Spesifikasi Drone Polltar JT-1 Pro

Awal kemunculan drone Brushless GPS memang menjadi salah satu titik balik turun nya harga drone. Setelah kemunculannya, bisa dibilang hampir semua jenis drone kelas toys jadi turun harga. Bahkan yang dulunya drone mainan seken masih bisa dijual, untuk saat ini tepatnya ketika admin omahdrones menulis artikel ini, drone mainan bekas sudah seperti tidak bisa dijual. Bayangkan saja dulu untuk mendapatkan drone mainan basik dengan kamera 0.3MP harganya masih 500ribuan. Sekarang, dengan harga 200 ribuan saja sudah bisa mendapat drone serupa, bahkan dengan fitur yang lebih banyak, seperti misalnya desain foldable, jadi lebih mudah menyimpannya juga kalau dibanding drone mainan awal – awal boomingnya yang masih menggunakan frame X yang meski keren, tapi ya membutuhkan ruang yang lebih untuk menyimpan atau membawanya bepergian.

Spesifikasi Drone Polltar JT-1 Pro - OmahDrones


Belum lagi karena belum memiliki sistem navigasi dan beberapa komponen pendukung yang membuat drone mainan mudah sekali hilang karena terbawa angin, miss orientasi, atau nyangkut juga. Tapi di awal kemunculan drone GPS, semua itu sudah lebih “terkendali” terlebih di generasi drone brushless GPS yang juga mulai merambah di pasar drone indonesia, seperti drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.


Drone ini dari brand Polltar, dengan nama pasar Polltar JT-1 Pro bisa dibilang drone ini sangat populer dan banyak di cari karena dari beberapa sisi yang bisa menarik hati calon pembelinya, seperti tentu dari segi harga, drone ini cukup murah dengan spesifikasi yang bisa dibilang cukup lengkap dan mumpuni sebagai drone brushless GPS yang sepadan juga dengan kemampuannya. Drone ini sudah menggunakan motor brushless, jadi sudah tidak perlu khawatir akan overheat di bagian motor, dan anda bisa terbang dengan waktu yang lebih lama kalau memiliki baterai cadangan, lagi tanpa takut motor akan overheat layaknya drone dengan motor brushed.

Spesifikasi Drone Polltar JT-1 Pro - OmahDrones


Dia juga sudah punya sistem navigasi, dengan modul GPS yang tertanam di dalam body yang ukurannya lumayan mungil ini, kemampuan penguncian GPS nya juga bisa dibilang bagus dari seri – seri sebelumnya. Tak cuma itu, di bagian bawah drone ini juga dilengkapi dengan kamera yang berfungsi sebagai optical flow sensor. Untuk spesifikasi lebih lengkap, anda bisa menyimaknya dibawah ini:

Product Name: Polltar JT-1 Pro RC Quadcopter

Color: Grey

Size:

16x20x5 cm(Unfoldable)

14x8.5x5.7cm(Foldable)

Weight: About 263g

Motor: 1503 Brushless Motor

Max Flying Time: 25mins

Max Flying Speed: 7m/s

Max Flying Altitude: 120m

Max Ascent Speed: 5m/s

Control Distance: About 1000m

Transmission Distance: About 700m

GPS Following Distance: 5-20m

Gesture Distance: About 2m

Positioning: GPS + GLONASS+Barometer + Optical Flow Sensors



Support Mobile Device

Your mobile phone Wi-Fi needs to support IEEE 802.11 a/b/g/n/ac, that is, 5G band WLAN

Recommended Configuration:

iOS 8.0 and above;  Android 5.0 and above

Optimal configuration (2k support)

iOS 9.0 and above;  Android 8.0 and above


Camera

Camera: 4K Electronic Adjustment Camera

View Angle: 150

Pitch Rotation Range: 0 - 90 degree

Focal length: 50X ZOOM

Resolution 4K: 3840*2160 

Frame rate 30fps


Battery

Battery Capacity: 2200 mAh

Voltage: 7.4V 

Weight: 80.5g

Charging Time: 180 - 240mins

Charging: Micro USB


Remote Control

Operating Frequency: 2.4GHz

Maximum R/C Distance: 1KM 

Battery: 4 x 1.5V AAA Battery


Adapun beberapa fitur yang ditawarkan seperti dibawah ini:

-GPS/GLONASS double mode
-4K 2-Axis Gimbal camera
-5G long-distance WiFi image transmission
-Headless mode
-Real-time image transmission
-Intelligent follow
-Surround flight
-Waypoint flight 
-Trajectory pointing flight
-Folding portable fuselage
-One key return
-One key take-off/landing
-Gesture
-Remote control photo and video recording
-Brushless motor
-Speed Switch
-Electric fence
-Aircraft retrieval function
-MV functions: filters, video effects, add background music.


Polltar JT-1 Pro ini memiliki baterai yang bentuknya dibuat cukup mulus, bisa dilihat baterai tipe proprietary seperti ini memudahkan kita untuk memasang dan merawat baterainya. Kita bisa melakukan charging langsung melalui port Micro USB yang ada di badan baterai ini. Baterai yang memiliki tegangan 7.4Volt dan berkapasitas 2200mAh ini, kalau mengacu pada tabel spesifikasi yakni dapat sobat omahdrones gunakan untuk terbang selama 25menit. Walau dalam praktiknya tentu lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti cara terbang anda dan juga kondisi dimana anda terbang, kalau ada angin yang lumayan kencang tentu akan membuat drone lebih haus daya karena butuh tenaga untuk mempertahankan posisinya.


Spesifikasi Drone Polltar JT-1 Pro - OmahDrones


Sedangkan untuk desain remotenya, bisa dilihat pada gambar, terbilang polos saja kalau kata admin omahdrones. Meski terlihat polos, di tiap tombol fungsi juga sudah ada icon nya, sehingga anda bisa lebih mudah untuk mengingat tiap fungsi dari masing – masing tombol yang ada di remote ini. Untuk jarak jangkauannya, dalam tabel spesifikasi tertulis anda bisa menerbangkan Polltar JT-1 Pro dalam radius 1KM, tetapi balik lagi kalau jangkauan terbang juga dipengaruhi oleh dimana anda terbang. Apakah banyak interferensi sinyal atau tidak. Seperti model – model remote seperti ini, terdapat juga smartphone holder untuk meletakkan smartphone anda sebagai monitor FPV yang masih menggunakan wifi-FPV dengan frekuensi 5GHz atau Wifi 802.11ac, jadi sebelum membeli drone ini pastikan smartphone anda support Wifi 5G atau anda tidak bisa menikmati Wifi-FPV dengan Polltar JT-1 Pro. Dan yang terakhir yang membuat admin omahdrones kurang suka adalah remote ini masih menggunakan baterai AAA sebanyak 4buah. Admin sarankan untuk pakai baterai rechargeable supaya bisa lebih go green daripada menggunakan baterai sekali pakai.


Spesifikasi Drone Polltar JT-1 Pro - OmahDrones


Lanjut ke bagian kamera, bagian yang termasuk penting dari tiap camera drone. Untungnyya kamera dari Polltar JT-1 Pro ini sudah bisa dibilang “bagus” untuk kelasnya. Hasil gambar yang diambil tidak alakadarnya meski masih ada gimmick 4K disini. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda bisa record di resolusi 1080p saja, selain gambarnya sudah maksimal alias mentok, ukuran filenya juga tidak akan membabat habis kartu microSD anda. Daripada anda record di 4K dengan hasil gambar yang sama saja, cuma beda resolusi dan ukuran file yang sangat besar kan. Dan ya, anda bisa memasukkan microSD sebagai storage gambar dan video yang anda tangkap secara langsung, semua file ori akan tersimpan di microSD, dan admin sarankan menggunakan microSD minimal class10 atau kalau anda ingin mengetahui perbedaan kelas microSD, anda bisa membaca postingan omahdrones tentang tips memilih microSD yang benar untuk drone.


Hasil gambarnya selain sudah bagus kualitas gambarnya, juga stabil, karena drone ini juga sudah dilengkapi dengan 2 axis gimbal mekanik, jadi beneran bukan cuma gimmick aja di bagian stabilitas video yang dijanjikan oleh drone ini.


Spesifikasi Drone Polltar JT-1 Pro - OmahDrones


Dalam tiap pembelian Polltar JT-1 Pro umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x Polltar JT-1 Pro Drone

1 x Remote Controller

1 x 7.4V 2200mAh 25C Lipo Battery

2 x Spare Blades

1 x Screwdriver

1 x USB Charging Cable

1 x User Manual

Spesifikasi Drone Polltar JT-1 Pro - OmahDrones


dalam rentang harga 1jutaan saja anda sudah bisa mendapatkan drone dengan kemampuan kamera yang sudah enak dilihat oleh mata. Bagi anda yang ingin mencoba menjadi pilot drone, mungkin Polltar JT-1 Pro bisa jadi salah satu pilihan, bukan hanya karena harganya yang lumayan murah, juga anda sudah mendapatkan drone lengkap dengan sistem navigasi yang membuatnya tidak mudah fly away dan hilang, selama anda bisa menggunakannya dengan benar.