Spesifikasi Drone JD-10HW - Replika Xiro Xplorer V

Drone professional adalah drone yang sudah memiliki system canggih dan memiliki banyak fitur serta kegunaannya lebih spesifik dan terfokus. Seperti halnya untuk melakukan pemetaan, mengambil foto aerial, mengambil video, memantau lalulintas dan lain sebagainya. Umumya professional drone sudah memilik GPS untuk geo positioningnya, sehingga ketika terjadi sesuatu, drone bisa dipanggil pulang dengan satu tombol. Selain itu apabila memiliki kamera, umumnya juga kameranya sudah diberi gimbal untuk menjadi stabilizer ketika terbang sehingga hasil gambarnya akan halus dan cocok untuk produksi selanjutnya. Sehingga wajar kalau semua pilot suka dengan drone professional, namun akibatnya banyak orang yang juga jadi tertarik dalam dunia drone dan ingin menjadi pilot drone. Bagi beberapa orang, mungkin juga terlalu kaget melihat harga drone professional sehingga mengurungkan niatnya untuk membelinya.



Spesifikasi Drone JD-10HW - OmahDrones

Tapi apa jadinya, apabila salah satu drone professional dibuat replikanya, dan dijual dengan harga yang lebih murah? Bisa dibayangkan dengan kasar, bahwa drone ini akan laris apabila memiliki fitur yang sama. Tapi tentu saja tidak, kali ini kita akan membahas satu drone itu. Bisa dilihat di gambar diatas, sekilas memang drone ini mirip sekali dengan Xiro Xplorer V . namun sebenarnya bukan, Drone ini memiliki nama JD-10HW. JD Sendiri adalah kependekan dari JingDaToys. Jadi drone ini adalah buatan dari Jingdatoys. Memang masih asing namanya karena dia memang jarang terekspose untuk produk dronenya. Namun kali ini bisa dibilang mengejutkan karena Jingdatoys tiba – tiba mengeluarkan drone yang bentuknya mirip Xiro Xplorer V.



Drone JD-10HW ini hadir dengan kelengkapan yang sudah RTF atau Ready to Fly. Dia dilengkapi dengan pelindung unit kamera, yakni 4 buah kaki yang kuat yang siap untuk menopang badan drone terlebih ketika anda masih belum bisa landing dengan halus, kaki ini siap untuk melindungi bagian kamera dari benturan yang mungkin bisa menyebabkan rusaknya kamera. Selain itu untuk pelindung propellernya juga ada, apabila anda takut propeller, atau lebih parahnya lagi gearbox dan motornya rusak karena drone menabrak sesuatu atau jatuh ke tanah , anda bisa memasang propeller protector, setidaknya bisa menanggulangi kerusakan yang lebih parah di bagian propeller.



Ya, bisa ditebak kalau ini adalah drone kelas toys. Memang benar, JD-10HW yang memiliki ukuran sekitar 32 x 32 cm ini, masih tergolong kelas toys, bisa dilihat di fitur bawaannya seperti:
* With Wifi Camera, can shoot Satisfy videos and photos.
* With Altitude hold function.
* 4 channels with LED lights
* 6-axis gyro with gyro calibration function
* 2.4GHz direct transmission power, make it more accurate operation, more sensitive response.
* With flipping function, Ascend, descend, forward, backward, turn left, turn right.
* Headless Mode



Dengan deretan fitur diatas, maka mungkin dia bisa dibandingkan dengan Syma X5HW, karena dari segi ukuran, fitur dan juga kameranya juga hampir sama. Namun untuk bagus mana antara kedua drone ini, nanti anda bisa menyimpulkan sendiri.

Spesifikasi Drone JD-10HW - OmahDrones


JD-10HW memiliki baterai bawaan bertegangan 3.7 Volt, dan memiliki kapasitas sebesar 750 mAh. kapasitasnya 150mAh lebih besar dari Syma X5HW. Namun untuk lama terbangnya, JD-10HW tercatat maksimal bisa terbang hingga 10 menitan. Tentu lama terbang juga dipengaruhi oleh banyak factor, jadi jangan disimpulkan begitu saja. Karena masih bertegangan 3.7 volt, maka anda juga bisa me rechargenya dengan menghubungkan ke kabel USB Bawaan lalu di charge di USB Port pada computer atau laptop, akan tetapi admin sarankan untuk charge menggunakan USB Charger seperti untuk charge handphone saja, asalkan arusnya diantara 300 – 500 mAh, pakai arus rendah saja supaya baterainya berumur panjang. Untuk lama pengisian ulangnya kira kira selama satu jam saja.


Spesifikasi Drone JD-10HW - OmahDrones

Di bagian unit kendali, alias transmitter atau remote, JD-10HW  memiliki bentuk controller yang berbeda dengan Xiro Xplorer, jadi hanya unit dronenya saja yang mirip. Controller nya juga simple namun memiliki beberapa tombol yang detailnya bisa dilihat diatas. Dengan transmitter ini, anda bisa mengendalikan drone JD-10HW hingga dalam radius sejauh 100 meter. Transmitter ini juga bisa anda tambahkan phone holder nantinya, sehingga anda bisa meletakkan smartphone diatas remote untuk mendapatkan FPV dari drone JD-10HW. Karena drone ini juga sudah memiliki kamera wifi yang bisa langsung connect ke smartphone anda dengan satu aplikasi yang bisa anda download nantinya.


Spesifikasi Drone JD-10HW - OmahDrones

Nah, untuk kamera wifinya, JD-10HW memiliki kamera yang anglenya bisa anda atur ke atas atau ke bawah, berbeda dengan Syma X5hw yang kameranya tidak bisa diubah anglenya. Namun untuk kualitas gambarnya bisa dikatakan sama. Itu karena X5hw dan JD-10HW menggunakan kamera 0.3 MP saja. Jadi kalau di iklan ada yang berkata kalau JD-10HW bisa merekam video berkualitas HD, anda wajib tidak percaya, hiraukan saja. Walau seperti itu, setidaknya anda sudah bisa mengambil video atau foto dari atas udara, dan hasilnya bisa langsung tersimpan di smartphone anda.



Berikut ini adalah spesifikasi detail dari drone JD-10HW:
Item name: JD-10HW RC Quadcopter
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Gyro: 6 axis
Material: ABS
Quadcopter Size: 32 x 39 x 11cm
Quadcopter Weight: About 133g
Package Size: 26 x 26 x 12cm
Color: Black/Grey
Flight time: 7-10 minutes
Charging time: About 60 minutes
Control distance: about 100M
Battery for quadcopter: 3.7V 750mAh
Battery for transmitter: 4 X 1.5V AA battery (not included)


Spesifikasi Drone JD-10HW - OmahDrones


Ketika anda membeli sebuah drone JD-10HW, anda akan mendapatkan item:
1 x JD-10HW RC Quadcopter
1 x Wifi Camera
1 x Transmitter
1 x USB charging cable
4 x Landing Skid
1 x Phone Holder
1 x Screwdriver
1 x User Manual
4 x Spare Blade



Untuk kemampuan terbangnya, berdasarkan kesimpulan dari beberapa pilot yang sudah mencoba menerbangkannya. Adalah JD-10HW memiliki kemampuan terbang yang cukup bagus. Altitude holdnya juga bekerja dengan baik, anda bisa lepas throttle dan drone akan bertahan pada ketinggiannya. Ketika anda ganti ke high speed, JD-10HW menjadi lebih gesit dan lincah, untuk delay kameranya juga tidak terlalu lama, anda bisa terbang dengan melihat layar, terlebih apabila anda sering FPV an dan bisa memanipulasi delaynya anda pasti bisa FPV dengan JD-10HW.

Spesifikasi Drone JD-10HW - OmahDrones



Apabila anda tertarik untuk membeli JD-10HW ini, harganya juga tidak jauh beda dengan Syma X5HW, namun beda jauh kalau dibandingkan dengan Xiro Xplorer V. drone yang sudah altitude hold dan FPV Ready ini dibandrol dengan harga $40 - 50 USD, atau kalau di rupiahkan setara dengan Rp.500 ribuan ketika pertama dirilis di banggood, dalam waktu satu minggu saja drone ini sudah sold out. Dengan ini, JD-10HW juga masih termasuk ke dalam drone dibawah satu juta juga. Jadi sekarang jangan bandingkan JD-10HW dengan Xiro Xplorer V hanya karena bentuknya sama. Namun untuk anda yang ingin memiliki Xiro Xplorer V namun belum memiliki budget yang cukup. Anda bisa membeli JD-10HW untuk sekedar icip – icip.