Ini Dia Lily si Drone Cerdas

          Perkembangan drone tidak akan berhenti hingga disatu titik saja. Perkembangan drone terutama pada fungsinya yang dirancang lebih spesifik untuk tujuan tertentu juga masih terus dikembangkan dengan menerapkan teknologi terkini untuk menunjang keberhasilannya. Saat ini drone bisa diterbangkan dengan cara otomatis, dan memiliki sifat yang tergolong cerdas. Bagi anda yang menggunakan drone untuk mengabadikan momen anda sendiri, dimana anda sendiri menjadi objek utamanya dan tidak ingin merepotkan orang lain untuk mengambil gambar anda. Drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini memiliki sifat seperti itu. Dia didesain dengan cukup indah di sisi bentuknya, dan menakjubkan di sisi kemampuannya. Nah, apa dan bagaimana seluk beluk dari drone yang dimaksud kali ini, akan kita coba bahas.


Spesifikasi Lily si Drone Cerdas


          Drone yang kita sebut dari tadi itu bernama Lily. Drone ini memiliki desain yang lucu, imut, dan nggemesin. Berkat bagian depannya terdapat LED yang interfacenya dibuat seperti lekuk mata yang sedang happy. Dan bagian mulutnya yang ternyata adalah unit kamera dari drone ini. Drone Lily ini bukan hanya memiliki bentuk dan desain yang cantik, namun didalamnya Lily memiliki berbagai kemampuan yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang anda untuk mengabadikan momen secara praktis dan bisa anda lakukan sendiri dengan mudah. Lily memiliki empat buah lengan yang masing – masing membawa sebuah motor untuk menggerakan propeller. Drone yang termasuk kedalam jenis Quad-Copter ini sudah memakai motor jenis brushless, sehingga daya angkat dan efektifitasnya tinggi.



          Bagi anda yang suka traveling dan ingin diabadikan menggunakan drone, Lily adalah pilihan terbaik untuk anda. Terlebih untuk menerbangkannya anda tidak perlu memilotinya atau membutuhkan seorang pilot lain untuk menerbangkannya.



          Drone yang memiliki besar 26.1 x 26.1 x 8.18 cm ini memiliki berat yang mencapai 1.3Kg. Drone Lily ini, memiliki kemampuan yang beda dari drone lainnya mulai dari cara menerbangkannya, cara drone ini bekerja, serta kemampuan fungsi yang dimiliki oleh Lily. Untuk menerbangkannya, disaat drone lain membutuhkan seorang pilot dan remote untuk bisa menerbangkannya, namun Lily si drone cerdas ini tidak membutuhkan keduanya. Anda selaku pemilik Lily akan menjadi objek yang akan dilihat dan direkam atau difoto oleh Lily. Cara menerbangkannya sangat simpel dan unik. Yaitu “Tinggal Lempar Saja” . Iya, Lily diterbangkan dengan cara melemparkannya, ketika terlempar, sensor yang berada di badannya akan membuat saklar menjadi on, sehingga Lily bisa terbang dengan sekejap.



          Kemampuan terbang Lily juga patut diacungi jempol, tercatat Lily bisa melakukan beberapa teknik pengambilan gambar seperti:
-          Follow
Lily akan mengikuti objek dari belakang dengan kamera yang terus merekam objek hingga Lily disuruh untuk berhenti.

-          Lead
Lead adalah kebalikan dari Follow, yakni Lily akan merekam obyek dari depan, sehingga Lily akan terbang mundur untuk mengambil gambar obyek.

-          Fly Up
Lily akan merekam objek dan melakukan pergerakan keatas secara perlahan dengan fokus tetap ke objek.

-          Side
Lily akan merekam objek dari sudut pandang samping serong. Sehingga akan menimbulkan kesan lain daripada yang lain.

-          Loop
Loop pada Lily adalah fungsi mengambil gambar secara melingkari obyek secara berulang – ulang (looping).
  

          Mungkin muncul pertanyaan, bagaimana Lily bisa mengenali objek yang harus terus diikuti? Nah, bagaimana Lily bisa mengenali obyek adalah dengan menggunakan alat yang dinamakan Tracking Device. Bila Anda membawa Tracking device ini, otomatis Lily akan mengenali anda sebagai objek tunggal yang akan terus diikuti kemanapun anda pergi. Lalu dengan tracking device ini, anda bukan hanya bisa dikenali oleh Lily saja, namun dengan alat ini anda juga bisa merekam suara dari alat ini karena di Tracking device ini terdapat microphone yang bisa merekam suara anda. Slain itu dengan Tracking device ini anda juga bisa melakukan hal lain seperti memilih mode pengambilan gambar, atau melakukan pengambilan gambar dalam bentuk foto.

 
Spesifikasi Lily si Drone Cerdas
LilyTracking Device

          Baik Lily ataupun Tracking Devicenya, keduanya memiliki kemampuan waterpfoof alias tahan air dan sudah mendapatkan sertifikasi IP67. Untuk si Lily dia sudah Waterproof sepenuhnya. Sedangkan untuk Tracking devicenya anda harus memakai waterproof bawaan dulu agar bisa tahan air. Dengan adanya kemampuan ini, anda bisa menggunakannya di segala cuaca, baik panas, mendung sampai hujan tidak ada masalah. Lalu untuk spesifikasi tentang jeroannya anda bisa melihat tabel spesifikasi dibawah ini


Dimensions
& Weight
26.1 x 26.1 x 8.18 cm, 1.3 Kg
Battery
& Power
- Built-in Lithium-Ion Battery
- 20 min of flight time
- Charging via 10A charger
- 2 hour charge time
Waterproofing Waterproof rating IP67
Flight - ketinggian min 3m
- ketinggian max 15m
- radius max 30m
- kecepatan max 40Km/H
Camera - Video Resolution: 1080p 60 fps / - 720p 120 fps
- Video FOV: 94ยบ
- Video Format: H.264 codec, .mp4 file format
- Photo Resolution: 12 MP
- Digital gimballing
- Image stabilization
- Fixed focus
Sensors Accelerometer
Three-axis Gyro
Magnetometer
Barometer
GPS
Front-facing camera
Bottom-facing camera
Memory Micro SD
Lily Companion
App
Change camera settings
Create custom shots
Edit and share content
Available on iOS and Android

 

          Bila dilihat dari info baterai diatas, Lily memiliki baterai yang cukup besar kapasitasnya karena bisa membuatnya terbang selama 20 menit dengan mengambil gambar secara terus menerus. Untuk charging timenya juga tidak jauh seperti kebanyakan drone yakni membutuhkan waktu selama 2 jam. Namun bila drone lain menggunakan baterai jenis Li-Po, Lily ini menggunakan baterai jenis Li-Ion.



Spesifikasi Lily si Drone Cerdas
Waterproof

          Lanjut ke jarak terbangya, Lily ini bisa terbang serendah – rendahnya 3 meter dari permukaan tanah, dan setinggi – tingginya bisa mencapai 15 meter. Mengapa hanya 15 meter? Adalah karena untuk mempertahankan gambar supaya tidak terlalu jauh dari objek yang menjadi fokus utamanya. Sedangkan jarak antara drone dengan objek sedekat – dekatnya adalah 3 meter dan jarak paling jauh dari objek bisa sampai 30 meter.  Drone Lily ini, tercatat bisa terbang dengan kecepatan hingga 40 Km/H.

Spesifikasi Lily si Drone Cerdas
Camera Lily Drone

          Sedangkan di bagian kameranya, dengan kamera yang berada di bagian mulut Lily, anda bisa mendapatkan video yang resolusinya bisa anda pilih, mulai dari 1080p dengan 60fps, atau 720p dengan 120fps. Video jadinya nanti akan berformat H.264 atau lebih sering kita kenal dengan .mp4. Bukan hanya bisa merekam video saja, namun Lily juga bisa mengambil gambar dalam bentuk foto. Gambar yang dihasilkan akan memiliki resolusi sebesar 12MP. Untuk menyimpan file video dan gambar, Lily menggunakan kartu memory jenis Micro SD. Juga sebagai penunjang kemampuan kamera, Lily juga menggunakan fitur kamera seperti Digital Gimbaling, Image Stabilization, dan juga Fixed Focus.



          Sebagai drone yang cerdas, tentu Lily dilengkapi pula dengan berbagai sensor yang kemampuannya sangat bermanfaat bagi anda, seperti Accelerometer, lalu ada Three-axis Gyro, bahkan juga ada Magnetometer, Barometer dan yang tidak boleh kelewatan adalah GPS. Dengan lengkapnya sensor pada Drone Lily, wajar saja bila drone ini sangat bagus digunakan utamanya oleh para pecinta olahraga ekstrim yang sangat mungkin berada di dalam keadaan alam yang berbeda – beda.



          Untuk pelengkapnya, juga tersedia Aplikasi untuk android ataupun IOS yang bisa anda download di playstore atau Appstore. Dengan aplikasi ini, anda bisa melakukan setting pada kamera lily,membuat custom shots, dan tentunya memindah foto dan video langsung ke smartphone anda, sehingga anda bisa berbagi foto atau video dari Drone Lily secara cepat dan tidak perlu kabel.

Spesifikasi Lily si Drone Cerdas


          Untuk anda yang berminat membeli drone Lily ini, anda bisa langsung Pre-Order di website resminya yakni di lily.camera

          Dan ketika postingan ini dibuat, harga Pre-Order untuk drone Lily ini berada di angka $919 atau bila dirupiahkan menjadi sekitar Rp 12.000.000,- memang harganya terlampau mahal, karena drone ini memang dibuat berdasarkan pesanan saja alias tidak diproduksi secara masal. Dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh drone lainnya, Mungkin Lily adalah teman yang cocok untuk anda yang suka ber ekstrim sport sendirian. Nah kurang lebih seperti itulah ulasan kita kali ini mengenai Drone Lily yang cerdas.