Perbedaan SJCAM SJ4000 Asli dengan Palsu

         Melihat banyaknya orang yang membeli Action Cam buatan SJCAM yang memiliki ser SJ4000 membuat beberapa pabrik KW berhasil menirunya dan bahkan bisa dibilang persis, hanya saja bila dilihat dari segi ukuran, SJ4000 yang KW memiliki ukuran yang sedikit lebih besar daripada yang asli, dan parahnya lagi nama barang KW tersebut juga SJ4000, sehingga bagi orang yang belum tau perbedaan atara yang palsu dengan yang asli, mereka akan tertipu dengan membeli Action Cam yang KW, dengan harga ORI sehingga blia hal seperti itu terjadi, konsumen lah yang rugi karena sebenarnya harga dari SJ4000 yang KW itu jauh lebih murah daripada SJ4000 yang asli. Nah, oleh karena itu kali ini OmahDrones akan mencoba memberi sedikit tips untuk membedakan mana Action Cam SJ4000 yang asli dengan yang palsu.


Perbedaan SJCAM SJ4000 Asli dengan Palsu - OmahDrones
Perbedaan SJCAM SJ4000 Asli dengan Palsu


         Tips kali ini kita akan dengan prinsip “Cari Aman” Saja, karena beberapa sumber juga mengatakan SJCam SJ4000 yang baru memiliki tampilan yang justru persis dengan SJ4000 yang KW sehingga untuk melihat itu KW atau tidak harus lebih jeli lagi, nah dengan prinsip Cari Aman tadi kita cari perbedaan yang sudah mencolok saja, karena dengan mengetahui perbedaan yang mencolok itu pun sebenarnya kita bisa terhindar dari kerugian seperti contoh diatas tadi. Jangan sampai anda membeli barang KW dengan harga seperti aslinya.


Lalu bagaimana dan apa saja perbedaan antara Action Cam SJ4000 yang asli dengan yang palsu?


1. Lihat Kardusnya


Perbedaan SJCAM SJ4000 Asli dengan Palsu - OmahDrones

         Di kardus Action Cam SJ4000, anda bisa lihat di bagian samping dekat barcode app. Nah, bila disitu sudah ada Stiker Original dari SJCAM, itu sudah membuktikan bahwa Action Cam SJ4000 yang sedang anda pegang ori dari SJCAM. Di bagian stiker itu juga ada barcode nya, dan anda bsia scan untuk mengetahui apa benar itu asli atau hanya KW semata.





2. Lihat Tampak Luarnya

Perbedaan SJCAM SJ4000 Asli dengan Palsu - OmahDrones

Perbedaan SJCAM SJ4000 Asli dengan Palsu - OmahDrones

         Action Cam SJ4000 yang asli yaitu buatan SJCAM selalu memiliki Mark di depan kameranya yaitu dibawah lensa kameranya. Sedangkan yang KW biasanya hanya bertuliskan 1080p wifi atau semacamnya. Nah, dalam hal ini ada juga yang berpendapat bahwa ada versi ori SJCAM yang tidak memiliki mark dibagian depan kameranya. Nah, karena kita cari aman, kita pilih yang ada Mark SJCAM di depan bodynya ini.

         Ternyata bukan hanya satu jenis saja barang KW dari Action Cam SJ4000, tapi bisa dilihat semua, bahwa Action Cam SJ4000 yang KW pasti tidak memiliki logo atau mark SJCAM.





3. Nyalakan dan Matikan Kamera

Perbedaan SJCAM SJ4000 Asli dengan Palsu - OmahDrones

         Ketika dinyalakan, Action Cam SJ4000 yang asli akan memunculkan tulisan SJCAM. Sedangkan yang KW ada yang malah tulisan “Welcome”. Namun hati – hati juga karena bisa saja firmwarenya sudah di update dari si pakar KW supaya welcomenya menjadi SJCAM.


Perbedaan SJCAM SJ4000 Asli dengan Palsu - OmahDrones

         Ketika dimatikan juga sama, bila Action Cam SJ4000 yang asli, nanti akan muncul tulisan SJCAM juga. Sedangkan yang KW tidak, yang KW hanya memunculkan kata “Goodbye”. Disini memang sangat kelihatan perbedaannya.





4. Lihat Kardusnya Lagi


         Sering kali kejanggalan justru terlihat pada kardus Action Cam SJ4000. Seperti kardusnya yang berbeda dari aslinya, lalu ukuran kardus yang lebih besar atau kecil, dan untuk beberapa kasus malah juga seperti dibawah ini


Perbedaan SJCAM SJ4000 Asli dengan Palsu - OmahDrones


         Tulisan Water Resistant di box Action Cam SJ4000 KW malah salah ketik menjadi Water Resistabt.


Perbedaan SJCAM SJ4000 Asli dengan Palsu - OmahDrones


         Dan ada pula yang sebenarnya sangat terlihat yaitu di bagian samping kamera. Bisa dilihat di bawah ini, Action Cam SJ4000 yang KW memiliki bagian samping kanan yang menonjol dikarenakan bagian samping kamera KW memiliki bagian samping yang lebih panjang daripada Action Cam SJ4000 yang original.



         Nah sebenarnya dengan sekilas saja, sebenarnya kita sudah bisa membedakan antara Action Cam SJ4000 yang asli dengan yang palsu. Namun tentu terlebih dahulu anda perlu refrensi semacam ini untuk mengetahui mana Action cam yang asli, dan mana Action cam yang palsu. Sehingga jangan sampai anda salah beli atau malah ketipu membeli Action Cam SJ4000 palsu dengan harga ori.




         Karena dari segi harga juga sudah berbeda. Untuk harga Action Cam SJ4000 ORI yakni antara 1 – 2 Jutaan, sedangkan harga Action Cam SJ4000 KW hanya sekitar 500 – 1 jutaan saja. Nah, semoga informasi kali ini bisa sangat membantu dan bermanfaat bagi anda semua.