Spesifikasi Drone XK Detect X380


        Banyaknya drone yang sudah memiliki kemampuan untuk membawa sebuah action cam memang membuat kita sebagai pilot drone menjadi bingung untuk memilih drone mana yang sesuai dengan keinginan kita. Namun sebagai pilot drone yang mengutamakan unit drone nya sendiri, sebaiknya kita membeli drone yang sudah memiliki beberapa fitur penting terutama untuk menghindari jatuh dan hilangnya drone ketika kita terbangkan. Untuk itu, sebaiknya kita membeli drone yang sudah memiliki sistem GPS didalamnya yang juga memiliki fitur Return to Home, serta berbagai fitur berguna lainnya yang tentunya bisa menghindari masalah diatas jatuh dan hilangnya tadi. Karena bila anda membeli drone support action cam dan anda menggunakan GoPro camera misalnya, ketika drone tiba – tiba jatuh dan anda tidak tau dimana jatuhnya, sedangkan di monitor juga tidak tau dimana posisinya, pasti anda akan mengalami rugi yang sangat besar, terlebih bila yang menemukan juga tidak berniat untuk mengembalikannya.

Spesifikasi Drone XK Detect X380 - OmahDrones


        Untuk itu, GPS system dalam drone bisa dibilang penting untuk sebuah drone yang memang digunakan untuk mengambil gambar menggunakan kamera yang terbilang mahal. Dengan adanya GPS System, biasanya produsen sudah melengkapinya dengan fitur Return to Home yang akan membuat drone kembali ke posisi take-off ketika drone kehilangan sinyal, atau ketika baterai drone mulai menipis. Dan kini ada satu drone yang memiliki kemampuan tersebut. Drone ini bernama XK Detect X380. Dan perlu diketahui ternyata XK Detect X380 ini masih buatan WLToys. Sehingga untuk kualitasnya pasti sudah paten. Drone yang ukurannya 30 x 30 cm ini, masuk ke jenis Quad-Copter dengan keempat lengannya yang masing – masing memegangi sebuah motor untuk menggerakkan propeller. Drone ini memang dirancang sebagai drone untuk mengambil gambar, dengan dilengkapi kaki yang besar panjang dan kuat, yang selain berfungsi agar Drone XK Detect X380 ini bisa berdiri, namun sekaligus bisa melindungi unit kamera yang terpasang dibawah drone.

Spesifikasi Drone XK Detect X380 - OmahDrones
Spesifikasi Drone XK Detect X380


        Drone ini memiliki banyak fitur yang tentu akan sangat bermanfaat ketika anda menerbangkan drone. Ringkasan dari fitur – fitur tersebut seperti:

- Super headless function.
- Support to hang Action Cam (GoPro, Bpro, Yi Cam, etc).
- A key take-off and one key to landing.
- GPS positioning, level error(±0.5m).
- Radar positioning and return home.
- Two low-voltage protection, landing safely.
- Specialized transmitter, much safer and reliable.
- Delicate appearance, a brand new experience.
- It can be circle hovering during setting radius.
- Forward, back, left and right, without distingushing head.
- Measuring height with air pressure, vertical error(±0.5m).
- External knock-down simple camera frame for loading simple light camera or other photographic equipment.
- With 2.4Ghz communication technology to make 1000m control distance and no interference by any other transmitters during fly.
- Exceeding the control range of the remote control will trigger Return-to-Home, meaning the X380 will automatically fly back to its take-off point and land safely.



        Melalui list fitur diatas kita bisa menyimpulkan bahwa Drone XK Detect X380 ini memiliki fitur yang sangat penting untuk drone berkamera action cam, yaitu fitur GPS Positioning, dan Return to Home. Sehingga dengan Drone XK Detect X380 ini anda sudah tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan drone karena drone jatuh kehabisan baterai ataupun tidak mendapatkan sinyal.



        Drone XK Detect X380 ini dibekali baterai yang kapasitasnya terhitung besar oleh WLToys, dia diberi baterai bertegangan 11.1 Volt dan kapasitasnya sebesar 5600 mAh dengan jenis baterai Li-Po. Dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan Drone XK Detect X380 hingga dalam waktu maksimal 30 menit. Cukup lama untuk sebuah drone berkamera professional terbang. Selain itu lama terbang Drone XK Detect X380 bisa menyaingi drone professional lainnya yang juga memiliki waktu penerbangan maksimal 30 menit. Dan ketika baterai sudah habis, disarankan untuk jangan langsung mengisinya, namun diamkan dulu selama kira – kira 15 menit. Setelah itu baru anda bisa melakukan recharge pada baterai Drone XK Detect X380 menggunakan charger bawaan dari JJRC yang sudah memiliki kemampuan auto balance dan tergolong dalam Smart Charger. Untuk waktu pengisian ulang baterainya kira – kira selama 120 menit atau 2 jam.

Remote Drone XK Detect X380


        Untuk remote controlnya, Drone XK Detect X380 ini tentu sudah menggunakan remote professional yang menggunakan 4CH dan memanfaatkan frekuensi tinggi 2.4 GHz untuk jalur transmisi datanya. Untuk bentuk remotenya sendiri masih tetap memiliki desain seperti remote professional lainnya, dan di remote ini pula terdapat semua tombol yang bisa digunakan untuk mengaktifkan berbagai fitur bawaan yang ada di Drone XK Detect X380 seperti Return to Home, Auto Take-off/Landing, CF Mode, menggerakkan gimbal, mengambil foto, merekam video, dan lain – lain. Selain itu, dibagian bawah dari remote Drone XK Detect X380 ini juga terdapat LCD yang akan menampilkan status drone seperti kekuatan sinyal, mode dan fitur yang aktif, kapasitas baterai dan lainnya, sehingga melalui layar ini, anda bisa mengetahui dengan pasti bagaimana kondisi drone secara real time tentunya. Jangkauannya pun juga jauh, karena bisa mencapai 1 Km radiusnya.



        Di setiap pembelian, anda sebenarnya juga akan mendapatkan kamera HD yang sudah bisa merekam video dengan kualitas 1080p. Namun bila anda ingin menggunakan kamera anda sendiri untuk mengambil gambarnya, anda tentu bisa menggunakan kamera anda sendiri di Drone XK Detect X380 ini. Belum lagi, sebagai pemegang kameranya adalah sebuah Gimbal 3 Axis yang bisa anda putar sesuka hati melalui remotenya. Sehingga dengan Drone XK Detect X380 ini anda sudah tidak perlu khawatir bila akan mengambil gambar atau merekam video karena anda bisa memposisikan drone ke angle yang tepat dan ditambah dengan mengatur arah kamera menggunakan gimbal yang ada. Dengan drone ini anda sudah bisa menjadi professional cameramen drone.

LED Drone XK Detect X380


        Sebagai pelengkap dan pemanis, tentu drone membutuhkan sesuatu yang bisa bercahaya. Itu terpenuhi berkat Drone XK Detect X380 ini juga dilengkapi dengan LED yang terpasang di setiap lengannya. Bahkan dibagian depan juga terdapat LED yang berfungsi sebagai Headlamp. Sehingga dengan adanya LED ini ketika anda menerbangkannya di malam hari, anda bisa mengetahui posisi drone berkat nyala LED yang juga menarik perhatian orang lain itu.



Spesifikasi Ringkas:
Brand name: WLToys
Model NO.: XK Detect X380-B
Item type: Quadcopter
Material: ABS
Camera: 1080P HD Camera
Three points damping gimbal
Controller mode: Mode 2
Remote control frequency: 2.4GHz
Remote distance: about 1000 meters
Suitable ages: Above 14 Years old
Motor: 2212 950KV brushless main motor
Charging voltage: 100-240V
Quadcopter battery capacity: 11.1V 5600mAh 20C Li-po
Charging time: about 2 hours
Flight time: more than 30 minutes
Battery dimension: 10 * 4.5 * 3.5cm
Quadcopter dimensions: 30.5 * 30.5 * 21.2cm
Quadcopter weight: 1055g

 
Drone XK Detect X380 Kit


Package list:
1 x XK Detect X380-B Quadcopter (with three point gimbal)
1 x Transmitter (mode 2)
1 x Battery Charger (EU plug)
1 x 11.1V 5600mAh 20C Li-Po Battery
1 x 1080P HD Camera
2 x Pair Propellers for Quadcopter
1 x Tool and Cable set
1 x 4GB SD Card
1 x SD Card Reader
1 x English Manual



        Bila anda seorang cameramen dan akan beralih menggunakan bantuan drone untuk proses pengambilan gambar, maka Drone XK Detect X380 ini bisa menjadi salah satu refrensi yang sangat berguna. Karena Drone XK Detect X380 ini sudah dilengkapi dengan GPS System, dan kemampuan terbang yang bisa diandalkan serta dilengkapi dengan 3 axis gimbal, tentu sudah bisa melengkapi spesifikasi drone ini supaya menjadi drone camera professional.





        Dan bagi anda yang tertarik untuk membeli drone ini, anda bisa membelinya dengan harga kisaran sebesar RP 6.512.000,- dengan catatan harga bisa berubah sewaktu – waktu. Nah, kira – kira seperti itulah ulasan kita kali ini mengenai Drone XK Detect X380 yang sudah support action cam dan dilengkapi dengan GPS System, serta waktu dan jarak terbang yang bisa diandalkan.