Spesifikasi Drone ZLRC SG901

Banyak sekali drone kelas mainan yang punya gimmick untuk menarik pembeli. Para produsen terlihat sekali seperti sengaja membuat gimmick dimana kita sebagai konsumen kalau tidak jeli, yang ada nanti sesudah kebeli bukannya kita jadi senang bisa jadi malah kecewa karena yang didapatkan tidak seperti apa yang di harapkan. Ya, salah satu upaya dan alasan admin tetap membuat artikel di omahdrones ya supaya anda jadi terhindar dari yang namanya rasa kecewa karena salah beli drone. Di tiap postingan yang admin tulis juga apa adanya, berbeda dengan beberapa penulis yang kalau membuat konten semua yang ditulis yang bagus – bagus padahal dari apa yang mereka tulis juga tidak ngasih imbalan – apa - apa kan. Kecuali kalau di endorse itu beda cerita.

Spesifikasi Drone ZLRC SG901 - OmahDrones

Nah, kali ini admin nemu drone yang punya gimmick lagi – lagi di bagian kameranya. Kali ini drone dari ZLRC SG901. Lebih banyak dikenal juga dengan nama SG901 saja. Nah, drone ini memiliki ukuran 27 x 11 cm yang artinya tidak terlalu besar. Ya karena SG901 ini masih termasuk drone mainan, lagi – lagi bentuknya meniru bentuk dari drone professional DJI Mavic Pro. Memiliki lengan foldable yang fungsinya bisa mempermudah ketika dibawa. Di sisi mesinnya, SG901 masih menggunakan motor brushed yang memiliki musuh utama overheat. Mungkin masih banyak disana pilot yang belum paham, jadi asal terbang tanpa diperhitungkan waktu terbangnya, dan akhirnya motornya cepat rusak.


SG901 ini selain bentuknya yang cukup keren karena meniru desainnya Mavic. Dia juga memiliki beberapa fitur seperti dia dilengkapi dengan optical flow sensor, sehingga SG901 bisa mempertahankan posisinya ketika terbang, dengan cara melihat citra menggunakan kamera yang sengaja dihadapkan bawah. Sehingga dengan algoritma tertentu drone bisa berusaha mempertahankan posisinya dengan data citra tersebut. Meski begitu, optical flow tidak sepenuhnya bisa seperti GPS yang bisa membuat drone “pulang sendiri”. Optical flow juga tidak akan bekerja kalau di tempat terbang terdapat angin yang cukup kencang, terlebih motor yang digunakan masih motor brushed, jadi tenaganya juga tidak begitu optimal kalau dibandingkan motor brushless. Untuk fitur selengkapnya anda bisa simak dibawah ini:
- Double camera
Can switch the camera below, not the same angle, not the same wonderful
- ?HD adjustable camera
1080P / 4K WiFi high-definition camera, adjustable lens angle: 120°, integrated camera and body design, can adjust the shooting angle up and down, easy to take high-resolution photos and videos
- Real nature HD presentation
Bring high-definition photos and videos with high-sensitivity sensors
- Gesture video
Putting a ''video'' gesture in both hands, staring the recording for the first time and completing the recording for the second time
-  Gesture recording
Just take a photo of the camera than the “yeah” gesture
- Experiential follow
Calculate the displacement by optical flow method to achieve precise ositioning of the drone
- Optical flow constant
Breakthrough height-fixing technology that keeps the drone consistent with the height below it
- Experiential image follow
Just tap a little on your mobile device and the drone will fly with the target you specified

- Aerial image configuration parameters: 4K / 1080P
- Photo resolution ( front camera ) 4096 x 3072P / 1920 x 1080P
- Video resolution ( front camera ) 2048 x 1080P/1920 x 1080P
- Photo resolution / video resolution ( lower camera ) 1280 x 720P
- Frame rate: 20fps
- Hand gesture shooting / video recogntion:1 - 3m


Spesifikasi Drone ZLRC SG901 - OmahDrones

Spesifikasi Drone SG901


General Model: SG901
Material: ABS/PS,Electronic Components
Type: Quadcopter
Motor Type: Brushed Motor
Functions: Forward/backward,Gesture Mode,Headless Mode,One Key Landing,One Key Taking Off,Sideward flight,Slow down,Speed up,Turn left/right,Up/down
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Connectivity Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle),WiFi APP
Compatible with Additional Gimbal: No
FPV Screen Size: 120°
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Model Power: 1 x Lithium battery(included)
Battery Battery: 3.7V 2200mAh
Dimensions and Weight Product weight: 0.2100 kg
Package weight: 0.8500 kg
Package size (L x W x H): 27.30 x 22.50 x 13.50 cm / 10.75 x 8.86 x 5.31 inches

untuk baterainya. Desainnya juga cukup bagus karena juga dibuat seperti Mavic Pro. Dengan satu baterai anda bisa terbang selama kira – kira 16 menit. Untuk baterainya ini dia memiliki kapasitas sebesar 2200mAh, kapasitas yang cukup besar untuk drone mainan. Namun tegangan yang dipakai masih 3.7Volt alias baterainya masih 1S. Ketika baterai habis, anda bisa charge langsung menggunakan kabel micro USB. Cara ini lebih simple karena kita tidak butuh charger khusus. Kita bisa gunakan Wall Charger seperti untuk charge gadget kita. Hanya saja karena kapasitas baterainya besar, anda usahakan pakai charger dengan arus minimal 2 ampere supaya pengisian baterainya bisa lebih cepat. Kalau untuk mencari baterai cadangannya, admin rasa agak susah karena yang satu ini baterainya memang dirancang proprietary alias desain paten khusus untuk SG901, jadi kalau mau dapat baterai cadangan, ketika pembelian drone kalau ada opsi extra baterai, disitu anda bisa beli baterainya sekalian.

Spesifikasi Drone ZLRC SG901 - OmahDrones

Di bagian controller, atau remote, dia memiliki remote berbentuk kotak agak oval, yang sebenarnya menurut admin cukup bagus meski desain seperti ini sudah ada beberapa brand yang memakainya. Di bagian atas bisa ditarik untuk jadi phone holder, dan dibaliknya ada antenna palsu yang gunanya bukan lain hanya untuk aksesori dan hiasan semata. Dengan remote ini harusnya anda bisa menerbangkan SG901 hingga radius 80 – 100 meter, tergantung dimana anda menerbangkannya juga. Penempatan tombolnya juga simple dan di tiap tombol juga sudah terdapat icon sehingga kita bisa lebih mudah mengetahui apa fungsi dari tombol tersebut. Ditambah, selain ada lampu indikator baterai dan sinyal. Disitu terdapat juga LCD dengan backlight sehingga ketika anda terbang malam – malam, anda bisa melihat status yang ditampilkan pada LCD kecil itu tanpa kesusahan karena ada backlight nya. Meski sudah terlihat keren, transmitter ini masih menggunakan baterai habis buang, sehingga kalau bisa anda pakai saja baterai rechargeable supaya lebih eco-friendly.

Spesifikasi Drone ZLRC SG901 - OmahDrones

Di bagian kamera, inilah gimmick yang diberikan oleh ZLRC. Dalam iklannya ada yang ditulis bahwa SG901 bisa ambil video dalam resolusi 4K. Ada juga yang tertulis 2K. Padahal harga sensor kamera yang benar – benar bisa rekam 2K saja harganya lebih mahal berkali lipat dari harga full set drone ini. Jadi yang dilakukan oleh SG901 adalah mengambil gambar dengan sensor apa adanya, misal 2MP yang gambar akhirnya biasanya bagus di resolusi 480p. Tapi ini di bentangkan atau di stretch hingga ke resolusi 2K. Jadi apa yang terjadi? Gambar yang dihasilkan akan pecah dan buram. Yang anda dapat hanya gambar hancur dan ukuran video yang super besar yang hanya ngabis – ngabisin space.


Dan parahnya lagi disini tidak ada MicroSD Slot. Kalau ada pun yang ada cuma menuh – menuhin microSD kalau ngambil video dalam resolusi 2K. Lah yang satu ini lantas bagaimana kalau tidak ada slot microSD?

Ya seperti drone Wifi jaman dulu, semua foto dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan melalui koneksi Wifi ke smartphone anda. Jadi sekalian Wifi-FPV. Dan yang unik disini, kalau biasanya kamera drone yang rekam lalu membentangkan video jadi 2K. Kalau di SG901 ini tidak, jadi video dari drone ke smartphone anda tetap resolusi 480p atau 720p. Tapi ketika disimpan di smarpthone, ketika nyimpan dia baru stretch videonya ke resolusi 2K. Yang ada, storage smartphone anda akan cepat habis, dan terlebih kalau smartphone anda tidak kuat, yang ada aplikasi FPV nya bakal Crash.
Spesifikasi Drone ZLRC SG901 - OmahDrones


Nah dalam pembelian SG901, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Drone with Battery,
1 x Remote Control,
1 x Screwdriver,
1 x USB Charging Cable,
2 x Pair of Propellers,
4 x Protective Frame,
1 x English Manual,
1 x Storage Bag


bentuknya yang keren dan desain baterainya yang juga menarik, tapi dilihat dari kemampuannya admin tidak menyarankan SG901 untuk dibeli. Meski kelasnya masih kelas mainan juga, tapi kalau gimmicknya justru menyusahkan. Buat apa untuk dibeli? Kan kita beli drone mainan untuk bersenang – senang dengan tetap patuh pada aturan menerbangkan drone yang sudah ada. Jadi anda bisa cari drone sejenis lainnya, yang setidaknya tidak memberikan gimmick bisa rekam video 2K atau 4K. Karena drone mainan itu, resolusi 720p aja kalau sensornya sudah bagus, hasil gambarnya juga lumayan jernih.
Spesifikasi Drone ZLRC SG901 - OmahDrones


Tapi tentu pilihan tetap berada ditangan anda. Untuk info mengenai harga dari ZLRC SG901 dipasaran. Terakhir admin cek SG901 ini di situs marketplace internasional. Dia dibandrol lumayan mahal kalau melihat kita cuma dapat drone dengan kemampuan seperti itu, yaitu sebesar 82 USD atau sekitar 1jutaan. Kalau sudah tau bakal dapat drone seperti apa, akankah anda tetap mau meminangnya?