Spesifikasi Drone ZLRC Beast CSJ-X7 dan SG906


Fungsi sebuah drone sebenarnya bisa menjadi daya Tarik tersendiri bagi konsumen, seperti kebanyakan konsumen yang ingin drone murah, tapi dengan fungsi yang banyak, terutama kamera untuk mengambil gambar ketika terbang. Tetapi, disisi lain, justru dari produsen itu sendiri kadang tidak memberikan komponen yang terlihat sepele namun sangat berguna bagi pemilik drone. Kalau menurut admin, ini sangat disayangkan, seperti ketika drone portable tapi justru bentuknya hanya mengedepankan ukuran yang kecil, bukan sifat “portable” nya. Lalu drone ber GPS tapi masih menggunakan antenna internal, memang harganya jadi lebih murah, tapi kan sayang karena drone ber GPS bisa digunakan untuk terbang jauh apabila diperlukan, kecuali drone GPS yang masih kategori mainan, kalau mainan ya sebaiknya jangan digunakan untuk hal yang sifatnya serius.

Spesifikasi Drone ZLRC Beast CSJ-X7 dan SG906 - OmahDrones


Seperti satu drone yang akan kita coba ulas pada kesempatan kali ini, adalah ZLRC Beast CSJ-X7 atau di brand lain namanya SG906. Seperti beberapa drone multi brand lain, kedua drone yang admin sebutkan tadi spesifikasinya sama. Hanya mungkin di beberapa tempat harganya bisa ada selisih, karena itu adalah efek dari marketingnya dalam menentukan harga dalam strategi mereka. Drone ini kalau dilihat dari bentuknya memang keren mirip bentukan MJX Bugs juga kalau dilihat sekilas, tapi ZLRC Beast CSJ-X7 dan SG906 ini sudah memiliki lengan foldable, dia juga sudah menggunakan motor brushless tipe 1806. Dan tentu sistem navigasinya sudah dibantu dengan GPS. Dengan adanya GPS tentu anda tidak khawatir lagi kalau drone akan terbawa angin ketika ada angin yang tiba – tiba berhembus.



Dengan adanya GPS pula, anda jadi mendapatkan tambahan fitur yang memanfaatkan komponen tersebut, seperti follow me, circle me, return to home dan way point mode. Selain itu drone ini juga memiliki beberapa fitur unik seperti MV Sharing, yakni kita bisa membuat music video ketika terbang lalu share ke social media, walau hanya sebatas record dan kita menambahkan lagu saja. Selain itu ada juga gesture control dengan telapak tangan, dan selengkapnya bisa anda lihat dibawah ini:
- GPS returns to take-off point with low power and no signal.
- GPS Intelligent Following:
1. After the aircraft links the GPS, it opens the APP following function, and the aircraft follows the mobile phone.
2. Image Following: Recognize the shooting object and follow the flight automatically.
- Gesture photography and recognition: within 1-3 m from the aircraft, make photographic gesture/photographic gesture in front of the camera.
- Route multi-point planning flight: the aircraft autonomously flies according to the pre-set route, the player concentrates on shooting.
- Fixed-point surround: Find the center of the surround, and then move the desired surround radius through the rocker.
- Track and recall the drone: Click on the GPS signal icon three times, open the map interface, the map shows the final distance of the aircraft, longitude and latitude position.
-Photo and Video Sharing: Photos can be shared singly or selectively, and videos can only be shared individually at a time.


Spesifikasi Drone ZLRC Beast CSJ-X7 dan SG906 - OmahDrones

Spesifikasi Drone ZLRC Beast CSJ-X7 dan SG906


Item name: ZLRC SG906 Beast RC Brushless drone
Pressure sensor: Height setting
Frequency: 2.4 Ghz
Camera: 120° wide angle camera (Adjustable camera by transmitter, 60°)
Capacity of smart lithium battery: 7.4V 2800mAh
Remote battery: 4x1.5V "AA" battery
Motor: 1806 brushless motor
Drone battery: 7.4V 2800mAh
Flight time: About 23-25 mins
Charging time: About 5 hours
USB Charging: 5V
Control distance: 800m (Free interference and no occlusion)
5G Wifi image transmission distance: 350m (Free interference and no occlusion)
GPS follow me: About 30m
Image follow me: About 5m
Hand gesture shooting: 1-3m
Color: Black/White (option)
Quadcopter size: 28.3x25.3x7cm (unfolded) 17.4x8.4x7cm(folded) 
Flight weight: 527g
Takeoff weight: 527g

Spesifikasi Drone ZLRC Beast CSJ-X7 dan SG906 - OmahDrones


Baterai bawaan untuk Drone ZLRC Beast CSJ-X7 ini memiliki tegangan sebesar 7.4Volt dan kapasitasnya cukup besar yakni 2800mAh, dengan baterai ini, anda bisa terbang hingga sekitar 20menit sekali terbang satu baterai. Dan apabila anda punya baterai lebih dari satu, maka anda tentu bisa terbang lebih lama lagi, lagi anda tidak perlu takut akan motor yang overheat, karena Drone ZLRC Beast CSJ-X7 sudah menggunakan motor brushless yang tidak rewel dan lemah seperti motor brushed. Yang unik dari baterai ini adalah ada protection cover yang bentuknya kecil. Sebelum covernya ini dilepas, meski anda masukkan baterai ke drone. Drone tidak akan menyala, jadi jangan lupa untuk selalu melepas protection covernya sebelum memasukkan baterai ke drone. Sedang untuk media recharging baterainya, anda akan mendapatkan kabel Micro USB untuk baterai Drone ZLRC Beast CSJ-X7. Maka dari itu, karena menggunakan interface Micro USB, admin sarankan untuk menggunakan Wall Charger dengan arus 1 - 2 Ampere untuk bisa mengisi baterai ini dengan optimal.

Spesifikasi Drone ZLRC Beast CSJ-X7 dan SG906 - OmahDrones


Di unit transmitter, Drone ZLRC Beast CSJ-X7 memiliki transmitter yang unik, selain unik, bentuknya juga lucu dan simple. Di tiap tombol fungsi juga sudah terdapat label berupa icon, sehingga anda bisa lebih mudah untuk mengingat tiap fungsi tombolnya. Juga dibagian bawah terdapat LCD monochrome dengan backlight, sehingga misalkan anda terbang di malam hari, anda tetap bisa melihat LCD tanpa halangan. Dalam LCD kita bisa melihat telemetry dan beberapa informasi status drone. Dengan transmitter ini, anda bisa menerbangkan Drone ZLRC Beast CSJ-X7 hingga 800meter kalau merujuk pada tabel spesifikasi, namun jarak jangkauan kan bisa dipengaruhi oleh tempat dimana anda terbang juga kan. Selain itu di bagian atas remote ini juga bisa anda buka dan Tarik untuk menjadi phone holder.

Spesifikasi Drone ZLRC Beast CSJ-X7 dan SG906 - OmahDrones


Kamera yang ditawarkan untuk anda pada drone Drone ZLRC Beast CSJ-X7 ini memiliki 2 macam, ada kamera 1080p dan 4K. detail mengenai kamera ini bisa anda lihat pada tabel dibawah. Meski memiliki pilihan kamera yang terlihat bagus karena sanggup mengambil gambar dalam resolusi yang besar, namun sayang sekali seperti kata admin di pembukaan tadi, disni ZLRC melupakan salah satu komponen yang sangat penting terutama untuk drone dengan kamera yang memiliki kemampuan menangkap gambar di resolusi besar. Yakni DVR, alias Digital Video Recorder, alias alat yang sanggup mengubah gambar dan video secara langsung sehingga bisa tersimpan dalam memori yang sebelumnya sudah kita pasang di bagian slot memori.

Aerial image configuration parameters 1080P 4K
Video resolution on Mobile Phone
(Front camera)
1920x1080p 2K: 2048x1080P
Photo resolution
(Front camera)
1920x1080p 4K:4096P*3072P
Video resolution on Mobile Phone
(Down-looking camera)
1280*720p 1280*720p
Photo resolution
(Down-looking camera)
1280*720p 1280*720p
Frame rate
(Front camera)
25 fps 25 fps
Frame rate
(Down-looking camera)
25 fps  25 fps


Lihat tabel diatas, kita bisa mengambil video hingga resolusi 2K. tetapi kalau tidak ada microSD yang tersemat di drone, maka kemana video akan tersimpan? Yap benar sekali. Semua foto dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan di smartphone anda. Jadi kalau anda ambil video 2K, dijamin FPV anda akan super delay, karena jalur frekuensinya untuk transfer video realtime yang ukurannya juga besar, sehingga justru malah membuat FPV nya menjadi tidak realtime.



Dan lagi, kamera pada drone ini sebenarnya ada 2 buah, kamera utama dan kamera bawah yang fungsinya sebenarnya bisa jadi optical flow sensor. Namun di seri ini, mungkin karena sudah memiliki GPS, kamera bagian bawah dijadikan bottom camera saja, jadi fitur optical flow tidak tersedia di seri ini. Sangat disayangkan lagi, karena sebenarnya optical flow sensor bisa sangat membantu ketika kita kesusahan mencari sinyal GPS, seperti ketika terbang indoor misalnya. Kamera bagian bawah ini juga bisa anda gunakan untuk mengambil gambar, resolusinya juga HD 720p. namun namanya bottom camera, anda tidak bisa mengatur anglenya, berbeda dengan kamera utama yang bisa anda atur tilt anglenya dari remote.

Spesifikasi Drone ZLRC Beast CSJ-X7 dan SG906 - OmahDrones


Tiap pembelian drone Drone ZLRC Beast CSJ-X7, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Quadcopter
1 x Remote Controller
1 x Remote joystick (pair)
1 x Screwdriver
1 x Body Batetry (option)
1 x USB Charger Cable
2 x Spare propeller (pair)
8 x Spare Screw (grain)
1 x Instruction Manual



Kesimpulan admin untuk Drone ZLRC Beast CSJ-X7 ini, mungkin kalau ada alasan tertentu untuk membelinya, drone ini tetap memiliki peminat. Tapi bagi admin sendiri rasanya kurang puas kalau punya drone dengan kemampuan yang banyak, tapi justru malah tidak memiliki komponen – komponen sepele tapi sebenarnya sangat penting untuk ditambahkan. Andai drone ini ditambah DVR dan slot MicroSD saja, pasti drone ini bisa jadi saingan beratnya MJX B2 Series.

Untuk mendapatkan Drone SG906 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone SG906

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone ZLRC Beast CSJ-X7 dan SG906 - OmahDrones


Untuk harganya, karena drone ini punya banyak opsi, seperti anda bisa memilih kamera, memilih jumlah baterai dan memilih dengan carrying case atau tidak, untuk harga paling murah dengan kelengkapan basic, drone ini dibandrol sebesar 168 USD, atau setikar 2.3jutaan sesuai dengan kurs pada saat admin menulis artikel ini. Dengan rentang harga yang mirip dengan MJX B2 Series, kalau disuruh milih, admin mungkin lebih memilih Bugs 2W, sama – sama sudah GPS dan Brushless, kamera juga HD, plus ada DVR nya juga.