Spesifikasi Drone XMRC M8

Kebanyakan drone consumer yang masih belum termasuk ke dalam drone professional, yang artinya masih kelas mainan hingga semi-professional, kebanyakan memang masih menggunakan desain “Replika” atau meniru bentuk dari drone lain baik di bentuk drone nya sendiri atau di bagian remotenya. Ya kalau anda sudah sering baca artikel di omah drones, banyak sekali drone yang bentuknya mirip dengan DJI Mavic Pro, selain itu banyak juga drone yang bentuk transmitternya juga mirip transmitter Mavic Series. Balik lagi ke selera, kalau bagi admin sih bukan soal bentuknya sih, yang penting kemampuannya. Tapi kalau orang lain, bisa lebih suka desain replika, bisa juga lebih suka desain unik dimana desain itu belum ada yang menyamainya.


Spesifikasi Drone XMRC M8 - OmahDrones

Kali ini admin mau membahas drone dari XMRC. Hingga saat artikel ini ditulis, admin belum membahas brand ini sebenarnya, mungkin ini pertama kalinya admin membahas XMRC. Dan tipe yang akan admin kulas adalah XMRC M8. Drone ini sangat menarik karena selain bentuknya yang unik, mungkin baru drone ini saja yang desainnya seperti ini, memiliki lengan foldable dan ada dua varian warna yaitu hitam dan putih. XMRC M8 juga sudah menggunakan motor brushless, itu berarti tenaga yang dihasilkan lebih optimal baik disisi penggunaan daya listrik atau outputnya. Selain lengannya yang foldable, propellernya pun juga foldable sehingga ketika disimpan dalam carrying case lebih rapi dan mudah dibawa bepergian.


Untuk navigasinya, XMRC M8 sudah memiliki GPS dan ada juga versi GPS plus Optical Flow. Sehingga ketika GPS nya anda matikan, anda masih bisa menggunakan optical flow sensor untuk membuat drone bisa berusaha tetap berada di posisi ketika dia hovering. Berkata adanya GPS pula, anda juga jadi dapat fitur yang lebih advanced, seperti follow me, circle me, dan tentu saja return to home yang akan terpicu secara otomatis ketika drone kehilangan koneksi, ketika baterai mulai menipis, atau tentu ketika anda tekan tombol return to home pada remote atau layar FPV di smartphone anda. Untuk fitur lebih lengkap berserta gimmick lainnya yang di tawarkan oleh XMRC dapat anda simak dibawah ini:
1. GPS Positioning. Under GPS mode, when the aircraft receives the signal from satellites, it will position where it is.
2. Optical Flow Positioning. It captures image data with the drone's bottom camera, then uses the optical flow to improve the smoothness of the control.
3. 5G WIFI FPV. Connect with the 5G WiFi, can take comprehensive control of flight, can take pictures and real-time video watch.
4. 4K Ultra HD Camera. The 4k camera is tuned amazingly to capture high-resolution pictures and videos from the sky,also supporting gesture photo and gesture recording.
5. Self-stablizing Electronic Anti-shake Lens. The servo self-stablizing function and electronic intelligent coorection have been added to effectively reduce camera shake and jitter and improve camera quality.
6. Brushless Motor System. Each motor is managed individually by the Electronic Speed Controllers. And the innovative auto-braking system is mounted on the ESC.Can protect the motors and safety of flight.
7. Foldable Drone. Designed to be portable, the quadcopter features a foldable arm design, allowing for carrying anywhere on the go without hassle.
8. Follow Me. With Follow Me Mode, the drone will automatically follow you and capture your every move from a unique aerial perspective.
9. One Key to Return. One key to return function makes it easily to find the way home.
10. Real Time Transmission. HD real-time transmission, real-time experience of wonderful moments in the air.
11. Headless Mode. Headless mode ensures that the drone will always follow controls from your perspective all the time, regardless of which way the drone is facing.
12. Surrounding Interest Points. Find the center of the surround, and then use APP to control 360° surround flight shooting iontelligently, without missing every angle, give you 360 degree beauty, all in control.
13. Trajectory Flight. Under the control of mobile phone, after opening the trajectory, the  flight  trajectory is drawn on the screen, and the UAV flies according to the  trajectory drawn.
14. Private Customization VR Model. Connect your cell phone, carry VR glasses, and then have the vision of migratory birds! Feel more execiting play, as if in-depth!



Spesifikasi Drone XMRC M8 - OmahDrones

Spesifikasi Drone XMRC M8


Brand: XMRC
Item No.: M8
WIFI Frequency: 5G
Channel: 4CH
Gyro: 6-Axis
ESC: 12A
Wheelbase: 155mm
Motor: 1806 1600KV Brushless
Camera Lens: FOV 110°
Adjustable Angle: 90°
Video Resolution: 1920*1080
Photo Resolution: 2592*1520
Image Format: JPG
Video Format: MP4
Drone Battery: 7.6V 3000mAh Li-po
Flying Time: About 25-30mins
Charging Time: About 5h
Charging Type: 5V USB Charging
Transmitter Battery: 3.7V 300mAh
R/C Distance: About 1000m
R/C Height: 120m
5G WIFI FPV Distance: About 500-700m
GPS Follow Me Distance: About 30m
IMAGE Follow Me Distance: About 5m
Max. Speed: About 72KM/h
Color: White/Black(Option)
Material: ABS & Electronic Component
Drone Size: 43.5 X 38.5 X 6.6cm(Open)  16 X 12.3 X 6.6cm(Fold)
Package Size: 30 X 26 X 10cm
Drone Weight: 420g
Package Weight: 1.33kg



Spesifikasi Drone XMRC M8 - OmahDrones

baterai yang digunakan oleh XMRC M8 memiliki bentuk paten atau proprietary. Jadi untuk mendapatkan baterai cadangan, biasanya anda bisa beli extra baterai sekalian ketika membeli XMRC M8. Baterai ini memiliki tegangan 7.6 Volt alias 2S baterai Li-HV atau lithium high voltage. Memiliki kapasitas sebesar 3000mAh, dan dengan satu baterai rata – rata anda bisa terbang selama 25 menit kalau menurut tabel spesifikasi. Karena lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh cuaca, serta cara anda menerbangkan drone juga. Ketika baterai sudah habis, jangan langsung di recharge, tapi tunggu dulu hingga suhunya normal, supaya ketika pengisian ulang, kesehatan baterai tetap terjaga dan proses recherge bisa maksimal. Untuk cara recharge nya juga mudah karena di baterai sudah disediakan port micro USB yang bisa anda langsung hubungkan ke Wall Charger dengan arus minimal 2 Ampere dengan kabel USB yang bagus, supaya pengisian baterainya bisa optimal.


Spesifikasi Drone XMRC M8 - OmahDrones

Dan di bagian remote atau transmitternya, XMRC M8 memiliki transmitter yang bentuknya unik juga. Meski admin sebenarnya juga pernah melihat desain yang serupa, namun disini ada beberapa nilai plus daripada controller drone kelas semi professional lainnya. Pertama di bagian ukuran, remote ini sangat ringkas. Semua tombol yang ada juga sudah punya icon sendiri – sendiri jadi anda bisa tau fungsi tombol tertentu. Remote ini juga sudah menggunakan baterai internal, sehingga ketika baterai habis, anda hanya tinggal recharge saja menggunakan kabel USB sama seperti baterai drone nya. Hanya saja karena baterainya cuma 3.7V dan kapasitasnya 300mAh, anda bisa recharge menggunakan wall charger dengan arus yang kecil saja supaya lebih ringan, meski kalau mau pakai Wall charger yang sama untuk charge baterai drone juga sama saja sih.


Hal yang bagus di remote ini adalah kita dapat LCD monochrome yang akan menampilkan semua satatus penting antara remote dan drone, sehingga kita bisa memantau secara realtime kondisi drone dari LCD kecil ini. LCD ini tidak ada backlight, sehingga kalau malam hari tidak akan terlihat jelas, tapi bisa diatasi dengan melihat status pada layar FPV. Lalu di bagian antenna, biasanya antenna seperti ini hanya hiasan, tapi di XMRC M8 mereka benar mengeluarkan antenna sehingga jadi antenna external, meski tidak bisa di lepas pasang, setidaknya harusnya bisa menambah jarak jangkauan terbang karena sinyalnya jadi lebih kuat. Kalau menurut tabel spesifikasi, anda bisa menerbangkan XMRC M8 hingga 1KM, namun jarak jangkauan juga dipengaruhi oleh lokasi dimana anda terbang, apakah banyak interferensi sinyal atau tidak.


Spesifikasi Drone XMRC M8 - OmahDrones

Kamera yang ada di XMRC M8 juga menjadi salah satu Gimmick, namun disini anda bisa lebih leluasa memilih versi kamera ketika pembelian. Ada yang 1080p hingga 4K, meski begitu admin rasa semua kamera masih menggunakan sensor yang sama. Perbedaannya hanya ketika menyimpan dalam bentuk file, kamera 4K akan menyimpan dalam resolusi 5K, dan kamera 1080p akan menyimpan video di resolusi 1080p, kalau sensornya sama, baik 4K dan 1080p, hasil gambarnya akan sama saja. Justru lebih baik memilih versi 1080p karena ukuran filenya akan jauh lebih kecil jadi lebih hemat space memory daripada versi 4K.



Untuk FPV nya, XMRC M8 masih menggunakan Wifi-FPV, dan sepertinya dia menggunakan Wifi 5G alias standar 802.11ac. Jadi untuk bisa menikmati Wifi-FPV menggunakan XMRC M8, pastikan smartphone anda support Wifi 802.11ac . Caranya mudah, cari aja spesifikasi smartphone kamu di google, lalu lihat bagian konektifitas, kalau support wifi 802.11ac itu artinya anda bisa menggunakan fitur Wifi-FPV menggunakan apliaksi untuk drone XMRC M8.

Spesifikasi Drone XMRC M8 - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian drone XMRC M8, anda akan mendapatkan item berupa:
1 X RC Drone
1 X Transmitter
1 X Battery
1 X USB Cable
2 X Propellers
1 X Wrench
1 X User Manual
1 X Carrying Case (Optional)




kesimpulan admin untuk XMRC M8, dia adalah drone semi professional yang bisa anda jadikan refrensi, atau item wishlist yang nantinya mau anda beli. Karena kalau dilihat dari sisi spesifikasi, dia sudah cukup untuk menjadi drone semi professional, kalau mau dapat gambar lebih bagus, tinggal modif aja supaya dia ngangkat action cam. Karena dia menggunakan motor brushless 1806 1600KV harusnya masih bisa ngangkat satu action cam juga sih.


Untuk harga kisarannya, terakhir admin cek dia dibandrol sebesar 230USD untuk versi 4K, dengan 3 baterai dan juga carrying case. Itu setara dengan 3.1 Juta Rupiah kalau menurut kurs pada saat admin menulis artikel ini. Kalau kata admin sih, lebih baik memilih versi 1080p saja sudah lebih dari cukup, toh nanti beli 4K kualitas videonya juga nggak beda dengan resolusi HD 720p.