Spesifikasi Drone SJRC F22 & SJRC F22S

Spesifikasi Drone SJRC F22 & SJRC F22S - OmahDrones


Kemarin admin omahdrones baru saja membahas tentang SJRC F11S, dimana drone tersebut menjadi penerus dari SJRC F11 yang menjadi cikal bakal boomingnya seri drone dari SJRC ini. Kemunculan SJRC F11 seri upgrade dengan kamera 2.5K mulai menjadi lirikan, karena kualitas gambarnya sudah mulai terlihat bagus, jadi terasa bukan sekedar drone “mainan”, belum lagi ternyata muncul lagi versi upgrade yakni SJRC F11S 4K Pro dengan keemampuan jarak terbang hingga 3.5KM, mungkin tambahan huruf S disini maksudnya “super”? Karena seri S merupakan seri tertinggi dari tiap keluaran baru dari keluarga SJRC F11.


Nah, ternyata setelah boomingnya SJRC F11 series, brand ini tidak hanya berpuas diri, mereka ternyata juga terus mengeluarkan lagi – lagi seri upgrade nya. Namun kali ini, dengan nama baru, mungkin begitu pula dengan dimulainya generasi baru dari drone andalan dari SJRC. Dan pada kesempatan kali ini, admin omahdrones akan coba ulas drone ini, mengenai apa saja fitur unggulannya, dan spesifikasi teknisnya, serta informasi harga yang semoga bisa berguna bagi anda.


Bagaimana tidak baru, hampir semua bagian vital dari drone yang sudah kita kenal sebelumnya mengalami upgrade. Pantas saja alih – alih memberi nama F11 V3 atau V4, SJRC lebih memilih untuk memberikan nama baru yakni SJRC F22. Hingga admin omahdrones menulis artikel ini, dalam satu waktu SJRC mengeluarkan dua buah varian untuk seri F22 yakni SJRC F22 dan SJRC F22S. Yups, kali ini pun ada seri S nya. Berikut ini adalah cuplikan fitur yang ada di SJRC F22:


Perbedaan SJRC F22 dan SJRC F22S hanya terletak pada Sensor depan nya saja. SJRC F22 belum memiliki Sensor Laser Obstacle Avoidance, dan sedangkan SJRC F22S sudah memiliki Sensor tersebut di bagian depannya, penjelasan lebih lanjut nanti admin omahdrones bahas di akhir postingan.


Di bagian mesinnya, drone ini tentu sudah menggunakan motor brushless serta memiliki sensor optical flow yang membuatnya nyaman diterbangkan di dalam ruangan tanpa GPS. Tapi sayangnya SJRC F22 malah menggunakan propeller biasa, bukan yang jenis foldable padahal drone ini memiliki desain foldable arm.

Spesifikasi Drone SJRC F22 & SJRC F22S - OmahDrones


Beberapa fitur unggulan dari SJRC F22:

1. GPS one-click return to takeoff point, low power return, no signal return.

2. GPS intelligent following; Image following: identify the object and automatically follow the flight.

3. Gesture shooting and recognition: within 1-3m distance from the aircraft, make photo gestures/camera gestures in front of the camera.

4. Multi-point route planning flight: The aircraft flies autonomously according to the preset route, and the player focuses on shooting.

5. fixed point surround: find the center of the surround, and then move the desired radius through the rocker.

6. Aircraft retrieval function: Click the GPS signal icon for three consecutive times to open the map interface, and the map shows the last distance of the aircraft latitude and longitude.

7. Picture and video sharing: single or multiple selection to share photos, video can only be shared single time.

8. HD wide Angle 100°, adjustable camera 80°.

9. 11.1V pluggable intelligent lithium battery


Spesifikasi Drone SJRC F22 & SJRC F22S - OmahDrones


Sedangkan ini adalah spesifikasi teknis dari SJRC F22 dan SJRC F22S:

Item No: F22S/F22 4K Pro

Color: Silvery Grey

Operating Frequency: 2.4G + digital image transfer Bridge

Drone Battery: 11.1V 3500mAh

Control Distance: 3500m(Outdoor and unobstructed,depend on the environment and mobile device)

Wifi Image Transmission Distance: 3500m(Outdoor and unobstructed,depend on conditions and mobile device)

Flight Time: About 30-35 min

Charging Time: About 4.5 hours

USB Charging: 5V/3A

Product Size Unfolded: 350X350X80MM , Folded:210X95X80MM

Product Weight: 585 g

F22 remote control battery: 3.7V 1500mAh (soft pack lithium battery)

F22S remote control battery: 3.7V 3000mAh (cylindrical lithium battery)

Remote control Charging Time: About 2 hours

Remote control Operating Time: About 2 hours

Camera: 2-Axis Electronic Stabilization Gimbal Real 4K Camera

Camera Lens: FOV:100°

Photo resolution: 3840* 2160P(phone) / 3840*2160P(SD card)

Video resolution: 1280*720P(phone) / 3840* 2160P(SD card)

Frame Rate: 30fps

Photo Format: JPG

Video Format: MP4

Mechanical Range & Control Range: Tilt(X): -35° - +35°

Roll(Y): -100°- +70°

Adjustable Angle: -80°- +0°

Gesture Shooting: 1-3 M

Image Recognition Follow Me: 3-10M

GPS Follow Me: 10-100M

SD Card Support: 32GB-128GB (Not Included)

Mobile Device System Version iOS 9.0 or later / Android 5.0 or later


Spesifikasi Drone SJRC F22 & SJRC F22S - OmahDrones


SJRC F22 memiliki baterai yang kapasitasnya lebih besar daripada generasi sebelumnya, sekarang SJRC F22 ataupun SJRC F22S dibekali dengan baterai 11.1V yang kapasitas nya sebesar 3500mAh. Dengan satu baterai ini SJRC mengeklaim secara teknis bisa menerbangkan drone selama 35 menit. Namun pada praktiknya, tentu lama terbang juga dipengaruhi dengan bagaimana cara terbang anda serta kondisi dimana anda terbang, seperti cuaca yang berangin atau tidak. Baterai ini memiliki kapasitas yang besar, dan disini anda diberi sebuah port USB Type-C untuk melakukan Recharge baterai. Disini anda bisa setidaknya menggunakan kepala charger 18W untuk bisa mengisi baterai secara optimal. SJRC juga berkata kalau ini adalah intelligent battery, artinya sih satu pack baterai ini dia memiliki controller yang “pintar” jadi bukan hanya sekedar BMS biasa.

Spesifikasi Drone SJRC F22 & SJRC F22S - OmahDrones


Di bagian remotenya, F22 memiliki desain remote yang baru, kalau dilihat sekilas mirip juga dengan remote DJI Mini sih, hanya saja disini pada bagian layar, remote SJRC F22 masih mengusung layar monochrome dengan backlight. Di layar kecil ini anda bisa melihat status drone secara realtime seperti kapasitas baterai, mode yang digunakan, kekuatan sinyal dan beberapa informasi lainnya. Selain itu, antena nya jadi satu dengan phone holder, jadi tidak terlihat antenna yang menjulang, karena tersembunyi diatas phone holder. 


Dengan remote ini kalau dilihat dari spesifikasinya, kita bisa menerbangkan SJRC F22 sejauh 3.5KM, tapi balik lagi jarak jangkauan juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti banyaknya interferensi sinyal di tempat anda terbang. Sedangkan untuk sumber tenaganya, remote ini sudah menggunakan baterai rechargeable jadi ketika baterai sudah habis, kita hanya perlu merecharge baterainya melalui port microSD yang sudah tersedia di remote ini.

Spesifikasi Drone SJRC F22 & SJRC F22S - OmahDrones


Kamera yang dimiliki SJRC F22 ini pun juga sudah support untuk merekam video dengan resolusi 4K 30fps, hasil gambarnya sudah lumayan bagus untuk drone dengan rentang harga di kelasnya. Tersedia juga slot microSD sehingga anda bisa menyimpan hasil foto dan video asli tanpa adanya gangguan misalnya frame dropping seperti yang anda dapatkan di video cache pada smartphone anda. Selain itu kamera ini juga bertumpu pada 2 axis gimbal stabilizer yang juga ditambah EIS sehingga hasil videonya akan halus dan nampak professional. Mode kamera yang ditawarkan juga cukup banyak, memang ini adalah sebuah fitur dari aplikasinya, namun dengan banyaknya fitur ini, anda bisa memaksimalkan kinerja SJRC F22 sesuai dengan apa yang anda inginkan. Yang penting tetap fly safe dan kenali drone anda, karena mungkin karena terlalu banyak fitur justru malah bisa membuat anda bingung, dan akhirnya drone yang jadi korban nya.


Nah sekarang mengenai perbedaan SJRC F22 dengan SJRC F22S. Perbedaannya terletak pada sensor laser yang ada di depan drone. Sensor ini digunakan sebagai sensor anti tabrak, walau secara teknis, sensor ini sebagai pendeteksi objek di depan drone, sehingga ketika ada objek menghalangi di depan drone. Maka akan muncul bunyi notif dan drone tidak akan mau maju lagi karena ada yang menghalangi. Nah, sensor ini hanya ada di seri SJRC F22S, yang F22 biasa belum ada.


Kalau untuk terbang rendah, posisi sensor depan on, lalu anda lakukan full throttle, drone ini terlihat aneh karena seperti loncat – loncat kecil. Itu karena ketika anda full throttle ke depan, drone akan menunduk sehingga sensor depan akan melihat “tanah” atau permukaan yang rendah, sehingga sensor akan mengidentifikasi permukaan tersebut sebagai halangan, sehingga drone akan “stop” selagi anda tetap menekan tuas maju, drone akan melakukan hal tersebut berulang – ulang juga. Makanya akan terlihat seperti loncat – loncat kecil.

Spesifikasi Drone SJRC F22 & SJRC F22S - OmahDrones


Umumnya, ketika anda membeli SJRC F22 anda akan mendapatkan item berupa:

- Drone SJRC F22 atau F22S

- Remote Controller

- Battery (Opsi 1, 2 atau 3 baterai)

- Spare Propellers

- USB Cable for FPV (Micro, Type-C, Lightning)

- USB Cable for Charging

- Gimbal Protector

- Vane Retainer

- Manual Book


Untuk mendapatkan Drone SJRC F22 & SJRC F22S ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli SJRC F22 & F22s

Link mati? bisa Lapor Disini


untuk sebuah drone semi professional, ya admin omahdrones sudah menganggapnya semi professional, karena dari segi spesifikasi dan hasil kameranya juga sudah lumayan bagus. Mungkin cuma 4K yang didapat masih kalah kalau dibandingkan dengan drone yang benar – benar professional. Tapi balik lagi ke harga. Kalau di sisi budget value, SJRC F22 ini bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin memiliki drone brushless GPS bandel dengan kualitas kamera yang lumayan tapi dengan harga yang masih bersahabat.

Spesifikasi Drone SJRC F22 & SJRC F22S - OmahDrones


Terakhir admin omahdrones cek di marketplace online, SJRC F22 ini dibandrol dengan harga 3jutaan, untuk melakukan pembelian atau sekedar cek harga, anda bisa klik saja link afiliasi diatas. Kira – kira setelah kemunculan SJRC F22 ini kedepannya apakah ada upgrade atau versi baru lagi dari SJRC. Apalagi kalau kehadirannya banyak peminatnya terutama di indonesia.