Spesifikasi Kamera GoPro Hero 3

         GoPro masih mengembangkan produknya supaya memiliki kemampuan yang lebih bagus dari versi sebelumnya dengan menerapkan teknologi terbaru yang memungkinkannya memiliki kelebihan dan fungsi yang lebih banyak dengan mempertahankan ukurannya yang kecil. Sebagai Action Cam yang mempelopori Action Cam – Action Cam lainnya sudah sepantasnya GpPro tetap memberikan yang terbaik dengan melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan suatu produk yang bernilai serta memikat hati para pelanggannya. Tentu sebagai user yang mementingkan kualitas daripada kuantitas, anda patut untuk mengetahui bagaimana spesifikasi dari kamera GoPro yang terbaru, dengan mengetahui spesifikasinya disamping untuk refrensi, anda juga bisa membandingkan kualitas GoPro dengan Action Cam lainnya. Dan di kesempatan kali ini, kita akan coba membahas spesifikasi dari kamera GoPro penerus dari GoPro Hero 2.


Spesifikasi GoPro Hero 3 - OmahDrones
Spesifikasi Kamera GoPro Hero 3


         Sebagai Penerus dari GoPro Hero 2, GoPro menamai kamera ini dengan Hero 3, sehingga pembeli atau pelanggan bisa dengan mudah mengetahui versi kamera GoPro melalui penamaannya di setiap serinya. GoPro Hero 3 ini bila dilihat dari segi fisik semata memang tidak ada bedanya dengan versi sebelumnya yakni GoPro Hero atau GoPro Hero 2. Hanya saja di GoPro Hero 3 ini, bagian bodynya sudah mulai terlihat rapi. Itu bisa dilihat dari lubang port konektifitas yang sekarang sudah mulai diberi penutup, sehingga bila tidak digunakan bagian portnya akan terlindungi dari debu yang bisa saja mengendap di bagian lubang port – port di samping kamera. Untuk ukurannya sendiri, banyak yang bilang bahwa GoPro Hero 3 ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar daripada GoPro Hero 2. Karena itu memang benar. Namun hanya lebih besar beberapa mili saja sebenarnya.



         GoPro Hero 3 ini sebenarnya memiliki 3 varian, atau 3 optional version, yakni GoPro Hero 3 Black Edition, Silver Edition dan White Edition. Tiap versi itu memiliki kemampuan yang berbeda, terutama di segi pengambilan gambarnya. Dan untuk membedakan antara ketiga optional version itu sangat mudah, anda hanya perlu melihat di bagian angka 3 di body kamera pada tulisan HERO 3. Jika angka 3 nya berwarna hitam, maka itu Black Edition, sedangkan bila angka 3 nya berwarna silver, itu berarti yang silver edition, begitupula bila warnanya putih, itu artinya dia white edition, dengan pembeda yang sesimpel itu, anda bisa dengan mudah membedakan antara ketiga varian.

Spesifikasi GoPro Hero 3 - OmahDrones
Perbandingan Kamera GoPro Hero 3


         Untuk perbandingannya anda bisa melihat gambar diatas, sekilas memang sudah bisa dilihat, diantara ketiga varian, GoPro Hero 3 yang memiliki fitur terlengkap adalah yang Black Edition. Bila dibandingkan dari dua versi lainnya, si Black Edition memiliki kemampuan mengambil gambar yang resolusinya bisa sampai 4000p atau 4K. sedangkan untuk yang silver dan white maksimum bisa mengambil gambar dengan resolusi video sebesar 1080p. Dengan ini, anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda, bila anda memang butuh video dengan resolusi sampai 4K, anda bisa membeli GoPro Hero 3 Black Edition. Namun bila projek video anda membutuhkan 1080p saja sudah lebih dari cukup, anda bisa membeli GoPro Hero 3 Silver Edition atau White Edition. Namun bila anda gunakan untuk mengambil gambar pribadi menggunakan drone, anda menggunakan GoPro Hero 3 White Edition sebagai kamera dronennya saja sudah cukup.

 
Spesifikasi GoPro Hero 3 - OmahDrones
Bagian Kamera GoPro Hero 3

         Sedangkan untuk resolusi lensa kameranya sendiri juga berbeda. Bila Black Edition, anda akan mendapatkan lensa yang resolusinya mencapai 12MP dengan kemampuan 30fps Brust. Namun bila anda memilih Silver Edition, anda akan mendapatkan resolusi 11MP dengan kemampuan 10fps Brust. Dan bila anda memilih yang White Edition, lensa kameranya memiliki resolusi sebesar 5MP dengankemampuan 3fps Brust. Anda tentu bisa memilih diantara ketiga pilihan tersebut mana yang paling cocok dengan anda, jadi bila sudah mengetahui mana yang benar – benar cocok, anda tidak akan salah beli dan menyesal dikemudian hari.



         Untuk konektifitas Wifi, baik yang Black, Silver ataupun White, semuanya sudah memiliki Wifi Built-in yang juga tentu saja support untuk di hubungkan ke GoPro App. Dan ketika versi ini juga sudah support menggunakan Wifi Remote kamera GoPro, sehingga bila tidak anda hubungkan ke smartphone yang tidak waterproof, anda bisa menggunakan remote ini untuk menekan tombol shutter ataupun mengganti mode kameranya. Remote ini sudah waterproof hingga kedalaman 10 meter dibawah permukaan air. Dan yang membuat perbedaan adalah remote ini sudah termasuk dalam pembelian GoPro Hero 3 Black Edition, yang artinya anda sudah mendapatkan unit remote bila anda membeli GoPro Hero 3 Black Edition. Jadi bila anda membeli silver edition atau white edition dan ingin menggunakan remtoe untuk menekan tombol shutter, anda harus membelinya secara terpisah.

Spesifikasi GoPro Hero 3 - OmahDrones
Remote Kamera GoPro Hero 3


         Nah gambar diatas adalah gambar Wifi GoPro Remote yang sebelumnya sudah dibicarakan. Bentuknya cukup kecil, jadi lebih baik diberi gantungan supaya tidak hilang. Remote ini menggunakan baterai jenis Li-Ion yang bisa di recharge.  Dan untuk tombolnya, di remote ini hanya ada dua tombol, yakni tombol untuk power atau select mode, dan satunya adalah tombol shutter. Dan bukan hanya itu, di remote yang kecil ini, juga terdapat LCD screen yang mungil, dimana LCD ini akan menampilkan status informasi persis seperti yang ditampilkan pada unit kameranya. Jadi untuk mengetahui status kamera, anda tidak perlu melihat di LCD kamera, namun cukup dengan melihat LCD di remote yang anda genggam.



         Untuk permasalahan GoPro Hero 3 ini bisa digunakan didalam air atau tidak. Pertanyaan itu sudah pasti terjawab dengan “iya, bisa”. GoPro Hero 3 ini tentu bisa digunakan di segala medan segala kondisi, baik di darat, air ataupun udara. Tentu dengan memasang external case atau box yang kuat dan bisa melindungi kamera dari tekanan air atau benturan yang tidak terduga. Anda bisa menggunakan GoPro Hero 3 ini dalam kedalaman hingga lebih dari 10 meter dibawah permukaan air.

Spesifikasi GoPro Hero 3 - OmahDrones
Baterai Kamera GoPro Hero 3


         Lanjut ke bagian baterai, GoPro Hero 3 ini memiliki baterai yang kapasitasnya lebih besar dari versi sebelumnya, terutama untuk GoPro Hero 3 yang BlackEdition, yang memiliki baterai bertegangan 3.7 Volt dengan kapasitas sebesar 1180 mAh. Dan di GoPro Hero 3 series ini juga masih support diberi Battery Warmer yang bisa anda beli secara terpisah untuk bisa menghangatkan baterai ketika kamera berada di tempat yang suhunya dingin, sehingga baterai tidak drop sendiri padahal tidak digunakan untuk apa – apa.




         Yang sering ditanyakan adalah soal harga. Nah untuk GoPro Hero 3 series ini tentu masing – masing memiliki harga yang berbeda karena kemampuannya juga sedikit berbeda diantara ketiga kamera GoPro Hero 3 tersebut. Dan harga officialnya untuk GoPro Hero 3 Black Edition dibandrol dengan harga $399.99 bisa dibulatkan ke harga $400, dan untuk silver edition dihargai sebesar $299.99 atau bisa dibulatkan ke $300, dan yang paling murah adalah yang white edition dengan harga $199.99 atau $200. Bila kurs rupiahnya kita anggap Rp. 13.000 , maka untuk GoPro Hero 3 White memiliki harga sebesar Rp. 2.600.000,- karena kurs dollar ke idr itu juga sangat mempengaruhi harga kamera .