Spesifikasi Drone A13 Carbon

 Mainan drone sekarang sudah tidak semahal di awal kemunculannya, setidaknya di awal tahun 2016 ketika omahdrones mulai berdiri, pada saat itu, drone mainan yang masih benar – benar memiliki fitur dasar memiliki harga yang cukup mahal kalau dibandingkan dengan saat ini di awal tahun 2024 ketika artikel ini ditulis. Disamping itu, pilihan drone juga makin banyak karena bermunculan drone – drone baru baik dari brand yang jelas atau tanpa brand yang jelas sekalipun. Seakan sudah biasa hal tersebut terjadi di pasar mainan indonesia. Kalau untuk drone yang biasanya memiliki bentuk Quad-Copter ini, kadang dia dipasarkan dengan nama serinya saja, jadi tanpa brand yang jelas, seperti drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.


Spesifikasi Drone A13 Carbon - OmahDrones


Drone ini memiliki nama A13 Drone. Nama yang cukup simple, tapi apakah sesimple itu juga spesifikasinya? Drone ini sudah menggunakan motor brushless walau dia hanya sebuah drone mainan yang belum memiliki sistem navigasi GPS, dia hanya dibekali dengan optical flow sensor yang tidak begitu bagus peformanya. Balik lagi karena drone mainan yang menekan harga, kita tidak bisa berharap banyak terhadap spesifikasi dan gimmick yang ada pada iklan nya.


Meski begitu untuk terbang indoor, dia sudah dilengkapi dengan sensor anti tabrak atau obstacle avoidance di bagian atas. Admin omahdrones bilang untuk terbang indoor karena sensor obstacle avoidance nya ini masih menggunakan infrared, jadi kalau di luar ruangan ketika siang hari kemungkinan besar akan kalah dengan sinar matahari. Selain itu terbang didalam ruangan juga lebih aman karena drone tidak akan liar karena kalau anda terbangkan di luar ruangan, ketika terkena hembusan angin, dia tetap akan terbawa dan bisa liar karena pengaruh dari optical flow sensornya, jadi logikanya drone akan berusaha di posisinya namun karena optical flownya kurang bagus akhirnya dia akan terus bergeser ketika terkena angin.

Spesifikasi Drone A13 Carbon - OmahDrones


Untuk spesifikasi teknisnya anda bisa simak dibawah ini:

Product Name: Brushless Folding Drone Model A13 

Color: Carbon fiber/black

Remote control battery: AAA battery *3 (self-provided) 

Operation mode: Remote control /APP 

Control Frequency: 2.4GHz 

Gyroscope: 6Axis

Channel: 4CH 

Charging mode: universal USB port 

Battery capacity: 3.7V 2000mAH lithium battery 

Flight duration: about 15 minutes

Charge time: 80-100 minutes 

Remote control distance: 100 meters 

Camera mode: FPV Lens with steering gear camera 

Video resolution: 480P/1080P/4K interpolation 

Speed shift: slow/medium/fast 

The maximum traveling speed: 10Km/h 

The maximum ascent speed: 3Km/h 

Operating temperature: 0-40℃ 


Spesifikasi Drone A13 Carbon - OmahDrones


Drone A13 ini menggunakan baterai 1 cell atau 1S seperti kebanyakan drone mainan, tapi disini yang membuat beda adalah kapasitas baterainya. Dia dibekali dengan baterai berkapasitas 2000mAh kalau sesuai tabel spesifikasi. Dan dengan satu baterai ini anda bisa terbang sekitar 10 – 15 menit tergantung cara anda terbang dan kondisinya. Kalau secara teknis tertulis bisa mencapai 18 menit, tapi balik lagi perhitungan teknis dengan praktik tentu bisa berbeda. Untuk metode pengisian ulang baterainya, kita bisa menggunakan kabel USB bawaan yang kita hubungkan ke sumber seperti misalnya Powerbank atau kepala charger USB. Karena Drone A13 menggunakan motor brushless, anda bisa membeli baterai cadangan dan ketika baterai habis, anda bisa langsung mengganti baterai dan terbang lagi, karena motor brushless lebih kuat daripada motor brushed yang biasanya lebih dari 10 menit sudah sangat panas motornya.


Spesifikasi Drone A13 Carbon - OmahDrones


Untuk unit remotenya, Drone A13 ini memiliki remote yang cukup sederhana, dan seperti biasa banyak tombol untuk berbagai fungsi walau ini termasuk drone mainan. Dalam tabel spesifikasi nampak tidak ada gimmick untuk urusan jangkauan remotenya, disitu tertulis maksimal 100meter dan ini maksudnya tanpa interferensi ya. Jadi misal anda terbang di tempat yang banyak interferensi sinyal ya jangkauan terbangnya jadi kecil. Tapi mengingat Drone A13 ini belum memiliki sistem navigasi, admin tetap sarankan untuk terbang tidak terlalu jauh untuk menghindari potensi fly away terbawa angin. Sedangkan untuk sumber tenaganya, remote ini membutuhkan baterai ukuran AAA sebanyak 3 buah.


Spesifikasi Drone A13 Carbon - OmahDrones


Lanjut ke bagian kameranya, kalau dibilang bagus, kamera bawaan Drone A13 memang sudah cukup bagus untuk kelasnya, jangan berharap banyak pada gimmick resolusi yang ada pada iklan, drone mainan memang umumnya diberi kamera seadanya, namun untuk Drone A13 ini sudah lumayan bagus. Dan lagi untuk bisa melakukan foto dan video, anda harus hubungkan drone dengan smartphone anda, jadi sembari melakukan Wi-Fi FPV, disitu anda juga sekaligus menyimpan semua foto dan video yang anda ambil karena Drone A13 tidak memiliki slot microSD, jadi semua foto dan video yang anda ambil akan tersimpan ke smartphone anda melalui koneksi Wifi. Tapi ada fitur yang lumayan bagus di kamera ini yaitu kita bisa atur tilt angle nya melalui remote.


Spesifikasi Drone A13 Carbon - OmahDrones


Dalam paket pembelian Drone A13, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1x Aircraft with Camera

1x Remote Control Transmitter

1x Battery 

1x Spare blade set

1x USB Charging Cables

1x Screwdriver

1x Drone Manual

1x Obstacle Avoidance Sensor

1x WIFI manual


Untuk mendapatkan Drone A13 Carbon ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone A13 Carbon

Link mati? bisa Lapor Disini


Kesimpulan admin omahdrones untuk Drone A13 ini mungkin bisa jadi salah satu mainan yang layak dibeli, asalkan anda memang berniat hanya untuk bersenang – senang. Karna dari fungsi dan kemampuan masih sangat dasar dan terbatas.