Spesifikasi Drone Syma X8HW - Altitude Hold and FPV Ready

         Seperti yang kita tahu, Syma memiliki berbagai macam drone dalam satu seri, misalkan saja seri X8, ada X8C, X8SW, X8W, dan X8HW. Sehingga tak heran bagi kalangan pemula sering sekali meminta pendapat untuk perbandingan atau lebih baik mana dari beberapa varian dari seri tersebut. Nah, sebenarnya dengan adanya beberapa varian dari setiap serinya ini bertujuan untuk anda agar membeli drone khususnya buatan Syma yang benar – benar sesuai dengan kebutuhan anda, karena antara semua varian itu sebenarnya hanya memiliki sedikit perbedaan. Namun di OmahDrones kami berusaha memberi ulasan disetiap serinya, agar anda bisa mengetahui perbedaan dari setiap variannya, dengan begitu anda bisa tau drone Syma mana yang paling cocok untuk anda.


Spesifikasi Drone Syma X8HW - OmahDrones
Review Drone Syma X8HW


         Untuk seri X8 ini, dia memiliki ukuran yang cukup besar dan juga tergolong gemuk. Dengan dimensi 50 x 50 cm, membuat anda puas menerbangkan drone karena sungguh terasa ketika terbang. Dan di Drone Syma X8HW ini, dia masih memiliki tubuh yang membentuk huruf X dengan empat buah lengan yang masing – masing memegang sebuah motor yang nantinya digunakan untuk memutar propeller agar bisa terbang, dengan empat buah propeller tersebut, juga membuat Drone Syma X8HW termasuk kedalam jenis Quad-Copter. Drone Syma X8HW ini juga dilengkapi dengan empat buah kaki di setiap pembeliannya. Bentuk kakinya terlihat kokoh dan cukup panjang, sehingga pasti bisa menopang seluruh berat badan Drone Syma X8HW. Namun, selain berfungsi untuk menopang tubuh, kaki ini juga memiliki manfaat lain yaitu melindungi bagian kamera Drone Syma X8HW terutama dari benturan benda keras seperti misalnya ketika anda mendaratkan drone dengan cara kasar, sehingga kamera akan terbentur tanah dan kemungkinan besar akan rusak. Dengan adanya kaki ini, anda tidak perlu khawatir lagi dengan ancaman seperti itu.



         Tak lupa dengan perlengkapan safety seperti Blade Protector misalnya. Dengan adanya blade protector ini, anda akan diuntungkan ketika anda tidak sengaja menabrak benda keras seperti dinding, ketika berbenturan yang terbentur adalah bagian protector yang memiliki sifat lentur, dengan begitu drone akan terpental berlawanan arah, dan semua propeller terselamatkan serta masih berputar normal, ketika itu anda bisa langsung menjauh dari dinding agar tidak terjadi benturan lagi. Seperti seri X8 lainnya, Drone Syma X8HW ini memiliki fitur yang kurang lebih sama, di Drone Syma X8HW ini pun sudah bisa melakukan FPV menggunakan transmsi video melalui Wifi, dan juga ada fitur Altitude Hold, yang bisa menjaga ketinggian agar tidak berubah dengan memanfaatkan sensor barometer yang mungkin tidak semua drone memilikinya. Namun untuk penyeimbang ketika terbang, drone ini tentu sudah dilengkapi juga dengan 6 axis gyro.


Spesifikasi tambahan:
-Brand Name: Syma
-Item NO.: X8HW
-Color: White, Blue
-Frequency : 2.4G
-Channel : 4CH
-Gyro: 6 Axis
-HD Camera: Photos/Video
-Battery for Quadcopter: 7.4V 2000mAh Li-poly(Included)
-Transmitter Battery:  4 x AA battery(Not included)
-Flying time : About 5~7 minutes
-Charging time: About 200 minutes
-Controlling distance: About 70 meters
-Product size:50*50*19cm
-Box Size:74*35*13cm

 
Spesifikasi Drone Syma X8HW - OmahDrones
Baterai Drone Syma X8HW

         Drone Syma X8HW memiliki baterai yang kapasitasnya tergolong besar, berdasar informasi dari situs Syma, Drone Syma X8HW memiliki baterai berkapasitas 2000 mAh. Namun yang membuat heran, disana hanya tertulis drone ini bisa terbang dalam waktu hanya 5 – 7 menit saja, padahal bila dilihat dari spesifikasi diatas, Drone Syma X8HW ini seharusnya bisa terbang paling tidak selama 15 menitan bila anda lihat pada sisi kapasitas baterai dan motor yang digunakan. Lalu karena drone ini memiliki tegangan baterai sebesar 7.4 Volt, membuat anda tidak bisa me rechargenya menggunakan USB Charger, namun jangan khawatir, pada tiap pembelian anda akan mendapat smart charger dari Syma yang bisa anda gunakan untuk recharge baterainya. Dan untuk lama waktu chargingnya kira – kira selama 200 menit berdasarkan dari website Syma. Nah ada sedikit tips ketika proses recharging, yaitu sempatkan beberapa kali untuk melihat kondisi baterai yang sedang diisi ulang, ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya error saat charging dan juga memantau dari kebocoran saat pengisian, sehingga bila ada tanda – tanda tidak wajar anda bisa langsung mencabut kabel chargernya.

Spesifikasi Drone Syma X8HW - OmahDrones
Remote Drone Syma X8HW


         Di unit remotenya, Drone Syma X8HW sudah menggunakan frekuensi 2.4 GHz untuk transmisi sinyalnya, dan untuk channelnya dia sudah memiliki 4 Channel. Di remote yang memiliki desain khas Syma ini, anda bukan hanya bisa sekedar menerbangkan drone saja, namun anda juga bisa mengaktifkan berbagai fitur bawaan dari Drone Syma X8HW seperti mengganti speed, headless mode, 3D eversion, mengganti mode dan lain lain. Dan di bagian bawah remote juga ada sebuah LCD kecil yang nantinya akan menampilkan berbagai informasi seputar drone seperti kekuatan sinyal, kapasitas baterai, mode yang aktif dan lain – lain, sehingga dengan LCD kecil ini saja anda sudah bisa mengetahui kondisi drone anda secara realtime. Dan dengan remote ini, anda bisa mengendalikan drone hingga dalam radius sejauh 70 meter. Serta yang terakhir, anda bisa menambahkan smartphone holder di bagian atas drone nya, dengan smartphone itu, anda bisa melakukan FPV atau First Person View dengan smartphone anda yang berfungsi sebagai monitornya, tentu dengan menggunakan aplikasi FPV Syma terlebih dahulu untuk bisa menghubungkannya ke unit drone.

 
Spesifikasi Drone Syma X8HW - OmahDrones
Kamera Drone Syma X8HW

         Untuk FPV ria, Drone ini sudah dilengkapi dengan kamera HD. Kamera ini bukan hanya bisa untuk FPV saja, namun anda tetap bisa menggunakannya untuk mengabadikan momen anda ketika terbang. Anda bisa mengambil gambar baik dalam bentuk foto ataupun video. Dan dengan memanfaatkan fitur FPV, anda bisa mengambil posisi terbaik drone sebelum anda mengambil gambar. Sehingga dengan menempatkan drone dalam posisi yang tepat, anda kan mendapatkan gambar yang sesuai dengan harapan anda.

Spesifikasi Drone Syma X8HW - OmahDrones
Drone Syma X8HW Kit


Umumnya di setiap pembelian anda akan mendapatkan:
-1 x SYMA X8HW Quadcopter
-1 x Wifi Camera
-1 x Mobile phone retaining clip
-1 x Transmitter
-4 x Propeller Guide
-2 x Landing Gear
-1 x Battery
-1 x Screwdriver
-1 x Charger box
-1 x Manual
-1 x Blade lockstitch
-1 x Iron shaft
-1 x Card Reader


         Untuk kesimpulannya, sepertinya Drone Syma X8HW ini bisa dibilang cocok bagi anda yang suka dengan Fitur FPV, itu yang pertama, lalu dengan kamera HD Drone Syma X8HW juga cocok bagi anda yang suka mengambil gambar dari udara. Dan yang ketiga adalah drone ini sudah memiliki fitur Altitude Hold dimana drone bisa mempertahankan ketinggian. Ini juga cocok untuk dibuktikan kemampuannya mengingat tidak semua drone dilengkapi dengan barometer yang bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan ketinggian drone ketika terbang.




         Dan bila anda berminat untuk memiliki Drone Syma X8HW ini, harga kisaran di pasaran indonesia khususnya adalah Rp. 1.600.000,- dengan catatan harga masih kisaran dan bisa berubah sewaktu – waktu tentunya. Dan begitulah kira – kira ulasan kita hari ini mengenai Drone Syma X8HW yang sudah bisa FPV dan memiliki fitur Altitude hold yang jarang dimiliki oleh drone sekelasnya. Belum lagi perlengkapan bawaan yang sudah termasuk lengkap sehingga anda sudah bisa langsung terbang ketika sesudah membeli.