Membuat Case Mini Drone Sederhana


Mini drone adalah suatu mainan yang tidak sedikit peminatnya. Mulai dari mini drone yang basic hingg acro, mulai dari yang murah hingga mahal. Mini drone memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada drone lainnya, kan sesuai namanya mini. Jenisnya pun banyak sekali, dari berbagai merk dan tipe. Beberapa tipe sudah dilengkapi dengan carrying case atau wadah bawaan baik untuk memudahkan ketika penyimpanan ataupun ketika akan dibawa pergi. Sayangnya, tidak semua mini drone disertai dengan kelengkapan seperti itu, maka dari itu banyak dari pilot yang suka mini drone membuat sendiri wadah – wadah untuk menyimpan serta membawa drone mereka ketika bepergian. Dan pada kesempatan kali ini, admin omahdrones mau sharing lagi mengenai pembuatan case untuk mini drone yang sederhana saja.



Membuat Case Mini Drone Sederhana - OmahDrones



Tujuannya bukan lain ya untuk mempermudah kita ketika ingin menyimpan atau membawa mini drone kita secara aman dan tetap nyaman bagi si drone nya. Dan seperti sebelumnya ketika admin membuat wadah drone dari kardus. Sekarang kita masih menggunakan beberapa barang bekas yang mungkin sudah tidak dipakai, daripada dibuang, bisa dimanfaatkan untuk projek kita kali ini. Pertama admin akan berikan list alat dan bahannya, sehingga diharapkan bisa mempermudah untuk menyimak di proses pembuatannya nanti.


Baiklah, untuk bahan yang admin pakai adalah sebagai berikut:
  • Mini drone dan remotenya (sekalian apa aja yang mau dimasukin ke wadahnya)
  • Kotak makanan bekas (ukuran terserah, asal muat)
  • Spon bekas (saya lupa jenis apa ini)
  • Kardus makanan bekas


Membuat Case Mini Drone Sederhana - OmahDrones


Sedangkan alat yang saya gunakan adalah
  • Solder
  • Gunting
  • Spidol


Oke, semua sudah lengkap siap sedia tinggal eksekusi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengukur spon agar bisa pas ke kotak makanan. Disini saya tidak pakai penggaris, saya kira – kira saja karena sponnya juga mudah ditekuk, jadi saya tekuk di pas kan lalu saya potong dan walla ukurannya sudah pas. Memang ada sisa kosong sedikit, karena spon punya saya memang tidak lebar, jadi memiliki sisa seperti gambar dibawah ini.


Membuat Case Mini Drone Sederhana - OmahDrones


Nah, kalau spon anda lebar, anda bisa tuh membuat ukuran yang benar – benar bisa mengisi semua ruang di kotak makan nya. Jadi lebih elegan.

Membuat Case Mini Drone Sederhana - OmahDrones


Selanjutnya, jiplak ukuran spon yang sudah dipotong tadi ke kardus makanan, ini bertujuan kita biar mendapatkan ukuran yang tepat dan tidak terlalu kebesaran ketika melangkah di langkah selanjutnya.

Membuat Case Mini Drone Sederhana - OmahDrones


Setelah spon sudah terjiplak, sekarang jiplak bentuk drone nya. Kalau bisa ya pas dan tidak terlalu besar. Karena sekarang kita menggunakan spon, jadi meski kekecilan nanti drone tetap bisa masuk dan terkunci di spon tersebut. Anda juga bisa buat calon lubang untuk kompnen lain, misalkan baterai cadangan dan propeller cadangan misalnya, asalkan luas kotak makan anda mencukupi.

Membuat Case Mini Drone Sederhana - OmahDrones


Setelah itu, gunting kardus yang sudah jiplak sesuai dengan bentuk spon nya, serta jangan lupa lubangi bagian tempat drone dan calon tempat komponen lain apabila anda tambahkan.

Membuat Case Mini Drone Sederhana - OmahDrones


Setelah terlubangi, pastikan lubangnya pas untuk drone, remote, dan komponen lain yang anda buatkan lubangnya. Apabila masih terlalu kecil, beri space lagi supaya drone bisa masuk, asal tidak kebesaran aja.

Membuat Case Mini Drone Sederhana - OmahDrones


Setelah itu proses pencetakan di spon. Saya menggunakan solder karena saya tidak punya sponge cutter yang pada dasarnya prinsipnya juga seperti solder dengan memanfaatkan panas untuk memotong spon. Saya tempatkan kardus cetakan di atas spon, kalau untuk berjaga – jaga supaya tidak bergeser, di bagian pinggirannya bisa anda jepit misal menggunakan penjepit jamuran. Kalau di projek admin saat ini tidak perlu karena ukurannya kecil, admin Cuma bikin tempat untuk dronenya saja.

Membuat Case Mini Drone Sederhana - OmahDrones


Ketika sudah terpisah, jadilah lubang calon untuk meletakkan si mini drone. Di langkah ini, coba masukkan drone ke spon, apakah sudah bisa masuk dengan nyaman atau belum. Kalau belum, bisa di ulangi di beri space lagi di bagian spon nya, kalau sudah pas, tinggal rakit ke kotak makanannya.

Membuat Case Mini Drone Sederhana - OmahDrones


Di projek admin sebenarnya kotak makanannya terlalu kecil sehingga admin tidak bisa membuat tempat untuk remote. Namun bukan berarti tidak bisa masuk. Tetap bisa, karena untuk nyimpannya tergantung kita bagaimana menyusunnya. Untuk di projek admin, seperti gambar dibawah, drone bisa lock in place dengan nyaman. Serta remotenya juga bisa masuk dan yang terpenting kotak ini bisa ditutup sehingga memudahkan baik ketika menyimpan, atau ketika dibawa bepergian.



Yang terakhir, kalau anda membuat kotak – kotak penyimpanan mini drone dalam jumlah banyak. Untuk membedakan antara 1 drone dengan yang lain, anda bisa berikan label sederhana. Kalau susah, tinggal beli kertas label di fotokopian, lalu anda tulis informasinya dan tempelkan saja ke kotak makanannya.



Nah, kurang lebih seperti itulah projek admin yang ingin admin share mengenai pembuatan wadah mini drone sederhana yang semoga bisa menjadi refrensi bagi anda yang membutuhkan tentunya. Sampai jumpa di artikel omahdrones lainnya, kalau memang bermanfaat jangan lupa di share ke teman – teman pilot lainnya yah.