Spesifikasi Drone Funsky S20 - 4K plus Optical Flow

Para brand yang mengejar keuntungan semakin kesini admin rasa semakin memaksakan produk. Di saat sedang gempar dan populernya resolusi 4K sebagai resolusi “terbaik” di tahun ini. Banyak sekali brand dari RC mainan yang menawarkan produknya lengkap dengan kamera 4K. Kebanyakan memang produknya berupa drone terbang tipe quad-copter. Karena bisa dibilang drone terbang itu produk yang paling laris, bukan hanya disana tapi di indonesia juga. Setelah banyak yang tau kalau sekarang ini drone terbang itu bukanlah barang mahal lagi, sehingga masyarakat menengah pun banyak yang tertarik untuk memilikinya. Tapi disamping itu, banyaknya pilihan drone “ekonomis” tentu membuat kita sebagai konsumen harus pinter – pinter milih drone. Apakah drone tersebut memiliki kemampuan yang sebenarnya dari apa yang tertera di iklan?


Spesifikasi Drone Funsky S20 - OmahDrones

Seperti yang akan coba kita bahas kali ini adalah drone dari Funsky. Dengan nama pasar Funsky S20, drone ini kalau dilihat dari bentuk fisiknya memang nampak keren. Memiliki desain foldable arm yang bisa membuatnya lebih mudah disimpan serta dibawa. Meski nampak menggunakan motor brushless, nyatanya Funsky S20 ini masih menggunakan motor brushed. Drone ini juga belum memiliki GPS namun dilengkapi dengan optical flow sensor. Meski tidak sehebat GPS, namun setidaknya drone ini bisa “sedikit” melawan ketika diterpa hembusan angin. Tapi ya kalau anginnya lumayan kencang juga bakal terseret juga mengingat dia masih menggunakan motor brushed yang tenaganya jauh berbeda dengan motor brushless, baik di output power atau di efisiensi listrik ke putarannya.



Spesifikasi Drone Funsky S20 - OmahDrones

Meski tanpa GPS, anda juga masih mendapatkan beberapa fitur advanced juga, seperti follow me dengan metode image tracking, Way point, headless mode dan one key return. Sekali lagi, one key return itu bukan return to home. One key return itu adalah tombol untuk “membalikkan” arah terbang. Jadi misal anda terbang ke kiri, pencet one key return, maka drone akan terbang ke kanan. Semua advanced fitur bisa anda gunakan terutama menggunakan aplikasi Wifi-FPV untuk Funsky S20. Fitur lebih lengkapnya bisa anda simak dibawah ini:
- With foldable arm, small size, easy to carry.
- With 50X Magnification.
- With Optical Flow Mode: Convenient aerial photograph.
- Real-Time transmission: Follow everything from the phone.
- Optional 1080P / 4K HD camera give wide range high denfinition pictures and video.
- Camera with Servo that support adjust the angle by APP.
- Surround action will enable the aircraft flying in a circle, providing cooler shooting perspective.(outdoors only)
- Follow me: the aircraft will fix the controlling cellphone and follow the operator whichever direction he moves.(outdoors only)
- Waypoint flight mode, just draw a route on the screen, the copter as the give path.(outdoors only)
- With Altitude Hold Mode function provides stable flight.
- With 7.4V 1200mAh battery, the fly time up to 18mins.
- With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- Multi-position Speed: Adjustable speed master different rhythms.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.



Spesifikasi Drone Funsky S20

Spesifikasi Drone Funsky S20 - OmahDrones


Item Name: S20
Frequency: 2.4G 
Motor: 8623
Quadcopter Battery: 7.4V 1200mAh Lipo (Included)
Transmitter Battery: 4 x 1.5 AAA Battery (NOT Included)
USB Charging: 5V
Flying time: About 18 mins
Charging time: About 5 hours
R/C Distance: 100m   
Flying Weight: 220g (with Battery)
Color: Blue/Red(Option)
Camera Optional: 1080P / 4K
Photo Resolution: 1920x1080(1080P)  4096*3072(4K)
Video Resolution: 1920x1080(1080P)  4096*3072(4K)
Camera lens: 120°
Adjustable angle camera:  Adjustable camera by transmitter, 45°
Quad's Size: 25x25x6CM
Package Size: 24x21.3x8.5cm(Box)   24.5x23x8cm(Bag)
Package Weight: 670g(Box)   770g(Bag)


drone ini memiliki baterai yang menurut admin standar ya untuk drone mainan yang ber optical flow. Yakni dengan baterai 7.4Volt atau 2S. Yang kapasitasnya sebesar 1200mAh. Baterai ini bisa anda gunakan untuk terbang selama 18 menit kalau menurut tabel spesifikasi. Namun lama terbang juga bisa dipengaruhi oleh terpaan angin, dan tentunya cara anda terbang juga. Ketika pembelian, terutama kalau beli di marketplace internasional anda bisa memilih beli dengan 1, 2 atau 3 baterai. Kalau saran admin tentu beli dengan 3 baterai sekalian. Hanya saja tetap kasih perilaku seperti drone bermotor brushed pada umumnya. Yakni jangan dipakai terus – terusan dalam satu waktu, karena kalau motornya kepanasan (Overheat) tidak menutup kemungkinan kalau motor drone ini bisa mati ditempat. Jadi ya sering – sering istirahat aja kalau menerbangkan drone mainan.



Untuk charging baterainya, anda akan mendapat lagi – lagi charger model USB. Ini mengharuskan anda ketika charging baterai menggunakan kepala charger USB atau USB Wall Charger, dengan arus minimal 1 ampere, karena baterai ini memiliki kapasitas yang lumayan besar kalau di charge menggunakan charger USB biasa. Baterai ini bentuknya proprietary, dan bagusnya dibaterai ini juga berfungsi sebagai saklar on-off untuk drone nya. Selain itu dengan adanya saklar ini anda juga bisa melihat kapasitas baterai ketika hendak mau dipakai tanpa harus memasangnya pada drone.


Spesifikasi Drone Funsky S20 - OmahDrones

Remote Funsky S20 ini bisa dibilang juga simple. Ukurannya tidak terlalu besar dan dia juga foldable. Remote ini bisa dilipat dan mudah disimpan. Menurut tabel spesifikasi, dengan remote ini anda bisa menerbangkan Funsky S20 hingga jarak 100 meter. Mengingat drone ini tanpa GPS jadi tidak bisa pulang sendiri, tentu lebih baik terbang di jarak aman yakni selama terlihat jelas dengan mata telanjang, istilah lainnya ya “line of sight”. Karena meski bisa hingga 100 meter, jarak jangkauan maksimal juga bisa dipengaruhi oleh gangguan atau interferensi sinyal di tempat anda menerbangkan drone. Penempatan tombolnya juga rapi, juga di tiap tombol sudah ada icon untuk menandakan fungsi dari tombol tersebut. Sayangnya remote ini belum menggunakan baterai rechargeable, tetapi kalau anda bisa modif, tentu mendingan menggunakan baterai rechargeable sehingga jadinya lebih eco-friendly.



Kamera Funsky S20, seperti dalam iklannya, dia bisa mengambil gambar dan video dengan resolusi 4K atau 4096 x 3072 pixel. Tapi jangan heran dengan hasil gambarnya ya. Karena seperti drone mainan yang lain, sensor yang ada di kamera drone ini bukanlah sensor yang sanggup mengambil gambar hingga 4K. Jadi misal dia hanya punya sensor HD 720p, hasil dari sensor tersebut di stretch atau dibentangkan hingga jadi 4K. Hasilnya? Ya burem dan nggak tajam kalau dilihat pada monitor 4K. Kalau dilihat dari layar HD atau FHD mungkin belum keliatan kalau ini kameranya cuma Gimmick. Maka dari itu banyak produsen yang ngasih embel – embel 4K, karena mereka sudah memprediksi yang beli drone ini juga belum tentu bakal muter hasil gambar dan videonya di layar 4K. Jadi jangan berharap banyak dari kamera ini.


Meski begitu, kamera ini juga bisa di tilt up/down secara remotely, menggunakan scrool di bagian kanan remote. Untuk tiltingnya juga menggunakan servo motor, jadi per klik akan tilt kurang lebih 10 derajat. Nah, anda tentu juga bisa melakukan Wifi – FPV. Memang dari tabel spesifikasi tidak diberi tau secara pasti drone ini menggunakan Wifi-FPV 2.4G atau 5G. Ditambah, kamera pada drone ini tidak memiliki slot MicroSD, sehingga gambar dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan di smartphone anda.

Spesifikasi Drone Funsky S20 - OmahDrones

Dalam pembelian Funsky S20, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x S20 RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 7.4V 1200mAh Lipo Battery (Can be choose the battery quantity when order)
1 x USB Charging Cable
4 x Spare Blades
1 x Screwdriver
1 x User Manual




menurut admin, drone ini seperti tidak disarankan untuk dibeli. Alasannya sepele sih bagi admin, tapi kan disini segmen opini admin ya. Admin tidak suka karena dia tidak punya slot MicroSD. Kalau disuruh milih pun admin lebih milih Funsky S20 dengan kamera 1080p aja supaya tidak terlalu memakan memory smartphone. Tapi andaikan ada slot micro SD, Funsky S20 bisa menjadi salah satu drone pemula yang layak untuk dibeli. Mungkin kedepannya Funsky bisa upgrade drone ini sehingga dia memiliki slot MicroSD.

Spesifikasi Drone Funsky S20 - OmahDrones

Untuk harganya, Funsky S20 ini dibandrol dengan harga yang sebenarnya lebih mahal dari drone mainan ber optical flow lainnya, yakni untuk Funsky S20 versi kamera 4K dengan 3 baterai. Dia dibandrol sebesar 96 USD atau setara dengan 1.3 jutaan apabila sesuai kurs pada saat admin menulis artikel ini. Harganya mungkin lebih mahal karena beberapa hal yang tidak akan anda dapatkan di drone sejenis lainnya, seperti kamera tilting, dan juga baterai yang sudah ber saklar untuk melihat kapasitas baterai.