Spesifikasi Drone MJX X103W

Beberapa waktu yang lalu admin sudah pernah membahas drone yang dipasarkan oleh tiga brand sekaligus, salah satunya adalah MJX, dengan nama pasarnya MJX B4W dengan bentuk persegi panjang dan di desain foldable supaya lebih mudah dibawa bepergian. Nah, itu kan dia menggunakan motor brushless, sehingga dari sisi harga jadi lebih mahal daripada drone kelas mainan yang biasanya masih menggunakan motor brushed. Nah, untuk itu ternyata dari brand yang sama yaitu MJX punya solusi dari masalah tersebut, karena MJX juga menyediakan versi Low Budget dari MJX B4W yang bisa lebih terjangkau untuk konsumen low budget. Ya seperti admin ini contohnya, kalau dari spesifikasinya tentu lebih rendah, tapi apakah tetap sepadan untuk drone kelas mainan?


Spesifikasi Drone MJX X103W - OmahDrones


Adalah MJX X103W, bisa dilihat kalau dari bentuknya saja juga mirip dengan MJX B4W. Dari sekilas saja dia seperti tidak ada perbedaan, namun kalau dilihat lebih jeli, MJX X103W ini masih menggunakan motor brushed. Tentu dengan motor brushed, tenaga yang dihasilkan sudah lebih dari cukup untuk bisa menerbangkan drone ini. Namun kalau untuk melawan angin, sangat tidak admin rekomendasikan karena motor brushed ini nanti bisa cepat panas, dan kalau sampai overheat, motor bisa rusak seperti putarannya jadi tidak maksimal, atau bahkan mati total. Jadi kalau menerbangkan drone dengan motor brushed, sebisa mungkin pastikan cuacanya cerah dan tidak ada angin.


Untuk key featurenya, MJX X103W menawarkan kamera yang bisa mengambil foto dan video ber resolusi 2K, selain itu MJX X103W juga memiliki GPS, sehingga dia bisa mempertahankan posisinya ketika terbang. Tapi tetap, kalau ada angin yang agak besar, lebih baik jangan terbang dulu karena akan memperberat kerja motornya. Jadi fungsi GPS disini, lebih admin sarankan untuk fitur return to home secara otomatis ketika baterai mulai menipis, ketika kehilangan koneksi dengan remote, atau ketika anda tekan tombol return to home. Ada lagi fitur unik yaitu Landing LED, jadi ada LED yang menyorot bawah drone, yang aslinya difungsikan untuk membantu optical flow sensor, tapi meski di bagian bawah MJX X103W ada tempat untuk optical flow sensor, MJX tidak menyertai drone ini dengan sensor tersebut karena selain sudah ada GPS, mungkin biar harganya jadi lebih murah juga kan. Selain itu, berikut ini adalah fitur lainnya yang ada di MJX X103W:


Spesifikasi Drone MJX X103W - OmahDrones

Spesifikasi Drone MJX X103W




General Brand: MJX
Item No: X103W
Color: Black
Quantity: 1PCS
Version: RTF(Ready To Fly)
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle)
Specification Wheelbase: 255mm
Quadcopter Size: 34.5 X 34.5 X 6cm(Expand Size)
                             15 X 10 X 6cm(Folding Size)
Quadcopter Weight:
Frequency: 2.4Ghz
Channel: 4CH
Gyro: 6-Axis
FPV Type: 5G WIFI(802.11ac WiFi)
Camera: FHD 2K 30fps
Image Resolution: 2048 X 1152P
Video Resolution: 2048 X 1152P
Lens: 110°Wide-angle
Sensor: 8MP CMOS
Stabilization: Mechanical Single-axis
Pith Angle: -90°- 0°
Quadcopter Battery: 7.6V 1100mAh li-po (Included)
Flying Time: About 14mins
Charging Time: About 120mins
Transmitter Battery: 1.5V 2 X AA (Not Included)
R/C Distance: About 800m
FPV Range: About 200-400m(Empty And Undisturbed Environment)
                     600m(Support 5G Devices)
Motor Type: Brushed
Motor: 1020 X 4
Max.Speed: 22km/h
SD Card: Support,Max.Expansion 32GB(Not Included)
APP Name: MJX GPS
Size & Weight Package weight:0.75kg
Product size (L x W x H):  34.5 X 34.5 X 6cm
Package size (L x W x H):25 X 11.3 X 19.2cm
Package Contents 1 X RC Drone
1 X Transmitter
1 X Battery
1 X USB Cable
4 X Propeller
1 X Screwdriver
1 X Manual


Spesifikasi Drone MJX X103W - OmahDrones

baterai yang digunakan oleh MJX X103W adalah jenis proprietary alias baterai yang di didesain khusus untuk MJX X103W. Baterai ini memiliki tegangan total 7.6 Volt, dan kapasitasnya sebesar 1100 mAh. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan MJX X103W hingga kira – kira 14 menit. Meski baterai ini paten, namun untuk melakukan recharge anda bisa menggunakan port micro USB yang ada di sisi kiri baterai. Anda bisa menghubungkannya ke USB Wall Charger menggunakan kabel USB seperti layaknya merecharge gadget anda. Untuk mempercepat waktu recharge minimal anda harus gunakan Wall Charger dengan arus 1 ampere. Tapi ingat, sebelum recharge pastikan suhu baterainya normal dulu, jangan pernah charge baterai ketika dia masih panas karena baru saja digunakan.

Spesifikasi Drone MJX X103W - OmahDrones

Untuk remtoenya, MJX X103W memiliki remote yang bukan hanya bentuknya saja yang mirip remote keluarga DJI Mavic, namun di bagian LCD nya juga dibuat menyerupai Controller Mavic. Bahkan LCD ini juga ada backlightnya jadi ketika malam hari akan terlihat keren. Meski begitu, remote ini masih kelas mainan juga sehingga jarak jangkauan yang anda dapatkan juga cenderung sama seperti drone mainan lain yaitu sekitar 80 – 100 meter. Ya meski di tabel spesifikasi, MJX berkata bahwa MJX X103W punya jarak jangkauan hingga 800 meter, tapi itu sangat berlebihan karena antenna yang ada di remote ini aja palsu, jadi dia masih pakai antenna yang cuma sekitar 2cm tertanam di dalam remote. Yang keren lagi, remote ini hanya menggunakan 2 buah baterai ukuran AA. Jadi lebih eco-friendly kalau dibanding remote lainnya yang masih menggunakan 3 – 4 baterai habis pakai buang.



Untuk kameranya, admin rasa ini salah satu drone dengan kamera yang cukup bagus untuk kelas mainan. Kamera MJX X103W meski seperti menggunakan sensor 2MP. Yang gambar aslinya juga mencapai 2K, jadi sama saja anda mendapat gambar ukuran RAW kalau anda record di resolusi 2K. Tapi untuk mengoptimalkan hasil video dan ukuran file, lebih baik anda record di resolusi 720p atau 1080p. Kalau anda bandingkan, hasil gambarnya lebih bagus dariapda drone kelas mainan lain yang sama – sama menawarkan kamera FHD sampai 2K bahkan 4K.


Selain itu anda bisa melakukan Wifi-FPV juga, hanya saja karena MJX X103W menggunakan wifi 802.11ac, anda harus menggunakan smartphone yang sudah support Wifi 802.11ac alias Wifi 5G. Karena kalau tidak support ya anda tidak akan bisa menikmati Wifi-FPV nya. Hasil gambar akan langsung tersimpan ke MicroSD yang sebelumnya harus sudah anda sisipkan di slot microSD di bagian samping drone. Selain itu, anda bisa tilting kamera secara remotly ketika anda terbang.

Spesifikasi Drone MJX X103W - OmahDrones


Ketika pembelian drone MJX X103W, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 X RC Drone
1 X Transmitter
1 X Battery
1 X USB Cable
4 X Propeller
1 X Screwdriver
1 X Manual


menurut admin, sebagai drone kelas mainan, MJX X103W bisa dibilang bagus dan admin rekomendasikan, selain bentuknya yang sudah foldable, sudah punya GPS, kamera yang digunakan juga memiliki kualitas cukup bagus. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah karena dia menggunakan motor brushed, kita harus perhatikan kondisi motornya sebisa mungkin jangan sampai overheat.


Untuk harga kisarannya, terakhir kali admin cek di marketplace dimana MJX X103W ini laris disana, dia dibandrol sebesar 85USD, alias kalau kita ubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini, itu setara dengan 1jutaan. Memang rentang harganya masih 1.1 jutaan. Tapi admin rasa sepadan dengan apa yang akan didapatkan.