Membuat Tempat Penyimpanan Drone dari Kardus


Berawal dari keisengan admin omahdrones yang melihat di depannya banyak kardus bekas. Admin lalu kepikiran enaknya diapain selain dikiloin, lalu tiba – tiba muncul satu ide membuat tempat drone, yang bisa memudahkan kita ketika mau membawanya pergi, atau menyimpannya dengan rapi serta tidak mudah kotor. Memang dari kardus bisa aja sih, selain mudah dibikin, tapi dia punya beberapa kelemahan yang nanti akan admin jelaskan di akhir postingan aja, biar sekarang kita bisa focus pada pembuatan wadah atau container nya.



Membuat Tempat Penyimpanan Drone dari Kardus - OmahDrones


Kalau menurut admin, ini bisa di terapkan pada drone – drone yang ukurannya kecil, serta drone yang memiliki lengan foldable atau bisa dilipat. Biasanya drone foldable kan jadi lebih simple untuk dibawa – bawa, namun biasanya kita butuh 2 tempat, yakni untuk drone dan remote. Makanya disini admin bikin jadi 1 tempat untuk semua kit. Tidak Cuma untuk drone dan transmitter nya saja, tapi nanti bisa anda buat sekreatif mungkin sehingga bisa saja diberi tambahan ruang untuk menyimpan baterai cadangan, charger dan lainnya.


Oke langsung saja, apa sih yang dibutuhkan, ini dia yang diperlukan untuk membuat cardboard drone container ala omahdrones:
  • Kardus
  • Spidol
  • Drone dan perlengkapannya


Membuat Tempat Penyimpanan Drone dari Kardus - OmahDrones



Dalam pembuatan ini, alat yang admin pakai antaralain:
  • Penggaris
  • Cutter
  • Gunting
  • Lem tembak


Membuat Tempat Penyimpanan Drone dari Kardus - OmahDrones


Kalau udah ngumpul semua, langsung eksekusi. Pertama ukur kardus sesuai dengan semua benda yang akan dimasukkan ke dalam container, di kasus ini, admin Cuma membuat container untuk drone Eachine E58 sama transmitternya. Jadi pertama letakan drone diatas kardus, lalu buat ukuran kotak atau persegi panjang, sebagai alas dan dasar konstruksi containernya. Gunakan spidol dan penggaris untuk menandai, setelah itu potong pakai cutter biar rapi.


Membuat Tempat Penyimpanan Drone dari Kardus - OmahDrones

Apabila sudah, lalu buat beberapa kotak berdasarkan kotak yang sudah dibuat barusan. Disini admin membuat 4 buah kotak, 2 untuk pondasi, dan 2 untuk atasannya. kotak pondasi 1 lembar kardus yang digabung dengan 1 lembar kotak berlubang seperti untuk atasan container. Kalau anda bisa terserah deh. Nah, untuk kotak atasan, disini kita harus jiplak bentuk drone nya. Supaya nanti ketika sudah di rakit, drone bisa masuk dan tidak mudah keluar dari kardusnya. Jadi kalau bisa jangan terlalu sempit, tapi juga jangan terlalu kebesaran.

Membuat Tempat Penyimpanan Drone dari Kardus - OmahDrones


Setelah terjiplak, lalu lubangi deh jiplakan tersebut. Pakai gunting lebih mudah karena kita juga membentuk lubangnya disini, bukan garis lurus jadi kalau pakai cutter agak lebih susah, meski di tahap ini admin mbentuk lubangnya juga tidak rapi.



Setelah itu potong lagi kardus yang tingginya kira – kira lebih tinggi sedikit dari tinggi drone, karena ini nanti akan jadi dinding containernya. Kalau punya admin sekitar 7 cm, karena pondasi dan atasan containernya masing – masing 2 lapis kardus, jadi agak tebal.

Membuat Tempat Penyimpanan Drone dari Kardus - OmahDrones


Prinsipnya mudah. Kita sudah membuat alas dan atap sebuah kotak, kita tinggal menambahkan dindingnya saja. Tapi bedanya, atasan containernya di rendahkan sesuai dengan tinggi dronenya, sehingga drone nya tidak benar – benar “nyemplung” ke container. Jadi kan ketika kita mau ambil drone nya bisa jadi lebih mudah kan. Kalau anda membuat lubangnya pas, ketika meletakkan maupun mengambil drone akan mudah. Tapi kalau lubangnya kebesaran. Ketika kotaknya di miringkan bisa jadi dronenya lepas dan malah jatuh. Maka kita bisa buat sabuk sederhana dengan kardus juga. Seperti yang admin terapkan di projek kali ini.

Membuat Tempat Penyimpanan Drone dari Kardus - OmahDrones


Kalau dilihat pada gambar diatas, admin terlalu memberi banyak celah yang justru membuat container ini menjadi keliatan besar. Jadi kalau untuk dibawa – bawa, justru malah akan memakan banyak tempat di tas. Tapi kalau untuk penyimpanan. Masih oke deh bisa ditumpuk juga malah, asal atasnya juga ditutupi supaya tetap bersih.



Admin juga malah baru sadar, kalau kardus berarti banyak banget kekurangannya, diantaranya:
  • Mudah penyok atau rusak
  • Kena air, ya lembek
  • Kena lembab, lembek juga


Tapi kalau dipikir – pikir lagi, kalau untuk ngisi waktu luang dan memanfaatkan barang bekas, kan tidak ada salahnya kan ya, toh ini container sederhana bisa juga digunakan. Dipakai untuk keadaan darurat juga bisa. Misalkan darurat nyimpen drone tapi nggak punya container. Hahaha



Nah, kurang lebih seperti itulah pembahasan admin pada kesempatan kali ini mengenai projek membuat tempat drone atau container drone menggunakan kardus bekas. Semoga bisa menjadi bacaan yang bermanfaat dan menimbulkan inspirasi untuk karya – karya yang lebih keren lagi daripada buatan admin. Sampai bertemu lagi di postingan lainnya.