Spesifikasi Drone SJRC F11 - GPS Brushless FPV Ready


Mungkin beberapa pilot sekarang berpendapat “kalau bisa punya drone yang udah pakai brushless motor, dan udah ada GPS nya” entah apa alasannya, tapi kalau admin sendiri juga berpendapat demikian, bukan tanpa alasan. Kalau bagi admin, drone yang sudah menggunakan motor brushless akan lebih baik peforma terbangnya, karena tenaga yang dihasilkan lebih optimal, selain itu juga biasanya brushless motor bisa digunakan dalam waktu yang lama sekali terbang, jadi baik anda terbang 2 jam full pun tidak masalah, hanya saja perlu disiapkan dulu baterai cadangannya. Lalu untuk GPS, tentu untuk positioning, biar ketika terbang bisa stabil, tidak terbawa angin, dan bisa menggunakan return to home kalau terjadi sesuatu seperti kehilangan orientasi, dan anda juga kehilangan video FPV.

Spesifikasi Drone SJRC F11 - OmahDrones


Untuk drone nya sudah banyak sih utamanya hingga admin menulis artikel ini, sudah banyak drone yang sebenarnya masih tergolong di kelas mainan, tapi dia sudah menggunakan motor brushless dan sudah memiliki GPS juga, admin kadang menyebutnya “Semi Professional” ya karena sudah mirip – mirip drone professional dari segi hardware. Dan biasanya drone semi professional tidak memiliki fitur sebanyak drone professional. Dan di kesempatan kali ini, kita akan membahas drone yang bisa disebut Semi Professional juga, dari SJRC dengan nama pasar SJRC F11, bagaimana kemampuannya kalau dilihat dari spesifikasinya akan coba kita ulas pada kesempatan kali ini.



Untuk fiturnya, selain dia sudah menggunakan motor brushless dan GPS, SJRC F11 juga sudah dilengkapi dengan fitur – fitur yang admin bilang “pemanfaatan GPS” seperti Circle me, Follow me, dan untuk GPS nya sendiri, dia sudah menggunakan GPS/GLONASS, jadi harusnya ketika proses penguncian posisi membutuhkan waktu lebih cepat daripada hanya menggunakan GPS saja. Masih bingung soal GPS dan GPS/GLONASS? Admin sudah pernah membahasnya di postingan tentang GPS pada Drone. Untuk fitur lainnya sesuai yang di tampilkan pada iklan bisa anda baca dibawah ini:
- Camera HD 1080P 5G WiFi Advanced : enhanced camera lens with 120 ° FOV (field of view) provides a panoramic display to record your unforgettable moments. 5G wifi transmission ensures real-time video quality - ideal for selfies.
- Flights assisted GPS : Provides you with details of your drones accurate position. Built with the function of the Return-to-Home (RTH) to fly safer, drones will automatically return to the house just when the battery is weak or weak signal when it flew out of reach, never worry about losing the drone.
- Time of Flight A maximum of 25 Minutes : smart battery capacity of 2500mAh high capacity of producing up to 25 minutes of flight time.
- Motor Without Brush: It was very quiet but very powerful when running. Details are infrequent and rarely required the replacement of motors, which make your flight more enjoyable.
- Follow Me Mode: Drone will automatically follow and catch you wherever you move. You are in the frame store at any time, it is easier to get a shot complex, providing hands-free flights and selfie.
- Gesture photos / videos: You will break the old way of taking photos and discovering new things fresh by making movements to record your beauty. (In the range of 1-3m)
- Mode Orbit: Orbit Mode allow unmanned aircraft to fly a circle around the waypoint set and ensure you'll get panoramic images and video.
- User-defined Flight Plan: Open the drone, use a flight plan at your fingertips, just create a route on the screen, the helicopter will fly automatically according given path.
- Keep track of and remember hum: Click on an icon GPS signal three times, open the map interface, the map shows the distance the best end, longitude and latitude position.
- simple controls: Altitude Hold and One Key Takeoff and Landing for easier operation, easy to control, suitable for beginners.


Spesifikasi Drone SJRC F11 - OmahDrones

Spesifikasi SJRC F11


Item Name: SJRC F11 RC brushless drone
Frequency controller: 2.4Ghz
Camera: The camera wide angle of 120 ° (90 ° angle adjustable by remote control)
Video resolution: 1920 * 1080P
Photo resolution: 1920 * 1080P
Frame rate: 25fps
Motor: 1806 motor brushless
Drone Battery: 11.1V 2500mAh
Flight time: About 25 mins
Charging time: About 3.5 hours
Battery controller: 3.7V 300 mAh
Distance control: 600m (Internet disruption and no occlusion)
Wifi 5G image transmission distance : 400-500m (Interference Free and no occlusion)
GPS / GLONASS dual mode: YES
GPS follow me: About 30m
Pictures follow me: Around 3-10m
Storage: Support TF card (not included)
Requirements mobile device's system version: iOS 8.0 or later, or Android 4.4.4 or newer
Color: Black / White (option)
Age: =14
Quadcopter size: 450 * 425 * 83mm (not folded) 192 * 130 * 83mm (folded)
Low weight: 450g
Takeoff weight: 450g



Di bagian baterai, sebenarnya SJRC F11 memiliki baterai yang cukup besar, baik untuk tegangan atau kapasitasnya. SJRC F11 ini memiliki baterai bertegangan 11.1Volt, dan kapasitasnya sebesar 2500mAh. Tapi taukah anda, untuk melakukan recharge, SJRC memilih menggunakan Port Micro SD pada badan baterai. Itu artinya kita bisa melakukan recharge dengan Wall Charger, atau Adaptor untuk charge smartphone. Namun karena banyaknya cell dan kapasitas yang terbilang besar, anda harus setidaknya menggunakan wall charger dengan arus 2Ampere untuk bisa mempercepat pengisian baterai, kalau tidak, anda bisa membutuhkan waktu hingga seharian utuk dapat mengisi satu buah baterai SJRC F11. Bagaimana bisa kita charge baterai 11.1 Volt hanya dengan wall charger yang tegangannya Cuma 5Volt?

Spesifikasi Drone SJRC F11 - OmahDrones


Jadi baterai 11.1Volt kan Cuma rangkaian dari beberapa baterai 1 cell yang tegangannya 3.7Volt. jadi total ada 3 cell kan untuk menjadi 11.1Volt, nah dengan Wall Charger 5V, dari port Micro SD di baterainya akan langsung mengisi tiap cell secara berurutan, jadi satu per satu, otomatis kita tetap bisa mendapatkan seluruh cell penuh pada waktunya, dan ketika kita pakai di drone, jalur yang digunakan adalah jalur ke 3 cell tersebut yang sudah menjadi 1 secara seri (Serial). Jadi ketika memakai di drone kita tetap dapat tegangan 11.1Volt. tapi sepadan untuk lama terbangnya, karena dengan satu baterai anda bisa terbang rata – rata selama 21 menitan, dan dalam pembeliannya anda juga bisa memilih ingin beli dengan 1 baterai, 2 baterai atau 3 baterai.

Spesifikasi Drone SJRC F11 - OmahDrones


Di bagian remote, sebenarnya bentuknya beda dari kebanyakan yang meniru remote dari Mavic Series, bagian bawah bisa dibuka untuk lebih membuat tangan jadi nyaman ketika memegang remote, lalu di bagian tengah bisa di buka untuk menhadi Phone Holder. Antenna yang ada pada remote ini juga nampaknya antenna asli, jadi kita bisa mendapatkan jarak terbang yang jauh harusnya. Namun berdasarkan daftar spesifikasi, kita bisa menerbangkan SJRC F11 hingga 600 meter saja, mengingat ini bukanlah drone professional, jarak sejauh itu sudah lebih dari cukup. Lalu di bagian tombol, memang sudah memiliki label bawaan, tetapi karena dalam 1 tombol bisa untuk setidaknya 2 fungsi, jadi mungkin anda perlu menulis label tersendiri supaya tidak lupa dengan tiap fungsi di tombol tersebut. Dan terakhir untuk baterainya, remote SJRC F11 juga sudah memiliki baterai internal, jadi anda tidak perlu menggunakan baterai habis buang lagi. Remote ini menggunakan baterai 3.7Volt yang kapasitasnya 300mAh, memang kecil, namun setidaknya ketika habis kan bisa langsung di recharge menggunakan kabel micro USB juga.

Spesifikasi Drone SJRC F11 - OmahDrones


Kamera yang digunakan SJRC F11 juga tidak dijelaskan berapa mega pixel sensornya, dalam spesifikasi hanya dijelaskan kalau kamera ini menggunakan lensa wide angle, dan dengan kamera ini anda bisa mengambil foto ataupun video dalam resolusi 1080p. jadi ketika mengambil foto, sebenarnya hanya mirip screenshot dari gambar yang dilihat oleh kamera. Fitur lain kamera ini adalah bisa di tilt up atau di tilt down dari remote. Meski tidak halus ketika tilting, tapi setidaknya untuk tilting anda tidak perlu mendaratkan drone nya dulu seperti beberapa drone yang masih tilt manual di lensa kameranya. Hasil dari pengambilan gambar dan video akan langsung tersimpan pada microSD yang sebelumnya tentu sudah harus anda pasang di drone, jadi utamanya ketika mengambil video, anda akan mendapatkan video asli yang original tanpa terkena efek apapun.



Untuk FPV, disini SJRC F11 menggunakan FPV Transmitter Wifi 5G, atau nama lainnya Wifi 802.11ac, jadi sebelum membeli drone SJRC F11 ini, pastikan dulu smartphone anda support pada Wifi 802.11ac, kalau tidak, otomatis anda tidak dapat menggunakan fitur FPV nya. Untuk jarak jangkauannya itu tergantung pada Wifi pada smartphone anda juga sebagai receiver FPV nya.

Spesifikasi Drone SJRC F11 - OmahDrones


Umumnya, ketika membeli Drone SJRC F11 anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Quadcopter
1 x Remote Kontrol
1 x 11.1V 2500mAh Batetry
1 x Charger
1 x Backpack (Optional)
1 x User Manual (Download)



Kesimpulan admin untuk drone SJRC F11, dari fitur sudah cukup bagus untuk sebuah drone semi professional, hanya mungkin cara recharge baterainya kalau bisa tidak pakai Wall Charger sendiri mungkin lebih bagus, misal menggunakan charger bawaan yang bisa melakukan recharge lebih cepat seperti beberapa drone lain yang menyertakan charger bawaan, terlebih kan baterainya juga paten, lebih bagus kalau disertakan charger bawaan jadi lebih mantap lagi. Untuk drone semi professional SJRC F11 masih bisa admin katakan layak untuk dibeli, karena selain portable, juga bisa diandalkan.

Spesifikasi Drone SJRC F11 - OmahDrones


Admin sudah survey juga di beberapa sumber yang menjual drone SJRC F11, dan rata – rata disana drone ini dibandrol dengan harga sebesar 150 USD, atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin tulis, setara dengan 2.1Juta. harga yang sebenarnya bisa bersaing dengan beberapa drone sekelasnya seperti misalkan MJX Bugs 2 , ada juga C-Fly Obtain mungkin.