Spesifikasi Parrot Rolling Spider

Spesifikasi Parrot Rolling Spider - OmahDrones
Parrot Rolling Spider

        Dari sekian banyak jenis drone, mulai dari drone untuk mengambil gambar, lalu ada drone yang digunakan untuk perlombaan adu cepat, ada juga drone aerobatik, dan lain sebagainya. Yang jelas drone masih termasuk di keluarga Mainan RC (Remote Control) sehingga masih tergolong di kategori mainan hobi. Dari sekian banyak jenis drone, ada juga drone yang unix dari Parrot. Drone ini bisa dibilang beda dari yang lain karena drone ini bisa dipasangi dua buah roda besar yang nantinya bisa anda gunakan untuk bermain layaknya bermain mobil remote control namun memiliki dua buah roda. Selain melesat didarat, Drone ini juga bisa terbang dan melakukan berbagai macam manuver yang bisa anda kendalikan melalui perangkat smartphone anda. Perangkat yang support adalah yang memiliki sistem operasi IOS dan Android.



       Apakah nama drone yang akan kita bahas kali ini? yaitu Parrot Rolling Spider. Drone ini memang sekilas mirip mini drone lainnya dengan framenya yang membentuk huruf X, memiliki empat buah propeller yang digunakannya untuk dapat terbang, sehingga drone ini termasuk kedalam jenis Quad-Copter. Tapi di Parrot Rolling Spider ini, anda bisa menambahkan sepasang roda yang bisa dipasang di bagian atas drone. Roda ini ternyata selain sebagai alat untuk berjalan ketika diatas tanah, namun juga memiliki fungsi lain seperti:

a. Sebagai Blade Protector
       Roda ini bisa berfungsi sebagai blade protector, sebab roda ini memiliki ukuran yang lumayan besar sehingga bisa menutupi sisi kanan dan kiri dari badan drone, juga di bagian depan, ketika menabrak dinding sekalipun yang akan tertabrak adalah bagian roda nya. Jadi propellernya masih bisa aman.

b. Sebagai Kaki
       Jelas, sebagai drone yang bisa berjalan diatas tanah, kaki drone berubah menjadi roda ini, sehingga ketika mendarat di tanah, drone tidak akan langsung tersungkur ke tanah, yang kemungkinan bisa membuat goresan pada bagian sensor dan kamera Parrot Rolling Spider.


Spesifikasi Parrot Rolling Spider - OmahDrones


       Selain itu, Parrot Rolling Spider juga memiliki fitur yang beragam dan ada satu fitur yang mungkin tidak dimiliki oleh drone sekelasnya yaitu Pressure sensor, dan juga ultrasonic sensor. Sensor ini terletak dibagian bawah Parrot Rolling Spider drone. Dengan sensor ini, drone bisa mendeteksi jarak antara permukaan tanah dengan drone, sehingga walau terbang rendah dan tanpa roda pun drone tidak akan bisa tersungkur jika anda tidak melakukan kesalahan, sehingga drone masih bisa terbang di ketinggian yang cuma beberapa centi saja. Selain itu dengan Parrot Rolling Spider anda juga sudah bisa bermanuver seperti rolling. Untuk take-off dan landingnya juga mudah karena anda bisa melakukan take-off dan landing hanya dengan satu tombol di layar smartphone anda.



       Untuk baterainya, Parrot Rolling Spider diberi baterai bawaan dari pabrik berteknologi Li-Po atau Lithium Polymer. Baterainya pun juga bersifat removable yang artinya bisa di lepas pasang, sehingga jika baterai sudah buruk kondisinya, anda bisa membeli baterainya secara terpisah. Dengan baterai ini Parrot Rolling Spider bisa terbang selama 8 menit jika tanpa roda, dan jika memakai roda, drone ini bisa terbang dengan waktu selama 6 menit. Ketika baterai habis, usahakan jangan langsung merecharge nya, namun biarkan selama 15 menit dulu supaya baterai dalam kondisi normal. Nah, ketika charge, agar bisa full baterainya harus di charge kira - kira selama 90 menit.


Spesifikasi Parrot Rolling Spider - OmahDrones


       Untuk jalur kendalinya, anda bisa menggunakan Smartphone anda dengan mendownload aplikasi FreeFlight 3 di playstore atau appstore terlebih dahulu. Dengan aplikasi tersebut anda sudah bisa mengendalikan Parrot Rolling Spider secara keseluruhan. Dibagian layar kendali juga sudah memiliki tombol untuk mengaktifkan fungsi - fungsi yang terdapat di Parrot Rolling Spider. Di layar kontrol juga akan menampilkan informasi seperti kondisi drone, dan juga kapasitas baterai, sehingga anda bisa mengetahui status drone secara realtime. Dengan aplikasi ini anda bisa mengendalikan Parrot Rolling Spider hingga sejauh 20 meter. Radius ini juga dipengaruhi oleh kemampuan bluetooth smartphone anda.



       Untuk kameranya, Parrot Rolling Spider juga dibekali dengan kamera yang sudah bisa melakukan aktifitas kamera seperti mengambil gambar ataupun merekam video. Namun letak kameranya juga unik karena berada di bagian bawah drone, yang bersebelahan dengan sensor ultrasonik pada Parrot Rolling Spider. Jadi dengan kamera yang berada di bagian bawah, anda akan mendapatkan angle yang antimainstream dan berbeda dari kebanyakan drone sekelas. Semua kendali untuk foto dan video juga sudah bisa anda kendalikan melalui smartphone anda, sehingga lebih simpel untuk mengendalikannya.

Spesifikasi Parrot Rolling Spider - OmahDrones


        Sebagai tambahan, pelengkap serta yang membuat Drone Parrot Rolling Spider ini makin keren adalah adanya LED dibagian depan yang seolah - olah itu sebagai mata drone, LED ini selain berfungsi sebagai indikator drone, juga berfungsi sebagai penerang drone, sehingga jika anda menerbangkan Parrot Rolling Spider diwaktu malam, anda bisa tau letak posisi drone saat itu juga sehingga anda lebih mudah untuk mengendalikannya, Selain itu di mata orang awam, drone anda juga pasti akan menjadi pusat perhatian karena memang keren.


Deskripsi Tambahan:
App 
Free piloting app compatible with smartphones and tablets running on iOS, Android, and Windows Phone.
Range 
Up to 20 meters
Connectivity 
Bluetooth Smart technology, Bluetooth V4.0 BLE (Bluetooth Low Energy).
Design 
Plastic structure with specific design for robustness
Stability 
Provided by data fusion of an ultrasonic sensor, a 3-axis gyroscope and 3-axis accelerometer, a vertical camera and a pressure sensor
Battery 
Lithium-Polymer and removable
Lasts up 8 min (6 min with wheels) and full recharge in 90 min
Indicators 
Bicolor LEDs indicate the status of your Rolling Spider
Weight 
55g (65g with wheels)
Dimensions 
Rolling Spider diameter: 140 mm
Propellers' diameter: 55mm
Motor spacing: 85 mm



Tiap Pembelian Akan Mendapat:
1 Rolling Spider
1 battery
2 wheels
1 set of stickers
1 quick start guide


       Bisa disimpulkan jika drone Parrot Rolling Spider ini bisa dimainkan oleh siapapun kapanpun dan dimanapun, karena untuk kontrolnya juga sudah mudah, bisa melalui smartphone, dan drone ini juga bisa dimainkan kapan saja siang maupun malam karena adanya LED untuk penerang, juga drone ini bisa dimainkan dimana saja karena ukurannya yang kecil sehingga tidak butuh tempat yang luas untuk bisa memainkan atau menerbangkannya.

Spesifikasi Parrot Rolling Spider - OmahDrones


       Jika anda berminat untuk membeli drone Parrot Rolling Spider, anda harus siapkan uang kira - kira sebesar Rp 1.400.000,- untuk bisa membawa pulang drone Parrot Rolling Spider. Sebagai drone yang memiliki kemampuan melebihi drone sejenisnya, memang itu cirikhas Parrot yang selalu memberikan yang beda, supaya antimainstream. Okelah, sepertinya seperti itu saja ulasan kita kali ini mengenai drone Parrot Rolling Spider yang memiliki sensor ultrasonik di tubuhnya. Semoga ulasan kali ini bermanfaat.