Cara Mudah Membersihkan Gearbox Drone

        Ketika anda menerbangkan drone di tempat yang berdebu, atau gresang, atau bahkan pantai yang disana memiliki area pasir yang kering. Ditambah angin yang selalu membawa pasir kecil menjadi terbang dan masuk ke mata sehingga mata menjadi iritasi. Nah, taukah anda bahwa debu dan pasir halus seperti itu bukan hanya menyakitkan mata anda, namun juga bisa menyakitkan drone. Seperti di mata kita, ketika kita kelilipan pasir halus atau debu, pasti mata kita jadi sakit dan kesulitan melihat karena perih, sama seperti yang dialami drone, bila sampai gearnya terselip pasir kecil atau debu, nanti drone akan mengalami masalah ketika terbang. Seperti putaran propeller yang tidak optimal misalnya. Namun ketika mata anda yang terkena debu, anda bisa mengobati dengan obat tetes mata, sehingga mata jadi nyaman untuk melihat lagi, dan sekali lagi sama. Di drone, anda juga bisa mengobatinya ketika gear system drone terganggu oleh debu atau pasir halus.


Cara Mudah Membersihkan Gearbox Drone - OmahDrones


        Permasalahan seperti itu tidak hanya terjadi di dalam gearbox yang biasanya terdapat pada drone yang masih menggunakan motor jenis brushed. Namun masalah kemasukan debu atau pasir halus juga sering terjadi juga di bagian gimbal kamera bagi drone yang memakai gimbal. Nah, untungnya ada satu langkah sederhana yang bisa anda lakukan setidaknya untuk pertolongan pertama bila drone mengalami kerusakan pada gimbal atau gearbox yang disebabkan karena kemasukan debu atau pasir halus yang ternyata menimbulkan dampak yang sangat merugikan. Dan disini kali ini kita akan coba sharing bagaimana langkah yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya.



Pertama, untuk kedua masalah diatas, kita perlu alat dan bahan untuk menunjang perawatan kali ini, dan yang harus anda siapkan adalah:
-          Obeng
-          Sikat gigi
-          Compressor Kaleng



Tentang sikat gigi
Cara Mudah Membersihkan Gearbox Drone - OmahDrones

        Sebisa mungkin gunakan sikat gigi yang memiliki karakter halus pada bagian sikatnya. Ini bertujuan agar bisa mengangkat debu secara halus tanpa meninggalkan bekas.



Tentang Compressor Kaleng

Cara Mudah Membersihkan Gearbox Drone - OmahDrones

        Mungkin yang ini agak susah untuk dicari, namun di beberapa daerah, compressor angin kalengan ini juga mudah ditemui, bisa dibeli do toko perlengkapan komputer juga malah.



Setelah semua bahan sudah terkumpul. Langsung saja praktik pembersihan.




Untuk Membersihkan Gearbox

        Pertama anda buka dulu penutup gearbox (bila ada), lalu ambil sikat gigi, dan jangan beri apa – apa. Hanya sikat gigi doang. Nah, sesudah itu ada dua cara membersihkannya, cara pertama adalah dengan melepaskan gearnya dulu dari gearboxnya, baru disikat. Cara ini lebih lama karena anda harus melepasnya, membersihkan dan memasangnya lagi.

Cara Mudah Membersihkan Gearbox Drone - OmahDrones


        Dan cara kedua adalah dengan langsung menyikatnya. Siktlah bagian tiap gear secara memutar untuk memastikan di setiap geriginya bersih tidak ada debu yang masih menempel.
Cara menyikatnya adalah dari bawah keatas. Istilahnya seperti bila mencangkul habis di cangkul tanahnya langsung dibuang di luar lubang. Dalam hal ini kita membuang debu – debu yang menempel di sela – sela gerigi gear yang kecil.

        Yang perlu diperhatikan adalah apakah ada gear yang sudah cacat? cacat disini berarti gear sudah tidak berbentuk seperti aslinya, misalkan ada gerigi yang hilang, atau ada gerigi yang bentuknya sudah aneh karena aus. Nah, bila ada tanda – tanda seperti itu, lebih baik anda segera mengganti gear drone anda.

Cara Mudah Membersihkan Gearbox Drone - OmahDrones


        Setelah semua dipastikan baik, dan sudah disikat semuanya. Sekarang untuk memastikannya lagi, ambil Air Compressor. Arahkan kompresor ke bagian gear yang tadi sudah di bersihkan menggunakan sikat gigi halus. Nah tujuan menggunakan air compressor ini adalah untuk meniup semua debu atau pasir halus yang mungkin masih menempel di sela – sela gerigi gear. Dengan angin tekanan tinggi, butiran pasir yang sangat halus akan tertiup jauh dan tidak mengendap di sela – sela gerigi gear lagi. Dengan begini anda sudah membersihkan gear drone seluruhnya.





Untuk membersihkan gimbal

        Untuk membersihkan gimbal, pertama kali yang harus anda lakukan adalah kenali gimbal anda terlebih dahulu. Umumnya saat ini gimbal sudah memakai motor jenis brushless, sehingga tidak membutuhkan gear tambahan lagi, bila gimbal anda berbeda, coba buka bagian gear systemnya, bila didalam gear terdapat cairan gell, jangan dihilangkan karena itu adalah pelumasnya. Dan dengan adanya pelumas itu, gear sudah aman dari ancaman pasir halus dan debu. Dan bila gimbal masih bermasalah, kemungkinan motor pada gimballah yang menjadi sumber masalahnya.



        Bila gimbal anda sudah memakai motor jenis brushless, caranya cukup mudah. Tinggal semprot bagian motor yang berputar menggunakan Compressor kalengan. Semprot secara memutar dan lakukan beberapa kali hingga anda rasa sudah sepenuhnya bersih. Cara ini terbilang efektif untuk membuang debu – debu dan pasir halus yang hinggap di sela – sela motor dengan kerangka gimbal, sehingga bila tidak dibersihkan gerakan gimbal tidak bisa lancar.



        Perlu diketahui, cara diatas adalah cara termudah untuk membersihkan debu – debu atau pasir halus yang sangat menganggu putaran motor. Baik motor untuk propeller ataupun motor untuk gimbal. Bila anda sudah menemukan cara yang lebih baik daripada cara diatas, alangkah lebih baik bila anda melakukan pembersihan dengan cara yang lebih baik. Meski begitu, cara diatas setidaknya bisa membantu anda untuk melakukan pembersihan berkala di bagian gearbox khususnya untuk menghindari endapan – endapan debu yang bila sudah mengendap cukup banyak, akan mengakibatkan kerusakan pada gear itu sendiri.



        Memiliki drone dengan keadaan selalu prima dan siap terbang kapanpun adalah keinginan setiap pilot drone. Namun bila sang pilot tidak mau atau tidak sering membersihkan dan merawat kendaraannya, bagaimana drone bisa dalam keadaan selalu prima? Drone tidak bisa membersihkan dirinya sendiri. Peran kita sebagai pilot adalah untuk selalu menjaga, merawat dan menerbangkannya secara baik dan benar. Nah, mungkin itu dulu tips kita hari ini untuk cara mudah membersihkan gearbox drone.