Spesifikasi Drone Syma W1 - Brushless GPS FPV Ready


Kalau anda penggemar drone semi professional kalau admin sebut untuk drone yang sudah memiliki GPS dan menggunakan motor brushless. Sebelumnya di omahdrones admin sudah pernah membahas banyak sekali drone yang sejenis. Mereka memiliki penggemar sendiri karena dengan GPS dan motor Brushless, membuatnya semakin mendekati drone professional, yang perawatannya bisa dibilang lebih mudah terutama di bagian motor, karena umumnya motor brushless tidak akan cepat rusak, seperti motor brushed yang mudah sekali rusak karena overheat. Sebelumnya mungkin anda terpaku oleh beberapa drone semi professional seperti MJX B2W, MJX B5W, atau dari bayangtoys X16 atau  bayangtoys X18, banyak sekali kan, disamping itu semua, ternyata Syma juga memiliki drone sejenis.

Spesifikasi Drone Syma W1 - OmahDrones


Namanya adalah Syma W1. Drone ini bentuknya benar – benar terlihat lebih futuristic daripada desain drone syma sebelumnya. Syma W1 memiliki bentuk yang terlihat berisi di tiap sisinya karena mengusung lengkungan di berbagai sisi. Dengan tambahan GPS untuk positioning systemnya, Syma W1 jadi lebih bisa diandalkan ketika terbang dan tidak akan takut lagi terbawa atau terseret angin saat tiba – tiba ada angin berhembus. Meski syma tidak jelas menyebutkan GPS yang dipasang pada Syma W1 ini GPS aja, atau GPS/GLONASS. Tak Cuma itu, seperti yang sudah admin katakana di pembukaan tadi, Syma W1 juga sudah menggunakan motor brushless, jadi tenaga yang dihasilkan lebih optimal, serta kalau dibandingkan dengan motor brushed, tentu motor brushless bisa dibilang lebih awet, dan lebih baik peformanya. Dan yang terakhir ini juga unik, karena Syma W1 menggunakan foldable propeller, jadi propellernya bisa dilipat, seperti pada DJI Mavic Series.



Untuk fitur bawaannya, dia tentu sudah dilengkapi dengan fitur standar drone altitude hold, namun dengan adanya GPS disitu, anda jadi dapat merasakan beberapa fitur advanced, alias fitur – fitur yang lebih. Seperti kita dapat fitur return to home, yang dapat di picu dari tombol, atau saat drone kehilangan koneksi dari remote, atau dapat juga dipicu ketika baterai drone mulai menipis. Fitur selengkapnya dari Syma W1 dapat anda lihat dibawah ini:
- GPS positioning mode provides a more accurate fixed points and return flight.
- Surround action will enable the aircraft flying in a circle, providing cooler shooting perspective.
- Follow me: the aircraft will fix the controlling cellphone and follow the operator whichever direction he moves.
- With air press altitude hold mode function provides stable flight.
- With 5G wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- HD real-time transmission: 2MP 720P real-time transmission, 5MP 1080P photos, camera can be adjustable.
- With 7.6V 1300mAh battery, the fly time up to 13 mins.
- With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- One key landing/One key take off.
- Gesture control for photography and shooting.
- 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly.
- 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- The quadcopter fuselage is made of high strength and resistant engineering plastics,lightweight and durable resistance.

Spesifikasi Drone Syma W1 - OmahDrones


Spesifikasi Syma W1


Brand Name: Syma
Item NO.: W1
Quadcopter Size: 29.5x29.5x6cm
Color: Silver Gray
Main Motor: Brushless Motor
FPV: 5G WiFi
Camera: 2MP 720P real-time transmission, 5MP 1080P photos
Quadcopter Battery: 7.6V 1300mAh Lipo Battery with protection board (Included)
Transmitter Battery: 4 x AA Battery (Not Include)
Charging Time: Less than 200mins
Flight Time: More than 13mins
Control Distance: About 200m
WIFI Video Distance: Within 200m Fluency
Support Phone Type: IOS / Android



Baterai yang digunakan oleh Syma W1, memiliki tipe proprietary alias paten yang hanya didesain untuk Syma W1. Baterai ini memiliki tegangan 7.6 Volt dan kapasitasnya sebesar 1300mAh. Dengan baterai seperti ini, sebenarnya kita ingin mendapatkan balance charger setidaknya untuk baterai Syma W1, tapi sayangnya syma hanya memberikan USB Charger untuk recharge baterai ini. Itu artinya, anda harus charge menggunakan wall charger, yang memiliki arus setidaknya 1 ampere untuk bisa mengisi baterai dengan optimal. Untuk lama terbangnya, dengan baterai ini di iklan nya Syma mengeklaim bahwa Syma W1 bisa terbang hingga 13 menit. Namun tetap saja, lama terbang juga dipengaruhi oleh cara terbang pilotnya.

Spesifikasi Drone Syma W1 - OmahDrones


Di bagian transmitter, meski drone nya sudah beda kelas dari drone sebelumnya yang belum memiliki GPS. tapi Syma masih menyertakan controller yang sama dengan controller Syma kalau admin bilang Generasi ke 2. Remote yang simple, namun sudah sangat mencukupi untuk menerbangkan drone ke udara. Namun dengan remote yang antennanya masih antenna internal seperti ini, jarak jangkauannya mungkin tidak terlalu jauh, kalau berdasarkan tabel spesifikasi, anda bisa menerbangkan Syma W1 dalam radius sejauh 200 meter. Baterai yang digunakan oleh transmitter ini sayangnya masih baterai ukuran AA, kalau mau Go Green, anda bisa pakai baterai NiCD atau baterai Lipo yang disesuaikan tegangannya agar remote dapat beroperasi dengan normal dan tidak over voltage. Bagi yang suka otak atik drone, pasti lebih milih baterai rechargeable dong, selain Go Green, kalau baterainya habis tinggal di charge, terutama ketika anda sering bermain drone tiap harinya.

Spesifikasi Drone Syma W1 - OmahDrones


Dan di bagian kameranya, Syma W1 memiliki kamera yang sudah cukup bagus untuk kelasnya. Lensanya sebesar 5MP, dan dia dapat mengambil gambar atau video dengan resolusi sebesar 1080p. dengan lensa yang besar harusnya kita mendapat gambar yang bagus sesuai dengan lensa yang tertanam di drone ini. Dan dengan adanya GPS, anda jadi bisa terbang mengambil gambar dengan beberapa fitur seperti circle me, follow me, dan bahkan dia juga bisa gesture control juga. Selain itu untuk FPV nya, dia menggunakan Wifi 5G, alias Wifi 802.11ac, jadi tidak semua smartphone bisa FPV dengan drone ini. Untuk itu, sebelum beli drone Syma W1, pastikan smartphone anda support Wifi 802.11ac atau anda tidak bisa FPV an sama sekali.

Spesifikasi Drone Syma W1 - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian Syma W1, anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Syma W1 RC Quadcopter
1 x Remote Control
1 x 7.6V 1300mAh Battery
1 x USB Cable
2 x Propeller
4 x Protection Cover
1 x Mobile Phone Holder
1 x Manual


Kesimpulan dari drone Syma W1, menurut admin, adalah drone yang sangat disarankan untuk dibeli terutama untuk anda yang ingin membeli drone yang awet, tidak perlu perawatan ekstra seperti gonta - ganti motor. Serta tanpa khawatir bakal terbawa angin, Syma W1 bisa menjadi solusi bagi anda.

Spesifikasi Drone Syma W1 - OmahDrones


Sedang untuk harganya, di beberapa online marketplace dia dibandrol sebesar 162USD, atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin tulis, setara dengan 2.3 jutaan. Kalau dilihat dari harganya, bisa bersaing dengan MJX B2 series, seperti B2W, atau dari bayangtoys mungkin Bayangtoys X18, jadi bisa anda pilih mana yang menjadi pilihan hati, supaya tidak kecewa ketika sudah membelinya.