Spesifikasi ELE Explorer Action Cam Hebat dengan Harga Miring

         Sekarang ini, sudah sangat banyak produsen yang mengeluarkan produk berupa Action Cam. Itu didasari karena memang mulai pada tahun 2014 kemarin penjualan kamera jenis Action Cam melonjak naik yang menyebabkan produsen kamera lain mulai ikut – iukutan untuk mengeluarkan action cam dengan label mereka sendiri. Terlepas itu, dengan banyaknya merk yang beredar, seseorang akan malah menjadi bingung ingin membeli action cam yang mana terlepas dari masalah harga. Namun untuk orang yang tetap pada pendirian “Cari Barang Murah”, sebenarnya ada banyak juga Action Cam yang harganya murah bahkan dibawah Rp. 500.000,- tentu dengan harga yang malah terlalu murah untuk sebuah Action Cam. Dan hasilnya, para pembeli action cam itu hanya mendapatkan penyesalan karena hasil gambarnya sangat mengecewakan. Kekecewaan itu sering muncul dari orang yang membeli kamera di toko online, sehingga mereka tidak bisa mencoba kameranya terlebih dahulu.


Spesifikasi ELE Explorer Action Cam - OmahDrones


         Dan di kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah Action Cam yang harganya bisa dibilang dibawah rata – rata namun dari beberapa user yang sudah membelinya merasa puas dengan hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut, bahkan dari pihak produsennya juga mengemukakan bahwa kamera ini sudah bisa merekam video dalam resolusi sebesar 4000p atau 4K. Tak cukup sampai disitu saja, kamera ini juga sudah memiliki kemampuan seperti layaknya Action Cam mahal, yakni dengan dilengkapi dengan wifi, microphone untuk merekam suara, dan tentunya sudah tahan air. Kamera ini sebenarnya memiliki nama Elephone Explorer, namun lebih sering disebut ELE Explorer saja. Nah, bagaimanakah sebenarnya kemampuan dari Action Cam ELE Explorer ini bila dilihat dari spesifikasinya? Mari kita bahas



         Bila dilihat dari bentuk dasarnya, yang namanya Action Cam tetaplah berukuran kecil mungil dan tidak aneh – aneh bentuknya, sama seperti Action Cam ELE Explorer, dia juga memiliki bentuk kotak persegi panjang yang hanya memiliki luas 2 inci saja. Di sisi depannya, body Action Cam ELE Explorer  ini hanya terdapat sebuah tombol untuk power dan mode, dan juga lensa utamanya yang memiliki resolusi besar. Dan dibagian atas, terdapat satu tombol lagi. Tak Cuma itu, di sisi samping Action Cam ELE Explorer ini juga terdapat beberapa port untuk USB, HDMI dan juga tentunya slot Micro SD untuk memasang memory yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan seluruh hasil recording video atau jepretan gambar, bila anda tidak menghubungkannya dengan perangkat lain seperti smartphone misalnya.

 
Spesifikasi ELE Explorer Action Cam - OmahDrones
LCD ELE Explorer Action Cam

         Dan untuk fitur – fiturnya seperti apa yang dikatakan oleh produsennya, Action Cam ELE Explorer ini memiliki banyak kemampuan dan fitur, untuk lebih lengkapnya, anda bisa lihat dibawah ini:

Main Features:
Original Elephone Explorer 2 inches 4K Ultra HD WiFi action camera
Adopting Aliwinner V3 chipset
OV4689 16.0MP CMOS image sensor
Wide Angle: 170 degree wide angle
Supporting Micro SDHC up to 64GB (not included in the package)
Screen: 2 inches TFT LCD, 960 x 240
Removeable and rechargeable 1050mAh Li-ion battery, working time about 2 hours at 1080P
Battery charging time about 2 hours
Video Resolution: Interpolation 4K (3840 x 2160) 15fps, 2.7K (2688 x 1520) 30fps, 1080P (1920 x 1080) 60fps / 30fps, 720P (1280 x 720) 120fps / 60fps / 30fps
Image Resolution: 16M (4608 x 3546), 12M (4000 x 3000), 8M (3264 x 2448), 5M (2560 x 1920)
Audio System: Built-in microphone / speaker (AAC)
30m waterproof with waterproof case
Support "ELE-CAM" APP for WiFi function (Please download from the Google Play Store or Apple Store)
Perfect for outdoor sports, extreme sports, water sports, etc
Note: 4K and 2.7K video shooting are not supported while using APP.



         Dari data diatas bisa kita lihat bahwa Action Cam ELE Explorer memiliki lensa yang resolusinya sangat besar, yakni 16 MP. Dimana umumnya kebanyakan Action Cam hanya memiliki lensa yang ber resolusi 5 MP – 12 MP saja. Disini kita dapat kesimpulan bahwa Action Cam ELE Explorer memiliki sisi unggul terutama di bagian lensa kameranya. Dengan lensa yang berresolusi besar, maka wajar saja bila Action Cam ELE Explorer ini sudah bisa untuk merekam video dengan resolusi 4K.  Dengan lensa bawaan yang besar ini, tampilan gambar Action Cam ELE Explorer akan terlihat dalam mode Wide angle 170 derajat, gambar mode wide angle memang lebih disukai oleh para action cam mania untuk merekam aktifitas mereka karena di mode wide angle ini gambar yang bisa ditangkap oleh kamera akan lebih luas daripada gambar dengan mode biasa.

Spesifikasi ELE Explorer Action Cam - OmahDrones
ELE Explorer Action Cam


         Karena Action Cam ELE Explorer ini memiliki lensa 16MP dan bisa merekam video berresolusi 4K bukan berarti anda hanya bisa merekam di resolusi 4K saja, namun anda tetap bisa memilih resolusi yang anda inginkan, dan di Action Cam ELE Explorer ini, untuk perekaman video anda bisa memilih resolusi 4K (3840 x 2160) 15fps atau 2.7K (2688 x 1520) 30fps hingga paling kecil 720p. Dengan begitu, anda bisa memilih resolusi sesuai dengan kebutuhan anda. Dan beda lagi bila untuk mengambil gambar dalam bentuk foto. Di Action Cam ELE Explorer anda juga bisa memilih besar gambar dalam pixel foto yang dihasilkan oleh kamera, mulai dari 16MP sesuai besar resolusi kameranya, hingga ukuran terkecil yaitu 5MP atau 2560 x 1920 pixels.



         Lanjut ke bagian baterainya. Action Cam ini memiliki kapasitas baterai yang bisa dibilang sama dengan kebanyakan Action Cam kelas atas. Untuk Action Cam ELE Explorer ini, dia dibekali dengan baterai berkapasitas 1050 mAh. Dan dengan baterai ini, anda bisa melakukan perekaman video dengan Action Cam ELE Explorer hingga dalam waktu selama 2 jam. Nah, ketika baterainya habis, anda bisa melakukan proses pengisian ulang dengan USB Charger atau dengan menghubungkan kabel USB ke USB port pada laptop atau PC. Lama pengisian ulangnya juga selama 2 jam untuk mendapatkan kapasitas full.

Spesifikasi ELE Explorer Action Cam - OmahDrones
Kelengkapan ELE Explorer Action Cam


Untuk kelengkapannya, umumnya bila anda membeli Action Cam ini, anda akan memperoleh:

1 x ELE Explorer Action Camera 4K - Black
1 x Waterproof cover
1 x 3M Adhesive Tapes
1 x Cleaning cloth
1 x Bandages
1 x Bicycle stand
1 x Accessory Seat (1)
1 x Accessory Seat (2)
1 x Steel Rope
1 x Ribbon
1 x Fixing Base
1 x USB Data Cable
1 x Helmet Seats
1 x User Manual


         Namanya Action Cam kalau tidak Waterproof mungkin tidak akan laku. Nah, begitupula di Action Cam ELE Explorer ini. Dia tentu sudah bisa digunakan ketika hujan, bahkan digunakan untuk menyelam. Dengan bantuan Waterproof case yang sebenarnya juga bisa digunakan untuk melindungi kamera dari benturan benda padat. Action Cam ELE Explorer ini bisa anda gunakan dibawah air hingga kedalaman 30 meter. Namun bila digunakan untuk drone, Waterproof case ini lebih berfungsi sebagai pelindung kamera anti banting, dan agar kamera bisa terpasang di gimbal.

Spesifikasi ELE Explorer Action Cam - OmahDrones
ELE Explorer Action Cam with Waterproof


         Dengan Wifi yang tertanam juga di mainboard mungilnya, memungkinkan anda bisa menghubungkan unit kamera dengan smartphone anda dengan menggunakan aplikasi “ELE-CAM” yang bisa anda download langsung secara gratis. Dengan menghubungkannya ke smartphone, anda tentu bisa menyimpan hasil gambar atau videonya langsung ke smartphone, namun dalam hal ini, resolusi terbesar video yang bisa langsung direkam melalui app maksimal 1080p. Bila anda hendak mengambil video 2.7K atau 4K, kamera akan menyimpannya di kartu memori yang terpasang di slotnya.




         Dengan kamera ini, tentu kebutuhan anda untuk mengabadikan momen anda terutama seperti water sport, atau olahraga ekstrim lainnya dan tidak lupa bagi pilot drone, anda tentu bisa menggunakan kamera ini sebagai kamera drone anda. Dengan kamera ini anda bisa mendapatkan gambar yang luar biasa. Terlebih harganya yang bisa dibilang miring, karena hanya berkisar antara Rp. 800.000,- saja. Jika hendak membeli sesuatu, seperti action cam ini misalnya, akan lebih baik bila anda langsung datang ke toko si penjual, sehingga anda bisa mencoba – cobanya terlebih dahulu sebelum membeli.