Spesifikasi Drone XiNXUN X-53F

         Drone dengan kemampuan FPV memang sangat digemari oleh banyak pilot, terlebih lagi drone FPV yang sudah memiliki layar FPV tersendiri sehingga anda tidak perlu lagi menggunakan smartphone atau tablet anda untuk dijadikan monitor FPV. Namun saking banyaknya drone yang juga memiliki monitor FPV di remotenya itu menjadi sebuah pertimbangan lain terutama bagi anda yang memang ingin membeli drone yang sudah memiliki layar FPV di bagian remotenya. Nah berhubung ada banyak sekali pilihan, kali ini kita akan membahas salah satu drone yang bisa dibilang langka. Drone ini langka sebab jarang ada yang jual terutama di toko – toko RC. Drone ini pun memiliki bentuk yang unik dan memiliki sebuah LCD di bagian remotenya untuk menampilkan gambar secara realtime.


Spesifikasi Drone XiNXUN X-53F - OmahDrones


         Drone yang dimaksud dan akan kita bahas kali ini bernama XiNXUN X-53F. Dari namanya saja sudah agak asing bila anda selama ini hanya mengenal syma dan DJI Phanton saja. Nah, drone yang memiliki empat buah lengan dimana setiap lengan membawa sebuah motor untuk menggerakkan propeller ini memiliki desain yang unik. Dengan bentuk badan utama yang hampir menyerupai tetesan air dan memiliki hiasan halayak sebuah cockpit sungguhan di bagian tengahnya. Drone yang juga termasuk kedalam jenis Quad-Copter ini, juga dilengkapi dengan blade protector yang bisa anda pasang di tiap ujung lengan drone. Dengan adanya blade protector ini, membuat XiNXUN X-53F lebih aman ketika diterbangkan terutama bagi anda yang masih belum terbiasa menerbangkan drone. Dengan adanya drone ini, singkatnya misalkan anda menabrak dinding, maka yang akan terkena dinding adalah protectornya, sehingga propeller tetap berputar dan drone tetap terbang, disaat itu anda bisa langsung menjauhkan drone dari dinding.



         Untuk kakinya, XiNXUN X-53F ini tidak memiliki kaki yang berada di tengah drone, namun kaki drone XiNXUN X-53F ini berada di tiap ujung lengan drone, tempat yang sama dimana motor, propeller dan protector terpasang. Nah, ada keuntungan berkat kaki yang letaknya di tiap ujung lengan ini, antaralain adalah gambar yang dihasilkan drone akan full, pandangan tidak akan terhalang oleh kaki drone yang melentang didepan kamera seperti pada beberapa tipe drone lain. Disini anda akan mendapatkan pandangan tanpa halangan, sehingga FPV akan terasa lebih asik lagi. Nah yang perlu diperhatikan adalah bagian gearbox XiNXUN X-53F ini tidak tertutupi oleh apapun, sehingga dari bawah gear akan terlihat jelas. Disini anda harus hati – hati, jangan menerbangkan drone di tempat yang berdebu atau gresang. Karena pasir yang kecil – kecil mudah terbawa angina siap mengendap di gerigi gear pada gearbox XiNXUN X-53F. Yang akibatnya bisa membuat propeller tidak bisa berputar dengan normal, jelas drone kemungkinan juga menjadi tidak bisa terbang.



Untuk fitur – fitur dari drone XiNXUN X-53F ini adalah:
- Real time image transmission;
- 2.4GHz remote controller with built in FPV screen;
- 1.3 HD camera;
- One key return to home;
- Headless flight mode;
- 360 degree eversion;
- Flight time: up to 7 minutes;
- Control range: near 100 meters in open field;
- Available colors: gray and crystal cream.



         Untuk baterainya, Drone XiNXUN X-53F ini memiliki baterai bawaan bertegangan 3.7 Volt yang kapasitasnya sebesar 650 mAh dengan jenis baterai Li-Po atau Lithium Polymer. Nah, dengan baterai yang sebesar itu, anda bisa menerbangkan drone XiNXUN X-53F ini dalam waktu hingga 7 menit lamanya. Diwaktu itu pula anda sekaligus bisa menikmati fitur FPV yang layarnya sudah ada di bagian remote. Ketika baterai mulai habis, anda bisa merechargenya menggunakan kabel USB Bawaan ke usb charger atau bisa juga dengan menghubungkan kabel USB ke port USB pada komputer ataupun laptop. Bahkan bila anda sedang bepergian, anda juga bisa me rechargenya menggunakan powerbank yang jelas lebih praktis lagi.

Spesifikasi Drone XiNXUN X-53F - OmahDrones


         Lalu di bagian remote controllernya seperti yang sudah kita singgung sejak tadi, remote ini memiliki bentuk yang bisa dibilang beda dari yang lain, sebab bentuknya kotak dan hanpir tidak memiliki lekukan yang bisa mempercantik bentuknya. Namun, di remote yang kotak ini selain terdapat tuas untuk mengendalikan drone. Juga terdapat beberapa tombol untuk mengaktifkan fitur bawaan yang ada di drone XiNXUN X-53F. tak Cuma itu saja, di remote ini juga terdapat layar untuk FPV dibagian atas. Dengan adanya layar FPV ini, anda tidak perlu lagi menggunakan smartphone atau tablet anda untuk bisa menjadi monitor FPV.  Dengan remote ini, anda bisa mengendalikan drone XiNXUN X-53F hingga dalam radius sejauh 100 meter. Yang jelas FPV akan lebih praktis dengan drone XiNXUN X-53F ini.


Spesifikasi Drone XiNXUN X-53F - OmahDrones


         Lanjut ke bagian kameranya. XiNXUN X-53F ini sudah dilengkapi dengan kamera bawaan yang sudah bisa digunakan untuk mengambil gambar dalam bentuk foto ataupun video. Terlebih lagi anda juga bisa menikmati fitur FPV dengan kamera ini. Anda akan bisa secara realtime melihat apa yang dilihat oleh drone secara realtime. Dan yang membuat drone XiNXUN X-53F beda dari yang lain adalah metode penyimpanannya. Dimana kebanyakan drone memasang Micro SD di kameranya, namun di drone XiNXUN X-53F ini, anda memasukkan Micro SD di bagian remotenya. Sehingga bila hal buruk terjadi seperti drone hilang kontak dan hilang, anda masih bisa melacaknya lewat video yang terekam di Micro SD pada remote.

Spesifikasi Drone XiNXUN X-53F - OmahDrones


Untuk tiap pembeliannya, anda akan mendapat:
- X-53F Destiny drone with FPV camera;
- 3.7V 650mA Li-po Battery;
- FPV transmitter with build in LCD screen;
- USB charging cable;
- USB memory card reader;
- 2GB micro SD card reader;
- X-53F User guide (English and Chinese).



         Sedikit kesimpulan mengenai drone XiNXUN X-53F yang tergolong langka ini. Karena drone ini tergolong langka, maka XiNXUN X-53F cocok untuk anda yang suka mengkoleksi berbagai jenis drone. Namun bila tidak drone ini juga cocok bagi anda yang suka dengan fitur FPV atau First Person View. Dengan drone  XiNXUN X-53F ini, anda bisa FPV dengan mudah karena di bagian remotenya sudah terdapat layar LCD yang artinya tidak usah repot menggunakan smartphone anda untuk dijadikan monitor. Dan bila anda suka memodifikasi drone, mungkin drone yang langka ini bisa juga anda modifikasi sehingga kualitas kamera yang dibawanya memiliki resolusi yang lebih baik, sehingga otomatis gambar yang dihasilkan juga bagus.


Spesifikasi Drone XiNXUN X-53F - OmahDrones



         Dengan adanya XiNXUN X-53F yang langka ini, tentu juga akan menarik beberapa pilot untuk dapat memilikinya, walaupun tergolong langka, namun juga tidaklah mustahil bagi anda untuk bisa memilikinya. Bila anda hendak membeli drone XiNXUN X-53F ini, harga kisarannya berada di angka Rp. 800.000,- yang artinya XiNXUN X-53F ini juga termasuk dalam kategori drone dibawah satu juta. Nah, kurang lebih seperti itulah ulasan kita hari ini mengenai spesifikasi dan kemampuan dari drone XiNXUN X-53F yang sudah FPV Ready.