Cara Menjadi Pilot Drone Professional

Semenjak ada drone yang dibuat masal, lalu dijual secara universal. Tanpa disangka respon masyarakat dunia pun sangat mengejutkan, bagaimana tidak, karena radio control yang biasanya untuk mendapatkannya harus merakit dan mensetting sendiri, kalau tidak benar – benar hobby dan mengerti seluk beluk RC dan Aeromodeling pasti tidak akan bisa membuat drone baik itu jenis pesawat, ataupun helicopter. Sekarang dengan patokan model Quad-Copter yang dinilai mudah dikendalikan, efektif, dan juga dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, membuat produsen lekas berlomba – lomba membuat drone jenis ini untuk dipasarkan secara masal. Bahkan banyak produsen yang menjual drone dengan tipe selain Quad-Copter, seperti tri-copter, hexa-copter bahkan octo-copter pun ada. Dengan adanya penjualan drone RTF (Ready To Fly) dengan harga yang sebanding dengan kemampuan si drone, maka sekarang orang awam pun bisa memiliki drone canggih.



Tapi pertanyaannya adalah, apakah seseorang itu bisa menerbangkan drone yang memiliki banyak fungsi keren tersebut? Jawabannya adalah belum tentu. Kalau dia adalah seorang yang sudah hobby di aeromodelling pasti tidak akan kesusahan ketika menerbangkan drone pabrikan. Tapi beda halnya kalau seseorang itu hanya membeli drone karena penasaran, dia pasti akan kesusahan ketika terbang seperti susah orientasi drone, terbang dengan halus sekaligus record video, dan juga beberapa trik lainnya ketika sudah mengudara. Maka dari itu untuk menjadi seorang pilot drone itu tidaklah mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilewati terlebih dahulu untuk menjadi seorang pilot drone professional.



Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, admin akan sekedar memberi contoh alur bagaimana seseorang bisa menjadi pilot drone professional, admin akan membaginya menjadi beberapa poin atau step yang bisa disimak dibawah ini



1. Penasaran
Awalnya memang penasaran, bagaimana rasa atau sensasi mengendalikan sebuah “mainan” yang bisa terbang di angkasa. Banyak pilot drone yang dulunya juga tidak tau soal RC. Ada pilot yang mulai tertarik RC karena drone, lalu belajar hingga akhirnya bisa jadi pilot drone professional. Karena penasaran ini, sering akhirnya jadi suatu ketertarikan.



2. Coba - Coba dan Malu – Malu

Cara Menjadi Pilot Drone Professional - OmahDrones
Setelah tertarik dengan drone, pasti ingin coba – coba, ketika ingin coba – coba, pasti ada juga yang malu – malu. Malu nanti apabila terbang masih sering jatuh atau menabrak sesuatu. Sebenarnya ini normal. Maka untuk tetap bisa coba – coba meski malu – malu, anda bisa membeli mini drone atau micro drone. Ada banyak sekali mini drone yang bisa anda beli sekarang ini karena hampir setiap merk pasti sudah mengeluarkan mini drone buatan mereka. Anda bisa memilih mini drone yang akan anda gunakan untuk coba – coba seperti yang popular adalah JJRC H8 dan Eachine H8, juga Cheerson CX-10 series. Ukurannya yang kecil membuat anda bisa menerbangkan minidrone di ruangan yang tidak terlalu luas. Jadi apabila anda malu kalau terbang diluar, anda bisa latihan terbang didalam rumah. Nanti kesimpulannya adalah anda benar – benar tertarik dalam dunia drone atau tidak, apabila tidak, setidaknya anda tidak rugi karena membeli mini drone yang harganya tidak terlalu mahal.



3. Beli Drone Lebih Besar
Cara Menjadi Pilot Drone Professional - OmahDrones
Ketika sudah mulai benar – benar tertarik di drone dan sudah mulai bisa terbang tanpa terjatuh, artinya sudah bisa mengendalikan fungsi throttle, artinya sudah bisa ngatur “gas” nya drone mau naik seberapa tinggi terbangnya. Setidaknya anda sudah bisa terbang stabil disini, artinya anda siap untuk beli drone yang lebih besar lagi, namun masih kelas toys. Ada beberapa drone yang ukurannya lebih besar dari mini drone, namun harganya juga masih tergolong murah, sebut saja Syma X5C, ada juga Blackhawk SQ800, nah dengan drone tersebut anda bisa kembali mengasah kemampuan terbang sekaligus menambah jam terbang anda. Karena tiada guru sebaik pengalaman, karena menggunakan drone yang lebih besar, saran admin terbangkan drone di area terbuka. Tujuannya adalah supaya anda bisa lebih leluasa dalam mengendalikan drone. Bila sudah benar – benar mahir, anda bisa ke poin 3



4. Beli Drone Lebih Lengkap Fiturnya

Cara Menjadi Pilot Drone Professional - OmahDrones
Ketika sudah mahir terbang, maka sekarang harus latihan menggunakan fitur – fitur yang biasanya ada pada drone. Anda belum harus beli drone professional disini. Anda bisa menggunakan drone kelas toys juga sebenarnya. Namun dengan fitur yang lebih banyak. Disini ada banyak pilihan untuk anda, seperti drone yang sudah memakai motor brushless, atau drone yang support FPV. Mungkin di step ini nantinya anda juga mulai tertarik di Racing Drone. Jadi di step ketiga ini pula anda nanti akan menentukan semakin tertarik di mana, di drone untuk terbang mengambil foto atau video footage, atau di racing drone dimana anda bisa melakukan balapan drone dengan pilot lain dengan drone racing anda nantinya, atau malah keduanya. Umumnya di tahap ini karena jam terbang sudah mulai bertambah, maka otomatis skill terbang anda juga sudah mumpuni untuk level up.



5. Beli Drone Impian Anda
Cara Menjadi Pilot Drone Professional - OmahDrones
Setelah dirasa benar – benar sanggup, maka anda bisa membeli drone professional sesuai dengan apa yang anda inginkan, baik jenis drone camera atau racing, karena ada banyak pilihan drone yang menanti. Ketika sudah beli pun bukan berarti anda tidak perlu belajar lagi. Karena ada beberapa hal yang nantinya akan anda temui ketika menerbangkan drone kelas professional. Dan bukan hanya terbang saja, karena namanya alat, pasti akan ada part yang bermasalah. Disitu nanti anda juga akan mendapatkan pengalaman lebih. Untuk anda yang jadi berniat untuk menggunakan drone sebagai alat untuk mencari penghasilan, itu sangat mungkin sekali. Sekarang juga sudah marak penyewaan jasa pemetaan, foto, video dan liputan menggunakan drone. Namun apabila memang mau anda gunakan untuk bekerja, maka sebaiknya anda juga melaksanakan step 5



6. Sertifikasi
Sertifikasi? Untuk apa? Untuk membuktikan bahwa anda memang mengerti aturan – aturan menerbangkan drone, khususnya di Indonesia. Selain itu, juga membuktikan bahwa anda bisa menerbangkan drone dengan baik dan benar. Jangan sekali – kali melanggar aturan menerbangkan drone yang sudah di tetapkan pemerintah. Jangan menjadi pilot drone yang bodoh yang selalu mengabaikan peraturan atau parah lagi menjadi pilot yang ceroboh dengan selalu mencari celah dari peraturan pemerintah. Dengan sertifikasi ini anda nanti dibuktikan anda layak disebut sebagai pilot drone professional atau tidak.




Nah, kurang lebih ada 6 step alur yang akan dilalui seseorang untuk bisa menjadi seorang pilot drone professional. Memang semua perjuangan itu tidaklah mudah. Namun akan sangat nikmat apabila kita sudah melaluinya dengan senang hati, serta selalu mematuhi segala peraturan yang sudah ada. Kan peraturan dibuat juga untuk kenyamanan bersama. Alur diatas tidak baku ya, jadi jangan selalu jadikan patokan seperti itu caranya menjadi pilot drone professional dari nol. Karena tiap orang pasti memiliki caranya tersendiri.