Spesifikasi Xiaomi Mi Drone


         OmahDrones-Kita ketahui, Xiaomi adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, produk – produknya pun telah diakui oleh para user karena memang produknya yang berupa smartphone, powerbank, action cam dan beberapa produk lainnya dengan mudah ditemui di pasaran indonesia dan untuk urusan harganya bisa dibilang pas dikantong sehingga bukan tidak mungkin produk Xiaomi sangat disukai konsumen. Namun dengan adanya itu semua ternyata Xiaomi masih melakukan pengembangan – pengembangan untuk mengeluarkan berbagai produk lainnya. Dan akhirnya Xiaomi berhasil membuat sebuah produk drone pertama mereka yang juga dirilis pada tanggal 25 Mei 2016. Penasaran akan bagaimana spesifikasi, kemampuan serta fitur apa saja yang ada di Xiaomi Mi Drone ini? Kita akan coba bahas pada kesempatan kali ini.



         Drone milik Xiaomi yang dinamakan Mi Drone ini, dibuat oleh Cai Wei yang selaku CEO dari MI Ecosystem’s Company yang namanya FlyMi. Kalau ditanya soal pengalamannya, Cai Wei sebenarnya sudah sangat berpengalaman untuk urusan memproduksi drone, bahkan sudah tercatat lebih dari 7 tahun. Maka dari itu Xiaomi mempercayakan Mi Drone ini padanya dan begitupula untuk drone – drone selanjutntya. Drone ini selain memiliki kualitas yang bisa dibilang professional, tentunya Xiaomi Mi Drone ini memiliki kemampuan terbang yang sangat bisa diandalkan, karena bukan hanya memiliki gyro system untuk membuat drone bisa terbang secara stabil, Xiaomi Mi Drone juga sudah dibekali dengan GPS System yang tentu akan sangat berguna ketika penerbangan. Dengan adanya GPS ini, selain drone bisa tau berada diposisi mana, Xiaomi Mi Drone juga memiliki fitur cerdas seperti  Waypoint path planning, Fly on map, Circle an object, Dan lain – lain.



         Untuk bentuknya sendiri, Xiaomi Mi Drone ini termasuk kedalam jenis Quad-Copter, memiliki bentuk body yang cenderung menyerupai huruf H, jika dilihat – lihat bentuk dasarnya juga hampir sama dengan bentuk frame drone tipe racing. Namun, menurut Lei Jun selaku CEO Xiaomi, desain badan Xiaomi Mi Drone ini terinspirasi dari seekor capung. Dengan bahan pilihan yang kuat serta ringan, membuat Xiaomi Mi Drone ini mudah terbang apalagi dengan bantuan dari keempat motor yang memiliki kekuatan besar di setiap ujung lengannya. Sedangkan dibagian bawahnya, Drone ini memiliki sepasang kaki yang panjang namun kuat untuk menopang seluruh berat drone sehingga jika sedang mendarat atau mau terbang, Xiaomi Mi Drone ini bisa berdiri dengan gagahnya diatas permukaan tanah. Kedua kaki ini, selain berfungsi untuk menopang tubuh drone, juga berfungsi aktif untuk melindungi bagian kamera yang super kualitasnya. Sehingga ketika mendarat, bagian kamera tidak akan berbenturan dengan tanah.




         Sebagai aksesori opsional, terdapat juga empat buah blade protector yang bisa dipasang di tiap sisi tepatnya dipasang dibagian bawah propellernya. Dengan dipasangnya protector semacam ini, jika drone menabrak dinding pun drone tidak akan langsung jatuh karena yang mengalami benturan pertama kali adalah bagian pelindungnya. Sehingga ketika terjadi benturan, anda bisa langsung melakukan gerakan menghindar dari objek.




         Xiaomi Mi Drone ini dibekali dengan baterai yang kapasitasnya cukup besar. Dengan baterai bertegabfab 17.4 Volt dan kapasitasnya yakni sebesar 5100 mAh. Xiaomi Mi Drone ini dapat terbang dengan waktu hingga selama 27 menit non stop. Ketika baterai sudah habis, nanti juga akan ada alarm tersendiri yang akan memberi tanda bahwa baterai sudah melemah, sehingga pilot langsung dapat mendaratkan drone sebelum baterainya benar – benar habis. Selain itu berkat adanya GPS, anda dapat mengaktifkan fitur returns home sehingga jika baterai sudah kritikal, drone akan secara otomatis kembali ke tempat pertama kali ia lock sebagai home.




         Sedangkan di bagian controllernya, Xiaomi Mi Drone memiliki remote yang tentunya sudah menggunakan frekuensi tinggi 2.4 GHz. Dengan remote yang memiliki desain simpel ini, Xiaomi Mi Drone bisa terbang dalam radius sejauh hingga 3 KM. Bisa dilihat pada gambar, controller ini memiliki antena yang , lebih bagus daripada drone – drone lainnya sehingga dengan antena yang kuat itu maka Xiaomi Mi Drone ini bisa sampai tembus ke 3 KM jauhnya. Dengan remote ini, anda bukan hanya bisa menerbangkan Xiaomi Mi Drone saja, namun anda juga bisa mengaktifkan beberapa fitur bawaan di Xiaomi Mi Drone seperti automatic take-off + landing, waypoint flight path planning, tap to fly on map, circle an object on the ground. Selain itu semua, anda juga bisa menghubungkan perangkat smartphone anda ke drone untuk bisa menikmati fitur yang paling disukai oleh banyak pilot yaitu FPV atau First Person View. Dengan smartphone yang dipasang diatas remote, anda bisa mengambil gambar, atau juga video yang tertangkap oleh Kamera yang terpasang di Xiaomi Mi Drone.




         Bicara soal kamera. Di Xiaomi Mi Drone ini sebenarnya anda bisa memilih tipe kamera mana yang akan disertakan dalam pembelian drone. Yang pertama adalah kamera dengan resolusi sebesar 12MP buatan Sony, dengan kamera yang resolusinya sebesar itu, anda sudah bisa mendapatkan gambar yang sangat bagus, dan jika untuk merekam video anda juga sudah bisa mendapatkan video dengan kualitas 1080p. Namun, jika anda masih belum puas dengan kamera yang sebenarnya sudah bagus seperti itu, anda bisa memilih kamera satunya lagi yang memiliki kualitas 4K. iya, dengan pilihan kamera yang kedua ini, anda akan mendapatkan kamera yang sudah mampu merekam video dengan kualitas 4K. Maka pantas saja Xiaomi Mi Drone ini termasuk kedalam kategori drone professional.




         Tak Cuma bagian kameranya yang sudah sangat bagus. Xiaomi Mi Drone juga memiliki 3 axis Gimbal yang sangat bagus. Tercatat gimbal ini sudah bisa meredam 2000 getaran per detik. Sehingga bagaimanapun keadaan drone, di unit kamera akan selalu berusaha memposisikan kamera seperti yang pilot setting di unit kendali. Jika dilihat sepintas, rangkaian kamera dengan gimbal di Xiaomi Mi Drone ini mirip sekali dengan Kamera DJI Osmo yang juga dipasang di beberapa drone buatan DJI.




 Deskripsi Singkat Mi Drone:
– 4-propeller system with detachable shields
– 17.4V battery 5100mAh, 27 minutes non-stop flying
– 1080p or 4K UHD camera, with 104° wide-angle lens
– 4K camera at 3840 x 2160 pixels; supports recording of stills in RAW format
– 720p live video with low latency from up to 2km distance
– Camera attached to a 3-axis gimbal, stabilizes up to 2000 vibrations per second
– Unbelievably lightweight design
– GPS + GLONASS + vision-based positioning for max precision
– Autopilot options: automatic take-off + landing, waypoint flight path planning, tap to fly on map, circle an object on the ground
– Intelligently detects low battery and returns home automatically
– Real-time location tracking for easy retrieval even post crash
– Hovers automatically at the edge of no-fly zones
– Built-in PCB antenna array in remote control for maximum reach
– Modular design and foldable landing gear
– RMB 2499 for 1080p, RMB 2999 for 4K UHD version




         Memang mungkin beberapa pilot akan melihat drone ini mirip dengan drone Buatan DJI pada dasarnya, hanya saja Xiaomi Mi Drone ini memiliki bentuk yang berbeda dengan bodynya yang cenderung membentuk huruf H. Dengan dikeluarkannya Xiaomi Mi Drone ini dipasaran, tentu saja drone satu ini akan langsung menjadi pesaing unggul terutama di pasar Drone professional yang memiliki harga diatas 10 juta an. Nah ngomongin harga, jika ditanya berapa harga untuk sebuah Xiaomi Mi Drone?



         Untuk harganya, Xiaomi membandrol Xiaomi Mi Drone ini dengan harga sebesar $380 untuk Xiaomi Mi Drone dengan kamera 12MP, dan $457 untuk Xiaomi Mi Drone dengan kamera 4K.




         Nah, kira – kira seperti itulah tentang Xiaomi Mi Drone yang merupakan drone pertama buatan Xiaomi yang sudah dirilis dan memiliki spesifikasi tinggi. Drone professional seperti ini akan sangat cocok bila digunakan untuk tujuan videografi. Namun untuk menerbangkannya juga harus paham akan aturan menerbangkan drone di Indonesia juga ya.