Spesifikasi JJRC H18 si Micro Hexa-Copter Drone

Spesifikasi JJRC H18 si Micro Hexa-Copter Drone - OmahDrones
Spesifikasi JJRC H18


         Mungkin kebanyakan pilot hanya mengetahui kalau drone yang ukurannya kecil hanya ada dalam bentuk Quad-Copter saja, memang kebanyakan produsen hanya mengeluarkan drone yang ukurannya kecil dengan jenis Quad-Copter dengan alasan karena dronenya kecil sehingga baterai yang sanggup dibawa pun kecil sehingga hanya bisa untuk memberi daya empat buah propeller saja. Namun siapa sangka ternyata ada salah satu produsen  drone yang mengeluarkan produk mini drone yang memiliki enam buah propeller, alias produsen ini mengeluarkan produk Hexa-Copter yang memiliki ukuran sangat kecil. Namun walau ukurannya kecil dan memiliki motor sebanyak enal buah, bukan menjadikan drone ini menjadi berat, namun justru malah lebih lincah karena dengan memiliki enam buah propeller membuat drone ini terbang lebih ringan.



         Drone yang akan kita bahas kali ini bernama JJRC H18, iya sesuai namanya, drone ini buatannya JJRC. Disaat yang lain mengeluarkan micro drone berjenis Quad-Copter, namun JJRC malah mengeluarkan tipe Hexa-Copter yang memiliki penggemar tersendiri tentunya. Memiliki bentuk yang bisa terlihat kecil namun padat. Terutama pada bagian tengahnya, drone ini memiliki enam buah lengan yang masing – masing memegangi sebuah motor yang nantinya akan menggerakkan propeller. Untuk kemampuan terbangnya juga sudah bisa diandalkan, karena si Hexa-Copter mungil JJRC H18 ini sudah dilengkapi dengan 6 axis gyro yang tentu akan membuatnya terbang secara stabil walau tanpa ESC. Bisa dibilang gyro ini menjadi pengganti si ESC yang fungsinya menyamakan putaran pada tiap – tiap propeller.


Spesifikasi JJRC H18 si Micro Hexa-Copter Drone - OmahDrones


         Karena ukurannya yang kecil, mungkin ada beberapa pilot yang nanti akan kesulitan menandai dimana bagian depan dari drone JJRC H18 ini, maka dari itu, JJRC member sebuah LED yang dapat bersinar, yang fungsinya yaitu untuk member isyarat atau tanda bahwa disitu adalah bagian depan dari drone ini. Selain itu berkat adanya gyro tadi, membuat drone mungil JJRC H18 ini bisa diterbangkan dengan mudah. Dengan kata lain, drone ini cocok untuk pemula sekalipun, sehingga anda bisa menggunakan drone ini untuk latihan menerbangkan drone, sehingga kedepannya bila anda menerbangkan drone yang kemampuannya lebih professional lagi, anda tidak akan kesulitan lagi karena telah memiliki skill menerbangkan drone sebelumnya. Barang kali JJRC H18 ini bisa menjadi drone latihan sobat.



         Lanjut ke bagian sumber tenaganya, JJRC H18 ini dibekali dengan baterai bertegangan 3.7 Volt dan memiliki kapasitas baterai sebesar 75 mAh. Mungkin sebagian pilot merasa jika kapasitas baterai bawaan ini teralu kecil. Namun jangan salah, dalam motherboardnya JJRC H18 ini sudah memiliki alat cukup hebat yang mampu mengefisienkan sumber tenaga yang ada, sehingga dengan baterai sebesar itu, drone JJRC H18 ini bisa terbang selama kira – kira 5 – 7 menit alias sama seperti drone – drone sejenis . Lalu jika baterainya sudah habis, anda bisa menggunakan kabel USB bawaan untuk me rechargenya. Untuk proses pengisian ulangnya anda bisa memakai adaptor seperti ketika merecharge smartphone, atau bisa juga dengan menghubungkan kabel USB ke USB port pada Komputer, Laptop dan jika anda sedang berada diluar rumah, bahkan anda bisa menggunakan powerbank yang tentunya lebih praktis. Untuk lama pengisian ulangnya, kira – kira selama 45 menitan.

Spesifikasi JJRC H18 si Micro Hexa-Copter Drone - OmahDrones


         Untuk unit kendalinya, JJRC H18 ini memiliki unit kendali yang bentuknya sangat sederhana, mirip dengan stik playstation, sehingga bisa dibilang nyaman digenggam. Selain itu tombol – tombolnya juga dibuat se sederhana mungkin agar pilot yang masih belajar pun bisa dengan mudah mempelajarinya. Dengan remote yang simple ini anda dapat mengendalikan drone JJRC H18 hingga dalam radius 20 meter. Namun jika untuk latihan, lebih baik didalam ruangan saja untuk menghindari terpaan angin secara langsung. Remote ini sudah menggunakan frekuensi tinggi 2.4 GHz dan memiliki 4 Channel, sehingga untuk koneksi datanya dijamin tanpa halangan, sangat berbeda dengan controller yang menggunakan infrared, dimana jika transmitter terhalang sesuatu nanti drone tidak akan bisa menerima data dari transmitter. Untuk sumber tenaganya, remote ini menggunakan dua buah baterai jenis AA yang mudah ditemui di toko – toko dekat rumah.



Deskripsi Tambahan:
Brand:      JJRC
RC Toys Category: RC Hexa-Copter
Type: RTF
Remote Type: 2.4GHz Radio Control
Control Range: 20m
Channel: 4-Channel
Functions:  Go Forward, Go Backward, Fly Up, Fly Down, Turn Left, Turn Right, Left Sideways Fly, Right Sideways Fly, 360° Flips, Headless Mode
Built-in Instrument:          6-axis Gyro, LEDs
Flight Time:      5-7 mintues
Charging Time:         45mintues
Li-po Battery Voltage:      3.7V
Li-po Battery Capcity:      75mAh
Transmitter Battery:        2 x 1.5V AAA
Shell Material: Plastic
Suitable Situation:   Outdoor, Indoor
Suitable Age:   14+
Color:       Black or Green
Size: 85 x 85 x 24 mm / 3.35 x 3.35 x 0.94 inch
Weight:    102 g / 3.6 oz

Spesifikasi JJRC H18 si Micro Hexa-Copter Drone - OmahDrones



Tiap Pembelian Akan Mendapat:
1 x Hexa-Copter
1 x Transmitter
1 x USB Charging Cables
4 x Spare Blades
1 x English & Chinese User Manual



         Sebenarnya dengan bentuk yang kecil ini, Drone JJRC H18 bisa dimainkan kapan saja, karena memiliki LED sehingga bisa dimainkan ketika siang atau malam hari sekalipun. Selain itu, drone ini bisa dimainkan oleh siapapun dari newbie hingga expert bisa memainkannya. Drone JJRC H18 ini juga bisa dimainkan dimanapun karena ukurannya yang kecil, bisa dimainkan didalam ruangan yang kecil sekalipun. Yang terakhir, drone ini sebenarnya multi purpose, seperti untuk menghibur anak anda, untuk belajar menerbangkan drone, bahkan untuk membantu seperti mengusir binatang pengganggu seperti ayam yang sembarangan poop misalnya.




         Nah, kurang lebih seperti itulah pembahasan kita kali ini mengenai drone JJRC H18 si mungil hexa-copter yang memiliki fungsi dasar terbang dan cocok dimainkan oleh siapapun. Jika anda hendak membeli drone ini, harga kisarannya berada di angka Rp. 400.000,- dengan harga kisaran sebesar itu, otomatis drone JJRC H18 ini masuk kedalam kategori drone dibawah satu juta rupiah. Baiklah, semoga pembahasan kita kali ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan dan tentunya bagi semua pilot di dunia.