Spesifikasi Drone Syma X25 Pro


Kalau mengingat drone – drone buatan syma, yang masih di era populernya drone Syma X5C hingga X8C, yang paling teringat adalah desain drone yang bentuknya X dengan body yang kerempeng untuk X5 dan gendut untuk X8. Pada zamannya, drone tersebut bisa dibilang laku keras, terbukti banyak yang membelinya bukan hanya di Indonesia saja, tapi juga di seluruh dunia. Di barengi dengan munculnya trend baru yakni “nge Vlog” disitu mulai deh banyak pilot dari berbagai penjuru dunia mulai memperkenalkan hobi drone nya, mulai dari review drone, teknik menerbangkan drone hingga memperbaiki drone yang terkena masalah, ya seperti troubleshooting drone ketika dia tidak mau stabil misalnya.

Spesifikasi Drone Syma X25 Pro - OmahDrones

Syma tentu tidak mudah puas, karena biasanya pembisnis memang tidak pernah puas, hahaha. Sebenarnya semua brand melakukan hal serupa, yakni terus mengeluarkan produk baru dengan spec yang lebih tinggi, lebih kompleks, demi memenuhi keinginan konsumen, yang juga di imbangi dengan harga drone yang tetap ekonomis. Ketika ada muncul trend drone mainan yang memiliki GPS, syma juga tidak tinggal diam, alih – alih upgrade dari X5 atau X8, syma lebih memilih untuk rilis drone khusus yang diberi nama Syma X25 Pro. Drone ini sebenarnya masih termasuk drone mainan, dengan motor brushed, namun yang menjadi nilai plusnya adalah dia sudah diberi GPS pada sistemnya, sehingga anda tidak akan kesusahan lagi ketika drone terbawa angin yang sedang berhembus.



GPS yang digunakan oleh Syma X25 Pro adalah GPS/GLONASS, dengan dua GPS dalam satu drone, anda bisa mengunci GPS lebih banyak dan lebih singkat. Jadi tidak perlu waktu yang lama untuk menunggu proses GPS locking, yang penting sebelum anda terbang, selalu kalibrasi kompas. Apabila setelah kalibrasi kompas drone masih terbang memutar – mutar seperti air di toilet ketika anda siram atau bisa disebut “toilet bowl effect”, maka lebih baik segera turunkan lalu kalibarasi kompas lagi, karena biasanya drone mainan ber GPS memiliki bagian rewel di kalibrasi kompas. Sedangkan untuk fitur selengkapnya bisa anda lihat dibawah ini:
-720p camera that transmits the videos in real-time for FPV flight
-Precise GPS positioning system for stable flight
-360-degree flip for wonderful flight experience
-One-key takeoff / landing for easy control
- WiFi APP control is available
- APP download: scan the QR code on the manual
- Support system: iOS, Android



Spesifikasi Drone Syma X25 Pro

Brand: Syma
Type: Brushed Racing Quadcopter, Indoor
Features: Brushed Version, Camera, Radio Control, WiFi APP Control, WiFi FPV
Functions: 3D stunt, Camera, Forward/backward, FPV, One Key Landing, One Key Taking Off, Turn left/right, Up/down
Size: Medium
Material: ABS/PS
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control, WiFi Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle), WiFi APP
Detailed Control Distance: 100m
Compatible with Additional Gimbal: No
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery (not included)
Battery: 7.4V 1000mAh
Flying Time: 12mins
Charging Time: about 150mins
Product weight: 0.2300 kg
Package weight: 0.8610 kg
Product size (L x W x H): 37.50 x 37.50 x 11.00 cm / 14.76 x 14.76 x 4.33 inches
Package size (L x W x H): 46.00 x 26.70 x 11.50 cm / 18.11 x 10.51 x 4.53 inches



Baterai yang digunakan oleh Syma X25 Pro merupakan baterai paten desain khusus untuk Syma X25 Pro, jadi untuk membeli baterai cadangannya, anda harus mencari replacement baterai khusus untuk Syma X25 Pro. Tidak semudah mencari baterai universal yang tinggal dicocokkan spek baterainya, jadi mungkin ketika pembelian, anda bisa menanyakan dan beli sekalian baterai cadangannya dari penjualnya. Baterai ini memiliki tegangan 7.4Volt dan kapasitasnya sebesar 1000 mAh, untungnya Syma X25 Pro menggunakan motor yang tidak terlalu besar sehingga lebih hemat daya kan, sehingga anda bisa terbang selama kira – kira 10 menit dengan satu baterai. Dan himbauan admin, apabila anda punya baterai lebih dan ingin terbang lebih lama, per ganti baterai sebisa mungkin diamkan dulu drone nya sekitar 15 menit, tujuannya untuk cooling down motor. Karena kita tau musuh utama motor brushed adalah overheat, kalau sudah overheat dan motor tidak mau muter, anda mau tidak mau harus ganti motornya.

Spesifikasi Drone Syma X25 Pro - OmahDrones


Untuk controllernya juga sudah menggunakan controller Syma generasi ke-2, bentuknya sudah lebih modern dan simple. Hanya saja ada beberapa tombol yang di alihfungsikan karena Syma X25 Pro memiliki GPS dan kamera yang dapat anda aturnya dari remote ini, maka untuk mempermudah anda untuk menghafal tiap fungsi tombolnya, anda bisa menambahkan label pada tiap tombolnya. Dengan controller seperti ini, biasanya anda bisa menerbangkan drone hingga 100 meter, namun kalau untuk Syma X25 Pro sebenarnya anda bisa lebih jauh lagi, buktinya dalam aplikasi FPV nya anda bisa mengatur geofence hingga 200 meter, itu artinya anda harusnya bisa terbang lebih dari 200 meter. Meski tetap saja jarak terbang juga dipengaruhi oleh dimana anda terbang juga kan. Untuk additional nya, remote ini tidak memiliki LCD, namun tetap mendapatkan phone holder untuk meletakkan smartphone anda sebagai layar FPV.

Spesifikasi Drone Syma X25 Pro - OmahDrones


Kamera yang digunakan oleh Syma X25 Pro ini sebenarnya cukup bagus untuk kelas mainan, bukan hanya bisa mengambil video dan foto dalam ukuran atau resolusi 720p, namun lensa pada kamera Syma X25 Pro ini juga bisa anda atur tilt nya dari remote. Jadi anda bisa lebih bebas lagi bermain dengan kamera drone ini ketika diudara. Sedangkan untuk Wifi-FPV nya, anda bisa menggunakan aplikasi dari Syma tentunya. Ketika sebelum terbang, pastikan anda memasang MicroSD di kamera, sehingga ketika anda mengambil video, anda akan mendapatkan video kualitas original tanpa gangguan seperti lag akibat frame dropping atau frame freezing, seperti yang akan anda dapatkan ketika mengambil video langsung ke smartphone.

Spesifikasi Drone Syma X25 Pro - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian Syma X25 Pro, anda akan mendapatkan:
1 x Drone (Battery Included),
1 x Transmitter,
4 x Propeller,
1 x Card Reader, (optional)
1 x Battery Charger Hub (optional)
1 x Wrench



Kesimpulan admin untuk Syma X25 Pro mungkin karena bentuknya yang keren bisa menjadi daya Tarik, meski masih tergolong drone mainan, namun dengan adanya GPS, anda tidak perlu takut drone akan terbawa angin sewaktu – waktu. Bahkan ketika anda bingung orientasi ketika terbang sudah agak jauh, anda bisa langsung tekan return to home, dan drone akan otomatis pulang sendiri ke tempat pertama dia take-off. Selain itu, return to home juga bisa otomatis ketika baterai mulai menipis, serta ketika kehilangan sinyal.

Spesifikasi Drone Syma X25 Pro - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, Syma X25 Pro sebagai drone kelas mainan yang ber GPS juga memiliki harga yang terbilang “bersaing” dengan drone mainan ber GPS lainnya, kalau di beberapa sumber yang admin lihat, Syma X25 Pro dibandrol sekitar 97USD atau kalau diubah ke kurs rupiah pada saat artikel ini admin tulis, sekitar 1.3jutaan. harga tentu bisa berbeda karena yang menentukan harga jual akhir sebenarnya ya sellernya sendiri kan, terlebih kalau udah dijual di Indonesia, bisa lebih mahal, bisa juga lebih murah, kalau itu tergantung dari distribusinya.