Spesifikasi Nano Drone - Drone Terkecil Didunia

Spesifikasi Nano Drone - OmahDrones
Spesifikasi Nano Drone


       Drone yang memiliki ukuran sangat kecil memiliki beberapa kelebihan ketika di terbangkan, namun karena ukurannya yang kecil ini, drone tersebut menjadi hanya memiliki fungsi untuk mainan saja. Namun selain itu drone yang ukurannya kecil cocok digunakan pula untuk orang yang sedang belajar menerbangkan drone. Drone yang memiliki ukuran kecil juga bisa dikoleksi, karena memiliki ukuran yang kecil – kecil, jadi untuk menyimpannya tidak membutuhkan tempat yang cukup besar, sebuah etalase saja sudah cukup untuk menyimpan drone – drone berukuran kecil yang keren. Dari sekian banyak drone berukuran kecil, sayangnya hanya beberapa saja yang memiliki kemampuan terbang cukup bagus, juga memiliki kemampuan untuk rotasi 360 derajat.


        Kali ini kita akan membahas tentang drone yang memiliki kemampuan seperti diatas, memiliki bentuk yang sangat kecil hingga disebut – sebut sebagai drone terkecil didunia, dengan kemampuan yang sudah seperti drone kelas menengah dengan beberapa sensor yang sudah ditanam di PCB mungilnya. Namanya adalah Nano Drone, sesuai namanya, drone ini memiliki ukuran nano atau dibawahnya mikro, jadi lebih kecil. Namun jangan remehkan Nano Drone ini, karena dia sudah memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna terutama bagi anda yang baru belajar menerbangkan drone. Iya, benar, drone ini memang cocok untuk pemula. Karena dia sudah memiliki fungsi standar untuk terbang ditambah fungsi rotasi 360 derajat yang mungkin tidak akan bisa ditemui di drone – drone kecil lainnya.

Spesifikasi Nano Drone - OmahDrones


        Nano Drone memiliki ukuran yang besarnya hanya 40 x 40 milimeter atau setara dengan 4 x 4 centimeter saja. Drone ini walau ukurannya sangat kecil namun seperti yang sudah dikatakan tadi, dia bisa terbang dengan baik. Dia sudah dilengkapi dengan 6 axis gyro yang membuatnya bisa terbang dengan stabil.  Belum lagi jika anda memainkannya di dalam ruangan anda bisa memasang blade protector nya, protector ini didesain unik sehingga bisa melindungi propeller baik dari tabrakan di bagian atas “atap” maupun dibagian depan, samping dan belakang yang biasanya menabrak dindng. Sehingga sangat aman apabila dimainkan didalam ruangan dan dikendalikan orang yang masih newbie skalipun karena memang sudah dibuat super aman.


Adapun fitur yang sudah dimiliki oleh Nano Drone adalah:
-          4 channel nano drone
-          Real 6 axis gyro stabilization
-          Up/down/left/right/side flight/hover/flip / hand launch
-          3 flight speed modes
-          4 colors available
-          Low voltage alarm
-          With LED light for night flight


        Nano Drone memiliki baterai mungil yang bisa membuatnya terbang, dia dibekali dengan baterai yang bertegangan 3.7 Volt dan memiliki kapasitas sebesar 100 mAh. Dengan kapasitas yang sebesar itu, Nano Drone bisa terbang dengan waktu kira – kira 5 – 8 menit. Ketika baterai sudah habis, anda bisa melakukan pengisian ulang menggunakan kabel USB bawaan yang bisa anda hubungkan Adaptor 5V, selain itu anda juga bisa merechargenya dengan menghubungkan ke port USB pada Komputer, Laptop bahkan anda juga bisa menggunakan Powerbank sehingga sangat efisien bila anda sedang bepergian. Untuk lama proses pengisian ulangnya cukup 30 menit saja, baterai sudah full.

Spesifikasi Nano Drone - OmahDrones


        Sedangkan di bagian remote kendalinya, Nano Drone ini sudah memiliki remote 4 CH yang menggunakan frekuensi tinggi 2.4 GHz. Dengan remote kendali ini, anda bisa mengendalikan Nano Drone hingga dalam radius 30 meter. Jadi sangat cocok bila dimainkan di indoor atau didalam ruangan karena anda bisa melihat posisi drone dengan jelas, juga dengan begitu Nano Drone ini menjadi cocok untuk anda yang sedang latihan menerbangkan drone, sehingga anda bisa latihan didalam rumah dengan santai. Dengan remote ini pula anda bisa melakukan fungsi rotasi 360 derajat yang keren. Untuk sumber dayanya, remote ini menggunakan dua buah baterai berukuran AAA. Desain remotenya juga sederhana, sehingga anda pasti cepat menguasainya.


        Sebagai pelengkap bukan hanya ada sebuah pelindung untuk propeller dan sepasang kaki untuk mendarat saja, namun Nano Drone juga memiliki LED sebagai indikator, dan juga sebagai penanda drone anda jika anda menerbangkan Nano Drone yang kecil ini ketika malam hari, sehingga anda bisa tau lokasi drone berada dimana.


Ringkasan Spesifikasi:
Frequency: 2.4G
Gyro: 6 axis
Material: ABS
Size: 40 x 40 x 22mm
Color: green, blue and orange
Flight time: about 5-8 minutes
Charging time: 30 minutes
Control distance: about 20-50M
Battery for quadcopter: 3.7V 100mah
Battery for transmitter: 2 x AAA battery (not included)


Spesifikasi Nano Drone - OmahDrones


Tiap Pembelian akan mendapat:
1 x Nano Drone RC Quadcopter
1 x 2.4G transmitter
1 x USB charging cable
1 x Spare blades set


        Bisa disimpulkan, bahwa Nano Drone ini bisa dibeli dan dimainkan oleh siapa saja, karena drone ini mudah untuk dikendalikan sehingga seorang pilot newbie pun bisa menerbangkannya. Lalu Nano Drone juga bisa dimainkan kapan saja karena jika anda memainkannya di sebuah ruangan kapanpun selalu terang dan nyaman, bahkan ketika anda menerbangkannya di malam hari, anda masih bisa mengetahui posisi drone karena Nano Drone memiliki LED yang selalu bersinar. Terakhir Nano Drone bisa dimainkan dimana saja, karena dia memiliki ukuran yang kecil, sehingga didalam kamar pun anda bisa menerbangkannya, drone ini aman dimainkan ditempat sempit sekalipun karena dia memiliki pelindung baling – baling yang bisa diandalkan.

Spesifikasi Nano Drone - OmahDrones


        Untuk drone jenis ini, memang harganya juga lebih murah daripada drone sejenis namun ukurannya lebih besar. Jika dalam angka dollar, Nano Drone memiliki harga $28. Tentu untuk sebuah drone mungil harga segitu sudah dianggap pas alias tidak kemurahan atau malah kemahalan mengingat komponennya yang sudah dikompres menjadi sekecil itu, sehingga menjadi sebuah Nano Drone yang di sebut – sebut sebagai drone terkecil didunia dan benar – benar dapat diterbangkan dengan mudah. Nah kira – kira seperti itulah pembahasan kita kali ini mengenai Nano Drone – drone terkecil didunia (katanya), semoga informasi kali ini bisa bermanfaat.