Spesifikasi Drone JJRC X7 dan C-Fly Smart - Brushless GPS 5G FPV Ready


Pernah melihat dua drone yang spesifikasinya sama?  Sebenarnya dulu admin omahdrones sudah pernah membahas drone yang sebenarnya sama spesifikasinya namun didistribusikan oleh brand yang berbeda. Nah, sekarang ini admin ketemu lagi dengan drone yang memiliki spesifikasi sama, tapi brand yang mendistribusikan beda. Lho, kok bisa? Bisa saja, buktinya kemarin kita juga sudah membahas kan drone buatan Fimi yang di distribusikan Xiaomi, namanya jadi Xiaomi Fimi, atau DJI yang bekerjasama dengan Ryze, sehingga namanya jadi DJI Ryze, tapi kali ini, yang akan kita bahas memiliki nama brand masing – masing, tidak ada 2 nama brand yang digabung. Mereka menggunakan nama brand masing – masing dalam pemasarannya, meski barang yang dijual adalah sama.



Adalah C-Fly dan JJRC. Mereka menjual produk yang sama disini, JJRC memberi nama JJRC X7, sedangkan C-Fly memberi nama C-Fly Smart. Kedua drone ini sama. Kalau dari segi fisik yang berbeda mungkin hanya penamaan di badan dronenya saja. Nah, drone ini kalau kata admin adalah drone semi professional, karena apa, pertama dari motornya, dia sudah menggunakan motor brushless, dari harga tentu sudah terlihat lebih mahal daripada drone kelas toys. Yang kedua adalah dia sudah dilengkapi dengan GPS/GLONASS, yang artinya untuk menentukan lokasi, dia sudah bisa menanganinya dengan baik, sehingga meski terbang ketika cuaca berangin. Drone ini akan tetap berusaha mempertahankan posisinya ketika diudara.

Spesifikasi Drone JJRC X7 dan C-Fly Smart - OmahDrones


JJRC X7 dan C-Fly Smart ini sudah memiliki fitur bawaan yang cukup menarik juga, seperti yang dapat anda lihat dibawah ini:
- Advanced 5G WiFi with 1080P Gimbal Camera 720P FPV, the image is sharper; the camera can be tilted 90° with the remote control, allowing us to get more angle images. 5G wifi transmission ensures high-quality real time video - ideals for selfie.
- GPS/GLONASS double mode, Provides you with accurate positioning details of your drone. Built in Return-to-Home (RTH) function for safer fly, the drone will automatically return to home precisely when its battery is low or the signal is weak when flying out of range, never worrying about losing the drone.
- Flying distance of up to 500 meters, WIFI distance of 200 meters and a height of 150m allow you to enjoy higher and farther scenery.
- 25 Mins Max Flight Time The High-capacity 2600mAh intelligent battery yields up to 25mins flight time.
- Brushless Motor It is so quiet but very powerful when running. Breakdown rarely occurs and motor replacement is seldom required, which makes your flight more enjoyable.
- Orbit mode Orbit mode let the drone fly in a circle around a set waypoint and make sure you will get panorama pictures and video.
- User-defined Flight Plan Open the drone APP, use flight plan at your fingertips, just draw a route on the screen, the copter will auto pilot as per the given path.
- With altitude hold mode function provides stable flight.
- With Headless Mode,no need to adjust the position of aircraft before flying .
- With One key to return function makes it easily to find the way home.
- with low power protection overcurrent protection.



Spesifikasi Drone JJRC X7 dan C-Fly Smart - OmahDrones


Spesifikasi JJRC X7 dan C-Fly Smart

Brand Name JJRC X7 and C-Fly Smart
Controller Frequency 2.4Ghz
Camera 1080P 120° wide angle camera (90° adjustable angle by remote controller)
WiFi FPV 720P
Motor Brushless Motor
Battery 7.6V 2600mAh Lipo Battery (Included)
Flight time About 23-25 mins
Charging time About 3h
Control Distance 500-800m
5G WiFi Distance 200-300m
Wheelbase 280mm
Quadcopter Size 23.7 x 27 x 17.6mm
Quadcopter Weight 480g
Color Black, White (Optional)



Drone ini memiliki baterai yang cukup besar sebenarnya, dengan tegangan 7.6V dan kapasitasnya sebesar 2600mAh baterai ini adalah jenis baterai Li-HV alias lithium high voltage, itulah sebabnya dia memiliki tegangan lebih besar daripada baterai lithium biasa. Anda jadi bisa menerbangkan JJRC X7 dan C-Fly Smart rata – rata selama 15 menit satu baterai. Baterai ini bentuknya proprietary sehingga baterai ini hanya bisa digunakan untuk kedua drone ini saja. Selain itu, port yang digunakan juga khusus, sehingga untuk recharge, anda harus menggunakan charger bawaan supaya bisa masuk maksimal, dan untuk sumber listriknya, anda bisa menggunakan wall Charger, lalu untuk hasil yang maksimal, gunakan wall charger yang memiliki arus 2Ampere. Ya karena kita hanya diberi charger bawaan menggunakan kabel USB itu artinya anda harus cari wall charger yang benar – benar bisa mengisi baterai ini dengan maksimal.

Spesifikasi Drone JJRC X7 dan C-Fly Smart - OmahDrones


Untuk remotenya, JJRC X7 dan C-Fly Smart memiliki desain remote yang cukup simple, juga dibagian tiap tombol sudah dilengkapi dengan label berupa icon, sehingga diharapkan disini membuat kita sebagai pilot bisa dengan mudah mengetahui apa gunanya tombol tersebut. Sebagai drone yang kalau admin bilang “semi professional” JJRC X7 dan C-Fly Smart masih menggunakan antenna remote basic, yang jangkauannya memang tidak terlalu jauh, mungkin bisa lebih dari 300 meter, tapi kalau dilihat dari tabel spesifikasi drone ini bisa anda kendalikan hingga 800 meter. Andai kalau antenna dari remote ini sudah menggunakan antenna eksternal, mungkin jangkauannya bisa lebih jauh lagi. Sedangkan untuk phone holdernya anda bisa pasang di bagian atas remote sehingga anda bisa meletakkan smartphone anda sebagai monitor FPV disitu. Nah, yang beda disini adalah remote ini sudah menggunakan baterai internal, sehingga anda hanya perlu recharge saja ketika baterai mulai habis. Charge nya juga mudah karena sudah menggunakan port micro USB.

Spesifikasi Drone JJRC X7 dan C-Fly Smart - OmahDrones


Disisi kameranya, kamera pada drone JJRC X7 dan C-Fly Smart ini sebeanarnya sudah cukup bagus. Memang tidak disebutkan sensornya seberapa mega pixel atau dari mana, namun dengan kamera ini, anda bisa mengambil video dengan resolusi 1080p dan kamera ini sudah wide angle 120 derajat, sehingga tampilan di FPV tentu lebih luas. Tak cukup sampai disitu, anda juga bisa mengatur tilt angle kamera melalui remote, sehingga anda bisa mengatur angle kamera ketiak anda terbang sehingga mendapatkan gambar yang anda inginkan. Gambar dan video yang diambil akan tersimpan langsung ke microSD yang sebelumnya harus sudah anda masukkan ke port MicroSD pada badan drone.



Untuk FPV nya, JJRC X7 dan C-Fly Smart sudah menggunakan Wifi-FPV 5G. bagaimana anda bisa mengetahui smartphone anda support untuk Wifi 5G atau tidak? Coba cek spesifikasi smartphone anda, apakah sudah support Wifi 802.11ac , kalau sudah support, berarti anda bisa menggunakan FPV di drone ini. Sedang untuk jaraknya, umumnya Wifi 5G bisa lebih jauh daripada Wifi 2.4G, kalau dilihat dari spesifikasinya, bisa hingga 300 meter, namun tetap semua tergantung dengan situasi dan kondisi dimana anda terbang plus seberapa bagus wifi pada smartphone anda.


Spesifikasi Drone JJRC X7 dan C-Fly Smart - OmahDrones


Yang akan anda dapatkan dalam pembelian JJRC X7 dan C-Fly Smart adalah:
1 x X7 RC Quadcopter
1 x Remote Controller
1 x 7.6V 2600mAh  Lipo Battery
1 x USB Charging Cable
2 x Spare Propeller
1 x 10mm Open-end Wrench
1 x 2mm L-type Hex Wrench
1 x User Manual



Kesimpulan mengenai dua drone ini, sebenarnya justru karena drone ini memiliki 2 brand, harusnya distribusinya semakin besar dan akhirnya produknya mudah dicari. Terutama untuk baterai, karena motor brushless kalau anda gunakan lama pun oke – oke saja, tidak akan overheat seperti motor brushed pada drone – drone mainan. Selain itu, tilting kamera di drone ini tidak menggunakan tombol melainkan menggunakan scroll, sehingga pergerakan tiltingnya juga lebih halus.

Spesifikasi Drone JJRC X7 dan C-Fly Smart - OmahDrones


Kalau dilihat dari spesifikasinya, JJRC X7 dan C-Fly Smart bisa menjadi pesain MJX Bugs 2 series, atau bisa juga jadi saingan Bayangtoys X16 yang sudah eksis lebih dulu. Dan untuk harganya, di beberapa online marketplace yang tentunya skala internasional, JJRC X7 dan C-Fly Smart ini dibandrol rata – rata sebesar 160USD, atau kalau diubah ke rupiah sesuai kurs pada saat admin menulis artikel ini, setara dengan 2.1 jutaan. Jadi, kalau anda ingin memiliki drone keren, dengan kamera yang bisa di tilt up and down, mungkin JJRC X7 dan C-Fly Smart bisa menjadi pilihan anda.