Membuat Drone Quad-Copter Menggunakan Arduino Nano

Membuat Drone Menggunakan Arduino - OmahDrones


Memiliki sebuah drone adalah sebuah kesenangan tersendiri bagi beberapa orang, terlebih jika orang itu adalah seorang pilot drone yang pastinya memiliki lebih dari satu jenis drone yang kemampuannya juga beragam. Namun akan lebih senang lagi jika seorang pilot mampu membuat dronenya sendiri dengan kemampuan terbang yang bahkan bisa diatas drone pasaran yang memiliki spesifikasi sama. Sebenarnya ada beberapa metode yang bisa dipakai untuk bisa membuat sebuah drone sendiri, material yang digunakan pun juga sangat beragam, karena dengan membuatnya secara manual dan oleh diri sendiri, tentunya seorang pilot bisa memakai kreatifitasnya sendiri untuk membuat sebuah drone, sehingga baik bentuk dan karakteristiknya bisa berbeda jika dibandingkan dengan drone buatan pilot lain. Nah itu salah satu mengapa ada beberapa pilot drone yang mencoba untuk membuat drone sendiri.

Membuat Drone Menggunakan Arduino - OmahDrones


Seperti seorang pilot ini yang membuat drone sendiri mulai dari kerangkanya yang dari kayu, lalu menggunakan sparepart drone yang bisa dibeli secara terpisah, sehingga dia mampu membuat drone yang bisa terbang hingga selama 30 menit nonstop dengan berat sekitar 1Kg. Drone buatannya ini pun bisa dibilang sederhana karena pada framenya saja terbuat dari kayu yang digabungkan sehingga membentuk huruf X. Iya, pilot ini membuat sebuah Drone Quad-Copter yang tentunya memiliki cirikhasnya sendiri, karena pilot ini membuat program sendiri untuk membuat dronenya bisa terbang secara stabil dan juga sanggup ditambahi beberapa komponen pendukung seperti LIPO Alarm yang nantinya bisa memberi peringatan bahwa baterai sudah habis.

Membuat Drone Menggunakan Arduino - OmahDrones


Drone buatan pilot ini menggunakan Arduino Nano sebagai otaknya. Sebelumnya pilot ini sudah membuat sebuah program yang nantinya bisa membuat komponen – komponen lainnya bisa saling terhubung dan bekerja sehingga menjadi sebuah sistem yang mampu membuat drone terbang dengan stabil dan juga bisa dikendalikan oleh pilot dengan kendali penuh.



Secara keseluruhan inilah bahan – bahan yang dipakai untuk membuat drone Quad-Copter menggunakan arduino sebagai otaknya:

-          Arduino nano
-          Frame dari kayu
-          Lipo-Alarm
-          MPU6050
-          Motors: 4x FC 28-22 (1200kv)
-          ESC: 4x Hobbyking SS Series 15-18A ESC
-          Battery: 2x ZIPPY Compact 3700mAh 3S 25C
-          Props: 4x 10x4.5 SF Props 2CW+2CCW
-          Radio-controller: Hobby King 2.4Ghz 6Ch V2



Lalu untuk gambaran skematiknya ada dalam bentuk gambar sih, bukan skematik, secara simpelnya seperti gambar dibawah ini:


Membuat Drone Menggunakan Arduino - OmahDrones


Drone ini menggunakan ESC dari Hobbyking yang diletakkan di setiap lengan drone. Bagi yang belum tau apa fungsinya ESC, si ESC ini adalah alat yang bisa membuat putaran ke empat motor drone bisa sama, sehingga saat hovering drone bisa terbang dengan stabil. Jika masih ingin tau lebih lanjut, anda bisa baca di postingan Yang Harus Disiapkan Saat Membuat Drone Sendiri, atau bisa dilihat di popular post barang kali masih diatas. Hehehe. Nah kesimpulannya jika tidak memakai ESC akan sangat sulit untuk mengontrol drone, karena putaran tiap motor berbeda, bahkan malah tidak bisa terbang.

Membuat Drone Menggunakan Arduino - OmahDrones


Jika sudah diberi ESC, maka akan disambungkan ke motor di bagian tiap ujung lengan drone. Untuk motornya, pilot ini memakai motor FC 28-22 (1200kv). Motor ini dipilih karena ukurannya besar, sehingga sudah pasti bisa mengangkat drone yang beratnya hingga 1Kg. selain itu, motor jenis ini juga banyak yang jual, bukan hanya dibeli untuk membuat drone jenis quad-copter yang kebanyakan terbang hovering, bahkan motor jenis ini juga dipilih untuk membuat drone racing yang memiliki kecepatan motor yang bisa diandalkan untuk race.

Membuat Drone Menggunakan Arduino - OmahDrones


Lalu untuk propellernya, pilot ini menggunakan 10x4.5 SF Propeller yang mana 2CW (searah jarum jam) dan juga 2CCW (berlawanan arah jarum jam). Dengan adanya propeller yang memiliki panjang sekitar 10” . Sangat cocok digunakan mengingat ukuran drone yang lumayan besar dan beratnya yang mencapai 1Kg. selain itu motor yang dipakai juga memiliki kekuatan yang besar, sehingga untuk memutar propeller yang sepanjang itu pun masih sangat kuat.

Membuat Drone Menggunakan Arduino - OmahDrones


Dengan otak arduino nano, dan frame dari kayu, untuk jarak antar propeller di drone ini dibuat menjadi 60cm. semua komponen dijadikan menjadi satu sehingga bisa disebut dengan motherboard. Nah bagian motherboard ini diletakkan dibagian tengah atas, karena dibagian tengah bawah digunakan untuk meletakkan dua buah baterai 7400 mAh.



Selain itu di bagian motherboard juga diberi Lipo Alarm, yang mana nanti jika ketika terbang baterainya sudah mulai menipis, maka alarm akan berbunyi sehingga pilot bisa segera mendaratkan drone yang sedang terbang. Jika dilihat memang drone ini terlihat sedikit semrawut, namun pada dasarnya drone ini masih tergolong sederhana, dengan satu motherboard yang menggunakan dua buah baterai yang digabung secara seri. Lalu memiliki empat buah jalur output yang langsung menuju ke empat buah ESC yang seterusnya akan dilanjutkan ke bagian motor.

Membuat Drone Menggunakan Arduino - OmahDrones


Namun ketika di test-flight, drone buatan pilot yang satu ini mampu terbang dengan stabil, dan untuk catatan waktu terbang yang berhasil tercatat untuk drone ini bisa mencapai 30 menit! Bukankah itu waktu yang cukup lama untuk sebuah drone terbang. Dengan drone yang masih prototype ini, tentu kedepannya masih bisa dikembangkan sehingga mampu menjalankan fungsi lain seperti kamera misalnya.

Membuat Drone Menggunakan Arduino - OmahDrones


Dan pilot ini pun memberikan skematik dan source code untuk program Arduinonya secara gratis, sehingga anda yang ingin membuatnya pun bisa mengacu kepada program yang sudah dibuat oleh pilot ini, jika anda berminat, bisa langsung Contact ke admin untuk mendapatkan skematik dan source codenya. Dan juga jika anda hendak melihat video previewnya anda sudah bisa menontonnya di youtube.




Dengan adanya kreatifitas dan media untuk menyalurkan, bukan tidak mungkin seseorang bisa mewujudkan apa yang ada di pikirannya. Terlebih sekarang ini, untuk mendapatkan alat untuk membuat sesuatu yang baru sudah mudah ditemukan, sehingga kita bisa berkreatifitas tanpa batas menyalurkan hobby. Nah, kurang lebih seperti itulah info kita hari ini, tentang seorang pilot yang bisa membuat quad-copter sendiri menggunakan arduino nano, sebagai otak dari drone buatannya.