Cara Mengganti Motor Drone MJX X400

Cara Mengganti Motor Drone MJX X400 - OmahDrones
Mengganti Motor Drone MJX X400


          Akan sangat menyebalkan ketika drone mengalami malfungsi pada bagian motor, sehingga akibatnya baling – baling tidak dapat berputar dan drone pun tidak bisa terbang lagi. Nah, untuk itu kita sebagai pilot harus memperbaikinya supaya bisa terbang seperti sedia kala lagi, di saat seperti itu, ada dua pilihan yaitu menyerahkan sepenuhnya drone ke tukang servis drone, atau anda memiliki inisiatif sendiri untuk mengganti motor drone. Tentu jika dilihat dari sisi biaya akan lebih murah jika anda mengganti motor drone sendiri karena anda tidak perlu membayar uang jasa. Sebenarnya inti untuk mengganti motor pada drone simpel, yaitu tinggal buka casingnya, putuskan sambungan kabel motor di mainboard, lalu gantikan dengan motor yang baru, tutup casing lagi, dan selesai.



          Namun di Drone MJX X400 ini memiliki cara yang sedikit berbeda dari beberapa drone, dan disini nanti kita akan memberitahu cara mengganti motor di Drone MJX X400 secara mudah. Cara ini kemungkinan bisa juga diterapkan untuk Drone MJX yang memiliki tipe lengan sama seperti Drone MJX X400. Oke, pertama kita siapkan dulu Drone MJX X400 nya.



          Jika drone yang sakit sudah siap, maka sekarang siapkan obeng. Lalu balikkan Drone MJX X400 dan buka baut / screw yang berada di bagian bawah letaknya yang paling dekat dengan LED.

Cara Mengganti Motor Drone MJX X400 - OmahDrones


          Jika sudah, jangan lupa simpan baut di tempat yang aman supaya tidak hilang, lalu sekarang anda bisa menekan penahan yang berada di atas, letaknya di depan garis merah di lengan drone. Jika susah, anda bisa menggunakan bantuan obeng untuk melepas penahan atau kancing nya. Sembari menekan penahannya anda juga bisa mendorongnya kedepan supaya terlepas dari lengan drone.

Cara Mengganti Motor Drone MJX X400 - OmahDrones


          Ketika sudah lepas, bisa dilihat ada sambungan antara kabel ke motor dan kabel ke mainboard, nah disini anda bisa copot sambungan tadi, sehingga anda bisa mendapatkan bagian gearbox beserta motor dan baling – balingnya.

Cara Mengganti Motor Drone MJX X400 - OmahDrones

          Lalu anda bisa membuka semua baut di bagian atas gearbox agar bisa mengambil motor yang rusak.

Cara Mengganti Motor Drone MJX X400 - OmahDrones


          Dengan begini motor yang rusak sudah keluar dan anda bisa menggantinya dengan motor yang baru. Disini yang perlu diperhatikan adalah ketika melepaskan motor, sebisa mungkin hati – hati agar tidak merusak gerigi yang ada pada gear, karena geriginya berukuran sangat kecil sehingga rawan rusak jika terkena tekanan.

Cara Mengganti Motor Drone MJX X400 - OmahDrones


          Namun ada satu masalah yaitu ada beberapa motor yang tidak memiliki sambungan seperti pada Drone MJX X400. Lalu bagaimana solusinya.?


          Disitu ada satu solusi yaitu menyambungkan antara kabel motor baru dengan kabel motor yang lama. Anda hanya harus mengambil kabel dari motor yang sudah rusak, lalu menyambungnya dengan kabel motor yang baru, lalu di sambungannya anda tutup dengan electrical tape, atau solatip yang hitam yang khusus untuk listrik.


          Disitu yang harus anda perhatikan adalah bagian plus (+) dan minus (-). Untuk kabel plus biasanya berwarna merah, jadi selain itu pasti kabel minus. Jadi pada sambungan anda sambung kabel merah ke kabel merah, dan satunya ke kabel satunya. Sehingga dengan begini anda sudah bisa mendapatkan motor yang cocok untuk  Drone MJX X400.


          Sekarang yang perlu anda lakukan hanya memasang motor pada gearbox, memasukkan kabel ke lubang kabel pada gearbox,


          Setelah itu tutup kembali gearbox dan anda bisa pasang kabel ke bagian sambungan ke mainboard. Dengan begitu anda bisa memasang gearbox seperti semula di lengan drone menggunakan baut. Di Drone MJX X400 ini uniknya kita bisa mengganti bagian motor tanpa harus melepas baling – balingnya.


          Sekarang coba drone anda, jika cara yang dilakukan benar, maka drone pasti akan bisa terbang dengan normal lagi.



          Nah, kira – kira seperti itulah cara mengganti motor Drone MJX X400 yang rusak. Semoga cara sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua terutama bagi pilot – pilot drone MJX yang sedang mengalami kerusakan motor pada drone mereka.