Spesifikasi Wltoys Q242G Mini FPV Quadcopter Super Praktis

         Kebanyakan drone memiliki bagian kontroller yang menggunakan baterai sekali pakai yang tentu bila dipikir – pikir menjadi rugi bila harus membeli baterai ketika baterai sudah habis, terlebih baterai bekas itu bisa menjadi limbah yang sulit terurai bahkan tergolong beracun. Kebanyakan pilot mengakalinya dengan mengganti baterai remote drone dengan baterai RC jenis Li-Po yang voltasenya dibuat menjadi sama seperti voltase untuk unit remotenya. Dengan mengganti baterai remtoe ke baterai lipo, tentu kita bisa menekan pembuangan limbah baterai habis pakai yang bisa mencemari lingkungan bila dibuang sembarangan. Untuk menghindari itu, Wltoys memiliki solusi yaitu memberi baterai jenis lipo di unit remotenya dari pabrik, sehingga ketika drone sudah sampai ditangan anda, anda bisa langsung memainkannya, dan apabila baterainya habis, anda tinggal merechargenya.



Spesifikasi Wltoys Q242G - OmahDrones


         Drone ini memiliki nama Wltoys Q242G. Ukurannya juga kecil, hanya sekitar 13 x 13 cm saja, sehingga drone ini bisa disebut mini drone. Tapi jangan salah, drone ini memiliki berbagai kejutan selain memiliki baterai li-po di bagian Controllernya. Dilihat dari bentuknya, Drone Wltoys Q242G ini memiliki bentuk mirip seperti lebah atau serangga lainnya yang memiliki tubuh bagian belakang yang gemuk. Wltoys Q242G memiliki empat buah lengan mungil yang masing – masing memegang sebuah motor yang nantinya bertugas untuk memutar propeller agar drone bisa terbang. Dibagian belakang ada tempat untuk memasang baterai, sedangkan dibagian depan terdapa kamera yang nantinya bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen anda ketika terbang diudara.



         Seperti yang sudah di singgung tadi, drone Wltoys Q242G ini memiliki berbagai kejutan yang mungkin menjadikan drone ini berbeda dari drone – drone sekelas lainnya. Dan untuk fitur – fiturnya sendiri, anda bisa melihat fitur yang ada di drone Wltoys Q242G diantaranya:

Integrated transmitter and FPV monitor
2.0MP camera: Capture and record every beautiful and unforgettable moment.
Mini size: lightweight airframe with nice durability. 
360 degrees roll: Professional cool and exquisite flight action
6 axis gyro: Strong stability, stronger wind resistance, easier to control.
Colorful LED light: Suitable for flying in the dark at night.
Phantom designed flight battery, no need connecting cable.
Fly both indoor and outdoor.
Design for shooting. Flight fairly stable.


         Iya, drone Wltoys Q242G ini juga sudah support FPV. Bahkan layar monitor untuk FPV nya sudah menjadi satu dengan controllernya. Sehingga anda tidak perlu memakai smartphone anda lagi sebagai monitornya, atau anda tidak perlu lagi repot – repot memasang monitor di atas controller sebelum terbang karena monitor dan remotenya terpisah. Untuk kemampuan terbangnya juga sudah tidak perlu khawatir lagi, karena drone Wltoys Q242G juga sudah memiliki 6 axis gyro yang bisa membuat drone Wltoys Q242G ini terbang dengan stabil dan bahkan juga tahan terhadap terpaan angin, selama anginnya bukan angin ribut atau malah puting beliung. Dengan drone yang bisa terbang dengan stabil, tentu anda bisa lebih mudah lagi untuk mengendalikannya.



         Untuk fiturnya tak Cuma bisa FPV dan mengabadikan momen dengan kamera bawaannya, namun drone Wltoys Q242G juga memiliki fitur bawaan lain seperti 360⁰ Rolling. Tak lupa, drone Wltoys Q242G juga memiliki LED yang bisa menyala keren. LED ini selain berfungsi sebagai lampu indikator bahwa drone dalam keadaan on, LED juga berfungsi sebagai pemberi kode untuk berkomunikasi dengan pilot, selain dengan LED juga dengan Beep yang keluar dari buzzer. Disamping itu semua, LED yang ada di drone Wltoys Q242G ini tentu akan menjadi hiasan yang keren, terlebih bila anda menerbangkan drone Wltoys Q242G di malam hari ketika keadaan cahayanya sedikit, bukan tidak mungkin juga drone ini menjadi perhatian banyak orang karena kekerenannya.

Spesifikasi Tambahan:
Brand name: WLtoyts
Item No.: Q242 - G
Item name:WLtoys Q242-G 4CH 6 Gyro 5.8G FPV Mini RC Quadcopter with 2.0MP Camera
color: green black / red black
FPV frequency: 5.8GHz
Charging time: 60mins
Flying time: About 10mins
Flying distance: About 50m
Working frequency: 2.4Ghz
Flight battery: 3.7V 400mAh Li-Po battery
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Camera Pixel:2 million
Night Flight: Yes
Functions: Camera, Up/down,Forward/backward, Turn left/right, Sideward flight ,With LED light, 360 degrees spin

Spesifikasi Wltoys Q242G - OmahDrones
Baterai Wltoys Q242G 


         Untuk bagian baterainya,  drone Wltoys Q242G memiliki baterai yang kapasitasnya sebesar 400 mAh. Dengan tegangan yang hanya 3.7 Volt, membuat anda bisa mengisi ulang baterai ini menggunakan USB Charger, selain itu juga ada cara charge alternatif yakni dengan menghubungkan kabel USB ke USB Port pada Laptop ataupun PC. Bila sedang darurat bahkan anda juga bisa merechargenya menggunakan powerbank. Dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan drone Wltoys Q242G dalam waktu selama 10 menit maximal. Dan yang unik disini, baterai drone Wltoys Q242G berbentuk pack. Sehingga anda tidak perlu menghubungkan antara kabel drone ke kabel baterai, anda hanya langsung mencolokkannya saja ke slot baterai dibagian belakang drone, maka baterai sudah terpasang. Cara ini tentu lebih simpel. Dan ketika baterai habis, lama pengisian ulangnya kira – kira selama 60 menit atau 1 jam.

 
Spesifikasi Wltoys Q242G - OmahDrones
Remote Wltoys Q242G 

         Di bagian remotenya, seperti yang sudah dibahas sedikit tadi diatas, drone Wltoys Q242G memiliki remote yang sudah menggunakan frekuensi 2.4GHz sebagai jalur transmisi data drone dan 5.8GHz sebagai transmisi data kamera. Desain remotenya juga keren, dengan layar FPV langsung diatas remtoe yang bila tidak digunakan tinggal ditutup saja, membuat drone mungil ini sangat praktis bila digunakan untuk FPV ria. Dan yang membuat beda lagi adalah baterai yang digunakan remote ini berupa baterai jenis Li-Po yang sudah ada bawaannya dari pabrik memiliki kapasitas sebesar 500mAh, sehingga ketika baterai habis anda tinggal recharge saja. Itu yang membuat tiap pembelian drone ini akan mendapatkan dua buah kabel USB, karena yang satu untuk charging baterai drone, dan yang satu lagi untuk charging baterai remote. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan drone Wltoys Q242G hingga dalam radius 50 meter.



         Untuk kameranya, drone Wltoys Q242G sudah dibekali kamera yang terpasang dibagian depan drone. Kamera ini memiliki resolusi sebesar 2 MP. Kamera ini selain bisa digunakan untuk FPV ria tentu juga sudah bisa digunakan untuk mengambil gambar baik dalam bentuk foto ataupun video yang akan disimpan nantinya kedalam memori card jenis Micro SD. Dengan drone sekecil ini, anda bukan hanya bisa terbang dengan stabil, namun juga sekaligus bisa FPV dengan nyaman.


Spesifikasi Wltoys Q242G - OmahDrones
Wltoys Q242G Kit

Bila membeli drone Wltoys Q242G ini, anda akan mendapatkan:
1 x RC Quadcopter
1 x Transmitter with FPV Monitor
2 x USB Cable
1 x 2G Memory Card
1 x Card Reader
1 x 3.7V 400mAh Li-Po Battery
1 x 3.7V 500mAh Li-Po Battery
1 x English User Manual



         Drone ini, cocok untuk anda yang tidak mau ribet karena mempersiapkan segalanya ketika ingin terbang. Karena dengan drone Wltoys Q242G ini bila anda hendak main FPV tinggal aktifkan drone saja, bila mau recharge baterai tinggal colokin ke port usb komputer juga sudah bisa, bahkan dengan ukurannya yang kecil, anda jadi tidak akan terrepotkan karena membawa drone yang besar.

Spesifikasi Wltoys Q242G - OmahDrones



         Bila anda hendak membeli drone Wltoys Q242G yang sudah FPV ready mantap ini, anda harus siapkan uang kira – kira Rp. 1.700.000,- dengan harga segitu, anda tidak akan rugi karena mendapatkan drone FPV praktis dan sudah ready to fly dengan segala kelebihannya.