Spesifikasi Drone GoolRC T49 dan JJRC H49

Kembali lagi dengan drone selfie klasik yang harusnya memiliki desain simple portable jadi mudah dibawa ketika bepergian. Kalau bicara soal drone selfie, sebenarnya ada banyak sekali drone selfie mulai dari kelas mainan biasa, kelas mainan ber GPS, hingga drone selfie yang sebenarnya. Persamaan dari semua jenis drone selfie yang admin sebutkan tadi mereka semua memiliki desain yang memang dibuat untuk jadi drone selfie, di samping itu perbedaannya tentu berada di spesifikasi, kemampuan kamera dan juga dari segi harga. Untuk kaum coba – coba atau asik – asik seperti admin, ada banyak sekali drone selfie yang murah dan mungkin bisa jadi mainan ketika kita bepergian. Salah satunya yaitu akan kita bahas pada kesempatan kali ini.


Spesifikasi Drone GoolRC T49 dan JJRC H49 - OmahDrones

Drone ini lagi – lagi memiliki banyak brand yang memasarkan. Setidaknya ada Eachine, JJRC dan juga GoolRC yang menjual drone ini. Hanya berbeda brand dan tulisan di body nya saja. Untuk spesifikasinya sama. Maka dari itu admin akan bahas ketiga drone tersebut dalam satu postingan. Dalam rilisan GoolRC, dia memiliki nama pasar GoolRC T49, sedangkan dari JJRC, dia memiliki nama JJRC H49. Drone ini merupakan mini drone dan desainnya sangat unik karena ketika dilipat, drone ini bisa “rata” karena desain pop-up motornya yang bisa dilipat kedalam body. Untuk membukanya anda cukup menekan pengunci yang ada di bagian kiri dan kanan drone, lalu klik motor akan langsung muncul keatas.


Untuk drone sekecil ini, GoolRC T49 dan JJRC H49 juga sudah memiliki fitur dasar drone altitude hold seperti one key return, headless mode, one key take-off/landing hingga flipping juga. Perlu diketahui karena drone ini berukuran kecil, tidak ada alat pembantu navigasi misal optical flow sensor, kalau anda terbangkan dia di luar ruangan, ketika ada angin berhembus sedikit saja dia bisa geser posisinya karena bobotnya yang ringan. Drone ringan seperti ini sebenarnya lebih cocok diterbangkan di dalam ruangan yang tidak akan terkena terpaan angin secara tiba – tiba, kecuali anda terbangkan diruangan yang disitu anda juga menyalakan kipas angin. Untuk fitur sesuai marketing dari drone ini bisa dilihat dibawah ini:
- With Auto Foldable Arm, one key open.
- Innovative selfie drone,720P camera allows you to get great selfies effortlessly.
- With Ultra-thin body and remote control, small size, easy to carry.
- With automatic folding design, just need to tap on both sides, and it will automatically eject the arms.
- With altitude hold mode function provides stable flight.
- With aerial photography beauty mode, let your photo looks more beautiful.
- Wifi real-time transmission FPV system which can capture photos and record videos for your great memory.
- With Headless Mode, no need to adjust the position of aircraft before flying.
- With One key return function makes it easily to find the way home.
- Can be controlled both by transmitter and Mobile phone.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- It have 3-level flight speed to switch that can make more fun with the flying.
- It can realize 3D tumbling 360°rolling in four directions with 4 LED lights.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics, lightweight and durable resistance.


Spesifikasi Drone GoolRC T49 dan JJRC H49 - OmahDrones

Spesifikasi Drone GoolRC T49 dan JJRC H49




General Brand: G00LRC
Type: Quadcopter
Functions: 3D rollover,Air Press Altitude Hold,Camera,Forward/backward,FPV,Gravity Sense Control,Headless Mode,One Key Automatic Return,Turn left/right,Up/down,Waypoints
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Connectivity Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control,WiFi Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle),WiFi APP
Detailed Control Distance: About 30m
Compatible with Additional Gimbal: No
Transmitter Power: 2 x AAA battery(not included)
Battery Battery: 3.7V 250mAh LiPo
Dimensions and Weight Product weight: 0.0360 kg
Package weight: 0.2260 kg
Package size (L x W x H): 16.00 x 9.20 x 5.30 cm / 6.3 x 3.62 x 2.09 inches
Package Contents Package Contents: 1 x Quadcopter, 1 x Battery, 1 x Remote Controller ( without Battery ), 1 x English Manual, 1 x USB Charging Cable, 4 x Propeller, 1 x Wrench


kedua drone ini tentu memiliki baterai yang sama. Baterai ini terpasang secara internal dan tidak bisa di lepas pasang secara mudah. Sebenarnya baterainya ini bentuknya universal, jadi misal baterainya mulai drop atau kembung, bisa anda bongkar dronenya lalu ganti baterainya. Baterainya masih 1S, dengan tegangan 3.7Volt dan kapasitasnya hanya 250mAh. Dengan satu baterai ini, rata – rata anda hanya bisa terbang selama 4-5 menit tergantung cara terbang dan kondisi tempat dimana anda terbang. Jadi kalau baterai habis, paling tidak tunggu dulu hingga suhu drone nya normal, baru anda bisa melakukan pengisian ulang baterai. Dan karena baterainya tidak bisa dicopot, ketika recharge harus menggunakan kabel USB bawaan yang dihubungkan ke port charging di bagian belakang drone. Karena kapasitas baterainya cuma 250mAh, anda bisa pakai powerbank harusnya, Apalagi dengan arus 1 Ampere.


Spesifikasi Drone GoolRC T49 dan JJRC H49 - OmahDrones

Untuk transmitternya tentu sama juga. GoolRC T49 dan JJRC H49 menggunakan transmitter dengan stick model slide. Sebenarnya kontroller model slide seperti ini sedikit yang suka, meskipun dengan transmitter model seperti ini bisa membuat anda untuk tidak terlalu menerbangkan GoolRC T49 dan JJRC H49 hingga jauh. Remote ini hanya ditenagai oleh 2 buah baterai ukuran AAA, jadi jarak jangkauannya hanya sekitar 45 meter saja. Mengingat dia adalah drone selfie yang memang sebaiknya jangan terbang terlalu jauh. Belum lagi drone ini tidak punya navigasi. Kalau diterpa angin ya ngikut anginnya. Selain itu semua, controller ini memiliki beberapa hal yang bagus seperti ukurannya yang juga kecil dan tipis, serta semua tombol fungsi juga ada di remtoe ini meski nampaknya tidak ada icon atau label untuk memberitau fungsi dari masing – masing tombol.

Spesifikasi Drone GoolRC T49 dan JJRC H49 - OmahDrones

Lanjut ke bagian kamera. Seperti yang bisa diduga, drone sekecil ini, dengan baterai yang hanya sebesar itu kapasitasnya. Kamera yang dimiliki ya tidak bakal bagus. Ya memang dengan kamera ini anda bisa mendapatkan foto dan video dengan resolusi HD 720p, tapi hasil videonya juga tidak serta merta terlihat tajam atau jelas. Karena sensor kamera yang digunakan masih sensor kecil, kalau tidak 0.3 MP ya 1MP.


Meski kecil, dengan kamera ini anda sudah bisa melakukan Wifi-FPV juga. Frekuensi  Wifi yang digunakan juga masih Wifi 2.4GHz jadi harusnya semua smartphone bisa melakukan Wifi-FPV menggunakan GoolRC T49 dan JJRC H49. Nah, karena disini tidak ada slot untuk MicroSD. Jadi foto dan video yang diambil akan langsung tersimpan ke smartphone anda. Dan karena di transmitternya tidak ada phone holder, admin sarankan kalau anda mau terbang FPV, pakai controller di aplikasi saja, namun kalau mau terbang tanpa FPV, baru anda mending pakai transmitternya.

Spesifikasi Drone GoolRC T49 dan JJRC H49 - OmahDrones

Tiap pembelian GoolRC T49 dan JJRC H49 umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x JJR/C H49 RC Quadcopter
1 x 3.7V 250MAH Battery
1 x USB Cable
4 x Propeller
1 x Transmitter
1 x Screwdriver
1 x User Manual




menurut admin, GoolRC T49 dan JJRC H49 lebih buat asik – asikan saja, harga yang murah dan sudah dapat fitur seperti drone ini sebenarnya sudah sepadan. Hanya saja karena ukurannya yang kecil, terbangnya juga cuma bisa sebentar, belum lagi kalau mau motor dan baterai tetap awet, tiap habis terbang harus nunggu suhunya normal dulu baru bisa recharge.

Spesifikasi Drone GoolRC T49 dan JJRC H49 - OmahDrones


Untuk info harganya, di beberapa marketplace kelas internasional, GoolRC T49 dan JJRC H49 ini dibandrol sekitar 26USD atau sekitar 360 Ribuan. Ya sekali lagi ada harga ada Rupa, untuk harga sekitar itu dapat mainan Wifi-FPV ya termasuk sudah sepadan.