuan terbang dari drone Tarantula X6 ini bila dilihat dari segi spesifikasi dan fitur yang terdapat di drone ini. Drone ini bisa disukai banyak pilot karena drone ini memiliki daya angkat yang besar sehingga sudah support action cam. Itu yang pertama, lalu yang kedua adalah drone ini memiliki jangkauan remote yang bisa dibilang cukup jauh juga untuk sebuah drone seharga dibawah dua juataan.

Spesifikasi Drone JJRC H16-5D X6 aka Tarantula X6 - OmahDrones


        Nama lain Drone Tarantula X6 ini adalah JJRC H16-5D X6. Iya benar, drone Tarantula X6 ini ternyata juga masih buatan JJRC dan memiliki nama produk bukan Tarantula X6. Namun karena sudah terlanjur populer sebagai Tarantula X6, maka kali ini kita akan memanggilnya dengan nama Tarantula X6 saja. Drone ini memiliki lengan yang jumlahnya empat buah dan memiliki body yang membentuk seperti huruf X. Setiap lengan memgangi sebuah motor yang dimana motor tersebut akan menggerakkan propeller sehingga Drone Tarantula X6 ini bisa terbang. Selain itu untuk pengamannya, di setiap ujung lengannya juga bisa dipasangi sebuah pelindung yang biasa kita sebut dengan propeller protector atau blade protector. Dengan adanya protector ini, sangat dianjurkan bagi anda yang masih dalam masa pelatihan menerbangkan drone untuk berjaga – jaga dan meminimalisir kerusakan drone yang diakibatkan oleh tabrakan dengan benda keras seperti dinding.



        Drone Tarantula X6 juga dilengkapi dengan empat buah kaki yang bisa dipasang pada bagian bawah drone. Dan kaki ini memiliki ukuran yang cukup panjang. Wajar saja. Karena selain digunakan untuk bisa berdiri diatas permukaan tanah, kaki ini juga berfungsi sebagai pelindung untuk unit kamera pada Drone Tarantula X6. Terlebih karena drone ini support action cam yang artinya anda bisa memasang action cam milik anda di drone ini, sehingga dengan kaki yang panjang ini, drone bisa melindungi unit action cam dari benturan tanah apabila anda melakukan landing secara kasar. Walaupun drone ini sudah dilengkapi dengan 6 axis gyro yang bisa membuatnya terbang dengan stabil, namun juga diperlukan latihan beberapa kali untu para pilot pemula untuk bisa menerbangkan drone ini dengan halus. Drone ini juga dilengkapi beberapa sensor pendukung seperti compass misalnya, dan untuk fitur lebih lengkapnya bisa anda baca dibawah ini:



Features:
Function: up and down, left and right, side fight, forward and backward, turn left and right, lever trim.
2.4G 4CH transmitter for your easy control.
With strong and unique design, it is stable and durable.
High stability 6-Axis gyro can easily implement various flight movements control.
Use large 1200mAh Li-Po battery, offering you a long and powerful flight.
With LCD monitor to show the throttle, LED light, battery and signal conditions.
It can realize 360-degree roll.
With Hyper IOC function, the outstanding orientation mode can start and fly in any orientation. If it flies far away, no need to worry about losing the orientation.
With 5.0MP Camera, it enables to take pictures and video.
With LED light for night tracking.



        Lalu untuk sumber tenaga yang dipakai oleh Drone Tarantula X6 ini, JJRC memberikan baterai yang bertegangan 7.4 Volt dan memiliki kapasitas sebesar 1200 mAh. Kapasitas yang bisa dibilang besar untuk drone sekelasnya. Dan dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan Drone Tarantula X6 hingga selama 7 menit ini dikarenakan motor dari Drone Tarantula X6 memiliki daya angkat yang besar sehingga membutuhkan arus lebih kuat, sehingga baterai cepat terkuras. Lalu ketika baterainya sudah mulai habis, anda bisa me rechargenya menggunakan charger bawaan dari JJRC. Ketika proses pengisian ulang sebisa mungkin juga sempatkan untuk mengecek keadaan baterai ketika recharging untuk meminimalisir terjadinya kebocoran saat pengisian. Untuk lama proses pengisian ulang baterainya kira – kira selama 150 menit.

Spesifikasi Drone JJRC H16-5D X6 aka Tarantula X6 - OmahDrones


        Drone Tarantula X6 ini juga memiliki remote 4 CH yang sudah menggunakan frekuensi 2.4 GHz sebagai jalur transmisi datanya. Dengan remote ini, selain anda bisa menerbangkan Drone Tarantula X6. Anda juga bisa mengaktifkan berbagai fungsi bawaan yang ada di Drone Tarantula X6, seperti melakukan proses pengambilan gambar, 3D Model, mengaktifkan kompas, dan lain – lain. Dengan remote ini, anda bisa mengendalikan Drone Tarantula X6 hingga radius sejauh 300 meter. Lebih jauh daripada drone sejenis yang kebanyakan hanya memiliki jangkauan 100 – 150 meter saja. Dan di remote Drone Tarantula X6 ini juga terdapat LCD kecil yang akan menampilkan status seperti kekuatan sinyal, kapasitas baterai dan status drone lainnya, sehingga dengan layar kecil ini anda bisa mengetahui kondisi Drone Tarantula X6 secara realtime. Untuk sumber tenaganya, remote ini menggunakan baterai jenis AA sebanyak 6 buah.

Spesifikasi Drone JJRC H16-5D X6 aka Tarantula X6 - OmahDrones


        Sedangkan untuk kameranya, sebenarnya JJRC juga menyediakan kamera bawaan yang resolusinya sebesar 5 MP dengan lensa Wide Angle. Memang sudah cukup bagus untuk melakukan proses pengambilan gambar baik dalam bentuk foto ataupun video. Namun untuk anda yang lebih suka mengambil gambar menggunakan action cam, anda bisa memasang action cam anda sendiri di Drone Tarantula X6 ini, sehingga anda akan mendapatkan hasil gambar sesuai dengan yang anda inginkan menggunakan action cam anda ini. Untuk holder camera bawaannya juga sudah dilengkapi dengan rubber ball yang sudah bisa meredam getaran drone ketika mengudara, sehingga gambar yang dihasilkan tetap halus tanpa vibrasi.



        Selain itu Drone Tarantula X6 juga memiliki lampu LED yang bisa menyala keren. Dengan adanya LED yang aslinya digunakan sebagai indikator ini, anda juga sekaligus mendapatkan hiasan drone yang akan terlihat keren bila menyala di tempat yang kurang cahaya atau ketika anda memainkannya dimalam hari. Sehingga walau minim cahaya anda bisa melihat dimana posisi drone berada melalui cahaya LED yang memancar indah ini.



Spesifikasi Ringkas:
Brand Name: JJRC
Item Model: H16-5D X6
Material: ABS
Color: Black/Blue optional
Controller mode: Mode 2
Frequency: 2.4G
Gyro: 6-Axis gyro
Suitable ages: Above 14 Years old
Flight Time: About 7 mins
Control Distance: About 300m
Battery power: 7.4V 1200mAh 30C
Transmitter battery: 6 x 1.5V AA batteries (not included)
Charging time: 150 minutes
Battery Size: 68 x 28 x 16mm
Quadcopter Size: 450 x 450 x 60mm
Quadcopter Weight: 228.9g


Spesifikasi Drone JJRC H16-5D X6 aka Tarantula X6 - OmahDrones


Tiap pembelian akan mendapat:
1 x JJRC H16-5D X6 Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 7.4V 1200mah 30C Li-Po Battery
1 x Battery Charger
1 x Wide Angle 5.0MP Camera Set
1 x SD Card Reader
1 x Pair of Landing Gear
4 x Propeller Guard
2 x Pair of Spare Propellers
1 x Tools Set
1 x English Manual



        Untuk yang suka dengan drone support action cam, mungkin Drone Tarantula X6 ini bisa menjadi salah satu refrensi yang direkomendasikan untuk anda, karena drone ini juga bisa dibilang cukup keren di dalam desainnya, dan untuk harganya juga dibawah dua juta. Action cam yang bisa dipasang juga semua jenis action cam, mulai dari GoPro, Bpro, Xiaomi Yi, dan lain – lain.


Spesifikasi Drone JJRC H16-5D X6 aka Tarantula X6 - OmahDrones



        Oke, bagi anda yang penasaran untuk harga dari Drone Tarantula X6 ini, dan apabila anda hendak membeli drone Drone Tarantula X6 ini, harga kisarannya berada di angka Rp. 1.600.000,- dengan catatan harga dapat berubah sewaktu – waktu. Nah, dengan begitu berakhir sudah ulasan kita hari ini mengenai Drone Tarantula X6 atau lebih tepatnya memiliki nama pabrik JJRC H16-5D X6 yang sudah support action cam. Semoga ulasan kita kali ini bisa menjadi refrensi yang bermanfaat.