Spesifikasi Drone Jiaqi S500


Drone keluaran tahun 2019 mulai banyak yang dilengkapi dengan GPS. Dengan harga yang bisa dibilang mulai merakyat untuk drone yang sudah dilengkapi dengan GPS. Terlebih banyak pilot yang lebih suka drone GPS dengan motor brushless. Alasannya, supaya terhindar dari resiko overheat ketika digunakan terlalu lama. Motor brushless juga memiliki kekuatan yang umumnya lebih optimal apabila dibandingkan dengan motor brushed. Maka tidak heran, banyak juga produsen – produsen drone yang menjual drone dengan GPS plus brushless motor dari berbagai merk baik yang sudah popular ataupun belum. Bahkan ada beberapa brand yang mendadak jadi dikenal karena satu drone mereka yang digemari oleh para penikmatnya. Tapi tak jarang juga ada produsen yang terlalu memaksa merilis drone yang belum siap rilis. Entah apa alasannya.

Spesifikasi Drone Jiaqi S500 - OmahDrones

Kalau yang akan admin bahas pada kesempatan kali ini, drone nya datang dari brand yang juga bisa dibilang kurang familiar di telinga admin. Karena admin juga baru pertama kali ini membahas drone buatan nya. Brand nya adalah Jiaqi, dengan drone yang akan kita bahas kali ini adalah Jiaqi S500. Drone ini kalau dilihat dari bentuknya mirip seperti JJRC X7 dan C-fly Smart yang sebelumnya sudah admin bahas di omahdrones. Pertanyaannya adalah apakah Jiaqi S500 ini memiliki spesifikasi yang sama atau memiliki perbedaan dengan kedua drone yang pernah admin bahas itu? Kalau dari sisi bentuk sih banyak drone yang mirip – mirip, tapi untuk kemampuan dan fiturnya mari kita akan coba ulas berdasarkan spesifikasinya.



Yang pertama untuk fitur yang ditawarkan, seperti yang sudah admin singgung di pembukaan tadi, Jiaqi S500 memiliki key feature di GPS nya yang sudah menggunakan GPS/GLONASS, sehingga biasanya dengan GPS/GLONASS ketika melakukan penguncian GPS sebelum terbang akan lebih cepat mendapat banyak satelit. Jadi waktu pre-flight akan lebih cepat, selain itu key feature kedua adalah dia menggunakan motor brushless, dari segi efisiensi motor brushless lebih efisien ketika mengubah listrik menjadi tenaga, selain itu motor brushless juga tidak cepat panas (overheat) walau digunakan berjam – jam. Beda dengan motor brushed yang dipakai 10 menit saja sudah panas sekali suhunya, untuk fitur selengkapnya bisa dilihat dibawah ini.

Main Features:
• Brushless Motor
• 5G Wi-Fi high speed transmission
• 1080P real-time HD image transmission
• GPS precise positioning
• Can be equipped with a sports camera

Intelligent mode:
• Fixed point / trajectory flight
• Surround flight
• Mobile phone follow
• High/medium/low speed mode, headless mode
• Low-power alarm, over-range alarm
• One-touch take-off and landing
• One-button return
• Out of control return, low power return
• Low power protection, stuck protection
• GPS precision hover
• 1080P full HD image transmission


Spesifikasi Drone Jiaqi S500 - OmahDrones

Spesifikasi Drone Jiaqi S500

Brand: JIAQI
Type: Quadcopter
Wheelbase: 255mm
Functions: Around Flight,GPS Altitude Hold,GPS location tracking,Headless Mode,Hot Point Following,One Key Automatic Return,One Key Landing,One Key Taking Off,Slow down,Speed up,Waypoints
Level: Intermediate Level
Remote Control: 5.8GHz Wireless Remote Control
Channel: 4
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle)
Compatible with Additional Gimbal: Yes (Go Pro Holder)
Motor: 1806 1850KV Brushless motor
Positioning: Single GPS
Real-time transmission video: 1080P
Image size: 1920 x 1080
Transmission band: 5G WiFi
TF card: maximum support for 32G
Battery: Lithium battery GNN-7.4V 7.4V 2500mAh
Remote controller battery: 4 x AA battery ( not included )
Flight Time: 20 minutes
Charging Time: 180-200 minutes
remote control Distance: 500 meters
mobile phone Distance: 150 meters
Product weight: 0.4500 kg
Package weight: 1.3280 kg
Product size (L x W x H): 36.00 x 36.00 x 10.60 cm / 14.17 x 14.17 x 4.17 inches
Package size (L x W x H): 42.00 x 15.00 x 27.00 cm / 16.54 x 5.91 x 10.63 inches



Biasanya drone yang sudah memiliki bentuk keren seperti ini menggunakan baterai tipe Proprietary alias baterai dengan bentuk khusus yang memang didesain untuk drone tersebut. Tapi beda kalau di Jiaqi S500, karena dia menggunakan baterai universal, dengan tegangan 7.4 Volt dan kapasitasnya sebesar 2500 mAh yang bisa anda gunakan untuk sekali terbang selama sekitar 12 menitan. Dan karena dia menggunakan baterai universal, harusnya anda bisa mudah mencari baterai cadangannya. Asalkan spesifikasi baterainya sama, tegangan, kapasitas serta connector yang digunakan, kalau bisa pun cari yang ukuran dan bentuknya sama sehingga baterainya bisa dimasukkan ke tempat baterai seperti baterai bawaan dari Jiaqi. Untuk melakukan recharge, kalau dari pabrik anda hanya diberi charger dengan source dari USB. Kalau kurang mantep, anda bisa gunakan balance charger anda sendiri tentunya.

Spesifikasi Drone Jiaqi S500 - OmahDrones


Untuk remotenya, kalau dilihat dari bentuknya, mirip sekali dengan transmitter MJX keluaran 2018/2019, dengan bentuk yang simple dan elegan, serta dibagian bawah terdapat LCD kecil memanjang yang akan menampilkan info telemetri seperti status GPS, Jarak, Ketinggian, Baterai drone dan Remote, mode yang digunakan. Selain itu di penempatan tombolnya juga sudah dilengkapi dengan label dari pabrik. Sehingga anda tidak perlu susah – susah menghafalkan tiap fungsi tombol dari manual booknya. Karena di remote sudah terlabeli dengan jelas. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan Jiaqi S500 hingga radius 500 meter. Tapi sekali lagi, jarak jangkauan juga bisa terganggu dengan adanya interferensi sinyal yang sama – sama memiliki frekuensi 2.4GHz. jadi ketika terbang selalu lihatlah kawasan yang anda terbangi. Bagaimanapun juga pilot harus menguasai drone meski terbang di area yang terdapat gangguan sinyal.

Spesifikasi Drone Jiaqi S500 - OmahDrones


Kamera yang tertanam pada Jiaqi S500 sanggup mengambil video dengan resolusi 1080p. dan kalau untuk mengambil gambar, lagi – lagi drone ini hanya mengambil screenshot dari live video yang sedang di transmisikan. Sehingga anda tidak bisa mengatur parameter seperti ISO, Exposure dan lain – lain. Untuk penyimpanannya, anda bisa memasukkan MicroSD di kamera drone ini, sehingga semua foto dan video yang anda ambil bisa langsung tersimpan ke memory tanpa harus melewati Wifi-FPV, jadi anda akan mendapatkan video asli tanpa takut terdapat gangguan seperti frame dropping pada videonya.



Wifi-FPV drone Jiaqi S500 menggunakan Wifi 5G, alias Wifi 802.11ac , jadi sebelum membeli drone ini, pastikan smartphone anda support Wifi 802.11ac, karena kalau tidak, tentu anda tidak akan bisa menggunakan fitur FPV di drone ini, dan kalau sampai itu terjadi pasti anda sangat kecewa bukan.

Spesifikasi Drone Jiaqi S500 - OmahDrones


Tiap pembelian Jiaqi S500, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:
1 x Quadcopter,
1 x Remote Control ( Including Mobile Phone Clip ),
1 x USB Balanced Charger,
4 x Fan Propeller,
1 x Screwdriver,
1 x Cage,
1 x Tripod,
1 x Camera Frame,
1 x English Manual



Meski sudah terlihat sangat bagus, namun beberapa poin yang harus diperbaiki mungkin di aplikasinya, karena beberapa pilot yang sudah meminang Jiaqi S500 memiliki masalah di aplikasi yang tidak bekerja dengan semestinya. Bukan kali pertama aplikasi FPV mengalami masalah seperti ini, namun aplikasi kan dapat di update, harusnya dari Jiaqi segera melakukan fixing pada aplikasinya, sehingga semua pilot yang membeli Jiaqi S500 dapat menggunakan semua fiturnya dengan sukses.



Untuk informasi harga kisarannya, memang Jiaqi S500 ini belum di distribusikan hingga seperti brand – brand yang lebih besar, di salah satu situs marketplace online skala internasional, dia dipajang dengan harga 179 USD, kalau diubah ke rupiah sesuai kurs pada saat admin menulis artikel ini, itu setara dengan 2.5 jutaan. Bisa dibilang, drone Brushless GPS memang harganya di kisaran 2jutaan. Kalau seperti itu berarti Jiaqi S500 bisa disandingkan dengan beberapa drone brushless GPS lainnya, seperti MJX B2W, SymaW1, dan Bayangtoys X16 mungkin?