Spesifikasi Drone MJX MEW4-1

Kalau ngomongin drone buatan MJX, bagi pembaca setia OmahDrones pasti sudah tidak tanya lagi apa MJX itu bagus atau tidak. Soalnya tentu dari sejak drone masih mainan RC Langka, MJX sudah turut menjadi Pendahulu dari brand – brand baru yang bermunculan. Masih ingat MJX X101? Bisa dibilang semenjak adanya drone tersebut, MJX jadi diterima oleh masyarakat, ditambah MJX terus memberikan drone – drone baru, seperti Bugs Series sehingga dulu waktu jaman – jamannya drone racing dan acro. Bugs 3 bisa dibilang sangat diminati, karena harganya yang cenderung terjangkau, lalu dia juga sudah menggunakan motor brushless. Tentu MJX tidak puas dengan apa yang sudah mereka rilis. Mereka terus mengeluarkan drone – drone terbaru, seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.



Spesifikasi Drone MJX MEW4-1 - OmahDrones

Kali ini kita akan coba mengulas drone buatan MJX yang bisa dibilang unik, karena drone ini kalau dilihat – lihat seperti campuran antara DJI Mavic 2 Pro, dengan Parrot Anafi. Untuk nama pasarnya sendiri, drone ini diberi nama MJX MEW4-1. Drone ini bentuknya lebih kecil dari kedua drone originalnya, dan tentu lebih ringan karena sebenarnya MJX MEW4-1 masih tergolong drone mainan. Meski begitu, drone ini sudah dilengkapi dengan motor brushless, sehingga tenaga yang dihasilkan akan lebih optimal. Selain itu, daya tarik lainnya adalah di bagian kamera yang detailnya nanti akan admin jelaskan dibawah.


Desain badannya yang foldable, juga menyusul dia menggunakan propeller yang juga foldable sehingga lebih fleksibel dan ringkas ketika dibawa bepergian. Dia juga dilengkapi dengan banyak sensor, seperti GPS/GLONASS untuk navigasi, kalau ada GPS tentu pasti ada kompasnya juga. Selain itu untuk penunjang ketika dia terbang tanpa GPS, MJX MEW4-1 juga dilengkapi beberapa sensor di bagian bawah. Seperti optical flow, dan juga ultrasonic sensor. Bukan hanya sampai disitu, di bawah juga ada lampu LED yang bisa anda hidupkan, jadi ketika anda terbang non GPS di tempat yang agak minim cahaya, bisa dihidupkan sehingga optical flow bisa melihat citra dibawah drone dengan lebih baik. Berikut ini ada beberapa pernyataan dari MJX terkait dengan drone MJX MEW4-1:
- The MJX Mew4 is a drone that frankly looks on par with much more expensive drones, but its actually quite cheap.
- It definitely looks like a mix between the Parrot Anafi and the DJI Mavic 2 Pro.
- However, dont expect that high level performance from it.
- Because, although it has a really nice build quality and great GPS, the camera lacks stabilization.
- The camera records up to 2k in resolution, however that doesnt mean the footage is going to look much better than the 1080p.
- The MEW4 might be the best looking and most stable drone from MJX, and that says a lot, because Im a really big fan of their quads


Spesifikasi Drone MJX MEW4-1 - OmahDrones


Spesifikasi Drone MJX MEW4-1



Brand Name: Mjx
Model: MEW4-1
Motors : brushless MT1806 1800KV
Drone Power: 2S 7.4V 2050mAh LiPo
Positioning: GPS / GLNSS + sensor complex: Optical /
Ultrasonic / Barometer
Max. video quality: 2K
Stabilization: 1-axis mechanical suspension
Suspension range: 180
Max. FPV removal distance: 800m
Max. flight time: 18 min


Drone yang sangat kompleks, harusnya mendapatkan baterai yang mumpuni. Namun mungkin untuk alasan ukuran besar dan berat, MJX MEW4-1 hanya dibekali dengan baterai 2S, ya meski sudah menggunakan cell Li-HV, sehingga tegangannya jadi 7.6Volt, dan kapasitasnya 2050mAh, setidaknya dalam tabel spesifikasi dia bisa terbang selama 18 menit. Tapi jangan jadikan acuan baku, karena lama terbang drone tentu juga dipengaruhi oleh cara terbang anda. Untuk chargingnya, karena ini baterai proprietary, anda akan mendapat charging adapter khusus untuk melakukan charging, namun sama saja di bagian powernya, menggunakan port USB. Alias anda tetap perlu USB Wall charger untuk mengisi ulang baterai. Dan admin sarankan minimal Wall Charger nya punya arus setidaknya 2ampere. Sangat disayangkan, padahal lebih bagus kalau didalam baterai sudah terdapat modul chargernya, sehingga ketika recharge, kita hanya perlu kabel Micro USB saja, seperti beberapa drone yang sudah memiliki modul charger in battery.

Spesifikasi Drone MJX MEW4-1 - OmahDrones

MJX MEW4-1 memiliki remote atau transmitter yang bentuknya mirip dengan tranmsitter DJI Mavic series. Bahkan tak tanggung – tanggung, MJX juga memberikan layar di tengah remote yang displaynya juga dibuat mirip. Dalam LCD tersebut akan ditampilkan banyak informasi telemetri sehingga anda bisa tau kondisi drone secara realtime. Penempatan tombol juga simple dan sudah ada icon di tiap tombol, sehingga anda bisa dengan mudah tau fungsi dari tiap tombolnya. Sayangnya antenna pada MJX MEW4-1 ini masih berupa aksesori, mengingat ia masih drone kelas mainan, meski dalam iklan dan spesifikasi dia bisa diterbangkan hingga 800 meter, bisa jadi itu hanya gimmick saja. Selain itu, jarak jangkauan terbang kan juga bisa dipengaruhi oleh tempat dimana anda menerbangkan drone.

Spesifikasi Drone MJX MEW4-1 - OmahDrones

Lalu di bagian kameranya. MJX MEW4-1 di sebut memiliki kamera dengan kemampuan mengambil gambar ber resolusi 2K. Ya memang benar secara teknis, karena dia memiliki sensor kamera 2MP, yang kalau mengambil gambar secara RAW akan menghasilkan gambar sebesar 2K. Jadi ya tetap jangan berharap dapat gambar yang bagus, cuma disini admin bisa sarankan, ketika mengambil video, ambil saja resolusi 720p saja, jadi gambar yang RAW tadi akan di kompres, dikecilin jadi 720p, sehingga hasilnya gambarnya jadi lebih mendingan tidak terlalu terlihat hancurnya.


Tapi disini key featurenya juga ada di kamera, MJX MEW4-1 juga bisa melakukan hal yang sama seperti Parrot Anafi, dia bisa melihat ke atas. Karena kamera ini bisa di tilt secara remotely, sebesar 180 derajat. Jadi bisa lihat kebawah, dan ke atas juga. Tidak hanya lihat ke depan agak turun dikit seperti kebanyakan drone mainan. Ketika mengambil gambar atau video, anda juga bisa langsung simpan di microSD yang sebelumnya harus sudah anda pasang di slot microSD di samping badan drone. Tidak sampai disitu saja, MJX MEW4-1 juga bisa melakukan FPV, dia juga sudah menggunakan teknologi Wifi-FPV menggunakan sinyal Wifi 5G alias Wifi 802.11ac, jadi untuk bisa menikmati Wifi-FPV MJX MEW4-1 pastikan smartphone anda sudah support Wifi 802.11ac.

Spesifikasi Drone MJX MEW4-1 - OmahDrones

Di setiap pembelian drone MJX MEW4-1, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
- Drone
- Remote
- Charger
- Battery
- Tools
- Extra Propeller set
- Manual Book


kesimpulan admin untuk MJX MEW4-1, dia sebenarnya bagus bisa menjadi replikanya Parrot Anafi. Tapi mengingat dia kelasnya masih kelas mainan, jangan terlalu berharap lebih terhadap peforma dan kemampuan dalam mengambil gambar. Tapi kalau anda tertarik dengan desain dan kemampuannya dan anda gunakan untuk fly to fun saja, admin sangat menyarankan MJX MEW4-1. Karena dia itu selain unik, beda dari yang lain, fiturnya pun juga sudah sangat lengkap.


Untuk mendapatkan Drone MJX MEW4-1 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone MJX MEW4-1

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone MJX MEW4-1 - OmahDrones

Dan untuk harganya, terakhir admin lihat di beberapa marketplace kelas internasional, dia ini agak susah ditemukan, tidak seperti drone mainan pada umumnya yang di tiap marketplace ada yang jual, ya setidaknya ketika admin cek ketika admin tulis artikel ini hanya ada 1 marketplace yang jual. Dan disana dibandrol sebesar 150 USD atau setara dengan 2 Jutaan, mungkin kalau distribusinya sudah meluas, harganya bisa turun lagi nanti ya.