Spesifikasi Drone Dragonfly KK13


Karena drone ini mirip parrot anafi, mungkin admin ceritakan sedikit tentang parrot anafi. Dia itu drone professional dan memiliki kemampuan unik dimana kamera yang sudah memiliki 3 axis gimbal bisa anda gunakan untuk “melihat keatas” karena tilt anglenya bisa mencapai 180 derajat. Jadi bisa melihat lurus kebawah juga lurus keatas. Bentuknya pun tidak terlalu besar dan juga disediakan carrying case jadi ketika bepergian dengan anafi akan jauh lebih mudah dan simple. Selain foldable arm parrot anafi juga tentu memiliki kemampuan mengambil gambar yang cukup bagus, namanya juga drone professional, apalagi dari parrot yang terkenal harganya. Dan ngomong – ngomong dulu admin juga sudah membahas satu drone yang bentuknya mirip dengan parrot anafi juga yaitu MJX MEW4-1 dan juga Funsky F20. Sama – sama meniru desain parrot anafi yang punya fitur kamera tilting dengan sudut besar.



Spesifikasi Drone Dragonfly KK13 - OmahDrones

Tapi kalau dua drone diatas adalah drone kelas mainan, kali ini admin mau bahas drone yang lebih professional, lebih tepatnya sih kalau admin kategorikan dia masuk ke drone semi-professional. Yaitu bernama Dragonfly KK13. Drone ini bahkan dari bentuk dasarnya saja juga sudah dibuat mirip sekali dengan Parrot Anafi. Drone ini juga menggunakan motor brushless, jadi tenaga yang dihasilkan untuk terbang bisa lebih optimal, serta efisiensinya juga lebih bagus karena cenderung lebih awet kalau dibandingkan dengan motor brushed. 


Tak cuma itu, dia dilengkapi dengan GPS serta Optical Flow Sensor, sehingga ketika anda mematikan GPS untuk terbang indoor misalnya. Dragonfly KK13 bisa terbang stabil berkat adanya optical flow sensor ini. Dan selain itu di bagian bawah dekat optical flow juga terdapat LED indikator juga. Jadi berkat adanya GPS, anda akan mendapat fitur standar drone GPS seperti return to home yang bisa terpicu karena drone kehilangan sinyal, baterai drone mulai menipis, dan tentu saja ketika anda tekan tombol return to home dari remotenya. Selain itu anda juga bisa mendapatkan advanced feature seperti follow me, circle me, dan way point. Untuk fitur selengkapnya bisa anda simak dibawah ini:
- GPS One-button low-voltage control loss returns to the home In the event of an emergency, the automatic RTF function will automatically trigger, track the drone and return safely.
- GPS intelligent image follow recognize the subject and perform automatic follow flight.
- Optical Flow Positioning. It captures image data with the drone's bottom camera, then uses the optical flow to improve the smoothness of the control.
- Gesture shooting recognition within 1-3m from the aircraft, facing the camera to make a camera gesture  camera gesture.
- Multi-point planning flight of the route The aircraft autonomously flies according to the preset route, and the player focuses on shooting.
- Fixed point surround Find the surrounding center point and then move the desired radius by the joystick.
- The aircraft recovery function continuously click the GPS signal icon 3 times, open the map interface, the map shows the final distance of the aircraft, latitude and longitude position.
- You can add music and video sharing, you can single or multiple choices to share photos, the video can only be shared at a time.
- With wide angle 120°adjustable camera.

Spesifikasi Drone Dragonfly KK13 - OmahDrones



Spesifikasi Drone Dragonfly KK13


Brand Name: Dragonfly
Item NO. KK13
Color: Black
Material: ABSPCPP
Frequency: 2.4G    
Channel: 4CH
Gyro: 6 axis
Motor: 1406 25.16W Brushless Motor
ESC: 48A ESC(12Ax4)
Quadcopter Battery: 7.6V 3000mAh Lipo (Included)
Transmitter Battery Bulit-in: 350mAh Lipo Battery
Flying Time up to: 28mins
Charging Time About: 6 hours
Transmitter Using Time About: 5 hour
Hover Accuracy: Vertical ±0.5m, Horizontal ±1.5m
Max Ascending: Speed 3ms
Max Descending: Speed 2ms
Maximum Flight Altitude: 3500m
Maximum Level Flight Altitude: 30kmh
RC Distance: 1200m
Control Hight: 150m
Transmitter Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Gimbal: 2-Axis Coreless Stabilizing Gimbal
Adjustable Angle Camera: Adjustable camera by transmitter 170°
Camera: 4K Wide Angle
FPV: 5G WiFi FPV
FPV Range: 700m
Quadcopter Weight: 350g (Without Battery)


4K Camera
Item NO. K03
Aperture: 2.6
Effective Pixels: 2592 x 1520
Maximum Code Stream: 2.5M
Image Format: JPG
Video Format: MP4
Image Resolution: 2592 x 1520 (TF Card), 3840 x 2160 (FPV)
Video Resolution: 2592 x 1920 25frames (TF Card), 1280 x 720 25frames (FPV)


untuk drone Semi-Professional, Dragonfly KK13 memiliki baterai yang bisa dibilang lumayan besar, dengan  tegangan 7.6Volt dan kapasitasnya 3000 mAh, dengan satu baterai anda bisa terbang rata – rata sekitar 25 menit, karena tentu lama terbang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti bagaimana cara anda terbang, dimana anda terbang, bagaimana kondisi cuacanya dan lain – lain. Karena Dragonfly KK13 menggunakan motor brushless, anda bisa membeli baterai cadangan sebanyak – banyaknya apabila mau, karena motor brushless tidak akan mudah overheat meski digunakan lama dalam satu waktu. Dan untuk mengisi baterainya, anda akan mendapatkan kabel USB Type-C untuk recharge baterainya. Jadi karena kapasitasnya 3000mAh, alias 3Ah, bagusnya kalau anda rechargenya menggunakan USB Wall Charger dengan arus 3 Ampere.

Spesifikasi Drone Dragonfly KK13 - OmahDrones

Sedangkan untuk controller atau remotenya, Dragonfly KK13 punya remote yang bisa dibilang foldable juga karena dibagian remote compact ini kita bisa buka lipatannya satu persatu seperti di bagian tengah untuk phone holder, lalu dibagian bawah belakang untuk jadi extra gripper, dan terakhir mungkin tidak perlu anda buka lipatannya, yaitu di bagian antenna karena antennanya hanya aksesori, bukan antenna asli. Sehingga jarak jangkauannya juga tentu tidak bisa jauh – jauh amat, tidak jauh beda dengan drone kelas mainan, mungkin 100 – 200 meter tergantung lokasi dimana anda terbang. Ingat juga kalau ini drone masih belum professional masih sebatas semi-professional yang aslinya kelas mainan, dikasih GPS dan motor brushless. Semua tombol tertata simple dan memiliki icon sehingga anda bisa mudah mengingat tiap fungsi yang ada di tombol tertentu. Bagian tengahnya pun terdapat LCD Monochrome yang bisa anda hidup matikan backlightnya, cukup keren dan di LCD kecil ini akan menampilkan semua informasi drone secara realtime.


Yang tidak admin suka di remote ini, bagian on-off switchnya berupa tombol, dan untuk on/off hanya butuh tekan 1 kali saja, menurut admin akan lebih bagus cara on/off nya seperti tekan sekali lalu tekan tahan. Jadi mirip beberapa prosedur menghidupkan aircraft dimana tekan 1x (Short Press) untuk lihat kapasitas baterai, lalu tekan lagi (long press) untuk mengaktifkan device. Lalu karena remote ini menggunakan baterai internal 3.7Volt berkapasitas 350mAh, dan cara chargingnya melalui port MicroUSB, jadi ketika pembelian anda akan mendapat 2 kabel yaitu microUSB dan USB Type-C. Tidak efisien memang, kenapa tidak sekalian di bagian remtoe juga menggunakan kabel Type-C kalau alasannya Type-C lebih cepat mentransfer listrik? Padahal sama aja sih, tergantung ukuran kabelnya aja.



Spesifikasi Drone Dragonfly KK13 - OmahDrones

Lalu di bagian kamera, seperti yang sudah jadi key-feature, Dragonfly KK13 memiliki kamera yang bisa di tilt ke atas dan bawah hingga 170 derajat, jadi belum full 180 derajat seperti parrot Anafi. Dan kalau parrot anafi tiltingnya menggunakan motor Gimbal yang brushless, Dragonfly KK13 masih menggunakan kalau nggak motor servo ya stepper. Jadi naik turun kameranya masih seperti drone kelas mainan yang tiltnya juga bisa diatur dari remote. Untuk kualitasnya, sebenarnya sudah cukup bagus untuk drone semi professional. Dari lensanya saja sudah bisa mengambil gambar 2K walau masih 2K RAW dari sensor 2MP. Disini terdapat slot untuk MicroSD sehingga anda bisa merekam langsung ke microSD jadi anda dapat video dan foto asli tanpa resiko video terkena frame dropping atau malah freezing seperti ketika anda langsung menyimpan video ke smartphone melalui koneksi FPV.

Ada iklan kalau Dragonfly KK13 bisa mengambil gambar 4K, memang bisa untuk foto 4K, tapi kalau video, aslinya hanya gimmick saja, jadi dari ukuran RAW 2K tadi akan di stretch menjadi 4K, sehingga hasilnya ya tidak berbeda dengan video originalnya. Yang ada cuma boros space karena ukuran videonya besar untuk durasi yang pendek. Sedangkan untuk Wifi FPV nya Dragonfly KK13 menggunakan Wifi-FPV 5G alias Wifi 802.11ac. Jadi sebelum membeli drone ini. Pastikan smartphone anda support di Wifi 802.11ac supaya bisa menikmati Wifi-FPV dan semua advanced featurenya.

Spesifikasi Drone Dragonfly KK13 - OmahDrones

Ketika pembelian anda akan mendapatkan item berupa:
1 x KK13 Quadcopter
1 x Remote Control
1 x 7.6V 3000mAh Battery
1 x USB Charging Cable
2 x Spare Propeller
1 x Screwdriver
1 x Storage Bag
1 x User Manual



kesimpulan admin untuk drone ini, mungkin karena drone ini terlalu mengejar “mirip” dengan Parrot Anafi, jadi dia memiliki beberapa hal yang terkesan sepele namun itu penting. Ya seperti soal Port charging dan juga prosedur menyalakan remote tadi. Selain itu, beberapa pilot yang sudah membeli drone ini juga mendapatkan DVR nya tidak berfungsi, jadi foto dan video yang diambil tidak bisa disimpan di dalam MicroSD yang sudah dimasukkan ke slot microSD dibawah drone. Semoga di rilisan selanjutnya bisa lebih di perbaiki masalah – masalah sepele yang aslinya tidak sepele tersebut.



Spesifikasi Drone Dragonfly KK13 - OmahDrones

Untuk informasi harganya, terakhir admin lihat, Dragonfly KK13 dibandrol sekitar 180 USD atau setara dengan 2.4 Jutaan kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin buat. Kalau semua fitur bisa berjalan penuh serta bisa diandalkan, sebenarnya drone ini bisa bersaing dengan drone semi-professional lainnya.