Spesifikasi Cheerson CX-30W Mini Drone

Spesifikasi Cheerson CX-30W - OmahDrones
Spesifikasi Cheerson CX-30W


        Setelah mengeluarkan micro drone, ternyata Cheerson juga mengeluarkan sebuah minidrone, memang ukurannya lebih besar dari micro drone, begitupula dengan remotenya yang sudah seperti drone professional dan tidak sekecil remote pada micro drone CX-10. Nah, disamping itu, pasti anda penasaran akan kemampuan dari drone ini, apakah memiliki kemampuan diatas rata - rata atau cenderung biasa - biasa saja. Di ulasan kali ini kita akan membahas drone Cheerson CX-30W  yang katanya juga sudah waterproof atau water resistant dengan kata lain, drone ini tahan kena air, jadi bisa dibayangkan jika sedang hujan, drone ini masih bisa terbang kesana kemari sembari mengambil gambar melalui kamera yang dibawanya. Untuk lebih jelasnya mari kita kupas bagaimana sih spesifikasi dari Cheerson CX-30W ini.



        Jika dilihat dari ukurannya, Cheerson CX-30W ini hanya seukuran remotenya, ya jika anda sudah mengetahui drone hubsan x4 kira - kira besarnya segitu. Atau lebih tepatnya sebesar 15 x 15 cm. Drone ini dinilai cocok untuk pemula karena untuk kontrolnya mudah, apalagi dikala terbang dia sudah dilengkapi dengan 6 axis gyro yang membuatnya bisa terbang secara stabil. Bodynya membentuk huruf X dan memiliki empat buah mesin untuk dapat terbang, sehingga Cheerson CX-30W  ini masuk kedalam jenis Quad-Copter. Bodynya terkesan simpel dengan tanda di bagian depan untuk menandai bahwa itu arah depan dari Cheerson CX-30W. Di tiap ujung lengannya pun sudah dilengkapi dengan blade protector, sehingga jika terjadi tabrakan drone tidak akan langsung jatuh, namun kemungkinan terpental dan pilot bisa melakukan manuver penghindaran.

Spesifikasi Cheerson CX-30W - OmahDrones


        Untuk bagian kakinya, karena Cheerson CX-30W ini memiliki ruang sempit di bagian tengah, maka kakinya diletakkan di tiap ujung dari lengan drone Cheerson CX-30W ini, ini karena ruang tengah sudah dipakai untuk menggantungkan kamera bawaan Cheerson CX-30W. Sehingga agar ketika drone ini aman mendarat di permukaan tanah yang keras, ya dengan kaki ini, anda bisa mendarat di permukaan tanah dengan aman dan tanpa rasa takut jika akan merusak bagian kamera karena cara landing yang keras atau kasar. Tak cuma itu, Cheerson CX-30W ini juga memiliki beragam fitur yang bisa dibilang cukup banyak untuk drone sekelasnya. Fiturnya bisa anda baca dibawah ini



Features:
With dual mode,can use the Iphone mobile and transmitter to control
WIFI signal controlled For Iphone(search "CX-WIFIUFO" and download it from "APP STORE",)
Real time image transmission
Pictures and videos can stored in the mobile directly
With high/medium/low speed
Up/down/left/right/side flight/hover/flip / hand launch
Low voltage alarm
With LED light for night flight



         Cheerson CX-30W ini dibekali dengan baterai bertegangan 3.7 Volt dan berkapasitas sebesar 700 mAh. Dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, Cheerson CX-30W bisa terbang dengan waktu kira - kira hingga 7 menit. Lalu, jika baterai sudah habis, anda bisa melakukan pengisian ulang menggunakan kabel USB bawaan yang bisa anda hubungkan ke USB port pada komputer, laptop atau jika mau lebih praktis lagi, anda bisa memakai powerbank, tentu ini bisa dijadikan  alternatif ketika anda sedang bepergian, namun jika dirumah lebih baik menggunakan Charger smartphone yang memiliki output 5 Volt. Untuk lama pengisian baterainya kira - kira selama 30 - 40 menit.

Spesifikasi Cheerson CX-30W - OmahDrones


        Di bagian remotenya, Cheerson CX-30W ini sudah menggunakan remote yang menggunakan frekuensi tinggi 2.4 GHz untuk transmisi datanya, Remote ini pun sudah memiliki 4 Channel. Dengan remote ini, anda bisa mengendalikan Cheerson CX-30W hingga dalam radius 30 meter. Dengan remote ini pula anda bisa mengaktifkan berbagai fungsi yang sudah ada di Cheerson CX-30W,. selain itu anda juga bisa meletakkan smartphone anda pada holder, lalu mengaktifkan fitur FPV melalui aplikasi yang sudah anda download sebelumnya. Tak disangka di drone sekecil ini anda sudah bisa menikmati fitur FPV.

Spesifikasi Cheerson CX-30W - OmahDrones


       Lanjut ke bagian kamera, Cheerson CX-30W ini dilengkapi dengan kamera yang memiliki resolusi sebesar 0.3 MP. Dengan kamera ini, anda sudah bisa melakukan aktifitas kamera seperti mengambil gambar dalam bentuk foto, atau merekam video. Anda juga bisa menikmati fitur FPV seperti yang dijelaskan barusaja. Kamera ini terpasang dibagian bawah drone Cheerson CX-30W dan sebenarnya juga bsia di lepas - pasang alias tidak built in menempel pada bagian motherboard. Di drone ini juga memiliki LED yang selain berfungsi sebagai indikator, LED ini bisa berfungsi sebagai hiasan yang juga jika anda menerbangkan drone ini dimalam hari, anda bisa mengetahui dimana posisi drone ini berada.



       Dan ini yang unik, drone Cheerson CX-30W yang sekecil ini, katanya bisa tahan air, dia bisa mendarat dalam genangan air, dan terbang lagi layaknya drone amfibi. Dan juga itu berarti drone ini bisa diterbangkan ketika hujan turun. Dalam praktiknya ternyata ada juga yang berani memainkan drone Cheerson CX-30W ini di permukaan air. Percaya atau tidak, itu bisa anda buktikan sendiri asalkan resiko ditanggung sang pilot. hahaha.

Spesifikasi Cheerson CX-30W - OmahDrones


Deskripsi pelengkap:
Brand name: Cheerson
Model NO.: CX-30W
Item type: Quadcopter
Color: Blue
Material: ABS
Controller mode: Mode 2
Channels: 4 Channels
Function: 3D tumbling action, up, down, left, right, forward, backward, hovering
Remote control frequency: 2.4GHz
Gyroscope: Six axis
Motor: Brush motor
Camera: 0.3MP
APP: CX_WIFIUFO (APP Store and Google Play)
Remote distance: about 30m
Suitable ages: Above 14 Years old
Remote Controller Battery: 4 x 1.5 V AA Battery (not included)
Battery power: 3.7V 700mAh
Battery type: Li-Po battery
Charging time: About 30 minutes
Working time: about 7 minutes
Item dimensions: 15 * 15 * 4cm

Spesifikasi Cheerson CX-30W - OmahDrones

Tiap pembelian akan mendapat: 
1 * Cheerson CX-30W Quadcopter (with Propeller Guard Ring and 0.3MP Camera)
1 * Transmitter
1 * USB Charging Cable
1 * 3.7V 700mAh Li-Po Battery
2 * Pair of Spare Propeller
2 * Screwdriver
1 * English Manual


       Selain memiliki banyak fungsi, ternyata Cheerson CX-30W juga diklaim bisa tahan air. Itu berarti drone kecil ini memiliki kemampuan yang tidak bisa diremehkan untuk sebuah mini drone kalau itu benar - benar terjadi. Anda mungkin tertarik dengan drone ini? atau anda masih pemula? itu tidak masalah, karena drone ini juga cocok untuk pemula sekalipun.


       Nah, jika anda berminat membeli drone Cheerson CX-30W ini, harga kisarannya sebesar Rp 700.000,- Yang jelas harga bisa berubah sewaktu - waktu karena harga tersebut juga masih kisaran. Juga dengan begitu drone ini masuk kedalam Drone dibawah satu juta. Okelah, semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat bagi semua, begitulah kira - kira spesifikasi dan kemampuan serta fitur dari drone Cheerson CX-30W.