Spesifikasi Drone JJRC HY90


Mengingat pada jamannya, dimana drone – drone basic yang memiliki fitur standard dan serba manual. Begitu mulai trend drone, mereka pun menjadi incaran para pilot yang mulai tertarik untuk bermain drone. Mulai drone yang ukurannya kecil seperi Cheerson CX-10 series, hingga drone berukuran besar seperti Syma X8C misalnya. Dulu pasti juga tidak banyak yang tau kalau kamera Drone Syma X8C itu hanyalah kamera drone Syma X5C yang di tambahi casing baru segingga bentuknya lebih bulat dan lebih besar, supaya dikira kameranya lebih gede jadi lebih bagus. Padahal sama saja. Setelah popular drone – drone manual, barulah keluar drone generasi baru dengan kemampuan altitude hold yang berhasil menjadi daya Tarik pada zamannya, ketika banyak yang sudah tidak suka dengan throttle manual karena altitude hold lebih bisa diandalkan karena dia bisa mempertahankan ketinggiannya ketika terbang.

Spesifikasi Drone JJRC HY90 - OmahDrones

Syma yang dulu X8C keluar dengan seri baru yakni X8H series, ada yang X8HC yakni kamera non FPV dan X8HW dengan kamera Wifi FPV. Namun kali ini kita tidak akan membahas Syma seperti yang bisa dilihat pada judulnya, melainkan kita akan membahas drone buatan JJRC. Mengapa tadi admin bahas Syma juga? Karena dari sisi bentuknya drone ini mirip sekali dengan syma X8 series. Bahkan mungkin anda bisa menggunakan sparepart Syma X8C untuk drone ini. Drone JJRC dengan nama JJRC HY90 mungkin sekarang bisa dibilang penerus Syma X8C dengan gaya baru, sebab dari Syma sendiri yang sudah punya desain baru untuk drone seri X8 series nya sudah tidak menggunakan desain Quad-copter dengan bentuk X frame lagi.


Tapi JJRC justru masih mengadopsi bentuk dari X8C, dan bahkan juga ditambahi dengan modul GPS juga. Dengan adanya GPS, anda jadi bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti drone akan pulang sendiri (return to home) ketika kehilangan sinyal, baterai menipis, atau ketika anda suruh dia untuk pulang, kalau Syma X8C dulu kan kehilangan sinyal yaudah fly away kan. Atau malah langsung jatuh??
Untuk fitur selengkapnya bisa dilihat dibawah ini:

720P Camera: 720P HD camera with real-time transmission function helps you capture every aerial moment, offering a thrilling flight experience.
2.4G Remote control up to 500m control distance. And App control provide you with clear and fluent live video up to 300m far away.
GPS Auto Return Home: GPS positioning prevents drone loss; the drone will automatically return to home when its battery is low or loss signal.
User-defined Flight Plan: Enables the drone to fly according to a prepared route via APP interface.
Easy and Fun to Fly: Assisted with Headless Mode, Altitude Hold and One Key Taking off/landing functions and up to 10 min flying time, perfect drone for kids or beginners.
Follow Me Mode: The drone will automatically follow and capture your every move; you can take photos or videos the way you like, ideal selfie drone.


Spesifikasi Drone JJRC HY90 - OmahDrones

Spesifikasi Drone JJRC HY90

Name: RC Drone with GPS
Brand: JJR/C
Model: HY-90
Main Material: ABS Plastic
Color: White
Remote Control: 2.4G 4CH
Camera: 720P
Charging Time: about 4 hours
Working Time: 10 minutes
Remote Control Distance: about 500m
Remote Control Height: about 120m
APP Control Distance: about 300m
Remote Control Battery: 3 * AA battery (not included)
Battery: 7.4V 2000mAh lipo battery
Item Size: 50 * 50 * 20cm
Package Size: 32.2 * 31.5 * 15.3cm / 12.6 * 12.4 * 6.02in
Package Weight: 1397g

Spesifikasi Drone JJRC HY90 - OmahDrones


Meski sudah tergolong “Drone dengan GPS” tetapi JJRC HY90 masih menggunakan baterai tipe universal. Dengan tegangan 7.4Volt dan kapasitasnya sebesar 2000mAh, dengan baterai ini anda tidak bisa terbang lama karena factor bobot drone ditambah GPS plus kamera yang dibawa nya, rata – rata sekali terbang anda hanya bisa terbang selama 7 menitan. Dan apabila sesudah itu anda ingin terbang lagi memakai baterai cadangannya, admin tetep saranin untuk diamkan drone nya dulu selama kira – kira 15 menit supaya motornya dingin. Karena dia masih menggunakan motor brushed, jadi kalau overheat ya bisa langsung rusak tidak mau muter lagi. Untuk mencari baterai cadangannya mudah, karena ia menggunakan baterai universal, tinggal cari saja yang spesifikasinya sama dan kalau bisa pun cari yang ukurannya sama supaya bisa masuk ke slot baterai dalam drone.

Spesifikasi Drone JJRC HY90 - OmahDrones


Di bagian remote, JJRC HY90 memiliki remote yang bentuknya replica controller dari DJI Mavic Series, seperti drone – drone mainan lainnya, dengan controller yang masih menggunakan antenna internal seperti ini, anda tidak bisa berharap drone bisa anda kendalikan hingga jauh jaraknya, terlebih lama terbang dari JJRC HY90 ini juga sangat pendek untuk drone ber GPS. Dalam tabel spesifikasi JJRC HY90 ini bisa anda kendalikan hingga 500 meter, namun dalam praktiknya, jangkauan drone dengan remote akan dipengaruhi oleh dimana anda terbang, kalau disitu banyak interferensi sinyal ya kemungkinan besar jangkauan drone akan jadi lebih pendek. Meski berukuran kecil, namun remote ini memiliki banyak tombol, dan untukngnya tiap tombol sudah diberi icon sehingga setidaknya anda bisa lebih mudah menghafal tiap fungsi dari tombol tersebut.

Spesifikasi Drone JJRC HY90 - OmahDrones


Untuk kameranya, JJRC HY90 ini sebenarnya memiliki beberapa varian, seperti non camera, 720p dan 1080p. kalau anda pilih versi non camera, anda bisa menggunakan action cam anda karena JJRC HY90 ini support action cam. Beberapa penjual menyertakan action cam holder ketika pembelian JJRC HY90, namun apabila anda tidak mendapatkannya, anda bisa menggunakan holder anda sendiri asalkan pas dengan dudukan yang disediakan oleh JJRC pada drone ini.

Versi kedua adalah kamera 720p, kamera ini sudah bisa anda gunakan untuk mengambil gambar dan video serta akan tersimpan langsung dalam microSD yang sebelumnya sudah anda pasang di kamera, di varian 720p, anda bisa melakukan Wifi-FPV menggunakan sinyal 2.4GHz, sehingga seharusnya semua smartphone bisa menggunakan FPV di kamera varian ini.

Sedangkan Varian ketiga adalah kamera 1080p. sama seperti varian 720p, bedanya tentu 1080p resolusinya lebih besar, dan untuk Wifi-FPV nya dia menggunakan Wifi 5G alias Wifi 802.11ac, jadi kalau anda ingin membeli JJRC HY90 dengan varian kamera 1080p, pastikan smartphone anda support di Wifi 802.11ac atau kalau tidak, anda akan menyesal karena tidak bisa FPV an menggunakan drone tersebut.

Kedua varian kamera tersebut bisa di tilt up dan down dari remote, sehingga setidaknya anda bisa dengan mudah mengatur arah angle kamera dari remote.

Spesifikasi Drone JJRC HY90 - OmahDrones

Umumnya ketika pembelian JJRC HY90 anda akan mendapatkan item:
1 * Drone
1 * Remote Control
1 * Battery
1 * 720P Camera
1 * Charger
1 * Set of Propeller
1 * Set of Landing Gear
1 * Set of Propeller Guards
1 * English Manual 



Kesimpulan admin untuk JJRC HY90 mungkin karena dia masih meggunakan motor brushed dan baterai yang cukup kecil untuk drone dengan bobot seberat ini, untuk bisa dibilang drone yang recommended admin rasa tidak. Tapi bagi yang ingin membeli drone GPS murah, yang sebanding dengan spec yang akan didapatkan, JJRC HY90 bisa menjadi solusi bagi anda. Terlebih sparepartnya juga gampang karena anda bisa menggunakan sparepart Syma X8C.

Spesifikasi Drone JJRC HY90 - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, JJRC HY90 dibandrol sebesar 109USD, atau kalau diubah ke rupiah pada saat admin menulis artikel ini setara dengan 1.5jutaan. memang harganya masih diatas 1 juta, tapi kalau dibanding dulu, 1.5juta itu baru dapat Syma X8HW. Masih altitude hold belum ada GPS, kameranya pun masih 1.3MP pula.