Spesifikasi Drone SG700D

Kalau bicara soal brand yang mengeluarkan produk RC Terbang salah satunya Quad-Copter, tentu kita punya banyak sekali daftar brand mulai dari yang terkenal hingga tidak terkenal. Karena seperti yang pernah admin ulas beberpa kali, ada satu drone yang tidak jelas dia itu dikeluarkan oleh brand apa, dan disitu hanya ada nomor seri dari drone tersebut. Di dusnya pun polos, dan di manual booknya hanya ada tulisa “RC Quad-copter bla bla bla”. Nyatanya produk tanpa brand pun bisa laku, terutama ya di Indonesia ini. Karena admin juga beberapa kali menemui orang yang punya drone bentuknya mirip seperti drone bermerk misal syma, namun ketika dilihat drone tersebut bukan brand syma. Di badan dronenya hanya bertuliskan 2.4GHz, tapi bentuk transmitternya mirip dengan transmitternya Syma, yang beda hanya warna transmitternya saja.


Ya cerita admin diatas hanya untuk contoh kecil saja, selain itu yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini juga drone yang bisa dibilang tidak punya brand jelas. Tapi, drone ini memiliki nomor seri yang jelas sebagai “nama” untuk bisa lebih mudah dijual dan tentunya untuk penyebutan drone tersebut. Namanya adalah SG700 series, dan yang akan admin bahas adalah seri SG700D karena admin lihat, setidaknya sebelum admin menulis artikel ini, cukup banyak orang yang membeli drone ini. Ketika saya lihat di marketplace online lokal pun harganya memang merakyat. Jadi ya wajar saja drone ini laris di pasar indonesia.


Untuk fitur yang ditawarkan sih masih sekedar drone Wifi-FPV saja sebenarnya. Namun disini dia punya kamera di bagian bawah untuk menjadi optical flow sensor yang berguna untuk navigasi drone, dengan teknis kamera menangkap gambar citra permukaan dibawahnya, dan secara sistematik drone akan mempertahankan posisi agar tidak berubah posisi dengan berusaha mempertahankan citra yang ditangkap secara realtime. Lalu SG700D juga sudah dilengkapi fitur standar seperti headless mode dan one key return, selain memiliki lengan yang juga sudah foldable, berikut ini adalah sekelumit fitur yang diberikan oleh SG700D:
1. The fuselage is folded,
2. Dual camera
3. One button to take off/land,
4. Fixed hovering, high light flow
5. WiFi connection, APP control, trajectory flight
6. Palm control (up and down), gesture photo/video, smart portrait recognition follow
7. 3D roll, headless mode
8. Speed adjustment, real-time transmission, special effects MV



Spesifikasi Drone SG700D



Item No.: SG700-D
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Gyro: 6-Axis
Quadcopter Size: 17 x 14.5 x 5.5cm (the arms folded)
27 x 27 x 5.5cm (the arms not folded)
Quadcopter weight: 165g
FPV: WiFi
Camera: 1080P HD
FOV: 110°
Photo: 1920 x 1080
Video: 1920 x 1080
Transmitter Battery: 2 x 1.5V AAA (Not Included)
Quadcopter Battery: 3.7V 1600mAh (Included)
Flying Time: About 20mins
Charging Time: About 80-100mins
R/C Distance: About 100m
Package Size: 28.7 x 19.3 x 8cm
Package Weight: 0.613kg



di bagian baterai, SG700D memiliki baterai yang kapasitasnya terbilang lumayan besar, karena dia masih menggunakan baterai 1S 3.7 Volt, yang kapasitasnya sebesar 1600 mAh. Dengan satu baterai dia diklaim bisa terbang hingga 20 menit. Meski begitu, tetap saja lama terbang bisa dipengaruhi oleh cara terbang anda. Selain itu karena SG700D masih menggunakan motor brushless, anda harus pintar – pintar mengatur waktu terbang. Karena kalau terbang terlalu lama dalam satu waktu, motor drone bisa kepanasan atau overheat. Kalau sudah overheat, motor bisa mengalami kerusakan seperti jadi putarannya tidak maksimal, atau paling parah ya motor mati total sehingga harus diganti dengan motor baru supaya bisa terbang. Enaknya disini ketika ingin melakukan pengisian ulang baterai, kita bisa menggunakan port MicroUSB yang sudah tersedia di sisi baterai, jadi meski kita tidak pakai kabel USB Bawaan pun kita bisa tetap recharge baterainya menggunakan kabel USB biasa sama seperti untuk mengisi ulang gadget anda.


Berpindah ke bagian remote atau transmitter SG700D. Transmitternya memiliki bentuk yang portable juga karena memiliki desain yang foldable. Ketika dilipat, transmitter ini hanya seperti sebuah kotak, namun bagian belakang bisa buka lipatannya untuk menjadi gripper, dan seperti drone mainan lainnya, antenna pada remote ini hanyalah sebuah hiasan saja. Untuk jangkauan terbangnya, sebenarnya sama aja seperti drone mainan lainnya, namun dengan desain remote seperti ini, bisa sampai 80 meter aja untung – untungan. Terlebih karena drone ini non GPS. Admin sarankan terbang di jarak yang pendek – pendek saja, takutnya kan nanti fly away. Untuk indikatornya, di tiap tombolnya di dekatnya sudah terdapat icon dan label sehingga harusnya anda bisa dengan mudah mengetahui apa fungsi dari tombol tersebut.



Di bagian kamera, SG700D memiliki kamera yang dapat mengambil gambar dan video dengan resolusi 1080p alias Full HD, di beberapa versi bahkan ada yang bisa rekam video di resolusi 4K. Namun jangan berharap gambarnya benar – benar jernih, karena SG700D masih drone kelas mainan, yang aslinya dia hanya memiliki kamera sekitar 2MP yang aslinya bagusnya mengambil resolusi 640p, tapi ini di bentangkan oleh sistemnya jadi 1080p sampai 4K, jadi wajar saja kalau kualitas gambar yang disimpan tetap apa adanya. Tapi untungnya disini kita juga sudah disiapkan slot untuk memasang microSD, sehingga anda bisa menyimpan file foto dan video langsung tanpa perantara koneksi. Jadi hasil videonya bisa lancar jaya seperti ketika anda rekam menggunakan smartphone.


Untuk FPV, SG700D juga memiliki fitur Wifi-FPV, hanya saja belum jelas drone ini menggunakan transmitter Wifi-FPV 2.4GHz atau 5GHz. Namun kalau melihat spesifikasinya sih sepertinya SG700D menggunakan transmitter Wifi-FPV 2.4GHz, jadi harusnya semua smartphone bisa menikmati Wifi-FPV melalui drone SG700D.


Tiap pembelian drone SG700D, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x SG900 RC Drone
1 x Transmitter
1 x Battery
1 x USB Cable
1 x Manual



kesimpulan untuk drone SG700D menurut admin, mungkin drone ini masih sekedar Wifi-FPV saja, jadi bisa anda bandingkan dengan Eachine E58, atau JD-10, bisa juga anda bandingkan dengan drone Wifi-FPV non GPS lainnya juga.


Drone ini tergolong merakyat kalau dilihat pada harganya. Karena kalau di marketplace internasional saja dia hanya dibandrol sebesar 53USD, atau sekitar 600 ribuan saja. Bisa jadi kalau di indonesia ada importir yang import dalam skala besar, harga jualnya tentu bisa lebih murah lagi harusnya, karena namanya harga jual kan terserah penjualnya juga ujung – ujungnya.