Spesifikasi Drone JJRC H6D Ready FPV with FPV Monitor

         Akhir – akhir ini memang drone yang ukurannya tergolong kecil juga mulai populer. Bukan hanya karena ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana – mana, namun juga karena drone tersebut sudah bisa melakukan fitur yang dimiliki drone yang umumnya ukurannya lebih besar seperti fitur FPV misalnya. Disisi lain walau kameranya masih bersifat dome, tidak bisa digerakkan dengan gimbal, namun untuk para penggila FPV, drone kecil tersebut justru akan diburu oleh para pilot. Terlebih lagi bila dalam tiap pembelian, anda juga sudah sekaligus mendapatkan monitor FPV yang bisa dipasang diatas unit remote, tentu dengan adanya monitor FPV ini, anda akan lebih merasa nyaman ketika FPV ria karena tidak perlu lagi menggunakan smartphone anda yang harus di pairing dulu dengan drone, sehingga smartphone anda bisa menjadi monitor untuk bermain FPV.


Spesifikasi Drone JJRC H6D - OmahDrones
Review Drone JJRC H6D


         Dan benar saja, JJRC berani menegluarkan drone yang ukurannya hanya 13 x 13 cm namun sudah bisa melakukan FPV dan juga sudah dilengkapi dengan sebuah monitor FPV siap terbang. Drone yang memiliki nama H6D ini tentu masih memiliki bentuk seperti JJRC H6 yang terdahulu. JJRC H6D memiliki bentuk mungil dengan keempat lengannya yang masing – masing membawa sebuah motor untuk bisa memutar propeller, dan drone yang masuk juga kedalam Quad-Copter ini tentu sudah memiliki kemampuan terbang yang stabil berkat 6 axis gyro yang tertanam di mainboard mungilnya, sehingga ketika FPV anda bisa mendapatkan gambar yang normal tanpa gangguan, kecuali memang sudah ada bagian drone yang malfungsi, sehingga membuat unit drone terbangnya menjadi tidak stabil.



         Dan tak Cuma disitu saja, ternyata drone ini juga memiliki fungsi lain selain FPV, yaitu tombol one key return yang bisa anda gunakan ketika keadaan darurat misalnya. Untuk lengkapnya inilah fitur yang dimiliki drone JJRC H6D berdasarkan informasi dari JJRC

Features:
It has one key return function.
With LED lights, possible for night fly.
Detachable protection frame will protect your quadcopter perfectly during your flying adventure.
Equipped with a 2.0MP HD camera.
It can realize FPV function by using 5.8GHz real-time transmission and a FPV monitor.
With Headless Mode, no need to adjust the position of aircraft before flying.
It also features with ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360⁰
It has 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.



         Bisa dilihat dari fitur drone JJRC H6D diatas, ternyata drone ini juga dilengkapi dengan fitur Headless mode dimana anda bisa menerbangkan drone dengan acuan arah depan anda menjadi arah depan drone. Namun ketika memainkan dalam mode headless, jangan sampa anda pindah dari posisi dan hadapan anda, karena bila anda serong sekitar 45 derajat saja, nanti kontroller anda akan seperti error. Jadi yang perlu di ingat ketika memainkan dalam headless mode, jangan sampai pindah posisi berdiri anda bahkan serong sekalipun.


Spesifikasi Tambahan
Brand model: JJRC
Model NO.: H6D
Material: ABS
Frequency: 2.4G
Gyro: 6 axis
Colour: Black
Suitable age: above 14 years old
Functions: 5.8 GHz transmission, one key return, FPV, sideward flight,turn left/right,hover,forward/backward,with light,up/down, and rolling 360⁰
Controller Mode: Mode 1 / Mode 2
Control distance: About 200m
Battery: 3.7V 350mAh
Charging time: About 60mins
Flying time: About 7mins
Remote battery: 4 x 1.5V AA dry battery (not included)
Battery dimension: 37 x 24 x 7mm
Quadcopter dimension: 130 x 130 x 35mm
Quadcopter weight: 41.6g



         Untuk baterainya sendiri, memang karena ukuran drone JJRC H6D ini kecil, sehingga dia juga tidak akan kuat bila harus membawa baterai yang besar. Sehingga JJRC membekali drone ini dengan kapasitas maximal yang bisa dibawanya yakni dengan baterai bertegangan 3.7 Volt dan memiliki kapasitas sebesar 350 mAh. Dan untuk lama terbangnya, dengan menggunakan baterai yang ukurannya sebesar itu, drone JJRC H6D bisa terbang selama kira – kira 7 menit. Selama itu pula anda bisa bermain FPV. Ketika baterai mulai habis, anda bisa merechargenya menggunakan USB Charger, selain itu untuk alternatif anda juga bisa melakukan pengisian ulang dengan cara mencolokkan kabel USB ke USB Port pada PC ataupun laptop. Bahkan, bila dirasa sangat darurat anda juga bisa me recharge menggunakan powerbank. Dan untuk lama pengisian ulangnya antara 60 – 90 menit untuk mendapatkan kapasitas penuh.

Spesifikasi Drone JJRC H6D - OmahDrones
Remote Drone JJRC H6D


         Di bagian remotenya. Bisa dilihat gambar diatas, drone JJRC H6D memiliki remote yang ukurannya besar layaknya dronenya juga berukuran besar. Nah, di remote yang besar dan keren ini, selain anda bisa menerbangkan drone JJRC H6D, anda juga bisa mengaktifkan beberapa fitur bawaan dari drone ini seperti one key return, dan juga headless mode. Dibagian bawah remote drone JJRC H6D ini juga terdapat LCD kecil yang bisa memunculkan informasi mengenai status drone, seperti kekuatan sinyal, kapasitas baterainya, lalu juga mode yang sedang aktif dan lain – lain. Dari LCD kecil ini, anda bisa mengetahui kondisi drone JJRC H6D anda secara real time, belum lagi dengan tambahan monitor FPV yang bisa anda pasang di bagian atas remote, sehingga anda bisa bermain FPV dengan nyaman dengan monitor khusus FPV yang sudah dilengkapi dengan pelindung cahaya matahari. Dengan adanya monitor tersebut bukan tidak mungkin anda akan terasa seperti menerbangkan drone FPV kelas atas. Bahkan, dengan remote ini anda bisa menerbangkan drone dalam radius hingga 200 meter. Kecil – kecil jauh juga jangkauannya.

 
Spesifikasi Drone JJRC H6D - OmahDrones
Camera Drone JJRC H6D

         Tak lupa juga drone ini dipasang kamera yang bisa dibilang sudah lumayan. Sebab drone yang mungil ini dilengkapi dengan kamera yang resolusinya sebesar 2MP. Dengan resolusi sebesar itu, untuk FPV sudah termasuk bagus bila dibandingkan drone sekelas lainnya yang kebanyakan belum bisa FPV dan hanya memiliki resolusi kamera antara 0.3mp sampai 1.3 mp saja. Kameranya juga terletak di bagian depan badan drone, sehingga anda bisa mendapatkan pengelihatan yang sama sejajar dengan drone. Dengan kamera ini, anda tentu tidak hanya bisa bermain FPV, namun anda juga bisa mengambil gambar yang anda lihat baik dalam bentuk foto, ataupun video. Dengan satu drone ini, anda sudah mendapatkan banyak kelebihan dibalik bentuknya yang kecil.

Spesifikasi Drone JJRC H6D - OmahDrones
Drone JJRC H6D Kit


Dan untuk setiap pembeliannya pada umumnya anda akan mendapat:
1 x JJRC H6D RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 350mAh Li-po Battery
1 x FPV Monitor
1 x FPV Antenna
2 x Pair of Spare Propellers
2 x USB Charging Cable
1 x Card Reader
1 x 2G SD Card
1 x Protection Cover
1 x Blade Changer
1 x English User Manual



         Bila disimpulkan, drone ini bisa menjadi solusi bagi anda yang suka bermain FPV namun tidak ingin direpotkan oleh ukuran drone yang besar sehingga untuk membawanya bisa sedikit merepotkan. Karena drone JJRC H6D ini hanya berukuran 13 x 13 cm saja, tentu anda tidak akan kerepotan bila membawa drone ini kemanapun anda pergi untuk menerbangkannya. Ditambah ukuran yang kecil bisa membuat drone bisa terbang di tempat – tempat yang sempit dengan skill sang pilot yang sudah baik.

Spesifikasi Drone JJRC H6D - OmahDrones



         Dan bila anda ingin membeli drone JJRC H6D ini, harga yang ditawarkan sebenarnya masih terserah kepada yang jual. Namun untuk informasi harga kisaran saja, bahwa drone ini rata – rata seharga Rp. 1.000.000,- memang bisa dibilang mahal, namun bila dilihat dari segi fiturnya, drone ini memang pantas memiliki harga itu. Dan begitulah ulasan kita hari ini mengenai drone JJRC H6D si drone kecil yang sudah ready FPV menggunakan monitor khusus.