Spesifikasi Drone Eachine E38

Eachine, dengan produknya yang sangat banyak kadang membuat kita yang mau beli RC jadi bingung. Brand ini memang sudah punya posisi sendiri di deretan brand yang memiliki produk RC. Eachine juga menjadi salah satu brand favorit untuk menemukan sparepart seperti motor, baterai, dan lain – lain. Saking banyaknya pilihan saja kadang membuat kita jadi harus pilih – pilih dulu untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan kita. Dan di sisi eachine nya pun mereka selalu mengeluarkan produk – produk baru yang sebenarnya memiliki tujuan pasar tersendiri. Eachine sudah memiliki target konsumen seperti di drone kelas mainan dan drone kelas hobby entah itu untuk kebutuhan aerial atau racing.

Spesifikasi Drone Eachine E38 - OmahDrones

Untuk kelas drone mainan, sudah menjadi hal yang wajar apa yang dilakukan oleh brand – brand besar seperti Eachine memberikan iming – iming yang terkesan wah, padahal itu hanyalah gimmick alias dilebih – lebihkan saja. Tujuannya tentu untuk lebih menarik minat target pasar agar lebih memilih produknya Eachine. Hal yang sering dijadikan gimmick pada drone mainan adalah bagian kamera. Banyak sekali brand yang mengatakan ini drone bisa merekam video 2K dan 4K. Ya, tidak beda dengan drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yaitu Eachine E38. Untuk bentuknya sendiri, Eachine E38 memiliki kerangka drone tradisional, namun bodynya dibuat elegan dengan tema seperti sebuah robot terbang.


Untuk fiturnya, Eachine E38 ini masih sebatas Wifi-FPV Drone. Dia belum memiliki GPS dan juga tidak memiliki optical flow sensor. Sehingga kalau anda terbang ketika kondisi ada angin berhembus, Eachine E38 pasti akan terseret angin karena dia tidak ada acuan navigasi untuk mempertahankan posisi. Dia juga masih menggunakan motor brushed sehingga kalau mau melawan angin itu bukanlah ide yang baik. Meski begitu, drone ini sudah altitude hold, juga sudah memiliki fitur bawaan seperti one key take-off/landing. Headless mode, one key return (Bukan return to home), dan juga Flip atau thumbling. Ya seperti drone mainan pada umumnya, yang fitur selengkapnya bisa anda simak dibawah ini:
- With altitude hold mode function provides stable flight.
- With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- There have multiple cameras can be choose. With 480P, 720P, 1080P or 4K HD camera give wide high denfinition pictures and video.
- With Headless Mode, no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- With 3.7V 1100mAh battery, the fly time up to 13 mins.
- It can realize 3D tumbling 360 degrolling in four directions with 4 LED lights.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-a-xis g-yro which can have more stable flying and be easy to control.
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.


Spesifikasi Drone Eachine E38 - OmahDrones

Spesifikasi Drone Eachine E38


Brand Name: Eachine
Item NO.: E38
Frequency: 2.4G 
Channel: 4CH
G-yro: 6 axis
Motor: 8*20mm Brushed Coreless
Transmitter Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Quadcopter Battery: 3.7V 1100mAh Lipo (Included)
Transmitter Battery: 4 x 1.5 AAA Battery (NOT Included)
Flying Time: 12-13mins
Charging Time: 90-120mins
R/C Distance: 80-100m   
Flying Weight: 280g (with Battery)
Color: Black, White (Optional)
Camera Optional: 480P / 720P / 1080P / 4K HD
Pixel: Pixel: 480P: 640*480
        720P: 1080*720
        1080P: 1920*1080
        4K: 4096*2160 (4096*2160 saved on phone)
WiFi Distance: 50-70m
Quad's Size: 35*35*7.5cm




untuk baterainya, Eachine E38 menggunakan baterai proprietary alias baterai paten yang hanya bisa digunakan untuk drone ini saja. Tapi bagusnya disini cangkang baterainya bisa anda buka menggunakan obeng. Sehingga apabila baterainya mulai ngembung, anda bisa ganti cell nya saja dengan cell baru yang sama speknya yaitu bertegangan 2.7Volt dan berkapasitas 1100mAh. Karena di cangkang baterai ini juga sudah ada internal chargernya, jadi kalau mau charging, kita hanya perlu hubungkan kabel micro USB dari USB Wall Charger ke baterainya. Saran admin, gunakan wall charger paling tidak 1 ampere, supaya pengisian baterainya lebih cepat. Untuk satu baterai, anda bisa gunakan selama 12 – 13 menit kalau menurut tabel spesifikasi, namun lama terbang juga dipengaruhi oleh cara terbang anda.

Spesifikasi Drone Eachine E38 - OmahDrones

Di bagian remote controlnya. Eachine E38 memiliki remote fisik yang bentuknya seperti controller game console, dengan bagian tengah yang bisa dibuka untuk menjadi phone holder. Dan bagusnya di tiap tombolnya juga sudah memiliki icon sehingga anda bisa tau apa fungsi tombol tersebut. Dengan transmitter ini anda bisa menerbangkan Eachine E38 hingga radius maksimal 100 meter, perlu diketahui jarak terbang juga dipengaruhi oleh lokasi dimana anda terbang ya, apa disitu banyak interferensi sinyal yang sama – sama 2.4GHz atau tidak. Apalagi kalau anda menerbangkan Eachine E38 sambil Wifi-FPV an, karena Eachine E38 masih menggunakan Wifi 2.4GHz juga.

Spesifikasi Drone Eachine E38 - OmahDrones

Lanjut di bagian kamera, inilah yang jadi key feature sekaligus gimmick pada drone Eachine E38. Dia menawarkan kamera yang bisa merekam video dalam resolusi 4K. Padahal disini video 4K hanya bisa disimpan pada smartphone secara langsung. Disisi lain, Eachine E38 juga punya SD Card Slot di bagian bawah drone. Kenapa?

Itu karena resolusi 4K nya hanya buatan, jadi tidak asli. Sensor kamera drone Eachine E38 hanya bisa merekam maksimal 1080p. Nah, dari 1080p itu nanti ketika sudah sampai di smartphone anda, ukurannya akan dibentangkan jadi 4K. Jadi hasilnya ya gambarnya tetep gitu – gitu aja meski resolusinya besar. Yang ada hanya ukuran videonya yang jadi besar dan menghabiskan space memori anda.


Jadi saran admin, kalau untuk drone kelas mainan, ambil saja yang kameranya ber resolusi 720p, selain gambar yang dihasilkan masih seadanya, tapi ukuran videonya tidak akan menghabiskan space memory anda. Apalagi di Eachine E38 ini anda juga bisa memilih varian kameranya ketika pembelian.



Sedangkan untuk Wifi-FPV nya, Eachine E38 sepertinya masih menggunakan Wifi 2.4GHz, sehingga nanti kalau anda terbang dengan remote sambil FPV an, akan terjadi interferensi sinyal antara frekuensi wifi smartphone dan frekuensi remote. Alhasil jarak jangkauan terbangnya jadi semakin terbatas. Tapi mengingat ini drone mainan, admin juga tidak menganjurkan untuk terbang terlalu jauh, karena dia juga rawan sekali fly away karena tertiup angin.

Spesifikasi Drone Eachine E38 - OmahDrones

Di tiap pembelian drone Eachine E38, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Eachine E38 RC Quadcopter
1 x Remote Control
1 x 3.7V 1100mAh Lipo Battery (Can be choose the battery quantity when place an order)
1 x USB Charging Cable
4 x Protection Cover
2 x Spare Blades
1 x Screwdriver
1 x User Manual




menurut admin, kesimpulan yang pas untuk drone ini. Eachine memang menargetkan untuk konsumen kelas mainan, dengan adanya gimmick kamera, diharapkan bisa menarik konsumen untuk membeli drone ini, meski 4K nya masih 4K bohongan. Jadi admin sarankan kalau anda mau beli Eachine E38, jangan terhasut dengan kameranya. Karena mau beli versi kamera 720p atau 4K, hasil gambar yang didapatkan akan sama saja, gitu – gitu aja, tidak optimize dan tidak tajam. Namanya juga mainan.

Spesifikasi Drone Eachine E38 - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, seperti biasa terakhir admin lihat di situs marketplace kelas internasional, Eachine E38 ini dibandrol rata – rata 60USD yang kalau diubah ke rupiah sesuai kurs pada saat artikel ini admin tulis, itu setara dengan 800 Ribuan, harga bisa berubah terutama ketika anda mengambil varian kamera dan ekstra baterai.